cover
Contact Name
amir furqon
Contact Email
furqon@unira.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
furqon@unira.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL MAKRO MANAJEMEN
Published by Universitas Madura
ISSN : 14122936     EISSN : 25497308     DOI : -
Core Subject : Science, Social,
Jurnal ini berisi hasil penelitian terkait ilmu manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 80 Documents
ANALISIS PENGAKUAN PENDAPATAN DAN BEBAN SERTA PENGARUH TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MIDEAST TOUR AND TRAVEL PAMEKASAN
JURNAL MAKRO MANAJEMEN Vol 3, No 1 (2018): Makro: jurnal Manajemen & Kewirausahaan
Publisher : JURNAL MAKRO MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perusahaan Mideast Tour and Travel bergerak di bidang jasa perjalanan haji dan umroh. Di setiap tahunnya perusahaan selalu memiliki promo-promo yang menarik untuk para calon jamaah. Dengan adanya promo-promo tersebut peneliti sangat tertarik dalam meneliti laporan keuangan perusahaan khususnya di bagian pengakuan pendapatan dan beban. Peneliti ingin mengetahui pengakuan pendapatan dan beban yang diterapkan pada perusahaan. Yang nantinya akan melihat dampak yang timbul dalam pencatatan laporan keuangan perusahaan.Pengakuan pendapatan dan beban perusahaan menggunakan metode cash basic. Dimana perusahaan mencatat laporan keuangannya ketika terdapat kas masuk ataupun kas keluar. Adapun dampak yang akan diperoleh perusahaan pada pencatatan ini perusahaan tidak dapat mengetahui biaya dan pendapatan perusahaan dalam satu periode. terkadang perusahaan mengalami laba yang meningkat, terkadang pula mengalami penurunan laba yang derastis. Keadaan tersebut yang membuat laporan keuangan perusahaan Mideast Tour and Travel tidak dapat dibuktikan kebenarannya dikarnakan adanya pengakuan pendapatan dan beban yang kurang tepat. Akhirnya dampak dari pencatatan yang seperti inilah perusahaan tidak dapat melaporkan laporan keuangannya dengan akurat sesuai PSAK yang berlaku. Pada penelitian kali ini penulis memberi perbandingan terhadap laporan keuangan perusahaan dengan laporan keuangan yang menggunakan standart yang berlaku di Indonesia. Dan hasilnya terdapat selisih yang tidak sama satu sama lain dengan tahun-tahun sebelumnya. oleh karnanya peneliti dapat menyarankan perusahaan dapat mengganti laporan keuangan cash basic tersebut dengan laporan keuangan yang mengacu pada PSAK yang berlaku di Indonesia yaitu laporan keuangan dengan metode accrual basic. Laporan keuangan cash basic memang lebih gampang digunakan,namun pengakuan yang dimiliki nantinya akan tidak benar dengan kenyataan didalam perusahaan.
IMPLEMENTASI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN MINAT PELANGGAN MENGGUNAKAN LISTRIK PRABAYAR TERHADAP KENERJA PT. PLN (PERSERO) RAYON KETAPANG
JURNAL MAKRO MANAJEMEN Vol 3, No 2 (2018): MAKRO JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : JURNAL MAKRO MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh secarasimultan maupun parsial promosi (Advertising, Personal Selling, Direct Marketing) dan untuk mengetahui pengaruh yang lebih dominan terhadap minat pelanggan untuk menggunakan listrik prabayar di PT. PLN (Persero) Rayon Ketapang. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah random sampling sebanyak 99 sampel. Metode analisis ynag digunakan adalah metode regresi linier berganda (multi linier regression).Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (Advertising, PersonalSelling, Direct Marketing) berpengaruh secara signifikan terhadap minat pelanggan untuk menggunakan listrik prabayar di PT. PLN (Persero) Rayon Ketapang. Variabel yang lebih dominan memiliki pengaruh signifikan adalah direct marketing. Nilai koefisien diterminan (R square) diperoleh 0,512, hal ini berarti bahwa minat pelanggan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel Advertising, Personal Selling, Direct Marketing) sebesar 51,2% sedangkan sisanya sebesar 48,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN BONUSPACK TERHADAP IMPULSE BUYING (STUDI KASUS PADA INDOMARET UNIT DIRGAHAYU)
JURNAL MAKRO MANAJEMEN Vol 3, No 2 (2018): MAKRO JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : JURNAL MAKRO MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di tengah pergeseran pola usaha khususnya ritel dan semakin pesat pertumbuhannya. Maka diperlukan suatu strategi guna menarik para calon pembeli untuk hanya sekedar mampir dan sekaligus berbelanja item produk yang telah disediakan oleh rigtel tersebut.Hal ini diperlukan kiat guna memikat calon pembeli. Oleh karenanya penelitian inimengangkat tema pengaruh price discount dan bonuspack terhadap impulse buying. Dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisa regresi linear berganda menggunakan SPSS dapat diketahui R = 0,703 yang berarti korelasi atau hubungan 2 variabel bebasnya bertaraf kuat.
ANALISIS LOYALITASPELANGGANMENGGUNAKANVARIABEL KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA E-BUSINESS
JURNAL MAKRO MANAJEMEN Vol 2, No 1 (2017): JURNAL MAKRO MANAJEMEN
Publisher : JURNAL MAKRO MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Semakin luas, kompleks dan ketat paersaingan saat ini mebuat perusahaan dituntut untuk dapat melihat dan mencermati kesempatan dan peluang yang ada dan bisa menemukan strategi yang tepat untuk menciptakan suasana yang membuat pelanggan loyal terhadap apa yang perusahaan tawarkan, sebagai contoh peningkatan kualitas layanan yang harus ditingkatkan perusahaan serta membuat langkah agar supaya pelanggan tetap merasa puas dengan layanan yang perusahaan berikan.Dalam penelitian ini untuk mengenalisis baik secara simultan dan parsial pengaruh positif antara variabel kualitas layanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelangganpada pengguna layanan paytren.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data perimer yang diperoleh dari responden dengan menggunakan kuesioner sebanyak 100 item pertanyaan dan pernyataan yang disebar menggunakan metode simple random sampling.Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan regresi linier berganda setelah data terlebih dahulu di uji validitas dan realibilitas.Dari hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kepuasan pelanggan secara simultan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan sebesar 9.030.Dan secara parsial variabel kualitas layanan berpengaruh positif sebesar 11.016 terhadap loyalitas pelanggan, dan variabel kepuasan pelanggan juga mempunyai pengaruh positif sebesar 275.131 terhadap layalitas pelanggan.
PENGARUH KOMUNIKASI DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN
JURNAL MAKRO MANAJEMEN Vol 1, No 1 (2016): MAKRO
Publisher : JURNAL MAKRO MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komunikasi dan semangat kerja memiliki peranan dalam meningkatkan efektivitas kerja karyawan pada suatu perusahaan.Penelitian ini dilakukan di Glos Bakery and Resto di Jl. R. Abd.Aziz No. 26 Pamekasan.Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif.Teknik penggalian data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka.Hasil penelitian menunjukkan model regresi Y = 2.694 + 0.097 + 0,453 + e. Berdasarkan persamaan tersebut menunjukkan bilamana komunikasi dan semangat kerja meningkat satu- satuan, maka nilai Y (efektivitas kerja) akan meningkat sebesar 0,453 (asumsi variabel lain konstan). Nilai konstanta dari persamaa regresi tersebut 2,694 berarti variabel bebas (komunikasi dan semangat kerja sama) sama dengan nol (konstan) maka efektivitas kerja(Y)  sama dengan 2.694 satuan. Sedangkan hasil uji ANOVA menyatakan bahwa komunikasi dan semangat kerja memberikan pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas kerja karyawan Glos Bakery and Resto.Variabel semangat kerja memberikan pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas kerja karyawan dibandingkan dengan variabel komunikasi.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN
JURNAL MAKRO MANAJEMEN Vol 1, No 1 (2016): MAKRO
Publisher : JURNAL MAKRO MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan perhitungan analisa linear sederhana. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan analisa linear sederhana dapat diketahuihubungankualitas pelayanan terhadap persepsi konsumennilai positif sebesar 0,967 atau 96,7%, Sedangkan persamaan regresi sederhananya sebagai berikut:Y = 0,23+ 0,826 X1 + 0,187 X2+ 0,027 X3 + 0,0012 X4+ 0,011 X5Hasil perhitungan R sebesar 0,967 atau 96,7% yaitu menggambarkan pengaruh antara variable bebas terhadap variabel terikat bersifat searah dan kuat. Sedangkan nilai R squared atau determinan R sebesar 0,935 atau 93,5% artinya 6,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji t, ternyata variabel reliability (X1), daya tanggap (X2), jaminan (X3), empaty (X4) dan bukti fisik (X5) nilai t hitungnya lebih besar dibandingkan dengn t table. Dengan demikian hipotesis penelitian dapat dibuktikan kebenarannya bahwa pelayanan berpengaruh terhadap persepsi konsumen
PENGARUH FAKTOR KOMPENSASI TERHADAP PRESTASI KERJA KRU BUS PERUM DAMRI PAMEKASAN
JURNAL MAKRO MANAJEMEN Vol 1, No 2 (2016): MAKRO
Publisher : JURNAL MAKRO MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meskipun saat ini Perum Damri adalah perusahaan yang bergerak dibidang transportasi di Indonesia, namun perusahaan ini tetap berkomitmen untuk semaksimal mungkin memenuhi Kompensasi terhadap Prestasi Kerja karyawan/kru bus. Kompensasi adalah salah satu aktivitas penting dalam pengelolaan sumber daya manusia terutama dalam upaya dalam meningkatkan prestasi kerja karyawan dalam hal ini kru bus Damri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kompensasi terhadap prestasi kerja kru bus Damri, apakah pemberian kompensasi berpengaruh segnifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada kru bus Damri Pamekasan. Data penelitian meliputi data primer, yang berasal dari data hasil kuisioner tentang kompensasi dan prestasi kerja karyawan/kru bus, serta data sekunder yang berasal dari perusahaan tempat penelitian dilaksanakan, yaitu berupa data kru bus, sejarah ringkas didirikan perusahaan, struktur organisasi serta aktivitas perusahaan. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh kru bus yang berjumlah 50 orang, dan karena jumlah populasi yang relatif kecil, maka penentuan sampel dilakukan dengan cara sensus, yakni seluruh populasi tersebut dijadikan sebagai sampel. Penelitian menyimpulkan bahwa kompensasi kru bus pasa perusahaan Damri Pamekasan, pada umumnya adalah katagori baik, dan prestasi kerja yang dicapai kru bus juga baik.
PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI OLI DI SAKTI MOTOR KECAMATAN CAMPLONG SAMPANG
JURNAL MAKRO MANAJEMEN Vol 1, No 19 (2015): MAKRO : Edisi Mei 2015
Publisher : JURNAL MAKRO MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, promosi, tempat/distribusi, proses dan pelayanan) terhadap keputusan konsumen membeli dan untuk mengetahui apakah produk, harga, promosi, tempat/distribusi, proses dan pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan konsumen membeli tersebut mana yang paling dominant pengaruhnya terhadap keputusan konsumen membeli olie di Sakti Motor Camplong Sampang. Yang menjadi obyek pada Penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Camplong Sampang yang membeli oli pada Sakti motor Camplong Sampang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan metode survey. Sedangkan datanya diambil berdasarkan penyebaran angket kuisener. Adapun model penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan regresi linaer berganda. Hasil perhitungan dengan menggunakan analisa linear berganda pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen membeli membeli olie di Sakti Motor Camplong Sampang.dapat diketahui bahwa Besarnya nilai koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,702 artinya bahwa bauran pemasaran (variable X) yang terdiri- dari produk (X1), harga (X2), promosi (X3), tempat/distribusi (X4) dan pelayanan (X6) mempunyai hubungan yang erat atau kuat terhadap keputusan konsumen (variable Y) yaitu sebesar 0,702 atau 70,2%. Hasil uji validitas terhadap 26 indikator variabel tersebut ternyata ke 26 indikator variabel tersebut ada satu variable yang tidak valid yaitu variabel X1.6 (keragaman jenis) koefisien korelasinya sebesar 0,270 sehingga tidak dapat diikutkan dalam proses analisis selanjutnya. Dari hasil uji reliabilitas ada satu variable yang tidak realiabel karena nilai koefisien alphanya kurang dari 0,5 yaitu variable (X5) , sehingga variable proses (X5) tidak dapat diikutkan dalam proses analisis selanjutnya. Disamping itu setelah dilakukan dengan menggunakan uji F diperoleh Fhitung sebesar 18, 219 lebih besar dari F table 2,30 yang berarti bahwa bahwa variable produk (X1), harga (X2), promosi (X3), tempat/distribusi (X4) dan pelayanan (X6) secara simultan memberikan pengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen (Y) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 Dari hasil uji t dapat disimpulkan bahwa produk (Xpengaruh yang paling dominan terhadap Keputusan Konsumen (Y).
PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
JURNAL MAKRO MANAJEMEN Vol 1, No 19 (2015): MAKRO : Edisi Mei 2015
Publisher : JURNAL MAKRO MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh earning manajemen terhadap nilai perusahaan, obyek dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia untuk periode tahun 2012 sampai 2014.datayang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dari perusahaan manufaktur yang menjadi sampel untuk periode 2012-2014. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Berdasarkan data hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa earnings management berpengaruh secara positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini dapat dilihat pada tabel 8 diperoleh bahwa koefisien earnings management sebesar 0,070 dengan nilai t sebesar 2,923 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,043. Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa earnings management berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dengan demikian hal ini membuktikan bahwa tindakan earnings management yang dilakukan oleh manajer dapat berdampak pada kelangsungan hidup perusahaan. Dimana investor akan memberikan reaksi yang kurang menguntungkan yang nantinya akan berdampak pada penurunan nilai perusahaan yang tercermin dalam harga saham perusahaan.
PERAN KEMAMPUAN INOVASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA USAHA KECIL MENENGAH (UKM)
JURNAL MAKRO MANAJEMEN Vol 2, No 20 (2015): MAKRO
Publisher : JURNAL MAKRO MANAJEMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) membutuhkan Kemampuan Inovasi yang kuat untuk memenangkan persaingan dalam dunia bisnis. Berdasarkan penelitian terdahulu, penelitian ini menekankan pentingnya akan peran Kemampuan Inovasi dalam meningkatkan Kinerja Bisnis. Data diperoleh dari 228 UKM di kota Malang. Analisis Data menggunakan Structural Equation Model (SEM). Secara keseluruhan hasil penelitian ini sebagai berikut: pertama, Kemampuan Inovasi mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Kinerja Bisnis. Kedua, Kewirausahaan mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Kinerja Bisnis. Ketiga, Orientasi Pembelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Kemampuan Inovasi. Keempat, Sumberdaya Teknologi Informasi (TI) dan Kemampuan Inovasi mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Kinerja Bisnis. Dan kelima, Sumberdaya Teknologi Informasi (TI) mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Orientasi Pembelajaran.