cover
Contact Name
Lia Warlina
Contact Email
lia@unikom.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
majalahilmiah@email.unikom.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Majalah Ilmiah UNIKOM
ISSN : 14119374     EISSN : 25277030     DOI : -
Jurnal Majalah Ilmiah Unikom (MIU), adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis di masing-masing bidang kelimuan. Majalah Ilmiah Unikom (MIU) diterbitkan dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 116 Documents
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN Depitra, Panji Setya; Soegoto, Herman
Majalah Ilmiah UNIKOM Vol 16 No 2 (2018): Majalah Ilmiah Unikom
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/miu.v16i2.1361

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis dampak gaya kepemimpinan di Bank Negara Indonesia KCU Bandung pada kinerja karyawan bank. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui penilaian respondent terhadap gaya kepemimpinan dan kinerja karyawan. Selain itu dilakukan analisis verifikatif untuk melihat pengaruh antar variabel. Data primer diperoleh bersumber dari kuisioner yang diberikan kepada 108 karyawan Bank Negara Indonesia. Alat analisis data menggunakan regresi linier. Berdasarkan hasil evaluasi disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan memiliki pengaruh positif pada kinerja karyawan.
TINJAUAN SEMIOTIKA VISUAL SAMPUL MAJALAH SINDO WEEKLY NO. 26 TAHUN VI Wantoro, Wantoro
Majalah Ilmiah UNIKOM Vol 16 No 1 (2018): Majalah Ilmiah Unikom
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/miu.v16i1.1311

Abstract

Sampul merupakan elemen penting dan strategis dari sebuah majalah. Salah satu fungsisampul adalah perwakilan isi yang diwujudkan melalui visualisasinya. Sampul majalah SindoWeekly No.26 Tahun VI yang mengangkat headline “Ekspansi Alibaba di Indonesia”menampilkan ilustrasi visual seorang tokoh dengan pakaian khas yang sedang meramaldengan bola kristal berpeta Indonesia. Ilustrasi visual majalah tersebut mengandung beberapatanda visual yang satu sama lain berintegrasi mengkonstruksi sebuah pesan. Hal ini menarikuntuk ditinjau sebagai pembelajaran khususnya bagi perancang desain sampul. Teori semiotikamemiliki kesesuaian sebagai pisau bedah dalam memaknai tanda visual dalam ilustrasi visualsampul majalah ini. Semiotika Roland Barthes dianggap sesuai dengan karakter objekpenelitian untuk mengungkapkan makna denotasi, konotasi, serta mitos.
Konsep dan penerapan model pendidikan karakter mahasiswa unikom Zarman, Wendi
Majalah Ilmiah UNIKOM Vol 12 No 1 (2014): Majalah Ilmiah Unikom
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/miu.v12i1.37

Abstract

Jurusan Teknik Komputer Unikom bekerja sama dengan Santri Siap Guna Daa-rut Tauhiid (SSG-DT) telah mengadakan kerjasama untuk menyusun dan melak-sanakan kegiatan PRESTASI (Program Reaktualisasi Diri), yaitu program pembi-naan akhlak mahasiswa yang meliputi seluruh potensi mahasiswa baik jasma-niah maupun ruhaniah. Program yang dilaksanakan sepekan sekali sejak 30 Maret 2013 hingga 26 Mei 2013 ini dilaksanakan di beberapa lokasi, terutama-nya di lingkungan pesantren Daarut Tauhiid. Tercatat ada 89 peserta yang men-daftar program ini dengan hasil 14 peserta lulus bersertifikat, 24 lulus tanpa sertifikat, dan 41 lainnya tidak lulus. Berdasarkan survei dari 49 peserta diperoleh hasil bahwa 96% peserta mengatakan program ini bermanfaat. Na-mun demikian, pendapat peserta terpecah dengan 47% setuju berbanding 53% tidak setuju ketika ditanyakan apakah program ini perlu diadakan kembali di masa mendatang. Peserta yang setuju umumnya adalah peserta yang aktif, sedangkan yang tidak umumnya adalah peserta yang kurang aktif. Beberapa alasan ketidaksetujuan peserta adalah karena program ini dinilai terlalu berat, kesibukan dalam kuliah, memberatkan keuangan, terlalu lama, dan waktu yang tidak tepat. Keberatan-keberatan tersebut menjadi masukan berharga bagi ju-rusan untuk memperbaiki konsep PRESTASI sehingga program ini dapat diter-ima mahasiswa dan membawa kemaslahatan bagi mereka. Diharapkan ke de-pan program ini bukan saja diikuti oleh mahasiswa Jurusan Teknik Komputer saja, tetapi juga menjadi program pembinaan akhlak di semua jurusan di Unikom.
PENERAPAN SQLITE PADA APLIKASI PENGATURAN WAKTU UJIAN DAN PRESENTASI SETIYAD, ANGGA; Harihayati, Tati
Majalah Ilmiah UNIKOM Vol 13 No 2 (2015): Majalah Ilmiah Unikom
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/miu.v13i2.128

Abstract

SQLite adalah suatu library yang menerapkan mesin database self-contained, serverless, zero-configuration, dan transactional. Berbeda dengan relational DBMS pada umumnya, SQLite memiliki kode pustaka relatif kecil, mudah digunakan tanpa membutuhkan penginstalasian dan konfigurasi. Semua kemu-dahan yang ditawarkan oleh SQLite bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan adanya sistem client-server. Begitupun dengan aplikasi pengukuran waktu yang dibangun menggunakan database SQLite bisa memilih aplikasi mana yang akan diaktifkan atau yang tidak akan diaktifkan secara langsung tanpa harus melalui server (remote).Keywords : SQLite, database, pengukuran waktu
PENERAPAN TEORI DAN APLIKASI PENGGADAIAN SYARIAH PADA PERUM PENGGADAIAN DI INDONESIA Anggadini, Sri Dewi
Majalah Ilmiah UNIKOM Vol 15 No 1 (2017): Majalah Ilmiah Unikom
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/miu.v15i1.272

Abstract

Melihat keadaan lembaga formal yang dapat dipergunakan untuk melakukanpinjam meminjam, masyarakat cenderung memilih lembaga formal tersebutuntuk memenuhi kebutuhan dananya padahal prosesnya memerlukan wakturelatif lama dengan persyaratan yang cukup rumit. Lembaga formal dibagi duayaitu lembaga bank dan lembaga nonbank. Pemerintah padahal telah memfasilitasi masyarakat dengan perusahaan umum (Perum) yaitu Perum Pegadaianyang menawarkan akses lebih mudah, proses lebih singkat dan persyaratanrelatif sederhana dan mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan dana
PENGARUH LEVERAGE, KOMPLEKSITAS OPERASI PERUSAHAAN, REPUTASI AUDITOR DAN LABA/RUGI OPERASI PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT DELAY (STUDI PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN, JASA DAN INVESTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2015) S, Devri Prananda; Yuliandari, Willy S; Yudowati, Siska P
Majalah Ilmiah UNIKOM Vol 15 No 2 (2017)
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/miu.v15i2.557

Abstract

Pada umumnya perusahaan yang telah go public akan menerbitkan laporan keuangan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Namun, masih terdapat beberapa perusahaan yang mengalami keterlambatan dalam menerbitkan laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Leverage, Kompleksitas Operasi Perusahaan, Reputasi Auditor dan Laba/Rugi Operasi Perusahaan terhadap Audit Delay pada Perusahaan Perdagangan, Jasa dan Investasi yang terdapat pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 66 perusahaan dengan periode penelitian pada tahun 2013-2015. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews versi 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Leverage, Kompleksitas Operasi Perusahaan, Reputasi Auditor dan Laba/Rugi Operasi Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Audit Delay. Sedangkan secara parsial, Kompleksitas Operasi Perusahaan dan Reputasi Auditor berpengaruh positif signifikan terhadap Audit Delay, Laba/Rugi Operasi Perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap Audit Delay. Sedangkan Leverage tidak berpengaruh terhadap Audit Delay.
Perbaikan sistem parkir kendaraan bermotor di lingkungan universitas komputer indonesia dengan menggunakan rfid dan database Kurniawan, Bobi; Setiawan, Eko Budi; Hartono, Rodi
Majalah Ilmiah UNIKOM Vol 12 No 2 (2014): Majalah Ilmiah Unikom
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/miu.v12i2.18

Abstract

Teknologi RFId (Radio-Frequency Identification) merupakan teknologi yang diharapkan dapat menggantikan barcode optik di masa yang akan datang. Kelebihan RFId dibandingkan dengan barcode konvensional antara lain RFId dapat melakukan many-to-many communication yang dapat diartikan banyak reader dapat membaca satu tag, maupun satu reader dapat membaca banyak tag, serta menggunakan transmisi data secara wireless dibandingkan dengan barcode konvensional yang menggunakan optic. Dengan kelebihan-kelebihannya, sistem RFId menjanjikan prospek untuk berbagai kebutuhan, sa-lah satunya untuk sistem perparkiran kendaraan bermotor. Dengan adanya penggunaan RFID untuk sistem parkir, diharapkan dapat membuat sistem parkir yang ada di Unikom saat ini dapat berjalan lebih baik, aman dan nyaman
Analisis sistem antrian gerbang tol pasteur bandung di pt jasa marga (persero)tbk Anthara, Made Aryantha
Majalah Ilmiah UNIKOM Vol 12 No 1 (2014): Majalah Ilmiah Unikom
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/miu.v12i1.32

Abstract

Antrian adalah suatu kejadian yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Menunggu didepan loket untuk mendapatkan tiket kereta api atau tiket bioskop, gerbang tol tol, bank, kasir supermarket, dan situasi-situasi lain yang sering kita temui. Antrian terjadi disebabkan oleh kebutuhan akan layanan melebihi ke-mampuan (kapasitas) pelayanan atau fasilitas layanan, sehingga pengguna fasilitas tidak bisa segera mendapat layanan disebabkan kesibukan layanan.Dalam penelitian ini, yang menjadi objek penelitian adalah system an-trian di Gerbang Tol Pasteur yang berada di bawah naungan PT Jasa Marga,Tbk. Kita ketahui bahwa volume kendaraan yang melewati Gerbang Tol Pasteur da-pat dikategorikan dalam jumlah yang banyak setiap harinya. Hal ini membuat sering terlihat antrian yang cukup panjang terutama di jam sibuk pada saat pagi dan menjelang sore hari. Fenomena ini terjadi dikarenakan sistem pelayanan yang dimilki masih belum maksimal terutama jika kita lihat dari jumlah gardu tol dan juga pelayanan yang diberikan oleh operator. Di Gerbang Tol Pasteur, terda-pat dua jenis gardu yaitu gardu tol Entrance yang khusus melayani mobil dari arah Bandung menuju luar sedangkan gardu tol Exit yang melayani mobil dari arah luar bandung yang ingin masuk ke Bandung. Pintu gardu tol entrance memiliki 11 (sebelas) gardu yaitu entrance-21, entrance-19, entrance-17, en-trance-15, s/d entrance-1, sedangkan untuk gardu tol Exit terdapat 9 gardu yaitu exit-18, exit-16, exit-14, exit-12, s/d exit-2 sehingga total gardu yang ada sebanyak 20 (dua puluh) gardu. Dari 20 gardu tersebut, ada 7 gardu yang tidak dipergunakan lagi Sehingga gardu yang aktif saat ini ada sebanyak 13 gardu, 5 (lima) gardu tol entrance dan 8(delapan) gardu tol exit. Dalam penelitian ini, lebih difokuskan kepada gerbang tol Exit, dimana jumlahnya ada 8 unit yang dapat dioperasikan selama 24 jam. Salah satu ukuran performansi dari sebuah sistem antrian adalah faktor utilisasi, dimana suatu sistem antrian yang baik memiliki faktor utilisasi diatas 60%. Faktor utilisasi merupakan persentase waktu kerja efektif dari sebuah sistem selama rentang waktu tertentu.Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh bahwa factor utilisasi dari tiap gardu tol pada shiftnya masih belum maksimal sehingga salah satu dam-paknya adalah kepadatan yang cukup signifikan di gerbang pintu tol. Ada dua alternative yang diusulkan dalam penelitian ini untuk memperbaiki kinerja dari gerbang tol tersebut yaitu penambahan gardu tol pada shift I dan II serta men-gurangi gardu tol pada shift III. Selain itu, peningkatan kinerja bisa dilakukan dengan cara mempercepat proses pelayanan pada gerbang tol.
MODEL PENERIMAAN PENGGUNA PADA SITUS E-KOSAN.COM MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) -, sufaatin; SINGHAM LAGATARI, MUH RAJA
Majalah Ilmiah UNIKOM Vol 13 No 2 (2015): Majalah Ilmiah Unikom
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/miu.v13i2.123

Abstract

E-Kosan.com adalah salah satu sistem informasi kosan yang mengumpulkan informasi mengenai kosan yang dimanfaatkan untuk mencari kosan. E-Kosan memiliki tujuan untuk menjadi situs kosan terbesar di Indonesia khususnya pada kota-kota pendidikan di Indonesia. Saat ini E-Kosan hanya fokus untuk kosan di kota Bandung, Jawa Barat. E-Kosan.com sudah cukup dikenal oleh pengguna internet, terbukti berdasarkan jumlah yang menyukai fanspage E-Kosan di Facebook sebanyak 2.784 orang dan pengikut di Twitter sebanyak 3.517 orang pada April 2015. Selain itu berdasarkan data dari Google analytics bahwa selama 2014 jumlah pengguna yang mengunjungi situs E-Kosan adalah sebanyak 54.809 orang. Dari sekian banyak orang yang telah mengetahui E-Kosan tidak semua orang selalu menggunakan layanan yang telah disediakan oleh E-Kosan pengguna tersebut lebih suka menanyakan info kosan melalui Facebook atau Twitter. Salah satu upaya agar sistem informasi kosan dapat diterima oleh penggunanya maka perilaku menolak perlu di ubah atau sistem dipersiapkan terlebih dahulu agar pengguna mau menerima. Untuk mengubah perilaku menolak menjadi perilaku menerima atau untuk mempersiapkan sistem agar bisa diterima perlu dilakukan beberapa tahapan. Technology Acceptance Model (TAM) merupakan model yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguana sistem informasi . Populasi yang digunakan adalah pengguna E-Kosan.com di kota Bandung sedangkan analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) . Hasil dari penelitian ini dapat mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan pengguna dalam menggunakan E-Kosan.com serta memberikan rekomendasi atau usulan untuk meningkatkan penggunaan layanan di E-Kosan.com.Keywords : E-Kosan, Sistem informasi, TAM, populasi, SEM
MODEL DINAMIK INTERAKSI LARVA NYAMUK CULEX DENGAN LARVA NYAMUK TOXORHYNCHITE DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN FILARIASIS Dewi, Kania Evita; RAINARLI, EDNAWATI; WIDIASTUTI, NELLY INDRIANI
Majalah Ilmiah UNIKOM Vol 14 No 1 (2016): Majalah Ilmiah Unikom
Publisher : Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34010/miu.v14i1.173

Abstract

Indonesia merupakan daerah endemis untuk penyakit filariasis. Filariasis menyebabkan pembengkakan dibeberapa bagian badan sehingga orang yang mengidapnya akan sulit bergerak. Dari tahun ketahun pertumbuhan penyakit ini semakin meningkat, walaupun pemerintah sudah melakukan pemberian obat secara massal di daerah endemis dan mencegah atau membasmi kecacatan karena filariasis. Vektor filariasis yang paling banyak ditemukan didaerah endemis, Jawa Timur, adalah Culex quinquefasciatus. Nyamuk Cx. quinquefasciatus memiliki kebiasaan yang sama dengan Nyamuk Toxorhynchites yaitu menyimpan telur di lubang pohon. Sedangkan larva nyamuk Toxorhynchites membutuhkan larva spesies lain atau larva dari spesiesnya sendiri untuk pangan. Untuk melihat apakah pemangsaan larva Cx. Quinquefasciatus oleh larva Toxorhynchites dapat mencegah pertumbuhan populasi Cx. Quinquefasciatus, maka dibuatlah model dinamikanya.Hasil penelitiannya adalah pemangsaan larva Cx. Quinquefasciatus oleh larva Toxorhynchites dapat mencegah pertumbuhan populasi Cx. Quinquefasciatus, yang secara tidak langsung dapat mencegah penyebaran penyakit filariasis.Keywords : Model Matematika, filariasis, Culex, Toxorhynchites

Page 1 of 12 | Total Record : 116