cover
Contact Name
Riyan Arthur
Contact Email
arthur@unj.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
arthur@unj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil
ISSN : 23018437     EISSN : 26231085     DOI : -
Jurnal Pensil ditujukan kepada semua akademisi dan praktisi di bidang Pendidikan Vokasional Teknik Sipil. Kehadiran Jurnal Pensil ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan keilmuan bidang pendidikan teknologi dan kejuruan bidang teknik sipil. Cakupan Jurnal Pensil meliputi hasil penelitian kuantitatif, kualitatif, quasi experiment, dan penelitian pengembangan serta kajian ilmiah berupa studi literatur yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan membangun inovasi pada pendidikan teknologi dan kejuruan bidang teknik sipil.
Arjuna Subject : -
Articles 108 Documents
Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Kuliah Manajemen Konstruksi di S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta Negara, Rr Indra Tanie Kusuma
Jurnal PenSil Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Sipil
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpensil.v8i2.11966

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif pada Mata Kuliah Manajemen Konstruksi untuk membantu memfasilitasi pembelajaran mahasiswa dan membantu dosen. Multimedia interaktif yang dikembangkan merupakan model tutorial dengan fungsi sebagai komplemen di dalam pembelajaran mahasiswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Lee and Owen (2004). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket (kuesioner). Hasil penelitian pengembangan ini berupa sepuluh multimedia interaktif. Multimedia interaktif ini dinyatakan sangat layak oleh ahli media dengan nilai 90,68 %  dan juga dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dengan nilai 81,64%.  Nilai tersebut menunjukan bahwa multimedia interaktif ini sudah dapat diimplementasikan pada mata kuliah Manajemen Konstruksi.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DESAIN INTERIOR BERBANTUAN APLIKASI MULTIMEDIA SKETCH UP PADA PRODI PTB FT UNJ Virgitta, Kresna
Jurnal PenSil Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Sipil
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpensil.v8i2.11955

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan di Indonesia yang saat ini sudah mulai berkembang. Hal ini menuntut pengembangan dan penyempurnaan bahan ajar sewajarnya dilakukan secara periodik dan bertahap. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berbasis modul elektronik berbantuan aplikasi multimedia Sketch Up yang dapat digunakan untuk membantu guru dan dosen dalam mengajar, serta dapat dipergunakan untuk mengembangkan minat dan keahlian mahasiswa dalam bidang Desain Interior. Penelitian dilakukan menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model penelitian Four-D. Penelitian dilakukan melalui 4 (empat) tahapan pengembangan yaitu, Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai instrument pengumpulan data kelayakan produk melalui validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Analisis data validasi ahli tersebut menggunakan rumus nilai rerata. Hasil pengembangan bahan ajar tersebut dibuat dalam 8 (delapan) bab yang teritegrasi aplikasi Sketch Up pada beberapa materi didalamnya. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, mendapat persentase kelayakan sebesar 85.833% dalam kriteria sangat layak, dan hasil validasi oleh ahli media mendapat persentase kelayakan sebesar 75.294% dalam kriteria layak. Sehingga bahan ajar tersebut sudah dapat digunakan sebagai sumber belajar mata kuliah Desain Interior.
Pengaplikasian Augmented Reality Pada Modul Pembelajaran Menggambar Teknik 2 dan CAD di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta Sumarna, Kaka
Jurnal PenSil Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Sipil
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpensil.v8i2.11956

Abstract

  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengaplikasikan Augmented Reality pada modul pembelajaran Menggambar Teknik 2 dan CAD. Penelitian ini termasuk dalam Research and Development (R&D) dengan model penelitian pengembangan Thiagarajan. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini disingkat dengan 4D, yaitu Define, Design, Development dan Dissemination. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data instrumen yaitu angket. Angket diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk menguji kelayakan produk media pembelajaran. Hasil kelayakan produk media pembelajaran berupa modul pembelajaran dan aplikasi Augmented Reality yang diberi nama ARCAD3D adalah sebagai berikut: a) penilaian materi oleh ahli materi mendapatkan nilai sebesar 81,8182% dengan interpretasi sangat baik; b) penilaian media oleh ahli media mendapatkan nilai sebesar 85,6% dengan interpretasi sangat baik. Berdasarkan hasil kelayakan, dapat disimpulkan bahwa Augmented Reality sangat layak diaplikasikan pada modul pembelajaran Menggambar Teknik 2 dan CAD yang dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan daya imajinasi untuk menggambar teknik dan dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran.
Identification of Cognitive Abilities in AutoCad Studying Result of 11th Grade at 56 State Vocational High School Jakarta. Oktariansyah, Fadhil; Iriani, Tuti; Maulana, Arris
Jurnal PenSil Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Sipil
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpensil.v8i2.8455

Abstract

This study aims to identify students' cognitive abilities in learning outcomes of AutoCAD grade XI, on the subject of Drawing with Software I `n Major Building Engineering Program at SMK Negeri 56 Jakarta. This research was conducted for six months from February 2018 until July 2018 consisting of three stages: preparing phase , implementation phase, and data processing phase. Type of research used in this research is descriptive quantitative research. The method used is survey method. Population in this research is student of class XI SMK Negeri 56 Jakarta Major Building Engineering Program that is as much as 61 student. Sample in this research use saturated sample, that is using all amount of population which is student of class XI counted 61 student. The results showed that: Based on the results of this study obtained the percentage of cognitive abilities of students in class XI in the learning result AutoCAD at Major Building Engineering Program SMK Negeri 56 Jakarta. The cognitive percentage value of class XI TGB is Remembering (C1) is 72.13%, Understanding (C2) of 62,3%, and Applying (C3) of 59.51%. So it is concluded that the average cognitive mastery ability of grade XI students in AutoCAD learning result is 64.64% and it is good.
Pengembangan Job Safety Analysis untuk Workshop Praktik Plumbing di Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Universitas Negeri Jakarta Saraswati, Amanda Lia; Iriani, Tuti; Handoyo, Santoso Sri
Jurnal PenSil Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Sipil
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpensil.v8i2.8438

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Job Safety Analysis untuk workshop praktik plumbing di Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan sebagai salah satu upaya meningkatkan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta Gedung L Kampus A UNJ, Jalan Rawamangun Muka, Jakarta 13220. Waktu penelitian dilaksanakan selama 5 bulan yaitu pada bulan Maret 2018 s/d Juli 2018 yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap pengolahan data. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memakai metodologi Research & Development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pengembangan Job Safety Analysis untuk workshop praktik plumbing Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan sudah dapat diimplementasikan,berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh para ahli Job Safety  Analysis. Hasil kesesuaian Job Safety Analysis yang diperoleh  >81%. Dengan demikian Job Safety Analysis yang telah dikembangkan sudah dapat digunakan.             Kata kunci : Pengembangan, Job Safety Analysis, Plumbing.  
HUBUNGAN ANTARA LITERASI INFORMASI DENGAN HASIL BELAJAR ILMU UKUR TANAH SISWA Wicaksono, Giri .; Iriani, Tuti; Murtinugraha, R. Eka
Jurnal PenSil Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Sipil
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpensil.v8i2.8505

Abstract

Abstrak       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi informasi menggunakan model The Big 6 Skills dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah program keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan.  Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X program SMKN 1 Jakarta. Mengunakan teknik Random Sampling sampel berjumalah 80 responden.       Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara literasi informasi dengan hasil belajar yang dibuktikan dengan: nilai koefisien korelasi sebesar 0.615 yang termasuk dalam kategori hubungan kuat, nilai signifikansi koefisien korelasi thitung = 7.854 dan ttabel = 1.991 yang menunjukan adanya hubungan yang signifikan, serta hubungan antara literasi informasi dengan hasil belajar diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0.38. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa faktor literasi informasi dapat memengaruhi hasil belajar yaitu sebesar 38%, dan sisanya dipengaruhi faktor lain di luar kemampuan literasi informasi.   Kata Kunci: Literasi Informasi, The Big 6 Skills, Hasil Belajar
STUDI KEPUASAN PENGGUNA LULUSAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN JURUSAN TEKNIK SIPIL FT UNJ Mahendra, Tri Oke; Bachtiar, Gina; Nugraha, Eka Murti
Jurnal PenSil Vol 1 No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Teknik Sipil
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpensil.v1i1.6725

Abstract

The purpose of this research is getting the data about the level of complacency of User to the alumni of Building Engineering Education Department of Civil Engineering Faculty of Engineering State University of Jakarta. The population of this research is formal and informal institutions which use about 30 alumni as the teacher based on the data of IKA – The Alumni of Building Engineering Education Faculty of Engineering State University of Jakarta. A number of 24 educational institutions located in Jabodetabek who had used the alumni between the years 2001-2011 will be the sample of this research. The result shows that the pedagogic competency with the level of appropriateness 79.83% is quite satisfying, personal competency with level of appropriateness 87.55% is satisfying, professionalism competency with the level of appropriateness 83.23% is satisfying, and the business competency with the level of appropriateness 84.83% is satisfying based on the required competency had in the Building Engineering Education Program Faculty of Engineering State University of Jakarta. Level of interest for each competency shows that the personal competency placed in quadrant B which means this competency is the urgent competency to be had for each alumni and it is successfully performed by the alumni to reach the target of the Building Engineering Education Program. Besides, the professionalism, pedagogic, and business competency located in quadrant C meaning that this competency is important to be had for each alumni and it is not wellperformed yet by the alumni. The result of this research shows that the expectation of the alumni measured in this research based on the pedagogic, personal, professionalism, social and business competency is urgently needed to be had for the alumni of Building Engineering Education Department of Civil Engineering State University of Jakarta. The assessment of occupation from the user shows that those competencies have shown by the alumni well.
HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK II PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA Hariyanto, Dedi; Murtinugraha, R Eka; Iriani, Tuti
Jurnal PenSil Vol 1 No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Teknik Sipil
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpensil.v1i1.6729

Abstract

The aim of this research knows the relationship between self-learning and learning output of the Mechanics of Structure II subject for the students of Building Engineering Education Program Department of Civil Engineering State University of Jakarta in June 2011 which involved 50 students as the sample of this research. The result shows that students have less initiative in utilizing the facilities served in the library, self-learning at home, learning sources, practicing in the class, and having some handouts. Discussion between students is the only indicator demonstrating that the student initiative is quite good. Unfortunately, the interest of the students regarding this subject is very low. Learning output of the Mechanics of Structure II can be categorized as worst. The reasons are the students have no confidence in preparing the materials before the test and lean on other party during the test. The student’s responsibility in using the method and media for learning this subject is good even though the students just count on the lecture notes given by the lecturers during the course. But, the allocation time and readiness aspect shows that the student’s responsibility is minus because they don’t allocate much time to digest the subject and have the tendency of studying close to the deadline. Generally, the motivation and concentration of the students in learning is high. But, in allocating more time to digest the subject is lack.
Relevansi Materi Ajar di Prodi PTB FT UNJ dengan Materi Ajar di SMK Program Keahlian Teknik Bangunan Julistiana, Eki; Murtinugraha, Eka; Bachtiar, Gina
Jurnal PenSil Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Sipil
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/pensil.7.1.1

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana relevansi materi ajar dalam Mata Kuliah Jurusan dengan materi ajar di SMK Program Keahlian Teknik Bangunan. Penelitian dilakukan untuk memberikan masukan kepada Program studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta dalam menentukan materi ajar yang akan diajarkan, sehingga materi ajar yang di pelajari di Program studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta relevan dengan materi ajar yang di pelajari di SMK. Tempat penelitian di Program studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Waktu penelitian pada bulan November 2017–Desember 2017. Metode penelitian menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan analisis isi dan wawancara langsung. Hasil penelitian adalah menunjukan nilai dari relevansi materi ajar Mata Kuliah Jurusan di Program studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta dengan materi ajar di SMK Program Keahlian Teknik Bangunan sebesar 93,33% untuk mata pelajaran menggambar teknik, 88,89% untuk mekanika teknik, 91,67% untuk konstruksi bangunan, 100% untuk Ilmu Ukur Tanah, untuk menggambar interior dan eksterior belum relevan, 42,11% untuk Menggambar Konstruksi Bangunan 1 dan 2, 81,82% untuk Konstruksi Beton Bertulang, 84,21% untuk Konstruksi Batu, 45,45% untuk Finishing Bangunan, untuk Pelaksanaan Konstruksi Kayu, Finishing Kayu dan Teknologi Konstruksi Kayu belum relevan.
Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pelajaran Menggambar Bentuk Bidang Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK 4 Tangerang Selatan Lestari, Dila; Rochadi, Doddy; Maulana, Arris
Jurnal PenSil Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Teknik Sipil
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/pensil.6.2.1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi menggambar bentuk bidang siswa SMKN 4 Tangerang Selatan kompetensi keahlian teknik gambar bangunan kelas X setelah menggunakan media animasi pada materi pelajaran menggambar bentuk bidang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan Desember 2016. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 69 siswa yang dibagi kedalam 2 kelompok kelas, yaitu kelas kontrol (kelas yang menggunakan media konvensional) dengan jumlah 35 siswa dan kelas eksperimen (kelas yang menggunakan media animasi) yang berjumlah 34 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Pengujian persyaratan hipotesis menggunakan uji normalitas, teknik uji normalitas menggunakan teknik analisis chi-kuadrat. Validitas instrument soal tes dilakukan dengan judgement expert dan uji coba instrumen, hasil dari uji validitas menunjukkan terdapat 25 soal valid dan 5 soal tidak valid dari 30 soal yang disajikan. Reliabilitas instrument tes dihitung dengan rumus Kuder-Richardson (KR-20) diperoleh harga r = 0,810 dengan soal pilihan ganda.  Hasil belajar sebelum dilakukan pembelajaran menggambar bentuk bidang menunjukkan bahwa hasil belajar kelas kontrol memiliki nilai 52-96 dengan rata-rata 77. Hasil belajar kelas eksperimen memiliki nilai 52-88 dengan rata-rata 70,470. Sedangkan hasil belajar setelah dilakukan pembelajaran menggambar bentuk bidang menunjukkan bahwa hasil belajar kelas kontrol memiliki nilai 60-100 dengan rata-rata 87,889. Hasil belajar kelas eksperimen memiliki nilai 52-100 dengan rata-rata 84,235. Hasil data yang didapat kemudian diolah dengan uji – t yang menghasilkan nilai thitung = 7,963 dan ttabel = 2,037, sehingga dapat disimpulkan bahwa niai thitung ≥ ttabel atau 7,963 > 2,037 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara pretest dan posttest setelah menggunakan media animasi. Sedangkan uji linieritas menunjukkan nilai Fhitung = 7,758 dan Ftabel = 4,150. Karena nilai Fhitung ≥ Ftabel atau 7,758 > 4,150 maka regresi tersebut linier.

Page 1 of 11 | Total Record : 108