cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
JSME MIPA UNIMA
ISSN : 2337327X     EISSN : 23376139     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia; dan 2) Bidang Pendidikan dan Pembelajaran dari Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, dan IPA. Hal lain juga memuat issue-issue yang konstruktif dan inovatif. Jurnal ini terbit 6 kali dalam 1 tahun.
Arjuna Subject : -
Articles 144 Documents
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (PENELITIAN SURVEY DI SMP NEGERI 1 TONDANO) Potabuga, Budi I. P.; Monoarfa, Jorry F.; Marasut, Alri T.
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa; 2) Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa; dan 3) Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey bentuk korelasional. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tondano, sebanyak 347 siswa. Sampel yang digunakan di ambil secara acak yaitu 9% dari populasi adalah sebanyak 39 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 1) Motivasi Berprestasi memiliki Hubungan yang Positif dan Signifikan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. 2) Minat Belajar memiliki Hubungan yang Positif dan Signifikan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. 3) Hubungan Motivasi Berprestasi dan Minat Belajar secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Minat Belajar, HasilBelajar.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR Sambuaga, Telly; Emor, Jorie; lakoro, cindrianty
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 8, No 3 (2020): MEI - JUNI
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT. This study was conducted to determine the effect of think pair share learning models on student learning outcomes on the material on flat side spaces. This study uses a posttest only control design. The subjects of this research are students of class VIII B as an experimental class consisting of 24 students and students of class VIII A as a control class consisting of 23 students in SMP Negeri 2 Tondano. The data obtained are the results of the Posttest in the experimental class and the control class. With an average of 81.58 experimental class learning outcomes and an average of 80.30 control class learning outcomes. Normality test data is fulfilled with normally distributed data. The results of data analysis with a real level of 0.05 obtained t_count = 2.912702> t_table = 1.67943. Based on these results it can be concluded that student learning outcomes using think pair share models on the material of flat side space are higher than the learning outcomes of students who use conventional learning  Keywords: conventional, flat plane shapes, Think Pair Share
PENGARUH EKSTRAK DAUN KEMANGI (Ocimum sanctum L.) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Staphylococcus epidermidis Tambajong, Jeanever; Naharia, Orbanus; Rompas, Heroike D.
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Staphylococcus epidermidis dapat bertahan di permukaan yang kering untuk waktu yang lama. Staphylococcus epidermidis hidup parasit pada manusia dan hewan berdarah panas lainnya. Tanaman Kemangi (Ocimum sanctum L.) memiliki kandungan alkaloid, triterpenoid, flavonoid yang mampu memberikan efek antibakteri. Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun kemangi (Ocimum sanctum L.) terhadap pertumbuhan bakteri Staphylococcus epidermidis. Metode penelitian menggunakan metode tuang, metode gores dan metode cakram dengan perlakuan ekstrak konsentrasi 0% (kontrol negatif) 4%, 6%, 8% dan 10% kemudian diujikan pada bakteri Staphylococcus epidermidis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kemangi (Ocimim sanctum L.) dapat mempengaruhi pertumbuhan bakteri Staphylococcus epidermidisdengan rata rata daya hambat tumbuh terbaik adalah 9,2 mm pada konsentrasi 10%. Oleh karena itu dapat disimpulkan Ekstrak daun kemangi (Ocimum sanctum L.) dapat memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan bakteri Staphylococcus epidermidis. Kata Kunci: Ekstrak Daun kemangi (Ocimum sanctum L.) dan Staphylococcus epidermidis
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI Araroh, Asni; Regar, Vivi E; Salajang, Santje M.
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan hasil pembelajaran siswa dalam trigonometri. dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibandingkan untuk tipe STAD. Penelitian ini menerapkan kelompok exsperiment pretest posttest desain. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Lirung, di mana dua kelompok kesepuluh homogen dipilih secara acak sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dalam belajar trigonometri dengan pembelajaran kooperatif model NHT itu 59,63 dibandingkan dengan 57,57 Model STAD. Dengan tingkat nyata 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif NHT lebih tinggi dari hasil belajar siswa rata-rata diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD ketika belajar trigonometri.Kata Kunci: NHT, STAD, hasil belajar trigonometri.
Identifikasi Beberapa Jenis Daun Dan Pembusukan Daun Di Dua Lahan UNIMA Sebagai Referensi Bahan Pembelajaran Eksploratif Kaunang, Tinny D.; Rungkat, Jovialine A.; sruti, ni ayu
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 8, No 3 (2020): MEI - JUNI
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

.    Identifikasi dalam penelitian ini ialah pembelajaran mengenai beberapa jenis daun dan pembusukan daun yang bersumber dari lingkungan dialam sekitar belum banyak diperhatikan karena kurangnya referensi dalam proses belajar khususnya dalam pembelajaran eksploratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa jenis daun dan pembusukan daun di dua lahan Unima serta mengeksplorasi konsep dan proses sains yang selanjutnya akan dijadikan referensi dalam pembelajaran eksploratif. Data hasil penelitian yang telah di dapatkan  dari 2 lahan yang ada dibagian bawah Auditorium dan  didepan Workshop Unima menunjukkan  ada 4 jenis daun yaitu daun beringin (Ficus benjamina) daun kiacret (Spathodea campanulata) daun paku sarang burung (Asplenium nidus ) dan daun mangga (Mangifera indica). Pada keempat jenis daun tersebut, memiliki perbedaan pada tiap pembusukan daunya yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti: organisme yang membantu, serta adanya suhu, kelembaban dan pH yang yang mendukung. Selanjutnya dirumuskan kedalam konsep dan proses sains berdasarkan fakta dan fenomena mengenai 4 jenis daun tersebut dalam bentuk matriks yang selanjutnya dijadikan sebagai referensi pembelajaran eksploratif.                                                                          Kata Kunci:    Identifikasi, jenis daun dan pembusukan daun, dua lahan Unima, Pembelajaran Eksploratif.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BESED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 TONDANO Pasoi, Retna G.; Pulukadang, Rosiah J.; Pesik, Anekke
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran PBL pada materi Statistika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tondano, sedangkan sampel yang diambil adalah kelas VII E yang terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakanPosttest. Hasil penelitian mengungkapkan hasil belajar siswa yang menggunakan model PBL memiliki nilai rata-rata hasil belajar sebesar 78 berarti > 67 nilai KKM dengan persentase kelulusan kelas adalah 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL) pada materi statistika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.Kata Kunci: Problem Based Learning(PBL), Hasil belajar, Statistika
Analysis of student errors in solving social arithmetic story questions for grade seven junior high school three tondano Regar, Vivian Eleonora; Sulangi, Victor R; Rumajar, Tarmisia Sandrina Helly
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 8, No 3 (2020): MEI - JUNI
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT. This research was conducted to find out the types of errors and the causes of students mistakes in solving social arithmetic essay questions based on Newman's procedures. This research is categorized as a descriptive research with a qualitative approach. This research was conducted at SMP Negeri 3 Tondano in the odd semester of the 2019/2020 academic year. The data in this research were sourced from the results of student work in solving social arithmetic story questions and interviews with students. Meanwhile, to analyze the data used the analysis of the side by Newman. Based on data analysis, it shows that students who make mistakes in turning problems into mathematical models (transformation error) with a presentation of 33%, students who make mistakes in writing the final answer (encoding error) with a percentage of 26%, students who make mistakes in process skills (process skill error) with a percentage of 23%, students who make mistakes at the stage of understanding the problem (comprehension error) with a percentage of 16% and students who make mistakes in reading questions (reading error) with a percentage of 2%. Key Words: Arithmetic Social, Students Mistakes
STUDI KANDUNGAN AIR SUMUR DI DESA SUM SEBAGAI MEDIA GAMBAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Tjiakra, Rosalina A.; Worang, Rina L.; Mokosuli, Yeremia S.
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA N 31 Halmahera Selatan pada peserta didik kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 tahun ajaran 2015/2016 mata pelajaran Biologi pada pokok bahasan sistem ekskresi. Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh media gambar pada hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Rancangan penelitian menggunakan Pretest dan posttest control group design. Data yang diambil dan dikumpulkan dari tes awal sebelum diterapkan perlakuan dan tes akhir sesudah diterapkan perlakuan. Analisis data menggunakan uji homogenitas, normalitas, uji hipotesis dengan menggunakan statisti uji-t. Dari data analisis menggunakan SPSS dapat diketahui homogenitas nilai f yaitu 0.006 dan untuk nilai signifikansi 0.542. Maka setelah didapati nilai yang ada menggunakan taraf α = 5 % Karena nilai α = 0.05< darinilai sig = 0,542 maka H1 diterima dan kedua kelas tersebut adalah homogenydengan menggunakan uji hipotesis diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol = 60,83 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 84,54, berdasarkan kriteria pengujian maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunaakan media gambar pada materi sistem ekskresi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata kunci: Sistem Ekskresi, Media Gambar, Hasil Belajar
PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERACTIVE VIDEO BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL Tatu, Margareta; Wenas, Jhon R.; Marasut, Alri
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian kompetensi kognitif siswa yang diajar dengan menggunakan AVA (Audio Visual Aids). Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Bitung dimana diambil dari 2 kelas yang homogen yaitu kelas VIII A dengan anggota 29 siswa sebagai Kelas Eksperimen dan VIII B dengan anggota 29 siswa sebagai Kelas Kontrol. Data untuk melihat pencapaian kompetensi pada pokok bahasan (SPLDV) diperoleh melalui Tes Akhir.Pada analisis deskriptif rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan Multimedia Interactive Video berbasis Komputer adalah 78,79 sedangkan kelas yang pembelajarannya tidak menggunakan Multimedia Interactive Video berbasis Komputer adalah 70,179. Pada analisis inferensial untuk mengetahui perbedaan pencapaian kompetensi yang menggunakan uji dua rata-rata, menunjukkan nilai . Ini berarti, nilai hasil statistik uji tersebut jatuh dalam wilayah kritik sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pencapaian kompetensi kognitif siswa pada pokok bahasan (SPLDV) yang diajarkan dengan menggunakan Multimedia Interactive Video berbasis Komputer lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan tidak menggunakan Multimedia Interactive Video berbasis Komputer.Kata Kunci: Pembelajaran , Multimedia, Interactive Video, berbasis Komputer
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PELUANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 MODOINDING Mangobi, James; Monoarfa, Jorry; Momongan, Novita
JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) Vol 8, No 3 (2020): MEI - JUNI
Publisher : Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT. This research aims to determine whether the student learning outcomes on probability lesson  taught by using the Problem Based Learning model were more than those whom  taught using the direct learning model. This research is categorized as quasi-experimental research, with a Posttest Only Control Group Design. The subject in this research were students of class VIII B and VIII C of SMP Negeri 1 Modoinding with a total of 40 students. The posttest score results were prosesed from students of the experiment and control classes. The results showed that the learning outcomes of students taught using the PBL model were more than the learning outcomes of students who were taught using the direct learning model. Key Words: Learning Outcomes, PBL, Probability

Page 1 of 15 | Total Record : 144