cover
Contact Name
Andi Faisal Bahari
Contact Email
faisal.bahari@umi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
manajemen.bisnis@umi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN BISNIS
ISSN : 20887086     EISSN : 26211971     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen, Bisnis pertama kali diterbitkan pada tahun 2014. Jurnal Manajemen Bisnis adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel studi baik empiris maupun konseptual yang berkaitan dengan Keuangan, Pemasaran, Sumberdaya Manusia, Operasional, Strategi, Sistem Informasi , e-Business dan Etika Bisnis berdasarkan kearifan lokal. Jurnal Manajemen Bisnis telah memperoleh ISSN Cetak dan ISSN Online yang dikeluarkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
Arjuna Subject : -
Articles 24 Documents
QUALITY OF SERVICE, SATISFACTION AND THE EFFECT TOWARDS CUSTOMER LOYALTY suwarsito, Suwarsito; Ghozali, Syukri; Setianingrum, Herlin Widasiwi; Alawiyah, Sufi
JURNAL MANAJEMEN BISNIS Vol 7 No 1 (2020): Maret - Manajemen Bisnis
Publisher : Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.949 KB) | DOI: 10.33096/jmb.v7i1.419

Abstract

The purpose of the research is to analyze and identify the effect of the service quality and satisfaction variables toward customer loyalty. the data collection method used in this researchi uses the survey method with questionnaires. This research population is the customers of Indosat Unlimited in Depok. From the results of the analysis, it shows that the service quality significantly influences the customer loyalty, proven by the t significant value of 0.000 smaller that ? 0.05 with the coefficient of 2.537. Quality of service has a significant effect on the customer loyalty ishown by the t significant value 0.000 less than 0.05. service quality and satisfaction significantly influence the customer loyalty shown by F value of 0.000 smaller than 0.05 and are able contribute to the customer loyalty variables of 0.504 or 51.7%. the remaining 48.3% is influenced by other variables that are not analized in this research.
DAMPAK RETURN ON ASSET (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE) DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) PADA HARGA SAHAM PT. GUDANG GARAM TBK Hasmirati, Hasmirati; Akuba, Alfin
JURNAL MANAJEMEN BISNIS Vol 7 No 1 (2020): Maret - Manajemen Bisnis
Publisher : Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.52 KB) | DOI: 10.33096/jmb.v7i1.416

Abstract

Penelitian ini memprediksi seberapa besar dampak return on equity, return on asset, dan laba bersih pada PT akan terpengaruh secara bersamaan atau sebagian. Gudang Garam Tbk. Gudang Garam, komponen pengembalian ekuitas memiliki dampak positif dan dapat diabaikan pada pengembalian aset, dan pengembalian komponen aset memiliki dampak bersih dan diabaikan terhadap hasil. Margin memiliki efek terdistorsi dan diabaikan pada harga saham.
DAMPAK KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA, BEBAN KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA Nan Wangi, Vani Kenanga
JURNAL MANAJEMEN BISNIS Vol 7 No 1 (2020): Maret - Manajemen Bisnis
Publisher : Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.093 KB) | DOI: 10.33096/jmb.v7i1.407

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja (K3), beban kerja dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja karyawan pada PT.Arwana Citra Mulia Tbk.Penelitian ini terdiri dari empat variabel yaitu Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) (X?), Beban Kerja (X?), Lingkungan Kerja Fisik (X?), dan Kinerja Karyawan (Y). Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 50 karyawan divisi produksi PT. Arwana Citra Mulia Tbk. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, Kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji t dengan menggunakan perhitungan SPSS. Hasil analisis menyatakan bahwa: (1) Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tidak berpengaruh positif dan signifikan pada Kinerja Karyawan, (2) Beban Kerja Tidak berpengaruh negatif dan signifikan pada Kinerja Karyawan, (3) Lingkungan Kerja Fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan.
DIMENSI NILAI BUDAYA TERHADAP KUALITAS KINERJA DOSEN Budiawan, Shella
JURNAL MANAJEMEN BISNIS Vol 7 No 1 (2020): Maret - Manajemen Bisnis
Publisher : Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.429 KB) | DOI: 10.33096/jmb.v7i1.406

Abstract

Dosen yang berkualitas memiliki kemampuan yang baik sesuai dengan bidangnya masing-masing (kompeten), memiliki motivasi, inovatif, disiplin kerja yang tinggi dan di dukung oleh manajemen yang handal, lingkungan fisik serta budaya organisasi yang baik. Nilai budaya kinerja yang baik mendukung terciptanya kualitas kinerja yang baik. Hal ini didukung dengan tercapainya Inovasi, Detail, Fokus Pada Hasil,Fokus Pada Tim, Agresivitas, dan Stabilitas yang harus dimiliki oleh dosen untuk menciptakan kinerja yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kuantitatif dengan menggunakan pendekan kausal dan interaktif antara Nilai Budaya Kinerja(X) terhadap Kulaitas Kinerja Dosen (Y). Hasil penelitian ini membuktikan adanya hubungan kausal dan interaktif antara kedua variabel ini, yang dinyatakan melalui hasil dari olahdata menggunakan program analisis SPSS 23 untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel ini.
KINERJA KARYAWAN DITINJAU DARI PELATIHAN DAN MOTIVASI PADA PT. INDUSTRI KAPAL INDONESIA (PERSERO) MAKASSAR Nasir, Munawir
JURNAL MANAJEMEN BISNIS Vol 6 No 2 (2019): September - Manajemen Bisnis
Publisher : Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.601 KB) | DOI: 10.33096/jmb.v6i2.401

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan membahas dampak pelatihan dan motivasi kinerja karyawan pada PT Industri Kapal Indonesia Makassar. Penelitian ini merekomendasikan agar karyawan mengembangkan keterampilan dan kemampuan baru di tempat kerja sehingga apa yang mereka ketahui dan ketahui sekarang dan di masa depan dapat membantu karyawan memahami apa yang harus mereka lakukan dan mengapa mereka harus melakukannya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan pria dan wanita, dengan total 64 karyawan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui kuesioner dan dokumen perusahaan. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pelatihan dan insentif bersamaan dan beberapa pelatihan variabel dan insentif memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Industri Perkapalan Indonesia (Persero).
DAMPAK PENGUNJUNG WISATAWAN ASEAN TERHADAP STRATEGI NATION BRANDING “WONDERFUL INDONESIA” MELALUI TINGKAT OCCUPANCY HOTEL DI KABUPATEN SAMOSIR Indra, Muhammad Halfi
JURNAL MANAJEMEN BISNIS Vol 7 No 1 (2020): Maret - Manajemen Bisnis
Publisher : Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.182 KB) | DOI: 10.33096/jmb.v7i1.380

Abstract

Pengaruh citra terhadap adanya nation branding sangat penting terhadap keputusan wisatawan ASEAN yang ingin berkunjung di Indonesia terutama pada Danau Toba di Samosir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari strategi nation branding terhadap wisatawan yang ingin berkunjung di Danau Toba terkhusus dilihat dari Occupancy hotel yang telah dikunjungi. Metode dari penelitian ini menggunakan kalitatif deskriptif. Dari hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan variable independen yaitu nation branding yang terdiri dari people, torurism, cuture, heritage dan untuk variable depende yaitu keputusan wisatawan yang berkunjung. Dari hasil yang diperoleh melalui uji validitas untuk people nilai r sebesar 0,444, untuk r tourism sebesar 0,444, untuk culture r sebesar 0,474 dan untuk budaya r sebesar 0,568. Dari hasil diatas dapat diartikan bahwa sudah valid, dimana jika nilai validates r setiap pertanyaan lebih besar dari 0,361 sehingga dapat disimpulkan hasil variable yang diperoleh valid.
DAMPAK INOVASI PRODUK DAN REPUTASI MEREK TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG Ekawaty, Novian; Athallah, Dhia Husniah; Anwar, Fida Nur Auliya
JURNAL MANAJEMEN BISNIS Vol 7 No 1 (2020): Maret - Manajemen Bisnis
Publisher : Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.046 KB) | DOI: 10.33096/jmb.v7i1.353

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan Inovasi Produk dan Reputasi Merek terhadap Keputusan Menabung pada Bank Muamalat Cabang Karawang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Penelitian ini digunakan dengan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling dengan sampel berjumlah 68 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analasis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Inovasi Produk dan Reputasi Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menabung dan mempengaruhinya secara bersama-sama sebesar 77,1%.
DAMPAK CITRA PERGURUAN TINGGI GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI, SIKAP, DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PTS DI SULAWESI SELATAN Sawaji, Jamaluddin
JURNAL MANAJEMEN BISNIS Vol 6 No 2 (2019): September - Manajemen Bisnis
Publisher : Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.738 KB) | DOI: 10.33096/jmb.v6i2.306

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efek langsung atau tidak langsung dari citra pendidikan tinggi pada motivasi, sikap dan pengambilan keputusan siswa. Data yang digunakan adalah sampel data mentah yang dikumpulkan dari 250 mahasiswa universitas swasta. Atribut yang diukur terlebih dahulu diperiksa dengan analisis faktor konfirmatori, dan kemudian model diverifikasi menggunakan model persamaan struktural (SEM) dan kemudian divalidasi untuk analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra perguruan tinggi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi dan sikap. Siswa memilih institusi pendidikan tinggi swasta di Sulawesi Selatan.
PENGGUNAAN METODE BALANCE SCORECARD DALAM PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA PROBOLINGGO Haidiputri, Trivosa Aprilia Novadiani
JURNAL MANAJEMEN BISNIS Vol 6 No 2 (2019): September - Manajemen Bisnis
Publisher : Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.161 KB) | DOI: 10.33096/jmb.v6i2.221

Abstract

   
STUDI KELAYAKAN AGROWISATA ALAM ASRI, KECAMATAN TELUK MERANTI, KABUPATEN PELALAWAN, PROVINSI RIAU Rahayu, Tia Robby; Taufikurrahman, M. Rizal; Maulidian, Maulidian
JURNAL MANAJEMEN BISNIS Vol 6 No 2 (2019): September - Manajemen Bisnis
Publisher : Pusat Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.433 KB) | DOI: 10.33096/jmb.v6i2.284

Abstract

Teluk Meranti merupakan daerah yang memiliki potensi wisata namun tidak dapat dimanfaatkan dengan baik, harapannya dengan adanya sebuah agrowisata di Teluk Meranti menjadi salah satu bentuk keperdulian pihak swasta untuk mendukung kegiatan wisata di Teluk Meranti dan menjadikan alasan para wisatawan untuk berkunjung ke Teluk Meranti. Tujuan analisis kelayakan usaha agrowisata adalah untuk mengetahui layak atau tidak layak jika membuat usaha agrowisata. Hasil anaisis aspek teknis, pasar dan pemasaran menunjukkan usaha ini layak untuk dijalankan, karena masyarakat setuju akan berdirinya usaha agrowisata serta memiliki pasar yang baik dan pemasarannya menggunakan sistem pemasaran masa kini yang banyak digunakan. finansial menunjukkan setelah adanya kenaikan bahan baku sebenar 10% maka NPV yang diperoleh sebesar ? Rp 2,458,457,039. IRR sebesar ? 22.62%. Dan PBP lebih dari 10 tahun, menunjukkan bahwa usaha agrowisata ini tidak menarik oleh bank dan instansi keuangan, karena jangka waktu pengembalian investasi ini cukup lama. Maka usaha ini menggunakan dana pribadi milik pengusaha agrowisata bertujuan agar tidak merugikan pihak manapun.

Page 1 of 3 | Total Record : 24