cover
Contact Name
Rikie Kartadie
Contact Email
rikie@stkippgritulungagung.ac.id
Phone
+6282178785546
Journal Mail Official
jipi@stkippgritulungagung.ac.id
Editorial Address
Jl. Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru, Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timurr
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
ISSN : -     EISSN : 25408984     DOI : http://dx.doi.org/10.29100/jipi
Core Subject : Science, Education,
JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) e-ISSN: 2540 - 8984 was made to accommodate the results of scientific work in the form of research or papers are made in the form of journals, particularly the field of Information Technology. JIPI is a journal that is managed by the Information Technology Program PGRI STKIP Tulungagung. Journal has been indexed by Google Scholar, DOAJ, Academic Keys and others. JIPI has been supervised by RJI (Relawan Jurnal Indonesia).
Articles 81 Documents
PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI TULUNGAGUNG Listiawan, Tomi
JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) Vol 1, No 01 (2016)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.67 KB) | DOI: 10.29100/jipi.v1i01.13

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi komputer berpengaruh perkembangan teknologi Internet. Media  internet  yang memiliki  sifat  interaktif, sangat bermanfaat jika dimanfaatkan untuk dunia pendidikan. Salah satu bentuk pemanfaatan Internet pada bidang pendidikan adalah melalui pengembangan Learning Management System (LMS). LMS merupakan suatu sistem yang digunakan untuk mengelola resource-resource pembelajaran berbasis web atau lebih dikenal dengan nama e-learning. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan beberapa fase. Pada fase penilaian, LMS diuji cobakan pada dua kelas yang mengikuti perkuliahan Matematika Diskret. Data dikumpulkan dengan metode observasi, angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Berdasarkan proses pengembangan, prototype III merupakan LMS yang potensial efektif digunakan dalam proses pembelajaran. (2) Berdasarkan observasi, tingkat motivasi mahasiswa yang belajar mandiri menggunakan LMS 82,9% berada pada kategori termotivasi dan sangat termotivasi. (3) Sikap mahasiswa terhadap LMS yang dikembangkan 78,95% berada pada kategori tertarik dan sangat tertarik, dan dua orang dosen yang dijadikan responden masuk dalam kategori tertarik. (4) Hasil belajar mahasiswa yang menggunakan perpaduan antara pembelajaran di kelas dan menggunakan LMS hanya 2,44% yang masuk dalam kategori gagal.
KANDUNGAN LISTRIK PADA LIMBAH AIR DETERGEN DENGAN MENGGUNAKAN REAKSI SEL VOLTA putri, asti riani
JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.99 KB) | DOI: 10.29100/jipi.v4i2.1401

Abstract

Kita sebagai generasi muda harus pandai dalam menemukan sumber energi alternatif seperti hal-hal yang dapat menghasilkan listrik dari berbagai permasalahan seperti sumber energi yang saat ini semakin habis hal ini lah yang mendukung untuk menemukan sumber listrik alternatif walaupun hanya untuk penerangan lampu ,Pentingnya sosialisasi tentang energi alternatif penghasil listrik yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari misalnya yang paling sederhana adalah menyalakan lampu digunakan sebagai penerangan di rumah walaupun tidak permanen tapi sangat efektif membantu apabila terjadi pemadaman  listrik tiba2. Mahalnya tarif listrik permeter membuat masyarakat kecil harus berfikir dua kali lipat untuk mengatur pengeluaran kebutuhan sehari-hari sehingga mendorong untuk menemukan energi alternatif yang dapat menghasilkan tegangan dan arus listrik  serta ramah lingkungan.  Melihat banyaknya produk  deterjen di indonesia menginspirasi untuk mengolah limbah hasil cucian pakaian atau benda yang lain bahkan air deterjen itu sendiri,karena selama ini limbah bekas cucian dibuang begitu saja sehingga dapat mencemari lingkungan,tujuan dari penelitian ini yaitu  mengurangi pengaruh pencemaran lingkungan akibat limbah bekas cucian  yang digunakan sebagai sumber  energi alternatif untuk menyalakan lampu penerangan di rumah atau bahkan di jalan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan reaksi kimia atau elektrolisis  yang melibatkan seng dan karbon juga kandungan dalam air cucian deterjen .Dari beberapa percobaan yang dilakukan untuk 5 detergen  yang akhirnya menjadi 3 detergen dengan beberapa ketentuan yaitu dilihat di jumlah massa dengan volume air 120 ml  menghasilkan tegangan 1 volt dengan arus 2 mA ini untuk detergen rinso,untuk detergen DAIA mneghasilkan tegangan 0,7 dan arus 0,56 mA,serta percoban yang diujikan untuk SOKLIN menghasilkan tegangan 0,8 volt dengan besar arus 1mA sedangkan pengujian yang dilakukan secara random dengan volume air 1200ml menghasilkan tegangan 0,547 v dengan besar arus 0,006 mA hal ini memebuktikan bahwa limbah detergen bisa dimanfaantkan  sebagai  energi yang terbarukan walaupun masih membutuhkan penelitian selanjutnya tetapi ini  dapat  meringankan beban masyarakat untuk membayar listrik dari PLN serta dalam pengembangan selanjutnya dibuat pembangkit mandiri pada setiap rumah sehingga masyarakat dapat berhemat listrikKata Kunci: energi alternatif,listrik,detergen  .
FUZZY K-NEAREST NEIGHBOR PADA KLASIFIKASI KEMATANGAN CABAI BERDASARKAN FITUR HSV CITRA Liantoni, Febri; Annisa, Fitri Nur
JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.663 KB) | DOI: 10.29100/jipi.v3i2.851

Abstract

Cabai merupakan salah satu bahan masakan yang disukai masyarakat Indonesia. Salah satu cabai yang banyak dimanfaatkan sebagi bahan masakan yaitu cabai rawit. Pada umumnya identifikasi kematangan cabai dilakukan secara manual berdasarkan warna. Metode manual dilakukan dengan pengamatan secara visual. Cara ini membutuhkan tenaga lebih banyak dalam memilah kematangan cabai, padahal persepsi manusia bisa berbeda-beda, hal ini meninbulkan ketidakkonsistenan hasil yang diperoleh. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk proses klasifikasi kematangan cabai rawit. Ekstraksi ciri yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan nilai HSV. Nilai ini diperoleh dari perhitungan nilai RGB citra. Sedangkan proses klasifikasi menggunakan metode k-nearest neighbor yang ditambahkan fuzzy dalam mencari keanggotaan kelas hasil klasifikasi. Metode ini kemudian disebut Fuzzy K-Nearest Neighbor. Pengujian yang dilakukan terhadap 60 data cabai rawit. Berdasarkan pengujian dengan hasil sesuai klasifikasi kelas sesungguhnya yaitu 15 cabai matang, 15 cabai mentah, 15 cabai setengah matang,dan  7 cabai busuk. Sedangkan hasil klasifikasi yang salah yaitu 8 cabai busuk. Dari pengujian tersebut diperoleh 52 data dengan klasifikasi sesuai dengan kelas aslinya. Dari hasil tersebut diperoleh  dengan akurasi sebesar 86,66%.
SIMULASI PENENTUAN GURU BERPRESTASI DENGAN METODE FUZZY LOGIC MAMDANI INFERENCE MENGGUNAKAN APLIKASI MATLAB Islami, Pio Arfianova Fitrizky; Moses, Kirya Mateeke; Lestari, Muqodimah Nur; Wibawa, Aji Prasetya
JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.1 KB) | DOI: 10.29100/jipi.v2i1.159

Abstract

Dalam proses pembelajaran, guru memiliki peranan yang cukup penting karena seorang guru dituntuk mengelola ataupun mengatur agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Pemilihan guru berprestasi dimaksudkan antara lain untuk mendorong motivasi, dedikasi, loyalitas dan profesionalisme guru, yang diharapkan akan berpengaruh positif pada peningkatan kinerja. Peningkatan kinerja tersebut dapat terlihat dari lulusan satuan pendidikan sebagai SDM yang berkualitas, produktif, dan kompetitif. Untuk membantu menentukan guru berprestasi dapat ditawarkan solusi berupa pembangunan sistem terkomputerisasi dengan kemampuan Aritficial Intellegence (AI) untuk mengoptimalkan sistem tersebut. Pengembangan yang akan dilakukan adalah pembuatan sistem penentuan guru berprestasi menggunakan logika fuzzy metode mamdani. Diharapkan pengembangan ini dapat berdampak pada kemudahan dalam menentukan guru berprestasi pada sekolah.Variabel yang digunakan pada sistem ini adalah performa guru, hasil kerja kreatif dan inovatif, dan pembimbingan siswa. Tujuan dalam penulisan artikel ini adalah: (1) Menentukan kategori guru berprestasi pada SMK dengan menerapan logika fuzzy dengan metode mamdani; (2) Menghasilkan program mathlab yang dikembangkan dengan metode mamdani untuk menentukan guru berprestasi pada SMK.
APLIKASI EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL TO, SU KAM
JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.244 KB) | DOI: 10.29100/jipi.v2i2.365

Abstract

This research discusses the evaluation or online exam using the computer interactively. This system is not using paper or print media, but only uses a set of computer and connected to the network,  so the students can carry out the exam anytime and anywhere. The lecturers or admins do not need paper and correct test results for Quiz, Midterm Exam, and Final Exam. The Quiz, Midterm Exam and Final Exam are automatically corrected by the system, and then making it easier for lecturers to process values. This application was created using FLASH, PHP and MySQL as the database. This application was designed using Unified Modeling Language (UML), that are Use Case, Class, Activity, and Sequence Diagrams Keywords: Evaluation, Flash, MySQL, PHP, and System
RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN WARNA UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN ADOBE FLASH BERBASIS ANDROID Rozi, Fahrur; Khomsatun, Khalimatul
JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.442 KB) | DOI: 10.29100/jipi.v4i1.781

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar. Dimana pendidikan ini merupakan upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak berusia dua sampai dengan usia lima tahun. Dalam usia ini salah satu aspek kecerdasan yang harus dikembangkan adalah pengetahuan tentang warna. Hal ini dilakukan untuk melatih tingkat kreatifitas anak serta  mempersiapkan anak untuk masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya. Selain itu, pengenalan warna untuk anak usia dini juga dapat mendeteksi dan mengidentifikasi buta warna pada anak. Di pendidikan inilah anak akan dibimbing untuk belajar sambil bermain ataupun sebaliknya, agar anak tidak bosan dengan materi belajar yang diterima. Dalam penyampaian materi pun harus dilakukan dengan mudah dan menarik, maka dari itu diperlukan media pembelajaran yang interaktif. Dalam penelitian ini akan dibuat pengenalan pola warna dalam bentuk permainan ponsel Android dimana saat ini banyak anak-anak yang sudah pintar mengoperasikan ponsel ini, sehingga dapat dimanfaatkan untuk pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Game Edukasi yang dibuat untuk membantu guru atau orang tua untuk lebih meningkatkan minat anak terhadap pembelajaran pengenalan warna dan dapat dipasang dalam ponsel Android.                                                                                                                                                       Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pengenalan Warna, Game Edukasi
LEARNING METHOD, FACILITIES AND INFRASTRUCTURE, AND LEARNING RESOURCES IN BASIC NETWORKING FOR VOCATIONAL SCHOOL Pamungkas, Bian Dwi
JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.247 KB) | DOI: 10.29100/jipi.v2i2.390

Abstract

This study aims to examine the contribution of learning methods on learning output, the contribution of facilities and infrastructure on output learning, the contribution of learning resources on learning output, and the contribution of learning methods, the facilities and infrastructure, and learning resources on learning output. The research design is descriptive causative, using a goal-oriented assessment approach in which the assessment focuses on assessing the achievement of a goal. The population in this study are teachers and students involved in English for Vocational School subject, namely the Class X of Multimedia and TKJ expertise. The samples in this study are teachers and students of Class X in Multimedia and TKJ expertise at SMK Negeri 1 Pogalan. The results shows that the contribution of learning methods on learning output is 31.57%, the contribution of facilities and infrastructure to the learning output is 19.824%, and the contribution of learning resources to the learning output is 16.112%. The contribution of learning methods, facilities and infrastructure, and learning resources to the learning output is 67.506%.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ONLINE DILENGKAPI DENGAN TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR Sukardi, Sukardi; Rozi, Fahrur
JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.007 KB) | DOI: 10.29100/jipi.v4i2.1066

Abstract

Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efektifitas proses pembelajaran adalah dengan membuat ekstensi interaksi tambahan di luar kelas. Dalam hal ini, teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran. Pemanfaatan teknologi informasi yang memiliki fungsi sama seperti pembelajaran konvensional tersedia dalam pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan dan menguji kevalidan, kepraktisan serta efektivitas Tutorial Online Moodle, dan (2) menguji perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan model blanded-learning (b-learning) dengan mahasiswa yang menggunakan model convensional learning (c-learning). Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (R&D) dan quasi-eksperiment. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tutorial Online Moodle yang telah dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif, dan (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan model b-learning dengan mahasiswa yang menggunakan model c-learning. Hasil belajar mahasiswa yang menggunakan model b-learning lebih tinggi daripada mahasiswa yang menggunakan metode c-learning
ENERGI ALTERNATIF DENGAN MENGGUNAKAN REAKSI ELEKTROKIMIA putri, asti riani
JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.682 KB) | DOI: 10.29100/jipi.v3i1.656

Abstract

Pentingnya sosialisasi tentang energi alternatif penghasil listrik yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari misalnya yang paling sederhana adalah menyalakan lampu digunakan sebagai penerangan di rumah walaupun tidak permanen tapi sangat efektif membantu apabila terjadi pemadaman  listrik tiba2. Mahalnya tarif listrik permeter membuat masyarakat kecil harus berfikir dua kali lipat untuk mengatur pengeluaran kebutuhan sehari-hari sehingga mendorong untuk menemukan energi alternatif yang dapat menghasilkan tegangan dan arus listrik  serta ramah lingkungan.  Melihat banyaknya produk  deterjen di indonesia menginspirasi untuk mengolah limbah hasil cucian pakaian atau benda yang lain bahkan air deterjen itu sendiri,karena selama ini limbah bekas cucian dibuang begitu saja sehingga dapat mencemari lingkungan,tujuan dari penelitian ini yaitu  mengurangi pengaruh pencemaran lingkungan akibat limbah bekas cucian  yang digunakan sebagai sumber  energi alternatif untuk menyalakan lampu penerangan di rumah atau bahkan di jalan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan reaksi kimia atau elektrolisis  yang melibatkan seng dan karbon juga kandungan dalam air cucian deterjen .Hasil Penelitian ini nantinya dapat menghasil energi yang terbarukan serta dapat  meringankan beban masyarakat untuk membayar listrik dari PLN serta pengembangan selanjutnya dibuat pembangkit mandiri pada setiap rumah sehingga masyarakat dapat berhemat listrik
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMENANG E- PROCUREMENT DI ULP KAB. SITUBONDO DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING Hasan, Ali
JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) Vol 1, No 02 (2016)
Publisher : STKIP PGRI Tulungagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.41 KB) | DOI: 10.29100/jipi.v1i02.49

Abstract

Dalam memilih kemitraan pengadaan barang/jasa di sebuah Pemerintahan Daerah sangat sulit dilakukan karena dibutuhkan mitra yang memenuhi persyaratan. Layanan Pengadaan Secara Elektonik (LPSE) merupakan unit kerja penyelenggara sistem elektronik pengadaan barang/jasa yang didirikan oleh Kementrian/Lembaga/Perguruan Tinggi/BUMN dan Pemerintah Daerah untuk memfasilitasiULP/Pejabat Pengadaan dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik.. Dengan E-Procurement untuk menciptakan transparansi, efisiensi, dan efektivitas serta akuntabilitas dalam pengadaan barang dan jasa melalui media elektronik antara pengguna barang/jasa dan penyedia barang/jasa. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (knowledge management)) yang digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Hal ini juga dapat dianggap sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk pengambilan keputusan-isu spesifik semi-terstruktur. Dalam penerapan, SPK bisa menggunakan bantuan metode sistem lain seperti Artificial Intelligence, Expert Systems, Fuzzy Logic dan Simple Additive Weighting (SAW). SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua kriteria.