cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Published by Politeknik Negeri Bali
ISSN : 02169843     EISSN : 25805614     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan [e-ISSN 2580-5614 ] p-ISSN 0216-9843 | DOI 10.31940/jbk] issued by Politeknik Negeri Bali, published three times a year in March, July and November.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 12 No 2 Juli (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan" : 8 Documents clear
HUBUNGAN GOLONGAN DENGAN KINERJA DOSEN POLITEKNIK NEGERI BALI Swabawa, A Agung Putu; Ari Pemayun, I Dewa Gede; Nurhayati, Ni Ketut
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 2 Juli (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.384 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap para dosen yang ada di Politeknik Negeri Bali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara golongan dengan kinerja para dosen Politeknik Negeri Bali Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode interview, dokumentasi, dan studi pustaka. Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis Chi-Square yang merupakan teknik kuantitatif, dan menggunakan teknik analisis kualitatif Dari hasil analisis menunjukkan bahwa dari capaian jumlah SKS, di mana dari enam Jurusan yang ada, hanya jurusan Teknik sipil yang menunjukkan ada hubungan golongan dengan kinerja dosen dengan pengaruh yang kuat. Sedangkan dari capaian nilai SKP, dimana hanya jurusan Pariwisata yang menunjukkan ada hubungan golongan dengan kinerja dosen dengan pengaruh yang cukup kuat. Dari dua bidang, di mana bidang teknologi yang menunjukkan ada hubungan golongan dengan kinerja dosen dengan pengaruh yang cukup kuat, sedangkan secara keseluruhan dosen Politeknik Negeri Bali  menunjukkan bahwa ada hubungan antara golongan dengan kinerja dosen, walaupun dengan pengaruh yang kurang kuat.
BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN PENGGUNA JASA AKOMODASI VILA DI KELURAHAN SEMINYAK Solihin, Solihin
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 2 Juli (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.115 KB)

Abstract

Keberadaan vila di lingkungan Kelurahan Seminyak mendapatkan respon positif dari wisatawan asing yang datang ke Bali. Karya tulis ini hendak membahas: (1) bagaimana karakteristik wisatawan pengguna jasa akomodasi vila di Kelurahan Seminyak? (2) faktor apa saja faktor penarik bagi wisatawan asing memilih akomodasi vila di kelurahan seminyak, dan (3) bagaimana  tingkat kepuasan dan loyalitas wisatawan pengguna jasa akomodasi vila di Kelurahan Seminyak?. Sebagai sebuah kajian kualitatif,  data dikumpulkan melalui kajian pustaka, observasi partisipasi, dan wawancara mendalam dengan 15 informan pengelola dan tamu yang menginap di empat vila (Ahimsa, The Kunja, Ranadi, dan Uma Sapna), pemerhati dan pengambil kebijakan) yang representatif. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menerapkan beberapa teori secara eklektik, yaitu teori persepsi, teori hirarki kebutuhan dan teori stakeholder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pengguna jasa akomodasi vila di seminyak adalah orang asing berasal dari kawasan benua Eropa, Amerika, Australia, Asia.  Mereka datang ke Bali untuk berlibur, sisanya untuk berbulan madu  dan melakukan perjalanan bisnis. Tingkat kepuasan wisatawan pengguna jasa akomodasi vila di kelurahan seminyak cukup tinggi. Tingkat kepuasan ini didukung oleh beberapa faktor, yakni faktor lokasi, harga kamar vila dan sarana-prasarana wisata yang tersedia, faktor layanan di bagian reception, houskeeping, food & beverage serta faktor penunjang lainnya, yakni tersedianya kolam renang, taman dan keamanan. Untuk mendukung  kenyamanan wisatawan selama tinggal di vila setempat, pengelola vila setempat perlu lebih memperhatikan faktor keamanan.
ANALISIS POSITIONING PRODUK MIE INSTAN BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BALI Krisna Komala Sari, I Gusti Agung Mas
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 2 Juli (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.022 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui merek mie instan yang paling diketahui dan diingat responden sebagai seorang konsumen dan mengetahui posisi (positioning) produk mie instan merek Indomie, Supermi , Mie Sedaap, Sarimi, Mie ABC berdasarkan persepsi mahasiswa Politeknik Negeri Bali terhadap atribut-atribut mie instan yang ditawarkan. Atribut tersebut meliputi kualitas mie, kuantitas mie, rasa dan bumbu, harga, kemasan, promosi, dan kemudahan memperoleh. Berdasarkan hasil Top of Mind (TOM) diperoleh bahwa Indomie merupakan merek mie instan yang paling diketahui dan diingat responden sebagai seorang konsumen. Dengan menggunakan Multidimensional Scalling (MDS) diperoleh bahwa terdapat perbedaan posisi (positioning) masing-masing mie instan berdasarkan persepsi mahasiswa Politeknik Negeri Bali terhadap atribut-atribut mie instan yang ditawarkan. Dengan mengetahui posisi (positioning) masing-masing mie instan tersebut maka dapat diketahui kemiripan maupun ketakmiripan antar merek mie instan.
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DAN CITRA PERUSAHAAN Astiti, Ni Putu Yeni; Saitri, Putu Wenny
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 2 Juli (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.178 KB)

Abstract

Teori stakeholder menyatakan bahwa perusahaan harus memenuhi kepentingan semua pemangku kepentingan untuk menjamin keberlangsungan perusahaan. Corporate Social Responsibility nampaknya menjadi salah satu upaya perusahaan untuk mempertahankan hal tersebut. Pelaksanaan CSR yang berkelanjutan diharapkan mampu meningkatkan citra positif perusahaan di mata masyarakat, yang akan memberikan keuntungan di masa yang akan datang. Selain itu, CSR juga diharapkan memberikan keuntungan kepada masyarakat, terutama masyarakat lokal yang terdampak langsung oleh kegiatan bisnis perusahaan, keuntungan bagi masyarakat bisa berupa peningkatan taraf hidup yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Penelitian ini menguji pengaruh corporate social responsibility terhadap kesejahteraan masyarakat dan citra perusahaan. Perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hardys Group Denpasar yang telah menerima penghargaan CSR kota Denpasar 2013-2014. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat mengenai CSR,kesejahteraan masyarakat, dan citra perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat kota Denpasar sebanyak 863.600 jiwa. Berdasarkan rumus slovin, maka diperoleh sebanyak 400 responden untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil pengujian hipotesis menemukan bahwa CSR berpengaruh negatif terhadap kesejahteraan masyarakat, dan CSR berpengaruh positif terhadap citra perusahaan.
PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENUNJANG RESERVASI UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN KAMAR PADA HOTEL LE MERIDIEN BALI JIMBARAN Mayantari, Ni Wayan; Astawa, I Putu; Susanto, Budi
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 2 Juli (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (697.487 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaran (Marketing Mix) dalam upaya meningkatkan penjualan produk. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Kegiatan marketing mix yang dilakukan pada Hotel Le Meridien Bali Jimbaran  adalah Aplikasi produk, penetapan harga khusus, Advertising, Personal Selling, Sales Promotion dan Publicity. Biaya promosi yang berlaku pada Hotel Le Meridien Bali Jimbaran berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan, semakin tinggi biaya promosi yang dikeluarkan maka semakin tinggi juga penjualan produk pada Hotel Le Meridien Bali Jimbaran. Teknik analisis yang digunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi bauran pemasaran pada Hotel Le Meridien Bali Jimbaran sesuai dengan teori. Penerapan strategi bauran pemasaran dalam mempertahankan pasar pada Hotel Le Meridien Bali Jimbaran sudah diterapkan dengan baik.
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN Suciwati, Desak Putu; Pradnyan, Desak Putu Arie; Ardina, Cening
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 2 Juli (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.497 KB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis  pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan  pada perusahaan sektor pertambangan di BEI tahun 2010-2013. Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui pengaruh pengungkapan CSR terhadap kinerja keuangan dengan menggunakan proksi rasio return on asset (ROA) dan return on equity (ROE). Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan pertambangan sebanyak 60. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dengan pool data selama 4 tahun, dan data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan, ICMD, Annual Report, Sustainability Report. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dengan 2 persamaan yang variabel dependennya berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR disclosure berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA dengan nilai signifikansi 0,006 yang berarti H1 diterima. Serta CSR disclosure berpengaruh positif dan signifikan sebesar 0,001 terhadap ROE  yang berarti H2 diterima.
PENERAPAN SISTEM GSA DAN KONVENSIONAL KANTOR DEPAN DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BERKUALITAS PADA HOTEL BERBINTANG Ruki, Made; Sri Widhari, Cokorde Istri
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 2 Juli (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (55.373 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan system GSA dan Konvensional Kantor Depan dalam memberikan layanan berkualitas. Penelitian ini dilakukan pada Hotel berbintang lima di kabupaten Badung. Penentuan pemilihan hotel berdasarkan atas pertimbangan bahwa sebagian hotel dalam operationalnya menerapkan sitem GSA (guest Service Agent) dan sebagian lagi menerapkan sistem konvensional. Hasil penelitian ini dapat  dinyatakan bahwa hotel dengan system GSA dimana system tata kelola yang terkait dengan efesiensi kerja, yang mana satu posisi atau jabatan mengerjakan berbagai macam pekerjaan, sedangkan pada hotel yang meerapkan system konvensional dimana system kerja yang dilakukan oleh reception yang kecenderungannya melayani atau menangani pekerjaan yang lebih spesifik. Pada dasarnya ke dua sistem ini tidak menunjukkan perbedaan dalam memberikan layanan berkualitas kepada tamu hanya saja pada proses penanganan tamu berbeda dimana system GSA tersentral dalam satu posisi atau jabatan sedangkan system konvensional tetap terpisah dan dikerjakan oleh beberapa bagian.
ANALISIS PENDEKATAN EXPERIENTIAL MARKETING YANG MENCIPTAKAN KEPUASAN TAMU MENGINAP DI HOTEL KAWASAN WISATA LOVINA Sagitarini, Luh Linna
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 2 Juli (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.343 KB)

Abstract

Kawasan wisata Lovina merupakan kawasan di daerah Bali Utara yang sedang berkembang dunia pariwisatanya. Berbagai potensi pariwisata sudah mulai banyak dikembangkan. Banyak hotel berbintang yang ada di kawasan tersebut yang sudah mulai menerapkan berbagai strategi pemasaran dalam menciptakan kepuasan tamu. Salah satu pendekatan yang digunakan adalah experiential marketing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pendekatan experiential marketing dalam menciptakan kepuasan tamu. Dalam penelitian ini variabel bebas yang digunakan yaitu experiential marketing yang terdiri dari sense (X1), feel (X2), think (X3), act (X4), dan relate (X5). Variabel terikatnya yaitu kepuasan tamu (Y). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari 100 tamu. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode accidental  sampling  methods,  kemudian  data  diproses  menggunakan  analisis regresi berganda dengan SPSS 17.0 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel sense (X1),  think  (X3),  act  (X4),  dan  relate  (X5)  berpengaruh  signifikan  terhadap kepuasan tamu sedangkan feel (X2) tidak ada pengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu. Secara simultan terbukti bahwa sense (X1), feel (X2), think (X3), act (X4), dan relate (X5) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu (Y). Variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan tamu adalah variabel relate (X5).  

Page 1 of 1 | Total Record : 8