cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi
Published by Politeknik Negeri Bali
ISSN : 1412114X     EISSN : 25805649     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi is a peer-reviewed research journal aiming at promoting and publishing original high quality research in all disciplines of engineering and applied technology. All research articles submitted to Logic should be original in nature, never previously published in any journal or presented in a conference or undergoing such process across the world. All the submissions will be peer-reviewed by the panel of experts associated with particular field. Submitted papers should meet the internationally accepted criteria and manuscripts should follow the style of the journal for the purpose of both reviewing and editing.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 16 No 2 (2016): July" : 12 Documents clear
PENERAPAN KONSEP ERGONOMI PADA PERANCANGAN ALAT ANGKUT MATERIAL BERDASARKAN ANTHROPOMETRI OPERATOR Santosa, I Gede
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 16 No 2 (2016): July
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses material handling pada pengangkutan material dari satu mesin ke mesin berikutnya, dilakukan dengan memanfaatkan alat angkut yang masih menggunakan manusia sebagai operator pengendali alat angkut tersebut secara manual. Alat angkut yang digunakan , memiliki beberapa kelemahan yaitu, tidak memiliki pintu untuk memudahkan proses pengeluaran dan pemasukan, roda yang digunakan menggunakan bearing sehingga tenaga yang dikeluarkan cukup besar disaat mendorong dan membelok, serta menimbulkan suara berisik yang bisa mengganggu pendengaran. Tidak memiliki pegangan (handle), sehingga operator harus membungkuk disaat mendorong alat angkut tersebut. Perancangan alat angkut material ini mempertimbangkan kriteria ergonomi , dalam hal ini posisi dan ukuran anthropometri operator pada saat mendorong alat angkut tersebut dan juga terdapat sembilan kriteria ergonomi hasil rancangan produk yang diharapkan mampu memperbaiki kinerja operator yang memanfaatkan alat tersebut. Sembilan kriteria tersebut adalah, kapasitas angkut dengan volume yang relatif sama dengan saat sekarang, alat memiliki pegangan yang disesuaikan dengan bentuk tangan, tinggi pegangan yang disesuaikan dengan ukuran badan operator, memiliki pintu untuk mengeluarkan dan memasukkan, roda yang tidak berisik dan mudah dioperasikan, sehingga tenaga yang dikeluarkan tidak besar, bahan relatif kuat, serta pemeliharaan murah. Proses pemilihan alternatif dilakukan dengan memberikan bobot kriteria berdasarkan pertimbangan ergonomi, selanjutnya seluruh kriteria dipetakan pada matrix morphology, sehingga didapat alternatif rancangan alat pengangkut material Keputusan pemilihan alat angkut yang fisibel dilakukan dengan model jaringan dengan fungsi tujuan memaksimumkan bobot sembilan kriteria.
PERBANDINGAN DESAIN STRUKTUR BETON BERTULANG YANG DIBEBANI DINDING PASANGAN BATA MERAH DENGAN BATA RINGAN DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM SAP 2000 Suasira, I Wayan; Suardana Kader, I Made; Jaya, I Made
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 16 No 2 (2016): July
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.361 KB)

Abstract

Perbandingan Desain Struktur Beton Bertulang Yang Dibebani Dinding Pasangan Bata Merah Atau Bata Ringan Dengan Menggunakan Program SAP 2000 Studi Kasus Pada Proyek Pengembangan Pusat Layanan Usaha Terpadu Kabupaten Gianyar. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui berapa hasil akhir design luas tulangan struktur menggunakan bata merah dan bata ringan, (2) Untuk mengetahui berapa perbandingan terhadap perhitungan struktur gedung dengan menggunakan bata merah dan bata ringan. Perbandingan desain struktur bata merah dan bata ringan ini menggunakan program SAP 2000, dan hasil dari penelitian tersebut antara lain : (1) Desain Luas tulangan struktur menggunakan bata merah pada sloof  4,339 cm2, pada kolom 13,873 cm2, pada balok 6,454 cm2, dan pada ring balok 2,276 cm2. sedangkan untuk bata ringan pada sloof 3,251 cm2, pada kolom 14,301 cm2, pada balok 5,779 cm2, dan pada ring balok 3,684 cm2.(2) Perbandingan disain struktur menggunakan bata merah dan bata ringan adalah 18,864% , lebih hemat menggunakan bata ringan. Dari penelitian tersebut dapat kami sarankan antara lain : (1) Perbandingan desain struktur menggunakan bata merah dan bata ringan untuk selanjutnya agar dilanjutkan ke perhitungan Rencana Anggaran Biaya, (2) Perbandingan desain struktur menggunakan bata merah dan bata ringan pada gedung lantai dua tidak begitu berpengaruh, sehingga untuk lebih menyempurnakan agar lebih ditinjau gedung yang lebih tinggi.
PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PENGELOLAAN ARSIP JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI BALI Eddy Indrayana, I Nyoman
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 16 No 2 (2016): July
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (656.74 KB)

Abstract

Arsip merupakan salah satu sumber informasi yang memiliki fungsi penting untuk menunjang proses kegiatan administrasi dan pengelolaan sebuah institusi. Semua dokumen kegiatan yang dilakukan oleh institusi tersebut, akan menjadi arsip. Informasi yang terekam tersebut merupakan bukti dan juga sejarah bagi institusi yang bersangkutan. Pengelolaan arsip Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Bali masih dilakukan secara manual dalam bentuk hardcopy dan disimpan dalam suatu ruangan. Penyimpanan secara hardcopy membutuhkan waktu relative lama dalam proses pencarian arsip dan rentan rusak karena fator alam. Oleh karena itu, arsip perlu ditata dengan baik dengan komputerisasi untuk membangun manajemen organisasi yang efektif, efisien, dan produktif demi kemajuan institusi. Dalam penelitian ini akan dirancang suatu sistem kearsipan jurusan, dimana melibatkan beberapa entitas diantaranya Dosen, Program Studi,  Mahasiswa, Arsip dan Jenis Arsip yang mana dituangkan dalam Entitas Relationship Diagram untuk membentuk table table yang diperlukan. Proses ? proses dan aliran data digambarkan dengan Data Flow Diagram, dimana terdapat proses utama yaitu proses pengelolaan arsip pribadi dosen, proses pengelolaan arsip mahasiswa dan proses pengelolaan arsip yang dimiliki oleh jurusan.
Arsitektur Bussiness Process Automation Bagi Proses Pemasaran Produk Wisswani, Ni Wayan
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 16 No 2 (2016): July
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.165 KB)

Abstract

Bussiness process automation (BPA) adalah cara untuk melakukan otomatisasi dalam berbagai proses bisnis yang dijalankan oleh perusahaan. Desain BPA yang dimodelkan pada penelitian ini  diimplementasikan pada proses pemasaran sebuah produk. Arsitektur diimplementasi melalui prototipe sebuah website dengan penerapan otomatisasi penginformasian produk sebuah perusahaan. Proses otomatisasi dilakukan dengan menempatkan web servis pada server yang bekerja sesuai dengan scheduller yang ditentukan. Web servis melakukan pengiriman data pemasaran ke assistant application yang selanjutnya akan bertugas melakukan broadcasting email. Pengembangan sistem ini dilakukan dengan metode System Development Life Cycle yang melalui tahapan analisis, desain, kode, dan testing.
RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL CAHAYA LAMPU BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA32 Darminta, I Ketut; Astawa, I Putu; Dodik Sudarmika, I Putu
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 16 No 2 (2016): July
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.542 KB)

Abstract

Sistem penerangan saat ini merupakan pemakaian energi listrik yang besar. Dengan adanya lampu, kegiatan manusia bisa berlangsung 24 jam. Semakin tinggi kegiatan membutuhkan pencahayaan, maka energi yang digunakan juga semakin besar. Umumnya pengaturan penerangan menggunakan prinsip on-off dimana lampu hanya bekerja pada dua kondisi yaitu lampu menyala penuh ketika on atau off. Penerangan dengan prinsip on-off  hanya berdasarkan pada kondisi gelap dan terang. Hal ini menyebabkan penggunaan energi listrik yang kurang efisien. Untuk menangani hal tersebut diciptakan suatu sistem kontrol intensitas cahaya lampu dengan meggunakan mikrokontroler ATmega32. Lampu akan meredup atau bertambah terang ketika sensor cahaya (LDR) mendeteksi cahaya di luar ruangan sehingga menghasilkan pencahayaan lampu sesuai yang diinginkan. Sistem ini juga terdapat sensor PIR mendeteksi aktivitas manusia dalam ruangan. Lampu padam ketika tak terdeteksi manusia dan beroperasi kembali ketika terdeteksi manusia di dalam ruangan.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKTEK PENGUJIAN BAHAN DAN METROLOGI BERBASIS SKKNI BIDANG LOGAM DAN MESIN UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN STANDAR KOMPETENSI MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BALI Rusmariadi, I Komang
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 16 No 2 (2016): July
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.856 KB)

Abstract

Penelitian pengembangan bahan ajar dalam bentuk jobsheet ini, dilakukan dua tahapan, tahapan pertama dilaksanakan tahun 2014 telah menghasilkan draf jobsheet, dan tahapan  kedua dilaksanakan tahun 2015 dengan tujuan untuk mengetahui: 1) hasil penilaian ahli, dosen dan mahasiswa, 2) kendala-kendala selama uji coba, dan 3) kelayakan draf jobsheet sebagai bahan ajar praktik. Penelitian menggunakan model pengembangan Dick & Carey, pada tahap review dan uji coba penelitian melibatkan 2 orang ahli,  6 orang dosen pengampu mata kuliah, dan 26 orang mahasiswa Jurusan Teknik Mesin. Data diperoleh dengan menggunakan angket tertutup dan terbuka. Data yang terkumpul berupa tanggapan dan saran perbaikan dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data yang merupakan hasil penilaian terhadap jobsheet terpadu dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil pengujian menyatakan: 1) uji ahli isi sangat layak; ahli desain/media sangat layak; perorangan sangat layak; kelompok kecil sangat layak; dan uji lapangan dari mahasiswa dan dosen menyatakan layak dan sangat layak. 2) komponen yang perlu direvisi dari seluruh hasil uji ahli isi dan desain pembelajaran hingga uji lapangan adalah :  komponen pendahuluan diantaranya mencakup rumusan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran ; istilah batas luluh dan batas lumer sebaiknya dipilih salah satu dan konsisten; komponen tes disesuaikan dengan indikator pembelajaran; isi rangkuman sebaiknya lebih berorientasi pada materi;  komponen operation sheet perlu ditambahkan gambar-gambar nyata; standar bahan yang diuji disesuaikan dengan praktik, penyusunan jobsheet dibuat semenarik mungkin sehingga mampu menarik motivasi belajar mahasiswa; contoh soal-soal tes diperbanyak. Berdasarkan data hasil pengujian dan analisis tersebut di atas draf  bahan ajar dapat dinyatakan layak sebagai bahan ajar praktik.  Penelitian ini hanya sampai pada tahap evaluasi formatif pada Jobsheet Praktik Pengujian Bahan dan Metrologi, diharapkan lakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektifitasnya dalam upaya meningkatakan kompetensi mahasiswa.
KINERJA AC TIPE SPLIT DENGAN SISTEM EJECTOR MENGGUNAKAN REFRIGERAN HYDROKARBON Ery Arsana, Made; Sudirman, Sudirman; Sukadana, I.B
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 16 No 2 (2016): July
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.212 KB)

Abstract

Penelitian ini akan berbentuk hasil pengujian dari refrigeran  hydrocarbon pada AC split 1 Pk dengan sistem ejektor. Pengembangan ini dilakukan untuk menguji rancangan AC split   dengan ejektor menggunakan refrigeran hidrokarbon yang tidak mudah terbakar serta dapat menggantikan refrigeran R-22 pada AC split. Metode eksperimen kemudian diterapkan pada penelitian lanjutan ini untuk mengujikan produk refrigeran tersebut pada  AC split yang dirakit dengan penambahan sistem ejector. Penggunaan alat ukur data aquisisi dan power meter digunakan untuk mendapatkan data yang lebih teliti dan akurat. Pengujian produk refrigeran dilakukan terhadap AC split 1 Pk non inverter yang dikondisikan pada ruang pengujian. Hasil pengujian awal menunjukkan  pemakaian daya sebesar 0,64 kw. Sehingga dengan hasil ini serta keunggulan bahwa refrigeran ETI-LPG10C tidak mudah terbakar dan penggunaan daya yang cukup kecil. Penelitian ini akan berlanjut dengan perbaikan nozelnya sehingga refrigeran ini akan layak untuk dapat menggantikan refrigeran R-22 pada AC split 1 Pk.
PENGARUH PERLAKUAN PANAS TERHADAP KEKERASAN BAJA (St. 42) DENGAN TEMPERATUR PEMANASAN 800â—¦C, METODE BRINELL, DI LABORATORIUM UJI BAHAN POLITEKNIK NEGERI BALI Rimpung, I Ketut
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 16 No 2 (2016): July
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.837 KB)

Abstract

Bahan teknik baja dihasilkan dari pengolahan bijih besi berturut-turut melalui: proses pendahuluan, proses peleburan di dalam dapur tinggi dan proses lanjutan pada converter. Baja sebagai bahan teknik konstruksi, ketahanannya terhadap beban luar sangat perlu untuk diketahui sebelum dipergunakan sebagai komponen mesin. Beban luar yang sering terjadi pada komponen mesin adalah beban: puntir, gesek, tarik, bengkok, dan beban tumbuk. Penelitian ini menganalisis kekerasan  baja (St.42 standar) dibandingkan dengan baja jenis yang sama setelah mendapat perlakuan panas untuk  dikeraskan maupun baja yang dilunakkan. Penelitian ini dilakukan di laboratorium uji bahan Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali. Hasilnya menunjukkan adanya ketidak sesuaian antara teori dibandingkan dengan fakta hasil pengujian yaitu; baja yang dikeraskan melalui pemanasan 800?C dan didnginkan cepat menggunakan air tawar,  ternyata menjadi lebih ulet/lunak dibandingkan dengan baja (St.42standar), sedangkan baja yang dilunakkan hasil pengujiannya sesuai dengan teori.
SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEGIATAN UKM BERBASIS WEB DI LINGKUNGAN POLITEKNIK NEGERI BALI Andriati Asri, Sri; Catur Bawa, I Gusti Ngurah Bagus; Rahmanu Suhendar, Firza
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 16 No 2 (2016): July
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (699.144 KB)

Abstract

Politeknik Negeri Bali merupakan salah satu perguruan tinggi yang mempunyai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) cukup banyak, yaitu 19 UKM. Setiap mahasiswa berhak menjadi anggota di satu atau lebih UKM. Selama ini pendaftaran UKM dan pengelolaan dan penyampaian informasi kegiatan UKM masih dilakukan secara manual dan sering kali kegiatan yang dilakukan oleh UKM tidak terkelola dan tersampaikan dengan baik, sehingga mengakibatkan administrasi dan penyampaian laporan kegiatan masing-masing UKM menjadi tidak teratur. Hal ini menjadi suatu permasalahan utama di tengah berkembangnya teknologi informasi dan internet yang demikian pesat, dimana banyak organisasi telah memanfaat teknologi informasi dan internet untuk mendukung kegiatan organisasi. Hal ini menjadi pertimbangan utama penulis untuk membuat sebuah sistem informasi yang dapat menangani kegiatan pendaftaran dan pengelolaan kegiatan dan penyampaian informasi UKM berbasis Web, mengingat fleksibelitas sebuah sistem informasi berbasis web, salah satunya adalah dapat diakses melalui smart phone. Dengan adanya sistem informasi berbasis web ini diharapkan mampu mempermudah mahasiswa untuk mendaftar UKM dan mempermudah pengurus UKM untuk mengelola kegiatan UKM yang dipimpinnya.
PREDIKSI JARAK GANGGUAN ALIRAN DUA FASE (GAS-CAIRAN) DOWNSTREAM ELBOW 75° DARI PIPA VERTIKAL KE PIPA MIRING 15° Ervan Hadi Wiryanta, I Kadek; Suastawa, I Wayan
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 16 No 2 (2016): July
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui prediksi jarak gangguan dan kestabilan aliran dua fase (gas-cairan) pada pipa dengan kemiringan 15° akibat penggunaan elbow 75° dari pipa vertical.Penelitian dilakukan secara eksperimental dengan menggunakan pipa transparan (acryllic) dengan diameter dalam 36 mm dengan panjang keseluruhan pipa 3000 mm dari arah  vertikal menuju pipa miring melewati elbow 75° (R/D = 0,7). Fluida kerja yang digunakan adalah air dan udara, dengan variasi kecepatan superficial cairan (USL) antara 0,3 m/s - 1,1 m/s (ReSL= 13497 ? 49488) dan variasi volumetric gas quality (?) antara 0,03 ? 0,25. Variasi  ini ditujukan agar pola aliran pada pipa vertikal sebelum elbow adalah berupa bubbly flow. Visualisasi pola aliran dilakukan menggunakan high speed camera sepanjang pipa miring 15°. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pipa miring downstream elbow 75° aliran bubbly flow yang keluar dari elbow pada akhirnya akan membentuk pola aliran plug bubbly flow atau slug bubbly flow  karena adanya koalisi dari gelembung-gelembung gas sehingga akan membentuk kelompok-kelompok bubbles (bubble cluster)  pada permukaan atas pipa miring. Panjang dari terjadinya bubbly flow pattern setelah elbow adalah informasi penting untuk pertimbangan desain dari sistem aliran gas-cairan, karena efek hidrodinamika dan fenomena transportasi fluida lainnya sangat mungkin bisa terjadi. Dari pemetaan terhadap panjang dari temporary bubbly flow didapat sebuah persamaan empiris untuk memprediksikan kestabilan aliran dua fase (gas-cairan) yaitu  = 0,00021(ReSL + ReSG) ? 0,53227.

Page 1 of 2 | Total Record : 12