cover
Contact Name
Putra Afriadi
Contact Email
putraafriadi12@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
hartono_sukorejo@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Bimbingan Konseling
ISSN : 22526900     EISSN : 25024531     DOI : -
Core Subject : Education,
JBK publishes original manuscripts relating to the following: school counseling; career counseling; couple, marriage, and family counseling; mental health; counseling supervision; theory development; professional counseling ethics; international counseling and multicultural issues; program applications; and integrative reviews from counseling and related fields.
Arjuna Subject : -
Articles 162 Documents
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK GAMESTORMING DAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA Jawandi, Ahmad; Sugiharto, DYP; Tadjri, Imam
Jurnal Bimbingan Konseling Vol 5 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurnal Bimbingan Konseling

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.325 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Gamestorming dan teknik Token Economy terhadap peningkatan kreativitas siswa kelas VII SMP Islam Diponegoro serta untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara kedua teknik tersebut. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi adalah siswa SMP Islam Diponegoro. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen skala penilaian kreativitas. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dengan aplikasi SPSS. Hasilnya menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok baik dengan teknik gamestorming maupun teknik token economy efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa. Namun, teknik Gamestorming mampu meningkatkan kreativitas secara lebih tinggi dibandingkan dengan teknik token economy.
TEKNIK RELAKSASI BERBASIS MUSIK INRUMENTAL MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA SMP MELALUI PENGEMBANGAN MODEL KONSELING KELOMPOK Arizona, Arizona; W, Mungin Eddy; Japar, Muhammad
Jurnal Bimbingan Konseling Vol 5 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurnal Bimbingan Konseling

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.279 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pelaksanaan konseling kelompok dan tingkat self efficacy siswa di SMP N 1 Babat Toman, (2) menghasilkan model layanan konseling kelompok dengan teknik Relaksasi berbasis musik Intrumental, (3) mengetahui keefektifan model konseling kelompok dengan teknik relaksasi berbasis musik intrumental untuk meningkatkan self efficacy siswa SMP Negeri 1 Babat Toman Musi Banyuasin. Penelitian ini adalah penelitian reseach and development (RnD) dengan langkah-langkah: (1) persiapan pengembangan model, (2) merumuskan model hipotetik, (3) uji kelayakan model hipotetik, (4) perbaikan model hipotetik, (5) hasil akhir produk, (6). uji lapangan. Penelitian ini menghasilkan sebuah model konseling kelompok dengan teknik relaksasi berbasis musik intrumental untuk meningkatkan self efficacy siswa. Penelitian ini melibatkan 10 siswa sebagai sampel. Berdasarkan hasil uji lapangan, tingkat self efficacy siswa mengalami peningkatan setelah mengikuti kegiatan konseling kelompok dengan teknik relaksasi yang ditunjukkan dengan perubahan tingkat self efficacy siswa yang sangat signifikan sebelum diberikan perlakuan (evaluasi awal) dan sesudah (evaluasi akhir) sebesar 147 poin atau 99 %. Dengan demikian, layanan konseling kelompok dengan teknik relaksasi berbasis musik intrumental efektif untuk meningkatkan self efficacy siswa. The aims of this study were: (1) to find out the implementation of group counceling and the levels of self efficacy of the students of; (2) to produce a service model of group counceling by using music-based relaxation technique; (3) to know the effectiveness of group counceling model by using music-based relaxation technique to improve self efficacy of students of SMP Negeri 1 Babat Toman Muba South Sumatera. This study implemented the research and development (RnD) design within several steps: (1) the model development planning, (2) the formulation of hypothetical model (3) the try out of hypothetical model, (4) the revision of hypothetical model, (5) final product, and (6) field test. This study involved 10 students as sample. Result of the field test showed that levels of students’ self efficacy were significantly improved after they joined group counceling model by using music-based relaxation technique. The students’ levels self efficacy improvement before treatment (initial evaluation) and after treatment (final evaluation) was 147 points or 99%. Findings of this study can be concluded that the implementation of group counceling model by using music-based relaxation technique effectively improved students’ self efficacy.
MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAY BERBASIS PENDEKATAN BCCT UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PAUD Dewi, Eka Riyana; Purwanto, Edy; Wibowo, Mungin Eddy
Jurnal Bimbingan Konseling Vol 5 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurnal Bimbingan Konseling

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.26 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Menganalisis gambaran umum pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dan Kondisi kecerdasan interpersonal siswa PAUD Percontohan di Kabupaten Kudus; (2) Menghasilkan pengembangan model layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play berbasis pendekatan BCCT untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa PAUD Percontohan di Kabupaten Kudus; dan (3) Mengetahui tingkat keefektifan model pengembangan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play berbasis pendekatan BCCT untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa PAUD Percontohan di Kabupaten Kudus. Metode penelitian ini adalah Reseach and Development dengan prosedur pengembangan yang meliputi 3 tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap penyusunan produk pengembangan dan tahap uji keefektifan produk pengembangan. Berdasarkan hasil uji coba keefektifan pada kelompok terbatas, tingkat kecerdasan interpersonal siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan perubahan tingkat kecerdasan interpersonal siswa pada saat pre test dan post test, yang mengalami peningkatan kecerdasan interpersonal anak sebesar 47,82%. The purposes of this study were: (1) to analyze the implementation of the general picture of group guidance services and condition of students' interpersonal intelligence Early Childhood Education Pilot in Kudus; (2) to generate a model of group guidance services with role play technique based on BCCT approach to improve students' interpersonal intelligence in Early Childhood Education Pilot in Kudus; and (3) to determine the effectiveness of the development model of group guidance services with role play technique based BCCT approach to improve students' interpersonal intelligence in Early Childhood Education Pilot in Kudus. Methods of this study was Reseach and Development which was implemented within three phases: planning phase, preparation stage of product depvelopment, and test phase of product development effectiveness. The results of present study showed that the levels of students’ interpersonal intelligence increased for 47,82% between pre-test and post-test.
PENGEMBANGAN MODEL KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SPIRITUALITY-COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA Indri M, Dwi Bhakti; Sugiharto, DYP; Purwanto, Edy
Jurnal Bimbingan Konseling Vol 5 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurnal Bimbingan Konseling

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.514 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui gambaran umum pelaksanaan layanan konseling kelompok dan dampaknya terhadap self-esteem siswa SMA, (2) menghasilkan model konseling kelompok dengan teknik spirituality cognitive restructuring, dan (3) menguji efektivitas model konseling kelompok. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan langkah sebagai berikut: (1) persiapan pengembangan model, (2) merumuskan model hipotetik, (3) uji kelayakan model hipotetik, (4) revisi model hipotetik, (5) uji lapangan terbatas, (6) revisi model dan terumuskan model akhir, dan (7) uji keefektifan model akhir. Hasil penelitian ini, yakni (1) konseling kelompok telah dilaksanakan tetapi kurang efektif dan self-esteem siswa perlu ditingkatkan, (2) menghasilkan model konseling kelompok, dan (3) model konseling kelompok dengan teknik spirituality-cognitive restructuring efektif dalam meningkatkan self-esteem siswa. The purpose of this study were (1) to describe the implementation of  group counseling services and its impact on students’ self-esteem for Senior High School students, (2) to produce the model of group counseling with technique of spirituality cognitive restructuring, and (3) to test the effectiveness of the model. This study applied research and development (R & D) method in following steps: (1) preparation of model development, (2) formulating hypothetical model, (3) test the feasibility of hypothetical model, (4) revision hypothetical model, (5) preliminary field test, (6) revision model and formulating the final model, and (7) testing the effectiveness of the final model. This study result were: (1) group counseling have been implemented in school but it had less effective impact for students’ self-esteem, so that students’ self-esteem need to be improved, (2) the model of group counseling with spirituality cognitive restructuring for improving students’ self-esteem have been produced, and (3) the model were effective in increasing students’ self-esteem.
PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KARIR TERINTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KARIR SISWA SEKOLAH DASAR Anisa, Siti; Sugiyo, Sugiyo; Anni, Catharina Tri
Jurnal Bimbingan Konseling Vol 5 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurnal Bimbingan Konseling

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.75 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan model bimbingan karir terintegrasi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang efektif untuk meningkatkan kesadaran karir siswa kelas IV SD. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Ar-Rahman Kertosono, Ngajuk Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode research and development yang terdiri atas lima tahapan: (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap pengembangan produk, (3) tahap validasi produk, (4) tahap uji empirik dan (5) revisi produk akhir.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bimbingan karir terintegrasi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kesadaran karir siswa secara sangat signifikan (t (25) = 14,569, p < 0,01). Dengan demikian, model bimbingan karir terintegrasi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia terbukti efektif untuk meningkatkan kesadaran karir siswa kelas IV SD. The purpose of this study was to produce a model of integrated career guidance into subject matter of Bahasa Indonesia to improve elementary school students’ career awareness. The research and development design was applied in present study in five phases: (1) preliminary studies, (2) model development,(3) product validation, (4)empirical testing and (5) final product revision. The result showed that the model of integrated career guidance into subject matter of Bahasa Indonesia significantly increase students’ career awareness (t (25) = 14,569, p < 0,01). As conclusion, this study success to verify the the effectiveness of the model to develop students’ career awareness.
KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN CLASSROOM ENGAGEMENT SISWA Dwistia, Halen; Purwanto, Edy; Sunawan, Sunawan
Jurnal Bimbingan Konseling Vol 5 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurnal Bimbingan Konseling

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.553 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui kondisi classroom engagement siswa di MTs. Negeri 1 Kotabumi; dan (2) mengetahui keefektifan konseling kelompok dengan strategi self management dalam untuk meningkatkan classroom engagement siswa di MTs. Negeri 1 Kotabumi. Metode penelitian adalah single group repeated measures design yang dilaksanakan dengan 3 kali observasi classroom engagement, yakni pretest, postest dan follow-up. Subjek penelitian berjumlah 10 siswa kelas VIII yang dipilih dari 247 siswa dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata kondisi classroom engagement siswa kelas VIII MTs. N. 1 Kotabumi 2015/2016 berada pada tingkat sedang, (2) terdapat peningkatan classroom engagement secara signifikan setelah mendapatkan konseling kelompok. Penelitian yang dilakukan menegaskan bahwa konseling kelompok dengan strategi self management dapat diaplikasikan untuk meningkatkan classroom engagement siswa. The aims of this study were (1) to describe the students’ classroom engagement of MTs. (Islamic Junior High School) Negeri 1 Kotabumi; and (2) to investigate the effect of the group counseling with self management strategy on students’ classroom engagement. The single group repeated measures design was applied in three times classroom engagement assessment: pre-test, pos-test, and follow up. The participants of this study were ten students’ who were selected using purposive random sampling from 247 students. The results showed that (1) the level of students’ classroom engagement of the VIII graders in MTs. Negeri 1 Kotabumi academic year of 2015/2016 were in medium level, (2) there was a significant effect of improvement on the classroom engagement after getting group counseling. This research affirmed that the group counseling with self-management strategy is effective for increasing students’ classroom engagement.
KONSELING KELOMPOK COGNITIVE-BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK Erfantinni, Imroatul Hayyu; Purwanto, Edy; Japar, Muhammad
Jurnal Bimbingan Konseling Vol 5 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurnal Bimbingan Konseling

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.571 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas konseling kelompok teknik cognitive restructuring untuk mereduksi prokrastinasi akademik ditinjau dari jenis kelamin pada siswa SMK PGRI 2 Ponorogo. Jenis penelitian randomized pretest–postest control group design diaplikasikan dalam penelitian ini dengan melibatkan sejumlah 16 siswa yang memiliki skor prokrastinasi akademik tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan menggunakan uji u mann whitney untuk menguji efek cognitive restructuring terhadap prokrastinasi dan menggunakan uji wilcoxon signed rank test untuk mengetahui efektivitas intervensi antara jenis kelamin laki – laki dan perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok CBT teknik cognitive restructuring efektif untuk mereduksi prokrastinasi akademik. Teknik cognitive restructuring cocok untuk siswa laki–laki maupun perempuan. Hal ini terbukti dengan tak ada perbedaan skor postes secara signifikan diantara keduanya. The aim of this study was to examine the effect of group counseling of Cognitive-Behavior Therapy with cognitive restructuring techniques to reduce academic procrastination between male and female students of SMK PGRI 2 Ponorogo. The randomized pretest-posttest control group design was applied, and 16 students were involved in present study. Data were analyzed using non parametric statistics of Mann  Whitney U test for examining the impact of cognitive restructuring on academic procrastination and Wilcoxon signed rank test for determining the effect of cognitive restructung between male and female students. The results showed that CBT group counseling with cognitive restructuring techniques was effective for reducing academic procrastination. The cognitive restructuring techniques were suitable for both male and female students. It was reflected from the absence of significant differences effect of cognitive restructuring between them.
PENGEMBANGAN MODEL KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PENGELOLAAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA TERHADAP PERILAKU BERISIKO MEROKOK DI SMK YPT 1 PURBALINGGA Ashari, Waskam; Sugiharto, DYP; Supriyo, Supriyo
Jurnal Bimbingan Konseling Vol 5 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurnal Bimbingan Konseling

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.192 KB)

Abstract

Tujuan penelitian: (1) mengetahui pelaksanaan layanan konseling di sekolah, (2) mengetahui kondisi obyektif tingkat efikasi diri siswa terhadap perilaku berisiko merokok, (3) menghasilkan model layanan konseling kelompok dengan teknik pengelolaan diri untuk meningkatkan efikasi diri terhadap perilaku berisiko merokok, dan (4) mengetahui efektifitas model layanan konseling kelompok yang dikembangkan. Desain penelitian research and development (R&D) diaplikasikan dengan langkah-langkah: (1) kajian potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) uji coba produk. Desain one group pretest-posttest digunakan untuk menguji efektivitas model. Instrumen penelitian mencakup pedoman obervasi, wawancara dan skala efikasi diri. Hasil penelitian (1) pelaksanaan layanan konseling kelompok belum memadai dalam mengembangkan aspek personal siswa. (2) profil efikasi diri terhadap perilaku berisiko merokok sebagian besar berkategori sedang, (3) hasil pengembangan model layanan konseling kelompok dengan teknik pengelolaan diri, mencakup: rasional, visi dan misi, tujuan, isi layanan, dukungan sistem, dan prosedur pelaksanaan, (4) hasil uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan rata-rata skor efikasi diri (14,9%) dari pretest (58,65%) menjadi skor posttest (72,16%) (t (7) = -5,592, p < ,01). Penelitian ini membuktikan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik pengelolaan diri efektif untuk meningkatkan efikasi diri siswa terhadap perilaku berisiko merokok. The purposes of this study were to: (1) investigate the implementation of counseling services at school, (2) investigate the objective condition of the student self-efficacy level of smoking risk behaviors, (3) produce models of group counseling services with self-management techniques to improve self efficacy at smoking risk behavior, and (4) determine the effectiveness of the model group counseling developed. Design of research and development (R & D) was applied in the following steps: (1) study the potential and problems, (2) data collection, (3) the design of the product, (4) design validation, (5) design revisions, and (6) the effectivity test of the model. The experiment procedur with pretast one-group posttest design was implemented to test the effectivity product. The instruments include guidelines for observation, interview and self-efficacy scale. The results of the study are (1) the implementation of group counseling services was not adequate to develop students’ personal aspects. (2) profiles self-efficacy of risk behavior of smoke were categorized as medium, (3) the produced model of group counseling with the techniques of self-management was consist of: rational, vision and mission, objectives, content services, system support, and implementation procedures, (4) the effectiveness showed a significant increase of self-efficacy (14.9%), namely from pretest (58.65%) to posttest (72.16%) (72,16%) (t (7) = -5,592, p < ,01). The results of present study proved that the group counseling with self-management techniques effective to improve students' self efficacy of smoking risk behavior.
MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI-NILAI EKONOMI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN ENTREPRENEURSHIP SISWA Tasmin, Tasmin; Sugiharto, DYP; Sutoyo, Anwar
Jurnal Bimbingan Konseling Vol 5 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurnal Bimbingan Konseling

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.008 KB)

Abstract

Entrepreneurship merupakan aspek penting yang harus dimiliki setiap individu untuk meraih kesuksesan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai ekonomi Islam untuk meningkatkan entrepreneurship siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development dengan subjek penelitian berjumlah 8 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian berupa model bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai ekonomi Islam untuk meningkatkan entrepreneurship siswa yang berisi: (1) rasional; (2) visi dan misi; (3) tujuan; (4) isi bimbingan kelompok; (5) tahapan pelaksanaan; (6) dukungan sistem; dan (7) evaluasi dan tindak lanjut, serta dilengkapi dengan panduan pelaksanaan model. Hasil uji lapangan sebelum diberi perlakuan (pre test) dan setelah diberi perlakuan (post test) mengalami peningkatan sebesar 26,77 %. Hal ini menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai ekonomi Islam efektif untuk meningkatkan entrepreneurship siswa. Entrepreneurship is an important aspect that should be owned by every individual to achieve success in life. The purpose of this study was for producing the model of group guidance based on the Islamic economics values ​​to improve students’ entrepreneurship. The research and development design was implemented in present study amd a total of 8 students who were selected using purposive sampling technique. The results of this study was the model of group guidance based on the Islamic economics values ​​to improve students’ entrepreneurship which the content consists of (1) rational; (2) the vision and mission; (3) objectives; (4) the contents of group guidance; (5) stages of implementation; (6) the system support; and (7) evaluation and follow-up, as well as equipped with models execution manual. The results of field testing showed that the posttest scores were higher than pretest (26.77%). This finding showed that the model developed effectively to improve students’ entrepreneurship.
MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS PRINSIP-PRINSIP KOMUNIKASI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA Jannati, Zhila; Sutoyo, Anwar; Sugiharto, DYP
Jurnal Bimbingan Konseling Vol 5 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurnal Bimbingan Konseling

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.452 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui gambaran pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMP Negeri Kota Semarang, (2) mengetahui gambaran tingkat kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP Negeri 40 Semarang, (3) menghasilkan model bimbingan kelompok berbasis prinsip-prinsip komunikasi Islam yang efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP Negeri di Kota Semarang, serta (4) mengetahui tingkat keefektifan model bimbingan kelompok berbasis prinsip-prinsip komunikasi Islam untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP Negeri 40 Semarang. Penelitian ini menggunakan Metode Research and Development (R&D). Hasil penelitian ini yaitu: (1) bimbingan kelompok sudah dilaksanakan, namun belum menginternalisasikan prinsip-prinsip komunikasi Islam, sehingga dipandang belum efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa, (2) tingkat kemampuan komunikasi interpersonal siswa sebelum diberi perlakuan berada pada kategori sedang, (3) model bimbingan kelompok berbasis prinsip-prinsip komunikasi Islam untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa terdiri dari rasional, visi dan misi, tujuan, isi bimbingan kelompok, dukungan sistem, tahap-tahap pelaksanaan, serta evaluasi dan tindak lanjut, dan (4) model bimbingan kelompok berbasis prinsip-prinsip komunikasi Islam terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa. The purposes of this study were to: (1) know the description of implementation group guidance services at State Junior High School in Semarang, (2) know the description of level of students’ interpersonal communication skills of 40 Semarang State Junior High School, (3) produce the effective group guidance model based on the Islamic communication principles, and (4) know the level of effectiveness of the group guidance model based on the Islamic communication principles to improve students’ interpersonal communication skills. This study applied Research and Development (R & D) method. The results of this study were: (1) the group guidance has been implemented, but not yet internalized the Islamic communication principles, so it is seen has not been effective to improve students’ interpersonal communication ability, (2) the level of students’ interpersonal communication ability before being treated in the medium category, (3) the group guidance model based on the Islamic communication principles to improve students’ interpersonal communication skills which the contents consists of rational, the vision and mission, objectives, the content of the group guidance, the system support, the stages of implementation, and the evaluation and follow-up, and (4) the group guidance model based on the Islamic communication principles was effective to improve students’ interpersonal communication skills.

Page 1 of 17 | Total Record : 162