cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi
Published by Politeknik Negeri Bali
ISSN : 1412114X     EISSN : 25805649     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi is a peer-reviewed research journal aiming at promoting and publishing original high quality research in all disciplines of engineering and applied technology. All research articles submitted to Logic should be original in nature, never previously published in any journal or presented in a conference or undergoing such process across the world. All the submissions will be peer-reviewed by the panel of experts associated with particular field. Submitted papers should meet the internationally accepted criteria and manuscripts should follow the style of the journal for the purpose of both reviewing and editing.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 18 No 1 (2018): March" : 8 Documents clear
STUDI KORELASI DEBIT SUNGAI DAN SUSPENDED LOAD PADA UPSTREAM BENDUNG DI HULU SUNGAI-SUNGAI BESAR KABUPATEN BANYUWANGI Dewi, Anisa Trilia; Erwanto, Zulis; Ulfiyati, Yuni
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 18 No 1 (2018): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.33 KB) | DOI: 10.31940/logic.v18i1.788

Abstract

Di daerah sungai-sungai besar di wilayah Kabupaten Banyuwangi mengalami perubahan tata guna lahan, sehingga mengakibatkan bertambahnya volume debit pada saat musim penghujan. Hal ini mengakibatkan meningkatnya konsentrasi sedimen melayang (Suspended Load) yang akhirnya mengalami peningkatan pengendapan di dasar sungai dan juga akibat pembendungan sungai. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara metode survei dan pengukuran debit di bendung serta menguji konsentrasi Suspended Load di laboratorium. Analisa perhitungan yang digunakan yaitu analisis statistika dengan persamaan regresi dan korelasi dengan bantuan Ms. Excel dan MINITAB. Korelasi yang terjadi antara debit dan Suspended Load yang diperoleh pada masing-masing Bendung mempunyai nilai korelasi yang kuat. Untuk Bendung Gembleng pada Sungai Bomo didapatkan nilai R2 = 0,954 dengan nilai a = 1,144; Bendung Poncowati pada Sungai Tambong didapatkan R2 = 0,738 dengan nilai a = 0,769; Bendung Karangdoro pada Sungai Kalibaru didapatkan R2 = 0,951 dengan nilai a = 0,809; dan Bendung Jambewangi pada Sungai Kalisetail didapatkan R2 = 0,546 dengan nilai a = 1,0039. Diindikasikan bahwa pada masing-masing bendung di sungai-sungai besar Kabupaten banyuwangi tingkat erosinya masih rendah karena indeks a < 26 dan nilai korelasi dinyatakan konsisten dan realibel (R?1). Perlu adanya pengukuran Suspended Load secara berkala sebagai data pada perencanaan bangunan sedimen.
ANALISA TERJADINYA KEAUSAN PAHAT BUBUT HIGH SPEED STEEL PADA PROSES PEMBUBUTAN ALUMINIUM,TEMBAGA DAN STAINLESS STEEL Indra, Ida Bagus Puspa; Aryana, I Made
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 18 No 1 (2018): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.304 KB) | DOI: 10.31940/logic.v18i1.783

Abstract

Pada proses pembubutan yg terjadi adalah pemotongan benda kerja yg diakibatkan  oleh pahat bubut akibat dari gerakan potong mesin bubut,  gerakan memotong pahat mengakibatkan terjadinya gesekan antara benda kerja dgn pahat bubut.Akibat dari gesekan ini akan mengakibat keausan bahkan kerusakan pada pahat bubut terutama pada bagian nose nya dan selanjutnya akan mempengaruhi kualitas hasil pembubutan terutama pada kekasaran permukaannya.Untuk mengetahui terjadinya keausan pada pahat bubut dilakukan dgn cara mengambil foto micro dan dilanjutkan dengan Scanning Electron Microscopic(SEM) pada setiap pahat yg digunakan untuk membubut aluminium, Tembaga dan stainless steel. Foto micro diambil sebelum dan sesudah proses pembubutan dilakukan, dengan cara membandingkan foto micro sebelum dgn seusudah proses pembubutan akan terlihat ada tidaknya keausan yg terjadi pada pahat bubut.Pahat bubut yang terbuat dari bahan high speed steel  mengalami keausan flank wear  pada putaran mesin (n)=1500 rpm,,feeding(f)=0,0596 m/rev, dept of cut(doc)=0,25 mm, dengan roughnes surface(Ra)=5,41 µm,
PENERAPAN ERGONOMI DALAM SMK3 MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN DERAJAT KESEHATAN PEKERJA PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK Budiadi, I Made; Sutapa, I Nyoman
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 18 No 1 (2018): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.848 KB) | DOI: 10.31940/logic.v18i1.786

Abstract

Pesatnya perkembangan pariwisata di Bali menimbulkan beberapa dampak negatif bagi lingkungan, salah satunya adalah masalah sampah.Merujuk pada pasal 2 PP Nomor 50 tahun 2012 tentang penerapan SMK3, maka peneliti berupaya menerapkan SMK3 pada perusahaan pengolahan sampah plastik di Denpasar Utara. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan SMK3 terhadap kesehatan, produktivitas, waktu dan nilai keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan pengolahan sampah plastik. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dengan metode control by subject. Populasi terjangkau yaitu dua pekerja pada perusahaan pengolahan sampah plastik. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuisioner serta pengukuran langsung pada lokasi penelitian dengan metode Pre intervensi yaitu sebelum dan setelah bekerja dan Post intervensi yaitu sebelum dan setelah bekerja. Hasil dari analisis data diperoleh rerata skor keluhan otot sebelum intervensi yaitu 42.93, skor keluhan otot setelah  intervensi yaitu 29.07 menurun 32.28%. skor kelelahan sebelum intervensi yaitu 46.68, skor kelelahan setelah intervensi yaitu 35.07menurun 24.87%, skor beban kerja sebelum intervensi yaitu 108.42 denyut/menit. skor beban kerja setelah intervensi yaitu 84.42 denyut/menit menurun22.13%. rerata produktivitas sebelum intervensi yaitu 28.57 kg/jam, rerata produktivitas setelah intervensi yaitu 37.21 kg/jam, mengalami peningkatan 23.29%. dilihat dari segi waktu produktivitas yang dicapai sebelum intervensi yaitu 0.035jam/kg dan setelah intervensi 0.026jam/kg maka waktu pencapaian produktivitassetelah intervensi lebih cepat. Asas manfaat setelah intervensi dengan modal awal Rp.480.000,- dengan asas manfaat per hari yaitu Rp.207.420,- dengan demikian break even point dapat di capai pada hari kerja ke-3,selanjutnya mulai hari kerja ke-4 dan seterusnya merupakan keuntungan tambahan yang semata ? mata disebabkan oleh intervensi.
SIMULASI PENGUKURAN NILAI TEGANGAN RMS BERBASIS SISTEM MIKROKONTROLER ARDUINO Widharma, I Gede Suputra; Sunaya, I Nengah
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 18 No 1 (2018): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.472 KB) | DOI: 10.31940/logic.v18i1.784

Abstract

Simulasi penelitian ini bertujuan untuk mengukur nilai tegangan RMS jala-jala listrik dalam meningkatkan faktor daya. Pada simulasi ini, tegangan jala-jala diubah menggunakan transformator penurun tegangan dan dikondisikan agar sesuai dengan karakter mikrokontroler arduino. Sistem mikrokontroler arduino kemudian mengendalikan proses kerja simulasi tersebut. Dari 8 bit data ADC, dapat dihitung nilai tegangan RMS jala-jala listrik. Berdasarkan data dan analisis yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil hitungan nilai tegangan RMS. Nilai tegangan ini akan selalu tepat untuk tegangan masukan antara 170 V hingga 250 V dengan frekuensi sebesar 45 Hz hingga 60 Hz. Kesalahan pengukuran masih cukup besar untuk setiap penurunan tegangan jala-jala listrik.
STUDI MUATAN SUSPENDED LOAD DAN BED LOAD PADA UPSTREAM BENDUNG DI HULU SUNGAI-SUNGAI BESAR KABUPATEN BANYUWANGI Wardani, Feny Yuliana; Erwanto, Zulis; Ulfiyati, Yuni
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 18 No 1 (2018): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.212 KB) | DOI: 10.31940/logic.v18i1.789

Abstract

Di Kabupaten Banyuwangi terdapat empat sungai besar antara lain Sungai Tambong, Sungai Bomo, Sungai Kalisetail, dan Sungai Kalibaru. Sungai-sungai tersebut sering terjadi peningkatan debit akibat tingginya endapan sedimen pada bendung.Analisis muatan suspended load menggunakan metode Engelund & Hansen, Einstein, dan Chang Simons & Richardson. Sedangkan analisis muatan bed load menggunakan metode Meyer-peter ; Duboys ; dan Shields. Berdasarkan hasil analisis besar muatan suspended load dan bed load pada keempat upstream bendung, dengan nilai yang didapat untuk muatan suspended load pada Bendung Poncowati 2.45×10-4 ton/hari, Bendung Gembleng 5.90×10-4 ton/hari, Bendung Jambewangi 1.12×10-4 ton/hari, Bendung Karangdoro 8.85×10-4 ton/hari. Sedangkan muatan bed load pada Bendung Poncowati 9.48×10-1 ton/hari, Bendung Gembleng 0.1778 ton/hari, Bendung Jambewangi 3.56×10-1 ton/hari, Bendung Karangdoro 4.69×10-1 ton/hari. Kondisi bendung masih dalam kategori baik, akan tetapi pada keempat upstream bendung tersebut tetap diperlukan perawatan bendung dengan cara menguras sedimen bendung secara berkala.
DESAIN ALAT KEDUDUKAN PELAT PADA ANGKAT DAN ANGKUT PELAT ESER UNTUK MENURUNKAN BEBAN KERJA, KELUHAN OTOT SKELETAL DAN MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA Sutarna, I Nyoman; Susila, I Nengah Darma; Sutapa, I Ketut
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 18 No 1 (2018): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.753 KB) | DOI: 10.31940/logic.v18i1.790

Abstract

Aktivitas mengangkat dan mengangkut pelat eser bila dilakukan dengan posisi badan tidak ergonomis akan mengakibatkan keluhan pada otot. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  penurunan beban kerja, keluhan otot skeletal dan peningkatan produktivitas kerja. Metode yang digunakan  rancangan sama subjek (treatment by subjects design)  jumlah sampel 16 0rang. Keluhan otot skeletal di ukur dengan kuesioner nordic body map,  beban kerja diprediksi dengan cara mengukur denyut nadi kerja dengan metode 10 denyut, dan produktivitas di hitung  dengan selisih rerata produktivitas antar perlakuan per waktu kerja. Data dianalisis dengan uji t ? paired dengan taraf signifikan p<0,005.Hasil analisis setelah dilakukan  intervensi ergonomic yaitu membuat alat kedudukan pelat  terjadi perbedaan yang bermakna (p<0,05) antara sebelun dan setelah perlakuan   yaitu: (1) penurunan keluhan otot skeletal dari rerata skor 80,1 menjadi 70,0,  (2) penurunan beban kerja mahasiswa dari 104,4 denyut permenit menjadi 93,5 denyut permenit, dan (3) peningkatan produktivitas kerja dari 5 kali per jam menjadi 12 kali per jam , terjadi peningkatan sebesar 58,3%. Disimpulkan bahwa mendesain alat kedudukan pelat pada aktivitas angkat dan angkut pelat dapat  menurunan beban kerja, keluhan otot skeletal, dan meningkatkan produktivitas kerja. Disarankan kepada para pengambil kebijakan di pendidikan vokasional agar memperhatikan kondisi alat dan fasilitas kerja yang ergonomis.
ANALISIS GANGGUAN SISTEM REM PADA MOBIL DAIHATSU XENIA SERTA PENANGANANNYA Antara, I Nengah Ludra
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 18 No 1 (2018): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.661 KB) | DOI: 10.31940/logic.v18i1.792

Abstract

Suatu kendaraan dikatakan baik apabila bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara. Semua jenis kendaraan roda dua, roda empat maupun kendraan berat dilengkapi sistem rem yang berfungsi untuk mengurangi dan menghentikan kecepatan kendaraan atau memungkinkan kendaraan parkir di tempat yang menurun. Sistem rem ini sangat penting karena merupakan sistem  keselamatan utama, sehubungan dengan hal tersebut penulis ingin menganalisa gangguan sistem rem pada mobil Daihatsu Xenia khususnya penyebab terjadinya bunyi dan getar pada sistem rem, dalam menganalisa gangguan sistem rem ini penulis memerlukan beberapa peralatan untuk menunjang proses pengambilan data, diantaranya adalah jangka sorong, micrometer, dan dial gauge.Tempat dan lokasi yang penulis lakukan dalam melakukan penelitian ini adalah di bengkel Kharisma Sentosa Daihatsu, ruang lingkup penelitian dalam penelitian ini adalah gangguan sistem rem pada mobil Daihatsu Xenia, penyebab gangguan sistem rem pada mobil Daihatsu Xenia serta penanganan yang harus dilakukan saat terjadinya gangguan pada sistem rem Daihatsu Xenia.Dari hasil penelitian yang berupa pemeriksaan dan pengukuran yang telah dilakukan  maka dapat disimpulkan hasil pengukuran pad lining 9 mm sampai  1 mm dapat dikatakan baik, pengukuran disc rotor 18 mm  sampai 17 mm masih dikatakan baik, pengukuran shoe lining 4,4 mm sampai 1 mm dan pengukuran drum 203 mm  sampai 204 mm.
PENGARUH PENAMBAHAN KAPUR TERHADAP NILAI PLASTISITAS TANAH LEMPUNG DI KABUPATEN FAKFAK PROPINSI PAPUA BARAT Yunus, Muhammad; Rauf, Irwan
Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi Vol 18 No 1 (2018): March
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.968 KB) | DOI: 10.31940/logic.v18i1.785

Abstract

Stabilisasi tanah dengan menggunakan kapur merupakan salah satu metode stabilisasi tanah kimiawi yang paling populer dan paling banyak digunakan di Indonesia, hal ini disebabkan material kapur yang tidak susah diperoleh dan harganya relatif murah. Kondisi jalan di daerah Kabupaten Fakfak banyak mengalami kerusakan, hal ini berkaitan dengan kondisi tanah dasar (subgrade) jalan yang berupa lapisan tanah lempung. Salah satu jenis tanah lempung yang tidak memenuhi syarat adalah tanah lempung yang memiliki nilai plastisitas yang tinggi, karena memiliki potensi pengembangan yang besar dan daya dukung yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai plastisitas tanah lempung di Kabupaten Fakfak yang telah ditambahkan dengan kapur dengan persentase kapur sebesar 4%, 8% dan 12%. Hasil pengujian menunjukkan tanah lempung di Kabupaten Fakfak yang telah ditambahkan dengan campuran kapur sebesar 4% diperoleh nilai batas cair (LL) = 13.45%, batas plastis (PL) = 11.88% dan nilai Indeks Plastisitas (PI) = 0.17%. Untuk campuran kapur sebesar 8% diperoleh nilai batas cair (LL) = 23.76%, batas plastis (PL) = 19.85% dan nilai Indeks Plastisitas (PI) = 3.91%. Sedangkan campuran kapur sebesar 12% diperoleh nilai batas cair (LL) = 25.16%, batas plastis (PL) = 16.20% dan nilai Indeks Plastisitas (PI) = 9.28%.

Page 1 of 1 | Total Record : 8