cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi
Published by Politeknik Negeri Bali
ISSN : 1412114X     EISSN : 25805649     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi is a peer-reviewed research journal aiming at promoting and publishing original high quality research in all disciplines of engineering and applied technology. All research articles submitted to Logic should be original in nature, never previously published in any journal or presented in a conference or undergoing such process across the world. All the submissions will be peer-reviewed by the panel of experts associated with particular field. Submitted papers should meet the internationally accepted criteria and manuscripts should follow the style of the journal for the purpose of both reviewing and editing.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 1 (2017): March" : 12 Documents clear
METODE SARINGAN PASIR UNTUK PENURUNAN KEKERUHAN DAN AMONIAK (NH3) PADA AIR LIMBAH KANTIN DI POLITEKNIK NEGERI BALI Winaya, I Nyoman Anom Purwa; Triadi, I Nyoman Sedana; Sudiasa, I Wayan
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 17 No 1 (2017): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan survey secara langsung debit air limbah kantin 1 dan 2 di Politeknik Negeri Bali. Penelitian ini didasarkan berdasarkan fakta bahwa seringnya terjadi luberan air limbah kantin akibat dari tidak sesuainya kaidah dalam pengolahan air limbah untuk karakteristik limbah organik. Simulasi penelitian dengan melakukan pengujian awal untuk mengetahui karakteristik awal dari parameter fisik dan kimia dari air limbah tersebut. Karakteristik awal dari uji karakteristik air limbah yaitu didapatkan : 1) kekeruhan 119 NTU (newton total unit), 2) Ammonia / amoniak 0.21 mg/ltr. Berdasarkan Peraturan Gubernur Bali Nomor 8 tahun 2007 tentang Baku Mutu Air Limbah bahwa : 1) kekeruhan ambang batasnya adalah 5 NTU (newton total unit), 2) ammonia / amoniak (nihil) atau tidak terdeteksi. Hal inilah menjadi dasar penelitian bahwa harus dirancang Instalasi Pengolahan Air Limbah yang sesuai dengan prosedur dan tepat secara dimensi. Hasil penelitian menyatakan debit air limbah didapatkan sebesar : 0.43 m3/dtk dalam seminggu. Untuk pernecanaan IPAL direncanakan tahap pertama yaitu pengolahan secara anaerob  dengan merencanakan detensy Time. selama 24 jam didapatkan hasil  kekeruhan yaitu 81,8 NTU. Sedangkan ammonia (NH3) tetap terdeteksi 0.21 mg/ltr. Tahap berikutnya adalah pengolahan aerob dengan metode aerasi selama 45 menit dan waktu tunggu selama 24 jam didapatkan penurunan kekeruhan menjadi 55.7 NTU dan ammonia 0.12 mg/ltr.. Hal ini menyatakan bahwa limbah organic memang tidak bisa hanya diolah secara aerob maupun aneorob, tetapi harus dilanjutkan ke tahap berikutnya yaitu dengan metode filtrasi. Simulasi alat filtrasi menggunakan hasil penelitian Dwijani W. (2007) dengan metode saringan biologis memanfaatkan media kerikil, pasir dan tanah yang disusun secara berlapis. Setelah proses filtrasi dengan kecepatan debit 0.03 m/dtk dengan waktu tunggu 8 jam maka didapatkan hasil : 1) kekeruhan 2.81 NTU dan ammonia tetap terbaca menjadi 0.19 mg/ltr. Perencanaan bak pengolahan air limbah adalah Panjang 3 meter dan lebar 2.54 meter dan kedalaman 5 meter. Perkiraan RAB Rencana Anggaran Biayanya adalah Rp. 60.000.000,00 (enam puluh juta rupiah).
ANALISIS PERUBAHAN KEKERASAN PERMUKAAN BAJA (St. 42) DENGAN PERLAKUAN PANAS 800â—¦C MENGGUNAKAN METODE VICKERS DI LABORATORIUM UJI BAHAN POLITEKNIK NEGERI BALI. Rimpung, Ketut
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 17 No 1 (2017): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.769 KB)

Abstract

Menurut teori, kekerasan permukaan baja akan naik bila dilakukan pemanasan mencapai batas suhu transformasi lalu didinginkan secara cepat. Demikian juga, kekerasan baja akan turun bila diperlakukan sebaliknya, [2]. Kekerasan  baja dapat diketahui melalui pengujian menggunakan mesin uji kekerasan logam yang tersedia di laboratorium pengujian bahan dan metrologi, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bali. Proses pengujian kekerasan dilakukan dengan menekan permukaan benda uji menggunakan penetrator tertentu  dalam waktu tertentu, sampai permukaan benda uji rusak atau terjadi identasi pada permukaan benda uji. Pengujian ini bertujuan untuk dapat mengetahui perubahan kekerasan baja (St.42 standar) dibandingkan dengan baja jenis yang sama setelah mendapat perlakuan panas untuk dikeraskan maupun yang dilunakkan. Penelitian ini dilakukan bersama mahasiswa programstudi teknik mesin semester IV di laboratorium uji bahan Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali. Penelitian ini menguji kekerasan baja (St. 42) menggunakan metode Vickers. Hasil pengujian dengan metode Vickes yaitu  baja yang dikeraskan melalui pemanasan 800?C dan didinginkan cepat menggunakan air tawar, ternyata menjadi lebih lunak dibandingkan dengan baja (St.42standar).  Fakta hasil penelitian: kekerasan St.42Standar =105,226 Kg/mm2, kekerasan St.42 Hardening = 81,977  Kg/mm2,  dan kekerasan St.42 Anaeling =75,264 Kg/mm2. Jadi, ada ketidak sesuaian antara teori dibandingkan fakta hasil pengujian kekerasan dengan metode Vickers, pada baja dengan pendinginan cepat. Sedangkan, fakta hasil pengujian kekerasan baja yang dilunakkan sesuai dengan teori.
ANALISA KECENDERUNGAN CURAH HUJAN TERHADAP DISTRIBUSI DATA EKSTRIM PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI DI PULAU AMBON. OBEDNEGO DOMINGGUS NARA POLITEKNIK NEGERI AMBON Nara, Obednego Dominggus
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 17 No 1 (2017): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (789.485 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan  curah hujan yang terjadi pada Daerah aliran sungai yang berada di pulau Ambon  selama 32 tahun (1984-2015) yang diuji dengan metode Mann-Kendall dan menggunakan EVT (Extreme Value Theory) untuk membahas kejadian kejadian-kejadian ekstrim yang terjadi dan dimodelkan dengan distribusi GEV. Dari hasil analis statistik mengidentifikasikan terjadi kencenderungan perubahan curah hujan secara signifikan (?) 0,05 ditemukan kecenderungan tren naik (positif) 8 bulan, dan 4 bulan  dengan kecenderungan turun (negatif) di Kota Ambon. Dari hasil model  dengan menggunakan distribusi GEV  maka didapat tingkat kesalahan untuk (?) 0,05 akan memberikan suatu keputusan kalau distribusi yang diuji cocok dengan distribusi GEV dan uji ditribusi Kolmogorov-Smirnov, dengan disitrbusi GEV memiliki peluang = 0.0405 dan memiliki nilai paling maksimum  dibandingkan dengan nilai lainnya. Oleh sebab itu hasil uji telah memberikan interpertasi analisis  kalau data curah hujan mengikuti bentuk distribusi   GEV dengan   rata-rata (?) = 38.629 standar deviasi (?) = 36.64 dan bentuk (?) = 0.436. Hasil uji telah memberikan bukti yang cukup  kalau curah hujan pada Daerah aliran sungai  di pulau Ambon berdistribusi ekstrim dan mempunyai fungsi sebaran nilai maksimum untuk pengamatan jangka waktu yang sesuai dengan periode ulang.
PENGARUH PENGGUNAAN RESIRKULATOR GAS BUANG PADA KNALPOT STANDAR, TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO J Adi, I Ketut; Budiarthana, I Nyoman
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 17 No 1 (2017): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.875 KB)

Abstract

Rekayasa teknologi berupa EGR(Exhaust Gas Recirculation) telah menunjukkan dampak positif dalam penurunan gas NOx dalam emisi gas buang,  karena adanya penurunan temperatur pembakaran yang terlalu tinggi, karena gas buang turut bercampur dengan gas baru yang secara bersamaan dibakar di dalam ruang bakar mesin. Pada penelitian ini, gas buang tidak dimasukkan ke dalam ruang bakar, tetapi hanya dengan menggunakan metode resirkulasi gas buang di sepanjang saluran gas buang. Kegiatan penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan performa mesin berupa torsi dan daya mesin masing masing sebesar 3,7 % dan 10%, bila dibandingkan dengan mesin yang tidak menggunakan Resirkulator Gas Buang.  
DAUR ULANG OLI BEKAS MENJADI BAHAN BAKAR DIESEL DENGAN PROSES PEMURNIAN MENGGUNAKAN MEDIA ASAM SULFAT DAN NATRIUM HIDROKSIDA Suparta, I Nyoman
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 17 No 1 (2017): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.552 KB)

Abstract

Konsumsi terhadap hasil olahan minyak bumi selalu mengalami peningkatan setiap tahun seiring dengan meningkatnya populasi dan aktivitas penduduk dunia.Pencarian energi alternatif juga gencar dilakukan guna menghemat pemakaian bahan bakar minyak utamanya pada alat transportasi dan mesin konvensional yang telah ada. Berbagai upaya dan penelitian telah dilakukan untuk menghemat bahan bakar solar pada mesin diesel antara lain dengan menggunakan bio diesel yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Disamping kebutuhan bahan bakar yang meningkat dengan kemajuan  industri dan pembangunan maka sisa dari proses industri dan permesinan yang belum dapat ditangani dengan baik adalah limbah yang jumlahnya juga terus meningkat, antara lain oli bekas. Oleh karena oli diambil dari minyak bumi maka merupakan senyawa hidrokarbon yang memiliki nilai energi dan mudah terbakar, maka perlu dicari cara untuk memanfaatkan oli bekas utamanya sebagai bahan bakar. Oleh sebab itu perlu dicari cara untuk memanfaatkan oli bekas sebagai bahan bakar pada mesin diesel dengan proses yang mudah dan murah.
PEMANFAATAN PEMANENAN AIR HUJAN SKALA INDIVIDU UNTUK KEBUTUHAN AIR BERSIH PADA PULAU KECIL Suprayogi, Imam; ., Bochari; ., Suwondo; Asmura, Jacky
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 17 No 1 (2017): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.337 KB)

Abstract

tujuan utama penelitian adalah melakukan penerapan teknologi pemanenan air hujan sebagai alternatip pemenuhan kebutuhan air bersih pada Pulau Kecil khususnya di Desa Concong Tengah Kecamatan Concong Dalam Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah Model Behaviour dengan mensimulasikan suatu algoritma dari sistem  operasi volume yang ada dalam tampungan berdasarkan konsep mass balance berdasarkan selang waktu tertentu menggunakan pendekataan Program Bantu Rain Cycle 2dengan data input model terdiri dari luas efektif atap rumah tangga (m2), jumlah hujan harian dalam satu tahun (mm/tahun), koefisien pengaliran dari atap dan data kebutuhan air berdasarkan jumlah anggota keluarga (m3/hari). Data curah hujan yang dipergunakan untuk penelitian bersumber dari Bagian Hidrologi Balai Wilayah Sungai (BWS) III Sumatera dengan lokasi stasiun pencatat curah hujan Tembilahan tahun 2010 sampai 2014. Hasil utama penelitian dengan melakukan simulasi modeldi wilayah penelitianuntuk berbagai variasi data curah hujan untuk denganmenggunakan sampel luas atap 70 m2serta jumlah penghuni rumah sebanyak 5 orang. Hasil simulasi membuktikan bahwa curah hujan merupakan parameter yangsangat sensitip terhadap pemenuhan hidrologi kuantitatif guna pemenuhan kebutuhan air bersih di pulau kecil.
KAJIAN TEKNIS EFEKTIFITAS PENGUKURAN DEBIT MELALUI PEILSCHALE BENDUNG TIRTAYASA Parwita, I Gst. Lanang Made; Mudhina, I Made; Paramita, IGA Putu Dewi
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 17 No 1 (2017): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.935 KB)

Abstract

Peilschale merupakan salah satu elemen penting dalam pengukuran debit pada suatu bendung. Peilschale yang ada pada bendung Tirtayasa yang ada saat ini tidak berfungsi dengan baik akibat dari adanya perubahan tinggi mercu. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode pengukuran langsung dengan beberapa kali perubahan tinggi air pada peilschale dan variasi beberapa bukaan pada pintu bendung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinggi air diatas mercu pelimpah tidak sama persis dengan tinggi air pada pelimpah melalui pintu penguras. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan bentuk mercu pelimpah dengan bentuk ogee dan bentuk pelimpah pada penguras berupa ambang tajam. Hasil peneltian juga menunjukkan bahwa peilschale yang ada saat ini tidak efektif dan harus dilakukan pergantian. Hasil penelitian ini berupa tabel operasi dengan besarnya debit yang bisa dilewatkan. Penelitian ini bisa  menjadi salah satu pedoman para penjaga bendung untuk mengetahui besarnya debit yang ada di bendung.
PENERAPAN ISTIRAHAT PENDEK MENURUNKAN BEBAN KERJA DAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL PETUGAS PARKIR DI HARDY’S SESETAN DENPASAR Sutapa, I Ketut; Sudiarsa, I Made; Susila, I Nengah Darma
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 17 No 1 (2017): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.371 KB)

Abstract

Hardy?S Sesetan adalah salah satu pusat perbelanjaan yang mempergunakan petugas parkir dalam mengatur operasional pengguna parkir. Sistem kerja petugas parkir di pos jaga pintu masuk dan pintu keluar banyak melibatkan aktivitas fisik, sehingga perlu sistem kerja yang ergonomi untuk dapat meningkatkan produktivitas. Hasil observasi pendahuluan, menunjukkan bahwa sistem kerja yang diterapkan masih ada kekurangannya seperti organisasi kerjanya sehingga perlu diprioritaskan untuk diperbaiki supaya menjadi lebih sehat, aman, nyaman, serta lebih produktif. Pada penelitian ini dilakukan perbaikan sistem kerja pada petugas parkir di Hardy?S Sesetan Denpasar dengan pendekatan ergonomi total. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan sama subjek dengan jumlah sampel 8 orang. Penelitian difokuskan pada penerapan istirahat pendek,  dengan indikator beban kerja dan keluluhan muskulokeletal sebelum dan setelah penerapan istirahat pendek pada petugas parkir. Berdasarkan  hasil penelitian dan pembahasan dapat dibuat simpulan  sebagai berikut. Dengan penerapan istirahat pendek, menurunkan beban kerja perajin petugas parkir  sebesar 18,15 % dari katagori beban kerja sedang menjadi ringan, dan menurunkkan keluhan muskulokeletal sebesar 32.75% 
PEMBANGUNAN JEMBATAN LABUAN SAIT – SULUBAN YANG RAMAH LINGKUNGAN Intara, I Wayan
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 17 No 1 (2017): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.394 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi mempengaruhi dari setiap sistem ataupun metoda yang dipergunakan dalam pelaksanaan konstruksi. Hal ini mengakibatkan berbagai dampak yang positif terhadap lingkungan baik negatif maupun positif. Indonesia selaku negara berkembang  Perkembangan juga meberikan konstribusi baik berkaitan dengan mutu, biaya serta waktu dari konstruksi yang dilaksanakan. dan sedang membangun, telah memiliki cetak biru bagi sektor konstruksi sebagai grand design dan grand strategy yang disebut dengan Konstruksi Indonesia 2030. Di tahun 2007 dalam Konferensi PBB yang diselenggarakan di Bali. Indonesia menyepakati akan menurunkan kadar CO2 di udara sebesar 26% sampai dengan 41% di akhir tahun 2020 dan disepakati tentang ?peta jalur hijau? dengan pola pembangunan abad ke-21 yang berkadar rendah karbon (Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2011). Pernyataan tersebut memunculkan wacana green costruction (konstruksi ramah lingkungan). Wacana tersebut menuntut pada pelaksanaan konstruksi untuk sangat memperhatkan dari metoda pelaksanaan yang akan dilaksanakan. Disamping itu, melaksanakan kontruksi ramah lingkungan ini akan mempengaruhi biaya serta waktu pelaksanaan dari proyek. Dalam pelaksanaan proyek pembangunan jembatan Labuan Sait ? Suluban dilaksanakan dengan memperhatikan lingkungan sekitar. Pekerjaan yang diamati meliputi pekerjaan pengadaan beton dengan metoda precast dan cast in situ. Dengan hasil metoda precast lebih ramah lingkungan. Penggunaan beton precast memerlukan biaya sebesar Rp.1.556.750.000, sedangkan beton cast in situ memerlukan biaya Rp.743.828.563, lebih murah  47,78% dari beton precast. Dilihat dari segi waktu penggunaan beton precast lebih cepat 28 hari dibanding penggunaan beton cast in situ lebih cepat 71,79%.
PERANCANGAN INSTRUMEN SURVEI STUDI PERILAKU PERJALANAN WISATAWAN ASING DI BALI Hermawati, Putu; Adisasmita, Sakti Adji; Ramli, Muhammad Isran; Hamid, Sumarni
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 17 No 1 (2017): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.573 KB)

Abstract

Studi perilaku perjalanan wisatawan hakekatnya adalah menyelidiki perjalanan harian wisatawan di destinasi pariwisata dan preferensinya dalam memilih atribut perjalanan wisata. Tujuannya untuk mengeksplorasi karakteristik individu wisatawan dalam menentukan atribut perjalanan wisata yang meliputi pemilihan tempat akomodasi, daya tarik wisata, waktu perjalanan dan moda transportasi serta menyusun model perjalanan wisatawan. Pengumpulan datanya memerlukan instrumen survei berupa kuisioner, untuk dipakai pedoman wawancara berstruktur. Kuisioner adalah daftar pertanyaan yang sudah tersusun dengan baik di mana responden atau interviewer dapat menjawab dengan memberi tanda-tanda tertentu. Kuisioner sebagai alat pengumpul data untuk memperoleh data yang sesuai dengan tujuan penelitian, sehingga isi kuisioner adalah bentuk penjabaran dari hipotesis. Kuisioner memiliki persyaratan, antara lain relevan dengan tujuan penelitian, mudah ditanyakan, mudah dijawab dan data yang diperoleh mudah diproses. Dalam studi ini akan dirancang suatu kuisioner untuk memperoleh data karakteristik perjalanan wisatawan asing di Bali dan preferensinya terhadap pilihan-pilihan perilaku perjalanan dalam kondisi Revealed Preference dan Stated Preference.

Page 1 of 2 | Total Record : 12