cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Published by Politeknik Negeri Bali
ISSN : 02169843     EISSN : 25805614     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan [e-ISSN 2580-5614 ] p-ISSN 0216-9843 | DOI 10.31940/jbk] issued by Politeknik Negeri Bali, published three times a year in March, July and November.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 13 No 1 (2017): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan" : 6 Documents clear
PERSEPSI PEGAWAI TERHADAP PERENCANAAN KARIER, BUDAYA ORGANISASI, DAN PENGEMBANGAN KARIER DI POLITEKNIK NEGERI BALI Suryathi, Wayan; Masih, Ni Ketut; Sukarta, I Wayan
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 13 No 1 (2017): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.202 KB) | DOI: 10.31940/jbk.v13i1.693

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriftif kuantitatif yang bertujuan untuk menjelaskan persepsi pegawai terhadap perencanaan karier, budaya organisasi, dan pengembangan karier di Politeknik Negeri Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Sampel penelitian ini adalah 60 orang responden terdiri 24 orang pria dan 36 orang wanita, dengan masa kerja terbanyak antara 20 sampai 30 tahun dan 77% golongan III. Teknik analisis data digunakan One Way Anova. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: 1) Persepsi pegawai terhadap perencanan karier, budaya organisasi, dan pengembangan karier di Politeknik Negeri Bali secara keseluruhan berada pada kriteria baik, yaitu persepsi untuk perencanaan karier 64% menyatakan baik, untuk budaya organisasi 69 % menyatakan baik, dan untuk pengembangan karir 89 % menyatakan sangat baik; 2) Hasil pengujian hipotesis menyatakan ada perbedaan persepsi pegawai terhadap perencanaan karier, budaya organisasi, dan pengembangan karier.
IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING PADA GRAND MIRAGE RESORT AND THALASSO BALI Triyuni, Ni Nyoman; Nugraha, I Wayan Ade
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 13 No 1 (2017): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.806 KB) | DOI: 10.31940/jbk.v13i1.694

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi customer relationship marketing pada Grand Mirage Resort and Thalasso Bali. Penelitian ini merupakan analisis deskritif kualitatif yang dilakukan melalui pengkategorian. Data disajikan berdasarkan kategori lalu dilaksanakan komparasi data, kemudian penarikan simpulan. Bedasarkan hasil penelitian menunjukkan implementasi customer relationship marketing pada Grand Mirage Resort and Thalasso Bali yaitu menggunakan tiga konsep customer relationship marketing yang terdiri dari attraction, retention, dan enhancement. Attraction merupakan daya tarik andalan yang berupa program-program seperti All Inclusive dan Guest Daily Activities, selain itu penampilan karyawan yang menerapkan pelayanan prima melalui self friendliness, attitude dan attention. Retention merupakan sikap perusahaan untuk menjalankan hubungan dengan pelanggan yang bernilai guna, adapun program yang diterapkan adalah loyalty program repeater guest. Enhancement merupakan kemitraan yang dijalin untuk memperoleh posisi berkelanjutan di pasar dengan menjaga komunikasi dengan tamu, adanya kedekatan dengan para tamu, menumbuhkan hubungan jangka panjang serta dapat menanggulangi keluhan dari tamu.
FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN WISATAWAN DALAM MELAKUKAN RESERVASI KAMAR SECARA ONLINE Sagitarini, Luh Linna
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 13 No 1 (2017): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.026 KB) | DOI: 10.31940/jbk.v13i1.696

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan wisatawan dalam melakukan reservasi kamar secara online melalui online travel agent. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat empat faktor yang dipertimbangkan wisatawan dalam melakukan reservasi kamar secara online, yaitu: faktor compatibility memiliki eigen value 2,711 dan percentage of variance 19.364 persen, faktor complexity memiliki eigen value 2,157 dan percentage of variance 15.408 persen, faktor relative advantage memiliki eigen value 2,083 dan percentage of variance 14.877 persen dan faktor self afficacy memiliki eigen value 1,889 dan percentage of variance 13.495 persen. Variabel- variabel yang dapat mewakili setiap faktor yang dipertimbangkan wisatawan dalam melakukan reservasi kamar secara online adalah kesesuaian dengan gaya hidup, tampilan fitur, efisien dan kemampuan penggunaan komputer.
PENDEKATAN EKONOMETRIKA UNTUK MENENTUKAN PERUBAHAN TABUNGAN MASYARAKAT Aryaningsih, Ni Nyoman
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 13 No 1 (2017): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.417 KB) | DOI: 10.31940/jbk.v13i1.686

Abstract

Penggerak pertumbuhan ekonomi dapat ditentukan oleh sektor-sektor ekonomi. Dilihat dari sisi harga, terjadi potensi tekanan inflasi yang masih tinggi. Meningkatnya permintaan domestik dan harga komoditas internasional memberikan dampak pada peningkatan harga barang dan jasa. Sisi permintaan, pertumbuhan ekonomi didorong oleh peran investasi dan konsumsi rumah tangga serta konsumsi pemerintah. Kuatnya pertumbuhan konsumsi rumah tangga didorong oleh berbagai faktor positif, terutama berupa peningkatan pendapatan masyarakat. Tujuan kajian riset adalah: 1) mengetahui variabel pinjaman investasi, pinjaman lapangan usaha, inflasi, dan tingkat suku bunga dalam menentukan perubahan tabungan masyarakat; 2) Variabel bebas pinjaman investasi, pinjaman lapangan usaha, inflasi, dan tingkat suku bunga secara parsial dapat menentukan perubahan tabungan masyarakat. Kata kunci: pendekatan ekonometrika, tabungan masyarakat.
PERAN BELANJA MODAL DALAM PERTUMBUHAN KINERJA KEUANGAN DAERAH (STUDI KASUS DI KABUPATEN BULELENG) Dwi Pratiwi, Ni Made Wirasyanti
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 13 No 1 (2017): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.505 KB) | DOI: 10.31940/jbk.v13i1.695

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ekspenditure modal dan kinerja keuangan di Buleleng. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi praktis dalam pengelolaan keuangan sektor publik yang transparan dan akuntabel di Buleleng. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Buleleng dengan objek yang diteliti adalah belanja modal dan kinerja di bidang keuangan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi dengan menggunakan kombinasi time series yaitu melalui observasi, studi literatur, serta wawancara mendalam dengan pemerintah daerah. Hasilnya menunjukkan Buleleng telah mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Kabupaten Buleleng dengan penyerapan kenaikan dari tahun 2010 sampai 2015. Dalam hal rasio kemandirian Kabupaten Buleleng pada tahun 2013 sangat bergantung pada dana dari pusat, sehingga memberikan rasio terkecil tahun ini. Dalam hal efektivitas rasio, Buleleng pada tahun 2015 memiliki kemampuan untuk mewujudkan daerah yang direncanakan berdasarkan target yang ditetapkan oleh potensi nyata daerah. Dalam hal rasio efisiensi, pengeluaran Kabupaten Buleleng pada tahun 2015 tidak sesuai dengan keinginan dan tidak sesuai dengan yang direncanakan. Dalam hal rasio aktivitas Kabupaten Buleleng memiliki aktivitas paling banyak yang dicapai pada tahun 2015. Dalam hal tingkat pertumbuhan, kemampuan daerah kecamatan Buleleng menjaga dan meningkatkan sumber pendapatan (rasio pertumbuhan pendapatan dan rasio pertumbuhan total pendapatan) terbaik dicapai pada tahun 2012.
FAKTOR PENENTU MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA (SUATU EVALUASI PEMBELAJARAN) Mantra Suarjana, Anak Agung Gde; Wahyuni, Luh Mei
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 13 No 1 (2017): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.664 KB) | DOI: 10.31940/jbk.v13i1.687

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) pengaruh ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha mahasiswa, (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa, (3) pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 125 responden diambil dengan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 20. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner secara langsung. Hasil analisis data dengan signifikasi 0,05 menunjukkan bahwa ekspektasi pendapatan, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan (secara parsial) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Ekspektasi pendapatan, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan (secara simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Pengaruh ekspektasi pendapatan, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan (secara simultan) terhadap minat berwirausaha mahasiswa adalah sebesar 57,4%. Kontribusi ekspektasi pendapatan, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan (secara simultan) terhadap minat berwirausaha mahasiwa sebesar 32,9%.

Page 1 of 1 | Total Record : 6