cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Published by Politeknik Negeri Bali
ISSN : 02169843     EISSN : 25805614     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan [e-ISSN 2580-5614 ] p-ISSN 0216-9843 | DOI 10.31940/jbk] issued by Politeknik Negeri Bali, published three times a year in March, July and November.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 12 No 3 November (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan" : 8 Documents clear
PENGARUH KEBIJAKAN UTANG PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia) Purwanta Suta, I Wayan; Sugiarta, I Nyoman; Ayu Anggya Agustina, Putu
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 3 November (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.419 KB)

Abstract

Nilai perusahaan yang tinggi dapat mencerminkan kemakmuran bagi pemegang saham.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebijakan utang pada nilai perusahaan dengan kepemilikan institusional sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakanIndonesian Capital Market Directory (ICMD). Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 125 perusahaan, dengan metode nonprobability sampling, khususnya teknik purposive sampling.Teknik analisis data yang digunakan adalah ModeratedRegression Anaylisis (MRA).Berdasarkan hasil analisis penelitian ditemukan bahwa kebijakan utang tidak berpengaruh pada nilai perusahaan. Hal ini berarti kebijakan utang yang ditetapkan oleh perusahaan tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada nilai perusahaan tersebut. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepemilikan institusional memiliki pengaruh signifikan yang kuat dalam mempengaruhi hubungan antara kebijakan utang dan nilai perusahaan. Artinya, semakin tinggi nilai Debt to Equity Ratio (DER) yang diikuti dengan kenaikkan persentase kepemilikan institusional, maka akan meningkatkan nilai perusahaan
PEMERIKSAAN TINGKAT KESEIMBANGAN (EQUALISASI) PPH PASAL 21 DAN PENGAKUAN BIAYA GAJI (PPH 29) PADA LAPORAN LABA RUGI PADA RUMAH SAKIT MANUABA DI DENPASAR Sukasih, Ni Ketut
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 3 November (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.72 KB)

Abstract

Self  assessment system Direktorat Jendral Pajak(DJP) untuk  selalu melakukan pembinaan dan pengawasan baik terhadap para aparatnya maupun terhadap wajib pajak. Tujuan dari penelitian adalah untuk mencapai equalisasi Pph ps 21 dengan pengakuan biaya gaji (Pph 29) dilakukan terutama dalam hal pemeriksaan terhadap laporan SPT yang disampaikan oleh wajib pajak agar tidak terjadi kesalahan dalam melaporkan SPT Masa PPh Pasal 21 dengan  laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan.  Kurangnya pengawasan dari  perusahaan yang dapat  menimbulkan  perbedaan pelaporan  yaitu antara Pelaporan SPT Masa PPh Pasal21 dan SPT Tahunan PPh Badan, akhirnya  hal  ini yang menjadi  objek penelitian  yaitu  : SPT  masa  pph pasal 21 dan biaya gaji pada laporan keuangan untuk tahun 2015 pada R.S. Manuaba dengan menggunakan  teknik analisis kuantitatif. Pemeriksaan tingkat keseimbangan untuk dua jenis pajak antara Pph pasal 21 dan Pph pasal 29 terhadap biaya gaji. Hasil dari penelitian ini adalah : untuk mencapai keseimbangan antara Pph ps 21 dengan biaya gaji (ps 29) hal  ini disebabkan oleh adanya penghasilan lebih yang diperoleh dr Fajar Manuaba karena mendapat penghasilan dari sumber lain dan ada SPT masa yang bulan Desember tahun 2015 yang tidak dilaporkan. Besarnya Pph pasal 21 sebesar Rp 7.395.330.937,00 sedangkan di SPT pph Badan Rp 8.071.691.078,00,  perbedaan ini perlu adanya equlaisasi oleh R.S. Manuaba sebesar  Rp. 676.360.141,00
ANALISIS PENGARUH MOTIVASI, KNOWLEDGE OF ENTREPRENEURSHIP DAN INDEPENDENSI TERHADAP KUALITAS KEWIRAUSAHAAN DAN KINERJA USAHA KECIL KERAJINAN PAYUNG TRADISIONAL DI PROVINSI BALI Yasa, Ketut; Sukarta, I Wayan; Pasek, I Ketut; Mahayana P, Komang
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 3 November (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.393 KB)

Abstract

Eksistensi usaha kecil termasuk usaha kerajinan payung tradisional Bali belum menunjukkan perkembangan sesuai harapan. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis ingin mendapatkan jawaban terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja usaha kerajinan payung tradisional Bali. Penelitian ini termasuk penelitian survai dan explanatoris research. Unit analisis adalah para pengerajin yang jumlahnya 68 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kaitannya meningkatkan kinerja usaha pengerajin, maka terlebih dahulu yang harus dibangun adalah kualitas kewirausahaan pengerajin, sedangkan kualitas diri kewirausahaan pengerajin dapat ditumbuh-kembangkan melalui terciptanya motivasi kerja yang tinggi, selalu mengikuti pendidikan kewirausahaan, dan membiasakan diri untuk menjalankan usaha dengan kekuatan sendiri (independensi). Penelitian juga menemukan bahwa semua variabel bebas (motivasi, pendidikan, dan kemandirian) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas kewirausahaan (signifikansi < 0,05), dan merupakan hubungan yang kuat (R = 0,772), sedangkan kontribusi variabel bebas terhadap perubanhan variabel terikat ditunjukkan oleh koefisien determinasi (R2). Sebesar 0,596 (59,6%) Dalam hubungannya dengan kinerja usaha, ternyata hanya variabel kualitas kewirausahaan yang mempunyai pengaruh langsung yang signigfikan, sedangkan variabel motivasi, pendidikan kewirausahaan, dan kemandirian usaha hanya berpengaruh secara tidak langsung melalui variabel kualitas kewirausahaan. Hubungan ini merupakan hubungan kuat (R=0,715), dengan kontribusi yang ditunjukkan koefisien determinasi R2 sebesar 0,512 (51,2%)
AUDIT KONFLIK DEBITUR KREDITUR BANK Subratha, I Nyoman; Sutama, I Nyoman
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 3 November (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.444 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelesaian kasus pemblokiran rekening debitur oleh bank. Teori yang digunakan adalah teori agensi yang ditunjang dengan toeri akuntabilitas dan teori audit forensik atau audit dengan tujuan tertentu. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah metode wawancara menggunakan informan, metode dokumentasi sebagai bukti audit, dan metode uji sistem  informasi dengan uji kotak hitam. Hasil penyelesaian kasus pihak debitur dengan kreditur bank pemerintah memilih penyelesaian secara kekeluargaan dan pihak debitur mengembalikan uang milik bank yang ada di rekeningnya. Bank minta maaf atas kealfaanya menutup kredit KUR Pak Yamani (CV.K), kredit KUR Pak Yamani (CV.K) terus berlanjut sebagai bukti komitmen kepada bank
PENERAPAN KONSEP PENGORGANISASIAN DAN PENGARAHAN PADA PT BAYUS CARGO BADUNG, BALI Lanang Pastika, I Wayan; Santanu, Gede; Eni Marheni, Kadek
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 3 November (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.41 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi penerapan konsep pengorganisasian dan pengarahan dengan pendekatan metode brainstorming dan fishbone diagram pada PT. Bayus Cargo. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan metode brainstorming dan fishbone diagram. Hasil penelitian yang dilakukan secara kualitatif menunjukkan penerapan konsep pengorganisasian dan pengarahan belum mencerminkan adanya penerapan konsep yang efektif, efesien, dan produktif. Ini mengidentifikasi perlu adanya perbaikan-perbaikan secara internal dalam berbagai segi termasuk di dalam struktur organisasi, pembagian kerja, koordinasi, komunikasi dan rentang kendali, dan lain-lain. Penerapan konsep pengorganisasian dan pengarahan pada aktivitas organisasi PT Bayus Cargo sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, namun sebaiknya sebagai salah satu perusahaan pelayanan jasa pengiriman dan penerimaan barang ekspor impor di bali harus memperhatikan kalangsungan aktivitas organisasi agar dapat menghindari kemunduran aktivitas organisasai dalam perkembangan perusahaan menjadi “local champion”
PENERAPAN PELAYANAN PRIMA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN GOLF PADA NIRWANA BALI GOLF CLUB Sura Ambara Jaya, I Made; Mei Wahyuni, Luh; Rismayanti, Ari
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 3 November (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.303 KB)

Abstract

Saat ini golf semakin diminati oleh wisatawan asing maupun domestik, golf juga dijadikan salah satu program utama dari wisatawan yang melakukan acara konvensi dan dijadikan sebuah ajang perlombaan atau tournament. Persaingan yang terjadi sangat ketat antara lapangan golf yang satu dengan lapangan golf lainnya, maka penerapan pelayanan prima sangat penting dilakukan untuk memenangkan persaingan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara langsung, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah dengan pendekatan deskritif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan customer service di Nirwana Bali Golf Club, mengutamakan penampilan (grooming) yang sesuai dengan standar perusahaan dan pengetahuan tentang produk perusahaan dalam melakukan pelayanan terhadap konsumen. Dimensi pokok pelayanan prima yaitu: bukti langsung (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty), sangatlah memegang peranan penting dalam memberikan pelayanan prima terhadap konsumen di Nirwana Bali Golf Club dan juga berpengaruh untuk menjaga citra perusahaan dan mempertahankan agar perusahaan tetap eksis dalam persaingan dengan para kompetitor lainnya. Pelayanan prima sudah diterapkan dengan baik oleh Nirwana Bali golf club, terbukti dengan adanya beberapa comment yang positif yang diberikan oleh konsumen, adanya beberapa penghargaan yang telah diraih, dan adanya repeater guest yang bermain di Nirwana Bali Golf Club. Meskipun harga bermain golf di Nirwana Bali Golf Club terbilang paling tinggi di antara lapangan golf lainnya di Bali, Nirwana Bali Golf Club tetap menjadi pilihan para golfer untuk bermain golf karena kualitas pelayanan yang baik dan fasilitas yang lengkap
ANALISIS PENERAPAN PMK 169/PMK.010/2015 PADA PT BALI LESTARI Sedana Yasa, I Made; Bayu Wicaksana, Ketut Arya
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 3 November (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (76.35 KB)

Abstract

Penelitian Penerapan PMK (Peraturan Menteri Keuangan) 169/PMK.010/2015 bertujuan untuk mengetahui dampak dari penerapan  tersebut terhadap perbandingan utang dan modal, sedangkan manfaat dapat memutuskan kebijakan yang tepat agar perusahaan memperoleh keuntungan. Penelitian ini merupakan studi kasus pada  PT Bali Lestari sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa perhotelan di kawasan Legian Kuta.Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Penerapan PMK 169/PMK.010/2015 pada PT Bali Lestari  dengan perhitungan Debt Equity Ratio diperoleh hasil 7:1. Besarnya perbandingan ini melebihi perbandingan pada aturan PMK 169/MK.010/2015, sehingga biaya pinjaman yang terdapat pada PT Bali Lestari harus dkoreksi. Besarnya biaya pinjaman yang dapat dibebankan adalah sebesar Rp 728.571.429, dan sisanya Rp 546.428.571 harus dikoreksi sebagai penambah laba. Hal ini mengakibatkan penghasilan kena pajak bertambah sebesar Rp 546.427.976, sehingga penghasilan kena pajak berjumlah Rp 2.500.822.000. Penambahan penghasilan kena pajak, mengakibatkan  PPh terutang bertambah sebesar Rp 115.639.498 dari jumlah PPh terutang sebelum diterapkannya aturan ini. Kebijakan yang dapat dilakukan PT Bali Lestari untuk memperkecil angka DER dan memperbesar jumlah biaya bunga yang dapat dibebankan adalah dengan melakukan evaluasi aktiva tetap, mencantumkan utang pemegang saham pada akun utang pada pihak yang mempunyai hubungan istimewa sehingga utang tersebut akan menambah  di sisi modal
EVALUASI PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PRODUK KREATIF KERAMIK BERBASIS BIAYA UTAMA PADA KERAMIK GRAZINIA DAN KERAMIK PANJI Normal, I Nyoman
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 12 No 3 November (2016): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.902 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi perhitungan harga pokok produksi produk kreatif keramik berbasis biaya utama pada Keramik Grazinia dan Keramik Panji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) harga pokok produksi prototipe cangkir hijau bermotif daun paku (d9,7-t8,0) yang sesungguhnya (menurut Keramik Grazinia) menggunakan metode biaya utama adalah Rp 30.000,00 per unit, sedangkan yang seharusnya (menurut BTIKK) menggunakan metode biaya penuh adalah Rp 27.187,63 per unit. Harga pokok produksi yang sesungguhnya lebih tinggi Rp 2.812,37 daripada yang seharusnya. Hal ini disebabkan oleh karena kelebihan pembebanan biaya utama Rp 4.014,79 dan kekurangan pembebanan biaya overhead pabrik Rp 1.202,42; (2) harga pokok produksi prototipe oil burner bermotif burung pinguin (d10,0-t6,0) yang sesungguhnya (menurut Keramik Panji) menggunakan metode biaya utama adalah Rp 20.000,00 per unit, sedangkan yang seharusnya menggunakan metode activity-based costing adalah Rp 46.836,05 per unit Harga pokok produksi yang sesungguhnya lebih rendah Rp 26.836,05 daripada yang seharusnya. Hal ini disebabkan oleh karena perbedaan komponen biaya, yaitu biaya utama untuk yang sesungguhnya, dan activity-based costing untuk yang seharusnya; (3) harga jual prototipe cangkir hijau bermotif daun paku (d9,7-t8,0) yang sesungguhnya (menurut Keramik Grazinia) menggunakan metode time and material pricing adalah Rp 45.000,00 per unit, sedangkan yang seharusnya (menurut BTIKK)  adalah Rp 35.343,92 per unit. Harga jual cangkir hijau yang sesungguhnya lebih tinggi Rp 9.656,08 daripada yang seharusnya; dan (4) harga jual prototipe oil burner bermotif burung pinguin (d10,0-t6,0) yang sesungguhnya (menurut Keramik Panji) menggunakan metode time and material pricing adalah                    Rp 30.000,00 per unit, sedangkan yang seharusnya (menurut BTIKK)  adalah Rp 60.886,86 per unit. Harga jual oil burner yang sesungguhnya lebih rendah Rp 30.886,86 daripada yang seharusnya

Page 1 of 1 | Total Record : 8