cover
Contact Name
Ary Purmadi
Contact Email
arypurmadi@ikipmataram.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
arypurmadi@ikipmataram.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
Published by IKIP Mataram
ISSN : 26030620     EISSN : 26561417     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Educational Technologi IKIP Mataram. JTP is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about education written by researchers, academicians, professional, and practitioners from all over the world.
Arjuna Subject : -
Articles 85 Documents
PENGARUH REINFORCEMENT GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 2 SAKRA TIMUR Sakti, Hadi Gunawan
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 3, Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : IKIP MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.325 KB)

Abstract

Pendidikan di sekolah mempunyai tujuan untuk menjadikan para siswanya agar mencapai suatu perkembangan yang optimal sesuai dengan bakat, kemampuan, minat serta cita-citanya masing-masing. Untuk mencapai tujuan tersebut maka di dalam proses belajar mengajar seorang guru hendaknya menciptakan situasi lingkungan yang memungkinkan supaya anak aktif dalam belajar. Guru juga harus memiliki komponen dan kompetensi dalam interaksi belajar mengajar. Disamping memiliki komponen dan kompetensi yang dimiliki, seorang guru juga hendaknya memiliki keterampilan dalam memberikan reinforcement. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif, adapun jenis penelitian yangg eksperimen. Dan teknik dalam pengumpulan data penulis menggunakan angket dan metode dokumentasi. Dengan melihat dari jenis data, maka dapat ditentukan teknik analisis data. Dalam penelitian, karena data bersifat kuantitatif maka teknik analisis data yang digunakan adalah statistik dengan rumus korelasi.Untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh pemberian reinforcement guru terhadap peningkatan motivasi belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Sakra Timur, penulis mengolah data hasil penelitian menggunakan rumus korelasi r product moment. Dengan rumus korelasi didapat hasil rxy = 0,430, dengan memilih taraf signifikan 5%. Adapun taraf signifikan 5% didapat rt = 0,316. Hal ini menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (rxy > rt) karena rxy > rt, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu ada pengaruh reinforcement guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 2 Sakra Timur. Kata Kunci : Reinforcement
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DENGAN PEMBERIAN BALIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 PRAYA TENGAH Najamuddin, M.
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 1 April Tahun 2016
Publisher : IKIP MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.639 KB)

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran tentunya guru dituntut untuk lebih kreatif supaya tujuan yang yang diharapkan tercapai, kreatifitas guru dalam proses pembelajaran diperlukan untuk menyampaikan materi salah satunya memperhatikan metode yang digunakan dalam membelajaran, metode pembelajaran pemberian balikan adalah cara guru untuk membelajarkan anak didik melalui kegiatan pemberian balikan yang dilakukan antara guru dengan anak didik atau antara anak didik. Pemberian balikan dapat dikembangkan dalam pembelajaran dalam bentuk simbol: pemberian informasi guru kepada siswa secara tertulis yang dituangkan pada lembar jawaban hasil kerja siswa dalam mengerjakan tes atau latihan, dengan memberikan tanda benar (B) pada jawaban yang benar, dan memberikan tanda salah (S) pada jawaban yang salah tanpa memberikan keterangan apapun. Ekspositorik: pemberian informasi guru kepada siswa secara tertulis yang dituangkan pada lembar jawaban hasil kerja siswa dalam mengerjakan tes atau latihan, yaitu dengan memberikan tanda benar (B) pada jawaban yang benar, dan memberikan tanda salah (S) pada jawaban yang salah dan sekaligus memberi penjelasan singkat/terperinci atas kesalahannya dan petunjuk perbaikan serta buku sumber acuannya agar siswa dapat memperbaiki kekurangannya dan kesalahannya yang telah diperbuatnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pengolahan proses belajar mengajar dengan metode pemberian balikan, dan tes formatif. serta metode wawancara sebagai metode pelengkap, penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan rumus Product Moment. Melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran penemuan terbimbing memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 68,18%, 77,27%, dan 86,36%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh pengembangan pembelajaran dengan pemberian balikan terhadap hasil belajar IPS kelas V di SDN 1 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012.Kata Kunci : Pengembangan Pembelajaran, Pemberian Balikan
EFEKTIVITAS MEDIA GAME MENGETIK INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS5 Kurniawati, Wiwien; Wibawa, Restu
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 3, Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : IKIP MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.579 KB)

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Hal ini disebabkan karena tingkat intelegensi, minimnya motivasi belajar, cara belajar kurang efektif, kurangnya frekuensi dan jumlah waktu belajar, tingkat disiplin diri kurang, media belajar atau bahan ajar yang belum mencukupi disediakan pihak sekolah. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Media Game Mengetik Interaktif Berbasis Adobe Flash CS5 Efektif Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Jurusan TKJ Kelas X-2 di SMKN 1 Labuapi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen one design group pre-test post-test. Sampel dalam penelitian ini tidak digunakan karena populasi yang relatif sedikit sehingga menggunakan studi populasi. Adapaun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunkan rumus chi square. Sesuai dengan hasil perhitungan chi square yang diperoleh melalui analisis ternyata nilai yang diperoleh = 4,874.sedangkan nilai chi square dalam tabel dengan N = (C-1)(R-1)=(5-1)(2-1)=4 dengan taraf signifikansi 5% = 3,841 dengan demikian bahwa nilai chi square analisis lebih besar dari pada nilai chi square tabel (4,874.> 3,841). Hal ini berarti hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Adobe Flash CS5, Game Interaktif, Motivasi Belajar.
EDUCATIONAL INSTITUTION’S USE OF SOCIAL MEDIA: A CASE STUDY FROM EDUTOPIA Ahmad, Muhtar
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 2 Nomor 2 Oktober Tahun 2017
Publisher : IKIP MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.691 KB)

Abstract

This is a case study that elaborates how George Lucas Educational Foundation (GLEF), an educational institution that is broadly known as Edutopia, employes social media to advocate their learning strategies. Social media usage decision is determined by the strategic goals that organizations want to accomplish. Organizations should decide, whether they need to pick from existing social media platforms, to establish their own applications, or to use both. In this regards, Edutopia uses both its own-developed and existing social media platforms. Therefore, this study is aimed to: 1) elaborate the relevant advantages of each type of those platforms to its mission, 2) to study opportunities that Edutopia has to build relationship with its users though its forum and blogs, and 3) to analyze the functions of social media to understand the appropriateness of using different social media platforms. The data were collected using interview, observation, and documenting from April until June, 2014 and were analyzed using pattern matching logic. The results showes that both own-developed and existing platforms are beneficial for Edutopia as they seem to have different characteristics, target users, as well as different level of engagement. The study also showes that Edutopia’s user engagement level was significantly high which meant Edutopia has been using their various social media channel to effectively build its community. Finally, Edutopia has functionally utilizes its social media to bring its mission to: 1) document , 2) disseminate, and 3) advocate its learning solutions to teachers, parents, administrators, education leaders, and other stakeholders.Keywords: social media, community building.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LAGU DAERAH SUMBAWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAN 1 SEKONGKANG Fitriani, Farida; Kurniawati, Wiwien
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 April Tahun 2017
Publisher : IKIP MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.843 KB)

Abstract

Rumusan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil pembelajaran menulis cerpen kelas kontrol dengan penggunaan metode ceramah pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang?, Bagaimanakah hasil pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan media lagu daerah di kelas eksperimen pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang?, Bagaimanakah hasil perbandingan pembelajaran menulis cerpen antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang?, sedangkan tujuannya adalah Untuk mengetahui hasil pembelajaran menulis cerpen pada kelas kontrol dengan penggunaan metode ceramah; Untuk mengetahui hasil pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan media lagu daerah Sumbawa pada kelas eksperimen; Untuk mengetahui hasil perbandingan pembelajaran menulis cerpen melalui penggunaan lagu daerah Sumbawa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil yaitu “t” hitung lebih besar dari “t” tabel pada taraf signifikasi 5% yaitu (14,725 > 1,681) sehingga penelitian ini dinyatakan “signifikan” dengan demikian kesimpulan yang diperoleh: “Meningkatnya hasil belajar kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang tahun pelajaran 2015/2016, hal ini menunjukkan Ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2015/2016, dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi: Meningkatnya hasil belajar kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang tahun pelajaran 2015/2016 diterima.Kata Kunci: Media Lagu Daerah, Pembelajaran Menulis, Cerpen.
Cover Depan Daftar Isi, Cover Depan Dewan Redaksi &
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 3, Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : IKIP MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.865 KB)

Abstract

Cover Depan
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJASKES TENTANG SERVIS PERMAINAN BOLA VOLLY DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DRIIL DAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JEKANI 3 Muhasyim, Muhasyim
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2 Oktober Tahun 2016
Publisher : IKIP MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.091 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengingkatkan hasil belajar siswa dengan menggunaan pendekatan pembelajaran drill dan bermain tentang konsep servis atas permainan bola volly pada siswa kelas IV SDN Jekani 3 Mondokan Sragen; 2) Untuk mengingkatkan aktifitas belajar siswa tentang konsep servis atas permainan bola volly pada siswa kelas IV SDN Jekani 3 Mondokan Sragen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Jekani 3 Mondokan Sragen. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jekani 3 Mondokan Sragen dengan jumlah 17 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan dan guru. Data yang akan dikumpulkan pada penelitian ini berupa hasil belajar tentang volly sebelum dan setelah menggunakan pendekatan pembelajaran drill dan bermain dan data yang digunakan proses kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran drill dan bermain. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Indikator penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa mencapai lebih dari 85% dan meningkatkan hasil belajar dari tidak tuntas menjadi tuntas yaitu rata-rata hasil belajar penjaskes minimal telah mencapai lebih dari 75. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kritis dan analisis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) hasil observasi terhadap aktivitas pembelajaran terlihat bahwa siswa menjadi aktif dan tidak cepat jenuh dalam pembelajaran. Persentase peningkatan aktivitas pembelajaran pada siklus 1 mencapai 72%, siklus 2 mencapai 89%, sementara skor harapan adalah aktivitas pembelajaran adalah 85%. Ini berarti target aktivitas pembelajaran sudah tercapai; 2) hasil evaluasi pada siklus 1 kemampuan passing atas siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal yaitu: pada kondisi awal jumlah siswa yang mencapai nilai 75 baru 4 siswa (25%) dan pada siklus 1 meningkat menjadi 8 siswa (50%), kemudian pada siklus 2, meningkat menjadi 15 siswa yang mencapai nilai 75 bahkan lebih. Ini berarti target 85. dari jumlah siswa mencapai KKM dengan nilai 75 sudah tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan pendekatan pembelajaran drill dan bermain dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar penjaskes tentang konsep servis atas permainan bola volly pada siswa kelas IV SDN Jekani 3 Mondokan Sragen.Kata Kunci : Penjaskes, Pembelajaran Drill, Hasil Belajar
PENGARUH PENGGUNAAN SIMULASI JARINGAN KOMPUTER CISCO PACKET TRACER TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA Purnawan, Deki; Astutik, Fitri
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 3, Nomor 2 Tahun 2018
Publisher : IKIP MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.975 KB)

Abstract

Permasalahan yang terlihat terjadi di lapangan pada mata pelajaran TIK khususnya pada materi sistem jaringan komputer masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah,diskusi, dan kerja kelompok sehingga membuat siswa menjadi kurang termotivasi dalam belajar. Di samping hal tersebut, guru mata pelajaran TIK pada saat menyampaikan materi tentang sistem jaringan komputer masih menggunakan kapur dan papan tulis dan kurang melakukan praktikum hal tersebut karena kurangnya ketersediaan alat dan bahan untuk praktikum pada materi sistem jaringan komputer sehingga menyebabkan siswa kurang mampu berpartisipasi aktif dalam materi sistem jaringan komputer.       Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Simulasi Jaringan Komputer Cisco Packet Tracer Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK khususnya materi tentang sistem jaringan komputer  Kelas IX b di SMPN 2 Keruak Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen, dan rancangan yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu: One Group Pre-tes Post-tes Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX b yang berjumlah 30 orang di SMPN 2 Keruak Kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2017/2018, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka dalam penelitian ini menggunakan teknik populasi.Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode angket sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisa data menggunakan rumus T-Test  Hasil penelitian yaitu sebesar 7,160 dan nilai  pada taraf Signifikan 5% dengan dk (N-1) = 30-1=29 lebih besar daripada nilai  pada tabel (7,160 >2,042), berarti bahwa ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: ada pengaruh penggunaan simulasi jaringan komputer Cisco Packet Tracer terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas IX b di SMPN 2 Keruak Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2017/2018, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”. Kata kunci: Simulasi Jaringan Komputer, Kreativitas Belajar
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Bastika, Ayu; Mujiburrahman, Mujiburrahman
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 3, Nomor 1 Tahun 2018
Publisher : IKIP MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.737 KB)

Abstract

Pada pengamatan awal, guru Bahasa Inggris pada SD Integral Luqman Al-Hakim Mataram  seringkali  menggunakan  metode  konvensional  yaitu  metode  ceramah. Karena Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang membutuhkan partisipasi aktif siswa untuk mempelajarinya, maka metode ceramah yang lebih bersifat berpusat pada guru  tidak  tepat  untuk  digunakan.  Sering  kali  siswa  tidak  dapat  menangkap penjelasan guru. Kebanyakan siswa hanya mendengarkan dan mencatat  apa yang dijelaskan oleh guru sedangkan mereka tidak memahami materi pembelajaran itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Kata  Bergambar  terhadap  Hasil Belajar  Siswa Pada  Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V di SD Integral Luqman Al-Hakim Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V Di SD Integral Luqman Al-Hakim Mataram Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Integral  Luqman  Al-Hakim  Mataram  yang  berjumlah  65  orang  siswa.  Karena populasi kurang dari 100 maka penelitian ini menggunakan studi populasi. Rancanagan penelitian menggunakan one-Group pretes-posttes design. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Tehnik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus ttes. Hasil analisis diperoleh nilai ttest sebesar 5,170 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan db = N-1 = 25 lebih besar daripada nilai ttest pada tabel (5,170>2,060), berarti bahwa  ditolak dan Ha  diterima yang berbunyi: Ada Pengaruh Model Pembelajaran Induktif Kata  Bergamabar  terhadap  Hasil  Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V Di SD Integral Luqman Al- Hakim Mataram Tahun Ajaran 2017/2018, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”. Kata Kunci: Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar, Hasil Belajar.
EVALUASI CIPP (CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT) PENERAPAN KURIKULUM SMK Baysha, Muh. Husen; Puji Astuti, Endah Resnandari
Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran Volume 1 Nomor 1 April Tahun 2016
Publisher : IKIP MATARAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.282 KB)

Abstract

Penerapan kurikulum di SMK mengalami kesulitan untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian mengidentifikasi penerapan kurikulum menggunakan pendekatan evaluasi model IPP (Input, Process, dan Product). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan sumber data menggunakan metode sampel bertujuan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data melalui cara: (1) reduksi data (2) penyajian data (3) verifikasi data. Keabsahan data yang diperoleh dari penelitian ini maka digunakan data triangulation. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kualitas penerapan kurikulum tergolong baik berdasarkan hasil evaluasi IPP (Input, Process dan Product). (2) Terdapat kesulitan-kesulitan penerapan kurikulum berdasarkan hasil evaluasi IPP (Input, Process dan Product). Kesulitan-kesulitan penerapan kurikulum tidak begitu signifikan dan masih dapat ditanggulangi dan diatasi baik oleh pihak sekolah. (3) Tingkat kesulitan penerapan kurikulum tergolong tinggi berdasarkan hasil evaluasi IPP (Input, Process dan Product). Namun masih dapat ditanggulangi dan diatasi baik oleh pihak sekolah.Kata Kunci : Evaluasi CIPP, Kurikulum, SMK