cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Health and Sport Journal
ISSN : 2654718X     EISSN : 26562863     DOI : -
Core Subject : Health,
Jambura Health and Sport Journal (JHSJ) is an international peer-refereed research journal published by the faculty of sports and health. The scope of articles published in this journal deals with a broad range of topics, including Sports training science, Physical Education and Sport, Public Health, Biomechanics, Health Sport, Nursing, Pharmaceutical, Sports Nutrition, Sports Therapy and Rehabilitation, Sports Medicine.
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
PEMBERIAN KOMPRES PLESTER HANGAT DAN AROMATERAPI TERHADAP DYSMENORHEA REMAJA PUTERI Koniyo, Mira Astri; Zees, Rini Fahriani
Jambura Health and Sport Journal Vol 1, No 1 (2019): Februari
Publisher : University State Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.917 KB)

Abstract

Tujuan umum penelitian mengetahui efektifitas pemberian kompres plester hangat dan aroma terapi lavender terhadap penurunan nyeri haid pada remaja Puteri. Desain penelitian ini pra-eksperimen dengan two group pra-post test design dimana peneliti melibatkan dua kelompok remaja Puteri yaitu satu kelompok terapi kompres plester hangat dan satu kelompok terapi kompres plester hangat + aromaterapi lavender. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja Puteri yang mengalami dismenorea sebanyak 79, dan Sampel penelitian sebesar 60 sampel. Waktu penelitian dilaksanakan dari tanggal 03 Oktober s.d 14 November 2018. Hasil penelitian berdasarkan uji statistik t-test dependen pada kelompok pertama menunjukkan nilai p value 0,000 < α 0,05 sehingga H0 ditolak Ha diterima maka efektif pemberian terapi kompres plester hangat terhadap penurunan nyeri. Pada kelompok kedua berdasarkan uji statistik t-test dependen menunjukkan nilai p value 0,000 < α 0,05 sehingga H0 ditolak Ha diterima maka efektif pemberian terapi kompres plester hangat + aromaterapi lavender terhadap penurunan nyeri haid (dismenore).
TINGKAT STRES DENGAN KADAR GULA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS Adam, Lusiane; Tomayahu, Mansyur B.
Jambura Health and Sport Journal Vol 1, No 1 (2019): Februari
Publisher : University State Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.988 KB)

Abstract

Diabetes melitus merupakan penyakit gangguan metabolisme kronis yang ditandai peningkatan glukosa darah (hiperglikemi) disebabkan karena ketidakseimbangan antara suplai dan kebutuhan untuk memfasilitasi masuknya glukosa dalam sel agar dapat di gunakan untuk metabolisme dan pertumbuhan sel. Stres dan Diabetes Melitus memiliki hubungan yang sangat erat, dimana tingkat stres yang tinggi dapat memicu kadar gula darah seseorang semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan peningkatan kadar gula darah pada pasien Diabetes Melitus di Puskesmas Kota Barat Kota Gorontalo. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional study. Populasinya adalah seluruh pasien Diabetes Melitus yang berada di wilayah kerja Puskesmas Kota Barat Kota Gorontalo. Jumlah Sampel 52 orang yang diambil dengan proporsional sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan peningkatan kadar gula darah pada pasien Diabetes Melitus di Puskesmas Kota Barat Kota Gorontalo tahun 2018 dengan P = 0,000 ˂ α = 0,01.
EFEKTIVITAS TERAPI PIJAT REFLEKSI DAN TERAPI BENSON TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI Ratna, Ratnawati; Aswad, Ahmad
Jambura Health and Sport Journal Vol 1, No 1 (2019): Februari
Publisher : University State Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.702 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas terapi pijat refleksi dan terapi Benson terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi di Puskesmas Hulonthalangi. Metode penelitian menggunakan Quasi Experiment dengan rancangan “Pre Test and Post Test Nonequivalent Control Group”. sampel yang didapatkan dalam penelitian ini sebanyak 48 responden yang ditetapkan secara purposive sampling. Berdasarkan hasil uji analisa pengaruh terapi pijat refleksi dan terapi Benson terhadap penurunan tekanan darah menggunakan uji wilcoxon dengan derajat kemaknaan sebesar α=5% didapatkan pValue 0.00 maka Ho ditolak dan uji analisa perbedaan efektivitas antara terapi pijat refleksi dan terapi Benson menggunakan uji mann withney dengan derajat kemaknaan sebesar α=5% didapatkan pValue tekanan darah sistolik 0.330 dan tekanan darah diastolic 0.885 maka Ho diterima dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh terapi pijat refleksi dan terapi Benson terhadap penurunan tekanan darah, dan tidak ada perbedaan efektivitas antara terapi pijat refleksi dan terapi Benson terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Hulonthalangi.
MEMBANGUN KESADARAN JAJANAN AMAN PADA ANAK SEKOLAH Sapiun, Zulfiayu; Pangalo, Paulus; PanaI, Heny; Damiti, Sukma
Jambura Health and Sport Journal Vol 1, No 1 (2019): Februari
Publisher : University State Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.8 KB)

Abstract

Tujuan Kegiatan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap siswa/siswi sebelum dan sesudah penyuluhan dilaksanakan dan memastikan bahwa jajanan di sekitar sekolah aman dari cemaran kimia. Kegiatan ini adalah quasi eksperiment. Alat ukur adalah kuesioner berisi pernyataan pengetahuan dan sikap. Pengetahuan dan sikap dinyatakan baik bila nilai ≥75. Data dianalis dengan univariat dan perubahan diuji dengan wilcoxon. Kegiatan berupa penyuluhan keamanan pangan dan pengujian sampel makanan jajanan di sekitar sekolah. Pengetahuan siswa tentang jajanan aman adalah sebelum penyuluhan adalah 3,79 dan setelah sebesar 4,65. Sikap siswa tentang jajanan aman adalah sebelum penyuluhan adalah 4,90 dan setelah sebesar 5,75. Tingkat pengetahuan siswa MIN 1 Kota Gorontalo 35% kurang baik dan 65% baik. Sedangkan setelah kegiatan menjadi 10% kurang baik dan 95% baik. Sikap siswa MIN 1 Kota Gorontalo sebelum kegiatan adalah 37% kurang baik dan 63% baik, sedangkan setelah kegiatan 5% kurang baik dan 95% baik. Hasil pengujian Wilcoxon menunjukkan bahwa penyuluhan tentang jajanan aman telah mampu mengubah pengetahuan secara signifikan dengan nilai P=0,000, dimana P<0,05. Hasil pengujian Wilcoxon menunjukkan bahwa penyuluhan tentang jajanan aman telah mampu mengubah sikap secara signifikan dengan nilai P=0,000. dimana P<0,05. Hasil pengujian jajanan didapatkan 10 sampel uji negatif mengandung metanil yellow, rhodamin B, borax, dan formalin.
KOMBINASI PIJAT OKSITOSIN, TEKNIK MARMET, PEMBERIAN EKSTRAK DAUN KATUK TERHADAP PRODUKSI AIR SUSU IBU Gobel, Hafni Van; Mobiliu, Suwarly
Jambura Health and Sport Journal Vol 1, No 1 (2019): Februari
Publisher : University State Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.184 KB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah true eksperimen dengan rancangan penelitian with control group design. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kerja RSUD MM. Dunda Limboto pada bulan Juli sampai dengan Oktober 2018. Variabel dalam penelitian ini yaitu pijat oksitosin, teknik marmet dan pemberian tablet pelancar ASI, variabel terikat adalah peningkatan produksi ASI. Besar sampel 60 orang ibu post partum, terdiri dari 30 orang kelompok yang mendapat perlakuan dan 30 orang sebagai kelompok kontrol. Hasil uji statistik kruskall-wallis menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok sampel (p=0.000). Lebih lanjut, hasil uji statistik mann-whitney juga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok sebelum dan sesudah perlakuan (p=0.000 dan p=0.156). Kombinasi pijat oksitosin, teknik marmet dan pemberian tablet ekstrak daun katuk efektif meningkatkan produksi ASI ibu post partum primigravida di wilayah kerja RSUD MM. Dunda Limboto.
FAKTOR DETERMINAN KEPATUHAN DIET PENDERITA HIPERTENSI Buheli, Kartin L.; Usman, Lisdiyanti
Jambura Health and Sport Journal Vol 1, No 1 (2019): Februari
Publisher : University State Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.126 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor determinan yang berhubungan dengan kepatuhan diet penderita hipertensi di Puskesmas Kota Utara Kota Gorontalo. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei analitik dengan pendekatan Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penderita hipertensi diwilayah kerja Puskesmas Kota Utara sebanyak 331 penderita. Teknik sampling yang digunakan yaitu Proportionate Stratified Random Sampling. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 158 responden. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas yakni motivasi diri, lama menderita penyakit, dukungan sosial keluarga dan dukungan tenaga kesehatan dan variabel terikat yakni kepatuhan diet hipertensi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 10 September 2018 sampai dengan 31 Oktober 2018. Hasil penelitian dan analisis dengan menggunakan uji statistik Chi Square dengan nilai signifikansi alpha 5% (α = 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan antara motivasi diri (p=0,000), lama menderita penyakit (p=0,007), dukungan sosial keluarga (p=0,004), dukungan tenaga kesehatan (p=0,001) dengan kepatuhan diet hipertensi diwilayah kerja Puskesmas Kota Utara Kota Gorontalo.
AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP PENGURANGAN MUAL MUNTAH PADA IBU HAMIL Rosalinna, Rosalinna
Jambura Health and Sport Journal Vol 1, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jhsj.v1i2.2489

Abstract

Mual muntah adalah ketidaknyamanan umum yang dialami oleh 50% wanita hamil umumnya terjadi pada trimester pertama. Salah satu penatalaksanaan untuk mengurangi terapi non-farmakologis adalah pemberian aromaterapi lavender. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efek pemberian aromaterapi lavender untuk mengurangi muntah mual pada wanita hamil trimester pertama. Metode Penelitian: yang digunakan adalah eksperimen quasy dengan pendekatan pretest-posttest dengan desain kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling, jumlah sampel 30 ibu hamil trimester 1 di wilayah puskesmas Jambu Kulon dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Analisis data menggunakan T Paired adalah perbedaan yang signifikan pada kelompok perlakuan (p value = 0,001) sedangkan kelompok kontrol tidak ada perbedaan yang signifikan (p value = 0,205). Uji efek menggunakan T Independen dibandingkan dengan dua kelompok, ada efek aromaterapi lavender pada pengurangan mual dan muntah pada trimester pertama wanita hamil p-value ( 0,001) ? (0,05). Ada pengaruh pemberian aromaterapi lavender untuk menurunkan muntah mual pada ibu hamil trimester pertama di wilayah Puskesmas Jambu Kulon.
PELAKSANAAN ATRAUMATIC CARE DI RUMAH SAKIT Usman, Lisdiyanti
Jambura Health and Sport Journal Vol 2, No 1 (2020): Februari
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jhsj.v2i1.4559

Abstract

Pemberian asuhan keperawatan kepada klien anak, seorang perawat harus memahami bahwa semua asuhan keperawatan anak harus berpusat pada keluarga (family center care) untuk mencegah terjadinya trauma (atraumatik care). Atraumatic care adalah penyediaan asuhan terapeutik melalui penggunaan intervensi yang memperkecil stres psikologis dan fisik yang diderita oleh anak dan keluarganya dalam sistem pelayanan kesehatan. Atraumatic care merupakan suatu tindakan terapeutik. Ketika anak sakit dan dianjurkan untuk dirawat di rumah sakit, anak tidak pernah terlepas dari dampak negatif hospitalisasi. Oleh karenanya perawat berusaha menerapkan prinsip atraumatic care dalam memberikan asuhan keperawatan kepada anak maupun keluarganya, seperti: melibatkan orang tua dalam setiap tindakan atau implementasi yang akan dilakukan untuk kesembuhan sang buah hati, membolehkan anak membawa boneka atau robot kesayangan selama perawatan. Keluarga menyerahkan segala keputusan untuk keselamatan anaknya kepada petugas kesehatan, oleh karena itu untuk menghindari terjadinya dampak negatif hospitalisasi pada anak, maka diharapkan komunikasi antara orang tua dan petugas kesehatan selalu berkesinambungan. Penerapan atraumatic care dapat meminimalisir terjadinya stres pada anak maupun keluarga.
POLA MAKAN DAN KEJADIAN HIPERTENSI Kadir, Sunarto
Jambura Health and Sport Journal Vol 1, No 2 (2019): Agustus
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jhsj.v1i2.2469

Abstract

Memperhatikan pola makan sehari-hari mampu meminimalisir risiko terjadinya penyakit, salah satunya hipertensi. Penelitian ini dilakukan pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh pola makan terhadap kejadian hipertensi. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah seluruh penderita hipertensi yang tercatat pada tahun 2018 di wilayah kerja Puskesmas Dungaliyo dengan jumlah 192 orang. Sampel diperoleh sebanyak 66 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 24 responden (36,4%) dengan pola makan buruk, 20 responden (30,3%) mengalami pre-hipertensi, 13 responden (19,7%) mengalami hipertensi tingkat I dan 7 responden (10,6%) mengalami hipertensi tingkat II. Terdapat pengaruh pola makan terhadap kejadian hipertensi (p=0,000) di wilayah kerja Puskesmas Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Disarankan masyarakat agar kiranya dapat lebih memperhatikan pola makan yang sehat sehingga bisa meminimalisir risiko hipertensi.
PENGETAHUAN PENDERITA TUBERKULOSIS PARU TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS Adam, Lusiana
Jambura Health and Sport Journal Vol 2, No 1 (2020): Februari
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37311/jhsj.v2i1.4560

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan penderita tuberkulosis paru terhadap kepatuhan minum obat anti tuberulosis di wilayah kerja Puskesmas Kota Timur. Penelitian berjenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional study, dengan variabel yang diteliti adalah pengetahuan penderita tuberkulosis paru terhadap kepatuhan minum obat anti tuberkulosis. Populasi dalam penelitian ini yakni pasien yang pernah terdaftar dengan diagnosa TB paru Puskesmas Kota Timur pada bulan Maret 2019 yang berjumlah 32 orang. Jumlah sampel sebanyak 32 orang dengan teknik total sampling. Hasilnya, sebagian besar responden berpengetahuan cukup dan kurang. Sebagian besar dari responden patuh untuk meminum obat anti tuberkulosis. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan penderita tuberkulosis paru terhadap kepatuhan minum obat anti tuberkulosis. Sehingga perlunya sebuah sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan penderita tuberkolusis agar penyakit tersebut segera tertangani dan tidak menularkan kepada orang lain.

Page 1 of 2 | Total Record : 17