cover
Contact Name
Didik Efendi
Contact Email
di2kefendi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
di2kefendi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK)
ISSN : 26154595     EISSN : 26559005     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 9 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah. Jurnal ini terbit setiap 4 (empat) bulan dan memuat minimal 3 (tiga) artikel dari luar kota Madiun. Diterbitkan Oleh : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN.
Arjuna Subject : -
Articles 96 Documents
Peningkatan Hasil Belajar Mencatat Pesan-Pesan Sederhana Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Pendekatan Berbasis Aktivitas Siswa Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Magetan
Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK) Vol 1 No 1 (2018): Vol.1 No.1 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.536 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 45 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mengenai Mencatat pesan-pesan sederhana baik dalam interaksi langsung maupun melalui alat melalui pendekatan Berbasis Aktivitas pada siswa Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Magetan Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Peranan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris materi ajar Mencatat pesan-pesan sederhana baik dalam interaksi langsung maupun melalui alat ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) mulai dari siklus pertama sampai siklus terakhir, yakni : pada siklus I 72,65; siklus  II 75,59, dan siklus III 80,00. Selain ditandai adanya peningkatan mean skor juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu pada siklus I hanya 61,76%, siklus II meningkat menjadi 79,41%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 97,06%
Peningkatan Prestasi Belajar Menerapkan Konsep Termodinamika Dalam Mesin Kalor Pada Mata Pelajaran Fisika Dengan Pembelajaran Certainly Of Response Index (CRI) Siswa Kelas XI MAT-IA 2 SMA Negeri 1 Magetan Suratno, Suratno
Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK) Vol 1 No 1 (2018): Vol.1 No.1 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.807 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Menerapkan Konsep Termodinamika dalam Mesin Kalor melalui strategi pembelajaran Certainly of Response Index (CRI) pada siswa Kelas XI MAT-IA 2  SMA Negeri 1 Magetan Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Dari hasil ulangan harian nilai rerata yang dicapai 55,31, dan sekitar 43,75% atau 14 siswa dari jumlah keseluruhan 32 siswa, dinyatakan tidak tuntas belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 45 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Peranan strategi pembelajaran Certainly of Response Index (CRI) dalam meningkatkan kemampuan Fisika materi ajar Menerapkan Konsep Termodinamika dalam Mesin Kalor ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 72,81; siklus II 77,03, dan siklus III 82,97. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu siklus I hanya 65,63%, siklus II 81,25%, siklus III mencapai 96,88%.
Peningkatan Kemampuan Profesional Guru Melalui Supervisi Akademik Teknik Individual Conference (IC) Oleh Pengawas Sekolah DI SMK Kosgoro 2 Ngantang Kabupaten Malang
Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK) Vol 1 No 1 (2018): Vol.1 No.1 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.756 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 4 siklus. Tiap siklus melalui penatahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan peranan supervisi teknik IC dalam upaya meningkatkan kemampuan profesional para guru, 2) Memberikan arahan atau pedoman bagi kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya sebagai supervisor sekolah dalam membina guru dan staf sekolah agar dapat meningkatkan kemampuan dan profesinya secara berdaya guna dan berhasil guna. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan profesional guru SMK Kosgoro 2 Ngantang Kabupaten Malang melalui penerapan supevisi akademik teknik IC. Hal ini ditandai adanya peningkatan kategori kemampuan profesional guru dalam setiap siklusnya yaitu pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus terakhir meningkat dan berada pada kategori tinggi.
Peningkatan Hasil Belajar Meringkas Teks Tertulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi Pembelajaran Gallery Of Learning Siswa Kelas XI MAT-IA.2 SMA Negeri 1 Magetan
Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK) Vol 1 No 1 (2018): Vol.1 No.1 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.695 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 45 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Mendeskripsikan Meringkas teks tertulis dalam konteks bekerja melalui metode Gallery of Learning pada siswa Kelas XI MAT-IA.2 SMA Negeri 1 Magetan Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Peranan Model Pembelajaran Gallery of Learning dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Indonesia materi ajar Meringkas teks tertulis dalam konteks bekerja ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : pada siklus I 72,19; siklus II 77,19; dan siklus III 80,94. Selain ditandai adanya peningkatan mean skor juga ditandai adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu pada siklus I hanya 68,75%, siklus II meningkat menjadi 78,13%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 93,75%.
Peningkatan Hasil Belajar Mengapresiasi Sastra Prosa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi Peer Lessons Siswa Kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Magetan
Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK) Vol 1 No 1 (2018): Vol.1 No.1 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.584 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 45 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep Mengapresiasi secara lisan teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana berbentuk sastra prosa melalui metode Peer Lessons pada siswa Kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 1 Magetan Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Peranan Strategi Peer Lessons dalam meningkatkan pemahaman konsep  mata pelajaran Bahasa Indonesia materi ajar Mengapresiasi secara lisan teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana berbentuk sastra prosa.ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) yakni : pada siklus I  72,37; siklus  II 75,53, dan siklus III 80,53. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar yaitu pada siklus I hanya 68,42%, siklus II meningkat menjadi 78,95%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.
Peningkatan Hasil Belajar Mendeskripsikan Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Melalui Model Pembelajaran Awarenes Training Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo
Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK) Vol 1 No 1 (2018): Vol.1 No.1 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.526 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 40 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar di Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan melalui strategi pembelajaran Awarenes Training pada siswa Kelas VIII C, SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Peranan model pembelajaran Awarenes Training dalam meningkatkan hasil belajar di Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 75,00; siklus  II 79,00; dan siklus III 82,67. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 56,67%, siklus II 76,67%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 93,33%. Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Awarenes Training dalam proses pembelajaran dapat meningkatan hasil belajar di Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Peningkatan Hasil Belajar Geografi Tentang Dinamika Perubahan Atmosfer Dan Dampaknya Melalui Penerapan Metode Belajar Pintar Siswa Kelas X 1 SMA Negeri 1 Magetan
Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK) Vol 1 No 1 (2018): Vol.1 No.1 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.507 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa  pada Dinamika Perubahan Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Di Muka Bumi. Berdasarkan kegiatan awal  diperoleh data minat belajar sangat rendah, sekitar 70% mendapat nilai dibawah 75. Hal ini ditengarai karena metode pembelajaran yang kurang bervariasi, model pembelajaran yang konvensional dan rendahnya motivasi belajar terhadap mata pelajaran Geografi karena kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Pada kesempatan ini peneliti menawarkan model pembelajaran Belajar PINTAR dengan harapan minimal 75% dari jumlah siswa memahami konsep Mendeskripsikan Dinamika Perubahan Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Di Muka Bumi dan memenuhi standar ketuntasan minimal 75%. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 40 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen tes, wawancara, angket dan jurnal. Peranan Model Pembelajaran Belajar PINTAR dalam meningkatkan kemampuan Geografi materi ajar Mendeskripsikan Dinamika Perubahan Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Di Muka Bumi ini ditandai adanya peningkatan mean score, yakni : pada siklus I 69,14; siklus II 73,97; dan siklus III 86,38. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 48,28%, siklus II menjadi 79,31%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 96,55%.
Menciptakan Budaya Sekolah Unggul Melalui Gerakan Petruk Sakti Di SD Negeri 03 Kanigoro Kota Madiun
Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK) Vol 1 No 1 (2018): Vol.1 No.1 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.471 KB)

Abstract

Best  practice  ini dilatarbelakangi  prestasi  siswa-siswi  di  Sekolah  Dasar   Negeri 03 Kanigoro Kecamatan  Kartoharjo Kota Madiun kurang  memuaskan, adanya hambatan menciptakan budaya sekolah  dan inovasi pembelajaran  yang  dilaksanakan  cukup optimal. Sehubungan dengan hal tersebut permasalahan   yang  dirumuskan  dalam  best practis   ini    adalah  1) Bagaimanakah  cara menciptakan budaya sekolah unggul?  2) Upaya apakah yang dilakukan untuk menuju siswa yang istiqomah dan pandai di Sekolah Dasar Negeri 03 Kanigoro Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun?. Strategi pemecahan masalah yang digunakan seorang pemimpin adalah menciptakan budaya sekolah yang kondusif dengan spirit dan nilai-nilai disiplin, spirit dan nilai-nilai tanggung jawab, kebersamaan, keterbukaan, kejujuran, semangat hidup, sosial, menghargai orang lain,dan persatuan kesatuan. Dengan meningkatkan hasil lulusan dan siswa siswi lulus bisa membaca Al qur’an dengan baik / qotam. Prestasi siswa yang istiqomah dan pandai diperoleh melalui gerakan PETRUK SAKTI dengan kegiatan pembinaan khusus kelas VI dikelompokkan oleh kepala sekolah, guru,dan memberi tambahan khusus setiap pagi pukul 06.30 WIB oleh kepala sekolah serta siswa membaca Al Qur’an didampingi guru agama Islam, setiap tahun bisa mengadakan qatmil Al Qur’an dengan mengundang orang tua dan komite sekolah. Pengadaan materi ujian dan sarana prasarana untuk peingkatan mutu. Sehingga prestasi di SD Negeri 03 Kanigoro ada peningkatan. Dampak dan hasil  yang  dicapai  maka  dapat ditarik simpulan dari best practice ini bahwa menciptakan budaya sekolah unggul melalui gerakan PETRUK SAKTI berpengaruh dalam meningkatkan prestasi siswa kelas VI yang istiqomah dan pandai di SD Negeri 03 Kanigoro Kota Madiun atau menjadi sekolah unggul .
Upaya Meningkakan Hasil Belajar Siswa Bidang Studi IPA Tentang Energi Dan Kegunaannya Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas III SDN Warurejo Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun
Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK) Vol 1 No 1 (2018): Vol.1 No.1 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.581 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkan hasil belajar siswa pada bidang studi IPA tentang energi dan kegunaannya melalui metode eksperimen dikelas III SDN Warurejo Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun, tahun pelajaran 2017-2018. Penelitian tindakan Kelas ini, menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart (dalam Sugiarti, 1997:6) yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (perencanaan), action (tindakan), observation (pengamatan), dan refletion (refleksi). Langkah pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelum masuk pada siklus 1 dilakukan tindakan pendahuluan yang berupa identifikasi permasalahan. Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi proses pembelajaran pada siklus I dan II ada peningkatan nilai rata-rata anak. Pada siklus I, nilai rata-rata 72 dengan daya serap 73%, sementara  pada siklus II nilai rata-rata kelas 83 dengan daya serap 83%. Dengan deskripsi nilai tersebut maka dapat disimpulkan, bahwa penerapan metode eksperimen sangat membantu pemahaman dan meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA tentang energy dan kegunaannya.
Peningkatan Hasil Belajar Menganalisis Tipe-Tipe Budaya Politik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dengan Metode Smart Learning Siswa Kelas XI.MIPA.2 SMA Negeri 1 Magetan
Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK) Vol 1 No 1 (2018): Vol.1 No.1 (2018)
Publisher : PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) KOTA MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.775 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 45 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kompetensi dasar Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia melalui strategi pembelajaran SMaRT Learning pada siswa Kelas X.MIPA.2, SMA Negeri 1 Magetan Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan model pembelajaran SMaRT Learning dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada kompetensi dasar Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 72,35; siklus II 75,62; dan siklus III 83,59. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 70,59%, siklus II 79,41%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.

Page 1 of 10 | Total Record : 96