cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION
ISSN : -     EISSN : 25489909     DOI : -
Journal of Applied Business Administration (JABA) is a journal published by Study Program of Applied Business Administration, Politeknik Negeri Batam. The journal is predominantly devoted to applied business administration with special focus on industries problem solving. JABA publish quality articles based on empirical research, theoretical and practical articles. The JABA is issued 2 times a year in electronic form. The electronic pdf version is accessible on the internet free of charge. We encourage all interested contributors to submit their work for consideration.
Arjuna Subject : -
Articles 95 Documents
PERENCANAAN KAPASITAS PRODUKSI DENGAN METODE CAPACITY REQUIREMENT PLANNING DI TEACHING FACTORY MANUFACTURE ELECTRONICS POLITEKNIK NEGERI BATAM Sihotang, Rika Kartika; Wirangga, Aditya
JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION Vol 1 No 1 (2017): Journal of Applied Business Administration - Maret 2017
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.849 KB) | DOI: 10.30871/jaba.v1i1.1254

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan kapasitas waktu produksi yang sesuai dengan menggunakan metode Capacity Requirement Planning  pada Teaching Factory Manufacture Electronics (TFME) Politeknik Negeri Batam. Variable dalam penelitain ini adalah jadwal pesanan (Schedule Of Planned Order Release), pusat kerja (Work Centre), Routing Data (waktu yang digunakan), dan Work Order Status. Pengumpulan data diperoleh dari data dokumen produksi di TFME Politeknik Negeri Batam. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pesanan dapat diselesaikan dengan kapasitas perhari yaitu 8 pcs/hari setara 1 unit PCB A4 dengan waktu operasi adalah waktu yang digunakan untuk menyelesaikan permintaan berdasarkan kemampuan kapasitas maximal. Sehingga perumusannya adalah permintaan (demand) dibagi dengan kapasitas produksi terpasang yaitu 165 pcs : 8 pcs/hari = 21 unit dimana 1 unit PCB A4dikerjakan dalam waktu 5,12 jam sehingga untuk menyelesaikan 21 unit menghabiskan waktu selama 107,52 jam = 14 hari, untuk itu berdasarkan kebutuhan penyesuaian kapasitas dalam produksi maka jumlah hari yang dibutuhkan untuk Operation Time (waktu operasi) adalah  selama 14 hari. Kebutuhan waktu aktual adalah konversi dari waktu operasi kedalam satuan menit yaitu 5,12 jam/unit x 21 unit x 60 menit  = 6451 menit = 107,52 jam.tingkat efisiensi dan utilisasi merupakan kondisi actual perfomance dari setiap work centres. Kapasitas yang tersedia dalam periode ini selama 4032 menit untuk menyelesaikan pesanan PCB G-Robo sebanyak 165 pcs, dan waktu aktual yang dibutuhkan untuk menyelesaikan  pesanan tersebut hanya 6451 menit sehingga dengan menggunakan metode CRP ini dapat menyimpan operation cost selama 2419 menit = 40,32 jam = 6 hari kerja sehingga TFME Politeknik Negeri Batam dapat meminimalisir biaya yang diakibatkan dari proses produksi serta pesanan untuk PCB G-Robo juga dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
ANALISIS SISTEM KERJA PRODUK SMOCK MENGGUNAKAN STUDI WAKTU DAN GERAKAN (STUDI KASUS PADA QUALITY CONTROL AND PACKING DEPARTMENT PT ACEPLAS INDONESIA) Sayekti, Rahel Putri; Mulyana, Andi Erna
JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION Vol 3 No 1 (2019): Journal of Applied Business Administration - Maret 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (769.561 KB) | DOI: 10.30871/jaba.v3i1.1283

Abstract

Bagi  sebuah  perusahaan  make  to  order  seperti  PT  Aceplas  Indonesia,  memenuhi permintaan dengan kuantitas dan kualitas yang tepat adalah hal yang penting. Namun sayangnya, perusahaan ini mengalami masalah lamanya waktu kerja bagian QC and packing  yang merupakan salah satu kunci terjadinya pengiriman. Oleh karena itu dilakukan analisis sistem kerja dengan menggunakan  studi  waktu  dan  gerakan  guna  mengetahui  akar  persoalan  yang  ada.  Dari  hasil penelitian diperoleh enam prinsip ekonomi gerakan yang tidak sesuai dengan sistem kerja. Dari sistem  kerja  yang  tidak  sesuai  maka  dibuatlah  rancangan  sistem  kerja  baru  yang  lebih menyesuaikan  dengan  ekonomi  gerakan.  Hasilnya  diperoleh  bahwa  sistem  kerja  baru  yang menyesuaikan dengan prinsip ekonomi gerakan memiliki waktu kerja yang lebih kecil sebesar 88% untuk kegiatan sealing dan 28% untuk kegiatan packing.
PENILAIAN PENGAMANAN TEKNOLOGI PADA SISTEM PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MENGGUNAKAN INDEKS KEAMANAN INFORMASI DI POLITEKNIK NEGERI BATAM Slamet, Muhammad Ramadhan; Wulandari, Febrina; Amalia, Diah
JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION Vol 3 No 1 (2019): Journal of Applied Business Administration - Maret 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.056 KB) | DOI: 10.30871/jaba.v3i1.1305

Abstract

As an electronic learning system organizer State Polytechnic of Batam (Polibatam) must arrange secured electronic learning system. Ministry of Communication and Information of Indonesia expects the organizations which arrange electronic system can perform SNI ISO 27001 certification related to information security. Information security condition on organizations which will perform on certifiation is expected on maturity level at III+ (Directorate of Information Security Team, 2011). On the other hand, there is a gap between expected conditon and actual condition. Information security index (KAMI) is a tool to assess the implementation of information security that has been done. This research is assessed related to technology component because of high dependency of organization on technology. The purpose of research is to identify how far the security of technology at State Polytechnic of Batam by using information security index. Based on research, electronic learning system that is organized by State Polytechnic of Batam is low categorized. The total percentage is 65 or 54,17% out of maximum percentage. Therefore, the maturity level of technology security is on maturity level II which means the maturity level of technology security is under the expected maturity level for minimum readiness certification on III+. It is caused the position of State Polyetechnic of Batam is on a organizational development stage. Moreover, the focus of organization is related on operational, not strategic.
PERSEPSI ANTARA TENAGA KERJA PENDATANG LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN TERHADAP PUSH AND PULL FACTORS Riwanti, Septiani; Kartikasari, Dwi
JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION Vol 3 No 1 (2019): Journal of Applied Business Administration - Maret 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.196 KB) | DOI: 10.30871/jaba.v3i1.1301

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Persepsi Antara Tenaga Kerja Pendatang Laki-Laki Dan Perempuan Terhadap Push And Pull Factors. Variabel push factors yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu lapangan pekerjaan, upah rendah, mencari modal dan kebutuhan hidup. Serta pull factors yaitu kesempatan kerja, upah tinggi, jarak dan budaya. Lalu Pengolahan Data yang digunakan adalah metode parametrik yaitu independent sample t test. Hasil penelitian menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi antara tenaga kerja pendatang laki-laki dan perempuan terhadap lapangan pekerjaan (push factor), tidak terdapat perbedaan persepsi antara tenaga kerja pendatang laki-laki dan perempuan terhadap upah rendah (push factor), tidak terdapat perbedaan persepsi antara tenaga kerja pendatang laki-laki dan perempuan terhadap mencari modal (push factor), terdapat perbedaan persepsi antara tenaga kerja pendatang laki-laki dan perempuan terhadap kebutuhan hidup (push factor), terdapat perbedaan persepsi antara tenaga kerja pendatang laki-laki dan perempuan terhadap kesempatan kerja (pull factor), terdapat perbedaan persepsi antara tenaga kerja pendatang laki-laki dan perempuan terhadap upah tinggi (pull factor), terdapat perbedaan persepsi antara tenaga kerja pendatang laki-laki dan perempuan terhadap jarak (pull factor), dan terdapat perbedaan persepsi antara tenaga kerja pendatang laki-laki dan perempuan terhadap kesamaan budaya (pull factor)
PENGARUH PRICE DISCOUNT FRAMING TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA RAMAYANA DEPARTMENT STORE, JODOH, BATAM Shakti, Diska Nabella; Zuliarni, Sri
JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION Vol 3 No 1 (2019): Journal of Applied Business Administration - Maret 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.369 KB) | DOI: 10.30871/jaba.v3i1.1292

Abstract

Penelitian ini menguji tentang pengaruh price discount framing terhadap purchase intention di Ramayana Department Store, Jodoh, Batam. Responden penelitian ini adalah pengunjung Ramayana Department Store  dengan kiteria pernah melakukan kunjungan minimal 2 kali, yaitu sebanyak 107 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji t dan uji F dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini adalah keempat variabel independen yaitu percentage discount, absolute saving, bonus pack dan special price secara parsial dan simultan berpengaruh positif signifikan terhadap purchase intention.
ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PT RAMAJAYA COPIER JS, Sudrajad; Andayani, Nur Rahma
JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION Vol 3 No 1 (2019): Journal of Applied Business Administration - Maret 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.762 KB) | DOI: 10.30871/jaba.v3i1.1291

Abstract

Penelitian analisis kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan di PT Ramajaya Copier adalah untuk menganalisis dan mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh PT Ramajaya Copier. Penelitian ini dilakukan kepada 93 pelanggan PT Ramajaya Copier yang ada di Kota Batam dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Menggunakan metode analisis important performance analysis (IPA) penelitian ini menghasilkan 4 (Empat) indikator pernyataan kepuasan pelayanan yang termasuk ke dalam kuadran I yaitu tingkatkan kinerja untuk diperbaiki guna memenuhi harapan pelanggan. Keempat indikator pernyataan tersebut adalah : karyawan bersikap sopan dan ramah kepada pelanggan (2,61), kenyamanan pelanggan saat datang ke PT Ramajaya (2,69), perusahaan melayani tanpa memandang latar belakang pelanggan (2,61), perusahaan memberikan toleransi terhadap keterlambatan pembayaran kepada pelanggan (2,61).
ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA LAYANAN ELECTRONIC CERTIFICATE OF ORIGIN PADA DIREKTORAT LALU LINTAS BARANG BADAN PENGUSAHAAN (BP) BATAM Ferdiansya, Ari; Hendrawan, Bambang
JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION Vol 3 No 1 (2019): Journal of Applied Business Administration - Maret 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.951 KB) | DOI: 10.30871/jaba.v3i1.1290

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna layanan electronic certificate of origin pada kantor lalu lintas barang badan pengusahaan (BP) Batam melalui kualitas layanan website. Teknik sampling  yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel responden 196 orang. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif kuantitatif. Untuk mengukur kepuasan pelanggan digunakan analisis gap antara tingkat kinerja yang dirasakan konsumen terhadap dimensi kualitas digambarkan pada diagram Importance Performace Analysis (IPA). Diagram IPA menunjukkna bahwa item-item dimensi layanan terbesar pada empat kuadran, yaitu enam item pada kuadran “prioritas utama”. Tujuh item berada pada kuadran “pertahankan kinerja yang sudah ada pada saat ini”. Lima item lainnya berada pada kuadran “prioritas rendah” dan tiga item berada pada posisi “penekanan yang terlalu berlebihan.
HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, BUDAYA ORGANISASI, DAN ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KINERJA ORGANISASI Ambarwati, Arie
JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION Vol 3 No 1 (2019): Journal of Applied Business Administration - Maret 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.515 KB) | DOI: 10.30871/jaba.v3i1.1289

Abstract

Kinerja organisasi/perusahaan merupakan bahan penelitian yang akan selalu menarik untuk dibicarakan dalam dunia bisnis atau pengelolaan organisasi. Beberapa faktor dan variabel yang mempengaruhi kinerja organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan karakteristik individu, budaya organisasi organization citizenship behavior (OCB) dengan kinerja organisasi/perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif explanatori dengan menggunakan 35 responden karyawan dalam bidang jasa konsultasi keuangan di kota Surabaya.             Analisis penelitian membuktikan bahwa ada hubungan secara langsung maupun tidak langsung antara karakteristik individu, budaya organisasi, organization citizenship behavior (OCB) dengan kinerja organisasi. Hasil analisis membuktikan bahwa hanya budaya organisasi dan organization citizenship behavior (OCB) yang memberikan hubungan secara langsung dan signifikan dengan kinerja organisasi, sedangkan karakteristik individu tidak memberikan korelasi secara langsung dengan kinerja organisasi.
PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN NON FINANSIAL TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN KINERJA KARYAWAN BAGIAN LAPANGAN PADA PT UNITED SINDO PERKASA Indriani, Novi; Wirawan, Adhitomo
JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION Vol 3 No 1 (2019): Journal of Applied Business Administration - Maret 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.251 KB) | DOI: 10.30871/jaba.v3i1.1285

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, baik secara simultan maupun parsial antara kompensasi finansial dan kompensasi non finansial terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan lapangan PT United Sindo Perkasa. Penelitian ini menggunakan metode Regresi Linier Berganda. Adapun sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yang berjumlah 86 karyawan lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah variabel kompensasi finansial berpengaruh positif terhadap motivasi kerja, Hal ini dilihat dari thitung (3,203) lebih besar dari ttabel (1,66) dengan tingkat signifikan (0,002 < 0,05). Variabel kompensasi non finansial berpengaruh positif terhadap motivasi kerja, hal ini dilihat dari thitung (2,781) lebih besar dari ttabel (1,66) dengan tingkat signifikan (0,007 < 0,05). Terdapat pengaruh secara simultan antara variabel kompensasi finansial dan kompensasi non finansial terhadap motivasi kerja, hal ini dilihat dari Fhitung (13,451) lebih besar dari Ftabel (3,11) dengan tingkat signifikan (0,000 < 0,05). Variabel kompensasi finansial berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, hal ini dilihat dari thitung (2,917) lebih besar dari ttabel (1,66) dengan tingkat signifikan (0,005 < 0,05). Variabel kompensasi non finansial berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, hal ini dilihat dari thitung (2,311) lebih besar dari ttabel (1,66) dengan tingkat signifikan (0,023 < 0,05). Terdapat pengaruh secara simultan antara variabel kompensasi finansial dan kompensasi non finansial terhadap kinerja karyawan, hal ini dilihat dari Fhitung (10,312) lebih besar dari Ftabel (3,11) dengan tingkat signifikan (0,000 < 0,05).
PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN, KOMITMEN ORGANISASI, DAN PROFESIONALISME TERHADAP KINERJA MANAJERIAL BANK BUMN KOTA PALEMBANG Rahayu, Pipit Fitri
JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION Vol 3 No 1 (2019): Journal of Applied Business Administration - Maret 2019
Publisher : Politeknik Negeri Batam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (69.304 KB) | DOI: 10.30871/jaba.v3i1.1284

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of the participation in composing budget, organizational commitment, and professionalism on the performance of the BUMN Bank in Palembang. In addition, this institution is a company that also has branch offices, financial managers, operational managers, credit managers, and corporate finance such as Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia. (BNI) and the State Savings Bank (BTN) of Palembang city which prioritizes 36 people. The sample that used is 36 people using a census is all the populations sampled. The technique to analyze data is multiple regression analysis with SPSS 21 software tools. The results of the study partially indicate that: (1) budget participation is positive and significant toward the managerial performance of Palembang City BUMN Bank, (2) organizational commitment is positive and significant toward managerial performance Palembang City BUMN Bank, and (3) professionalism that has a significant positive effect on the managerial performance of the BUMN Bank of Palembang City. And the results of the simultaneous testing also show that budget participation, organizational commitment, and professionalism have a positive and significant effect on the performance of managers of BUMN Bank Palembang City

Page 1 of 10 | Total Record : 95