cover
Contact Name
Andri Wijaya
Contact Email
andri_wijaya@ukmc.ac.id
Phone
+628117198419
Journal Mail Official
jusitik@ukmc.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
JuSiTik : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi
ISSN : 25794116     EISSN : 25795570     DOI : http://dx.doi.org/10.32524/jusitik
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi ini berisikan artikel dari hasil penelitian dengan mengambil topik seputar sistem dan teknologi informasi Komunikasi dan akan diterbitkan satu kali dalam satu tahun dan berbentuk elektronik (ONLINE) dan CETAK (PRINT). Jurnal ini dibawah asuhan program studi sistem informasi fakultas sains dan teknologi pada Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC).
Articles 38 Documents
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Busana Sesuai Dengan Karakter Seseorang Hermawan, Latius; Felicia, Agatha
JUTSI: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 1 No 1 (2017): Jurnal JuSiTik (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komunikasi)
Publisher : Universitas Katolik Musi Charitas Program Studi Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.424 KB) | DOI: 10.32524/jusitik.v1i1.157

Abstract

— Sistem Pendukung Keputusan ini bertujuan untuk memudahkan dalam pemilihan busana bagi semua orang yang kesulitan dalam pemilihan busana sesuai karakter kepribadian seseorang. Sistem ini dapat digunakan dengan aplikasi prolog yang mudah dipahami oleh pengguna dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat dalam aplikasi prolog. Hasil dari Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Busana ini, pengguna dapat mengerti busana yang sesuai dengan karakter Kepribadian seseorang dan hasil dari SPK ini dapat digunakan oleh banyak pengguna yang ingin mencoba dan menerapkan Sistem Pendukung Keputusan ini.   Keywords : Pemilihan Busana, Karakter Kepribadian Seseorang.
Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Pembayaran Akademik Menggunakan Layanan H2H e-Collection Pradesan, Iis
JUTSI: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2 No 1 (2018): Jurnal JuSiTik (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komunikasi)
Publisher : Universitas Katolik Musi Charitas Program Studi Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.855 KB)

Abstract

Sistem informasi salah satu faktor pendukung sebuah perusahaan dalam mencapai visi misinya, dengan menggunakan sistem informasi yang didukung dengan infrastruktur teknologi yang memadai maka proses bisnis perusahaanpun akan lebih efektif dan efisien, bahkan jika ditinjau dari sisi keuangan akan berdampak lebih ekonomis. Dengan memanfaatkan sistem informasi sinergitas antar perusahaanpun dapat dengan mudah dilakukan guna mendukung pertukaran data/informasi sesuai kepentingan masing-masing perusahaan tersebut, salah satu bentuk kerjasama tersebut yaitu pembayaran aktivitas akademik pada perguruan tinggi dengan pihak Bank, adapun teknologi yang digunakan adalah Host to Host (H2H) e-Collection, yang pada intinya teknologi ini melakukan sinergitas antara data tagihan akademik dari pihak perguruan tinggi dengan data pembayaran dari pihak Bank. Untuk itu penelitian ini bertujuan melakukan perancangan dan implementasi H2H e-Collection tersebut kedalam sistem akademik perguruan tinggi, dengan menggunakan metodologi pengembangan sistem informasi Rational Unified Process (RUP)
Analisis Desktiptif Laporan Skripsi Mahasiswa Informatika Hermawan, Latius; Ismiati, Maria Bellaniar; Jawa Bendi, Reginaldus Kritoforus
JUTSI: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 1 No 2 (2018): Jurnal JuSiTik (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komunikasi)
Publisher : Universitas Katolik Musi Charitas Program Studi Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.803 KB) | DOI: 10.32524/jusitik.v1i2.443

Abstract

Terdapat kencenderungan bahwa topik skripsi mahasiswa pada program studi Informatika, Universitas Katolik Musi Charitas kurang beragam. Hal ini terlihat dari berulangnya topik-topik skripsi yang diambil mahasiswa dari semester ke semester. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran deskriptif laporan skripsi mahasiswa pada program studi Informatika, Universitas Katolik Musi Charitas. Untuk memperoleh gambaran deskriptif yang lengkap, digunakan teknik statistika deskriptif sebagai alat analisisnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi program studi untuk menyusun topic topic-topik skripsi yang lebih beragam. Hal-hal yang dapat menjadi pertimbangan agar skripsi mahasiswa Informatika tidak monoton dan up to date adalah topik skripsi dibuat lebih beragam, model proses yang digunakan tidak selalu waterfall, analisis yang digunakan lebih disesuaikan ke kasusnya, platform yang digunakan tidak selalu berbasis desktop/windows, bahasa pemrograman juga disarankan lebih bervariasi dan tidak fokus di satu bahasa pemrograman saja, rujukan bahasa Inggris disarankan lebih diperbanyak karena dalam skripsi-skripsi tersebut masih sangat dominan menggunakan rujukan bahasa Indonesia, jenis rujukan dapat lebih diseimbangkan jumlah rujukannya, algoritma yang digunakan sudah cukup bervariasi dan dapat lebih dicermati lagi mengenai algoritma yang digunakan seharusnya sudah sesuai dengan objek dan judul skripsinya.
Peran Mediasi Sikap atas Pengaruh Kepercayaan terhadap Niat Menggunakan Instagram Ekawati, Rika Kharlina
JUTSI: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 1 No 1 (2017): Jurnal JuSiTik (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komunikasi)
Publisher : Universitas Katolik Musi Charitas Program Studi Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.2 KB) | DOI: 10.32524/jusitik.v1i1.159

Abstract

Perkembangan internet melalui media social seperti Instagram sangat meningkat penggunaannya beberapa tahun belakangan. Hal ini juga tak lepas dari pengaruh smartphone yang memudahkan pengguna untuk mengakses Instagram kapan pun dan dimanapun. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap niat menggunakan Instagram dengan menggunakan variabel mediasi sikap pengguna. Terlebih dengan semakin banyaknya pengguna Instagram dengan berbagai keperluan dalam tindakan pemakaiannya. Responden dalam penelitian ini adalah para pengguna Instagram sebanyak 100 orang yang dipilih secara acak baik online maupun offline. Hasil penelitian membuktikan bahwa kepercayaan berpengaruh negatif signifikan terhadap sikap, tetapi dari kepercayaan terhadap niat penggunaan memberikan pengaruh yang positif signifikan. Hasil lainnya dengan menggunakan variabel mediasi yaitu dari segi sikap terhadap niat menghasilkan pengaruh negatif signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan memegang peranan penting agar dapat mengubah niat untuk menggunakan aplikasi media sosial dikarenakan banyaknya kriminalitas yang terjadi melalui internet.
Penerapan Model Kano Dengan Menggunakan Dimensi Serqvqual Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Web Di Sekolah Tinggi XYZ Kesuma, Dorie Pandora; Ekawati, Rika Kharlina
JUTSI: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2 No 1 (2018): Jurnal JuSiTik (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komunikasi)
Publisher : Universitas Katolik Musi Charitas Program Studi Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.701 KB)

Abstract

Saat ini layanan elektronik berbasis website lumrah diterapkan oleh berbagai institusi pendidikan tinggi sebagai upaya untuk memenuhi kepentingan organisasi dan juga kepentingan para pengguna jasa mereka. Penelitian ini menggunakan Model Kano untuk mempelajari atribut-atribut kualitas layanan yang terdapat pada layanan website institusi pendidikan tinggi di Sekolah Tinggi XYZ sehingga pihak manajemen Sekolah Tinggi XYZ dapat mengetahui prioritas kebutuhan pengguna layanan website mereka untuk peningkatan  kualitas  layanan berbasis website tersebut. Model Kano juga digunakan untuk mengukur hubungan antara tingkat kepuasan serta upaya peningkatannya oleh Sekolah Tinggi XYZ. Penelitian ini menggunakan 27 atribut kualitas layanan yang diukur menggunakan Model Kano. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 27 atribut tersebut, 11 atribut dieliminasi dan 16 atribut lainnya masuk ke dalam kategori perlu ditingkatkan dan dipertahankan.
Deteksi Ujung Jari menggunakan Faster-RCNN dengan Arsitektur Inception v2 pada Citra Derau Alamsyah, Derry; Pratama, Dicky
JUTSI: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2 No 1 (2018): Jurnal JuSiTik (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komunikasi)
Publisher : Universitas Katolik Musi Charitas Program Studi Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.185 KB)

Abstract

Deteksi ujung jari merupakan bidang pada visi komputer yang memiliki pemanfaatan yang luas dalam hal antarmuka alami, robot, dll. CNN menjadi salah satu metode yang sedang banyak diterapkan dalam deteksi objek, dengan beberapa pembaharuan CNN berevolusi menjadi Faster-RCNN yang mampu mendeteksi objek dengan sangat baik. Penelitian ini memanfaatkan kemampuan Faster-RCNN dalam mendeteksi ujung jari dengan arsitektur Inception V2. Penerapan dilakukan pada citra yang memiliki derau dan tidak memiliki derau. Hasil penelitian menunjukkan citra yang tidak memiliki derau memiliki hasil akurasi deteksi yang baik yaitu 91%, sementara itu untuk masing-masing citra derau: Gaussian, Salt and Pepper, Poisson dan Speckle memiliki akurasi sebesar 34%, 5%, 80% dan 21%.
Analisis Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Akademik Oleh Mahasiswa Keperawatan Sitanggang, Morlina; Bendi, Reginaldus Kristoforus Jawa; Soejono, Fransiska
JUTSI: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 1 No 1 (2017): Jurnal JuSiTik (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komunikasi)
Publisher : Universitas Katolik Musi Charitas Program Studi Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.813 KB) | DOI: 10.32524/jusitik.v1i1.155

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi merupakan hal yang penting bagi organisasi, karena dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja organisasi. Namun penerapan teknologi informasi tidak selalu berhasil. Salah satu faktor penentu keberhasilan penerapan teknologi informasi adalah sikap pengguna yang memanfaatkan teknologi tersebut. UTAUT merupakan kombinasi delapan model user acceptance of technology yang telah dikembangkan sebelumnya. Studi empiris yang mengadopsi model UTAUT telah banyak dilakukan. UTAUT juga digunakan oleh beberapa peneliti untuk melihat niat dan perilaku pengguna teknologi informasi di bidang pendidikan. Karena itu penelitian ini juga dikembangkan dengan mengadopsi model UTAUT untuk melihat perilaku pengguna SIAK (Sistem Informasi Akademik) pada program studi-program studi keperawatan di lingkungan Universitas Katolik Musi Charitas. Empat konstruk dari UTAUT digunakan sebagai determinan yang mempengaruhi niat pengguna (behavioral intention), yaitu: performance expectancy, effort expectancy, social influence dan facilitating conditions. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif prodi D3 Keperawatan, S1 Keperawatan dan prodi Profesi Ners yang menggunakan SIAK. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 297 responden. Data diolah dan dianalisis dengan teknik regresi linier berganda. Uji validitas dan reliabilitas menunjukan bahwa kuesioner yang digunakan sebagai instrumen penelitian valid dan reliabel. Hasil uji asumsi klasik menunjukan bahwa data terdistribusi normal dan bebas multikolinieritas, namun belum memenuhi asumsi heteroskedastisitas.Hasil uji hitopesis menunjukan bahwa performance expectancy, effort expectancy, sosial influence, dan facilitating condition berpengaruh positif signifikan terhadap behavioral intention.   Kata kunci: UTAUT, performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, behavioral intention
Pengaruh Layanan Website Tokopedia Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Webqual 4.0 Andayani, Sri
JUTSI: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2 No 1 (2018): Jurnal JuSiTik (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komunikasi)
Publisher : Universitas Katolik Musi Charitas Program Studi Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.592 KB)

Abstract

Transaksi jual barang atau jasa dengan media jaringan computer yang terkoneksi dengan internet disebut dengan e-commerce. Perkembangan e-commerce di Indonesia sangat tinggi dikarenakan jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar. Tokopedia adalah salah satu e-commerce terpopuler di Indonesia saat ini dalam bentuk marketplace. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap kualitas website Tokopedia menggunakan model webqual 4.0 dan manfaat penelitian ini adalah memberikan masukan bagi pengelola Tokopedia dalam meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Hasil dari penelitian ini adalah variabel kegunaan (usability quality) memiliki pengaruh negative, variabel kualitas informasi (information quality) dan variabel kualitas layanan (service quality) memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan (user satisfaction).
Implementasi Algoritma TF-IDF Pada Pengukuran Kesamaan Dokumen Andayani, Sri; Ryansyah, Ady
JUTSI: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 1 No 1 (2017): Jurnal JuSiTik (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komunikasi)
Publisher : Universitas Katolik Musi Charitas Program Studi Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (926.476 KB) | DOI: 10.32524/jusitik.v1i1.218

Abstract

Documents similarity measure is a time consuming problem. The large amount of documents and the large number of pages per document are causing the similarity measures to becomes a complicated and hard job to do manually. In this research, a system that can automatically measuring similarity between documents is built by implementing TF-IDF. Measurements are carried by first creating a vector representation of documents being compared. This vector representation containing the weight of each term in the documents. After that, the similarity value are calculated using cosine similarity. The finished system can carry out comparison of documents in pdf or word format. Document comparison can be done using all the chapters in the report, or just a few selected chapters that are considered significant. Based on experiment, it can be concluded that TF-IDF needs at least three documents to be available in the document collection  being processes. The test of correlation shows that for document in pdf format, there is a significant correlation between the amount of characters in the document with the processing time.
Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Layanan Kesehatan Masyarakat Hermanto, Dedy; Pradesan, Iis
JUTSI: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 1 No 1 (2017): Jurnal JuSiTik (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komunikasi)
Publisher : Universitas Katolik Musi Charitas Program Studi Sistem Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (799.326 KB) | DOI: 10.32524/Jusitik.v1i1.153

Abstract

Ketersediaan informasi untuk masyarakat oleh penyelenggara kesehatan seperti Rumah Sakit dan Palang Merah Indonesia merupakan hal penting untuk dikaji dan terus dibenahi mengingat pada siklus ini melibatkan kepentingan banyak orang dan membutuhkan waktu respon yang cepat. sebagai contoh kebutuhan informasi rawat inap, informasi dokter jaga, informasi nomor antrian oleh Rumah Sakit dan informasi ketersediaan darah oleh Palang Merah Indonesia.  Ketersediaan akan informasi itulah yang diangkat oleh peneliti Pelayanan kesehatan yang baik merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh setiap orang terutama pelayanan dibidang kesehatan salah satunya adalah ketersediaan informasi yang cepat. Akses informasi yang cepat dan akurat dari rumah sakit dan Palang Merah Indonesia (PMI) sangat dibutuhkan oleh setiap orang pengguna jasa pelayanan kesehatan. Agar kegiatan ini dapat berjalan secara optimal, aplikasi sistem informasi yang berbasis web dan perangkat bergerak dapat menjadi salah satu solusi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Metodologi Rational Unified Process (RUP), Meotodologi ini memiliki 4 fase yaitu Inception, Elaboration, Construction and Transition. Penelitian ini menghasilkan Sistem informasi yang menggunakan 2 basis aplikasi yaitu web dan perangkat bergerak, berguna untuk memberikan informasi yang tepat tentang keberadaan kamar, dokter yang bertugas, stok darah yang ada dan antrian pasien yang akan melakukan rawat inap di sebuah rumah sakit. Dari hasil penelitian ini hasil yang diharapkan yaitu setiap pasien mendapat pelayanan yang cepat dan baik, serta informasi yang didapat merupakan informasi yang akurat dan cepat

Page 1 of 4 | Total Record : 38