cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Dedikasi Pendidikan
Published by Universitas Abulyatama
ISSN : -     EISSN : 25488848     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini diterbitkan oleh LPPM Universitas Abulyatama yang terbit 2 kali setahun. Jurnal ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan penelitian para akademisi, peneliti, dan praktisi lainnya dalam mengembangkan dunia pendidikan. Jurnal ini berisi tentang kajian ilmiah dunia pendidikan, pengembangan teori dan konsep keilmuan serta aplikasi dunia pendidikan di Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 54 Documents
PENGARUH PENERAPAN PENILAIAN DIRI (SELF ASSESSMENT) DALAM MEMBENTUK KEBIASAAN BERPIKIR PRODUKTIF (HABIT’S OF MIND) SISWA Sari, Ratih Permana; Setiawaty, Sri
Jurnal Dedikasi Pendidikan Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Dedikasi Pendidikan (Juli 2017)
Publisher : Universitas Abulyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menyeimbangkan kemampuan mental dan keterampilan individu untuk belajar mengenai segala hal yang mereka inginkan atau mereka butuhkan yang berkaitan dengan hidupnya merupakan satu hal yang penting bagi tujuan pendidikan yang sebenarnya. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan melatihkan dan mengembangkan kebiasaan berpikir produktif siswa melalui sebuah penerapan asesmen formatif yang dapat memonitor perkembangkan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan penilaian diri dalam membentuk kebiasaan berpikir produktif siswa yang diaplikasikan pada materi pokok sistem koloid. Metode penelitian menggunakan eksperimen kuasi dengan desain “Non-equivalent Control Group Pretest-posttest Design” melibatkan 2 kelas yang berasal dari kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 11 sebagai kelas kontrol. Data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penilaian diri pada pembelajaran kelas maupun laboratorium untuk kelas eksperimen dan kontrol sudah menunjukkan capaian presentase yang baik pada masing-masing indikator kebiasaan berpikir produktif yang dilatihkan meskipun ada beberapa indikator perlu ditingkatkan. Untuk masing-masing indikator kebiasaan berpikir produktif (regulasi diri, berpikir kritis dan berpikir kreatif) kelas eksperimen maupun kontrol mengalami peningkatan lebih baik setelah penerapan penilaian diri. Hasil korelasi antara penilaian diri terhadap indikator kebiasaan berpikir produktif untuk kelas ekperimen dan kelas kontrol sama-sama menunjukkan terdapat hubungan signifikan ditandai dengan rhitung > r tabel yaitu 0,362 > 0,301.
Efektivitas Teknik Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Narasi Suryani, Suryani; Meutia, Putri Dini; Dawani, Dawani; Dauyah, Ema
Jurnal Dedikasi Pendidikan Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Dedikasi Pendidikan (Juli 2018)
Publisher : Universitas Abulyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research was conducted in order to know the effectiveness of using Jigsaw technique in improving students’ ability in writing narrative text. The aims of this research were to what extent the effectiveness of Jigsaw technique in improving students’ ability in writing narrative and to find out the students’ responses about the application of Jigsaw technique in the learning process.  This research used Pre-Experimental research and used one group pretest-posttest. Test and questionnaire were utilized as the research instruments. The result of this research indicated that the mean score of the students in pretest before they were taught using the Jigsaw technique was 40,5. While the mean score of the students in writing narrative text after they were taught using the Jigsaw technique was 69,75. The t-score was 15,41 meanwhile, t-table with significant level 5% was 2,093. It meant that the t-score was higher than the t-table. From this result shown, Ha was accepted. It can be concluded that using the Jigsaw technique is effective to improve the students’ ability in writing narrative text.
STUDI TENTANG MUTU TERJEMAHAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN MENERJEMAH Majid, A Halim
Jurnal Dedikasi Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Dedikasi Pendidikan (Januari 2017)
Publisher : Universitas Abulyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ketepatan terjemahan Al-Quran surat Ali Imran yang diterbitkan oleh Kemenag, (2) kejelasan terjemahan dilihat dari segi struktur, diksi, dan ejaan, dan (3) tanggapan pembaca umum terhadap surat tersebut. Ketiga tujuan ini dapat dicapai melalui analisis kualitatif dan kuantitatif dengan membandingkan terjemahan dengan nas sumber melalui  pemanfaatan penjelasan ayat. Selanjutnya, peneliti meminta tanggapan pembaca umum dan pembaca ahli tentang kejelasan terjemahan Kemenag dengan membandingkannya dengan terjemahan lain. Analisis tersebut menemukan bahwa sudah tepat, tetapi kurang dipahami pembaca karena karena struktur kalimatnya rumit, pilihan katanya kurang tepat, kalimatnya panjang-panjang, dan kurang cermat dalam dan pembaca  ejaan. Setelah kelemahan ini diperbaiki dan pembaca umum diminta tangapannya, ternyata terjemahan perbaikan lebih mudah dipahami daripada terjemahan Kemenag. Karena itu, disarankan agar terjemahan tersebut diselaraskan dengan beberapa kesimpulan penelitian ini.Kata kunci : mutu terjemahan, pengajaran menerjemah, tafsir Al-Quran.
Aplikasi Ilmu Matematika Dalam Memahami Konsep Persamaan Reaksi Kimia Lidyawati, Lidyawati; Bukhari, Bukhari; Muhammad, Muhammad
Jurnal Dedikasi Pendidikan Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Dedikasi Pendidikan ( Januari 2018)
Publisher : Universitas Abulyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The equation of chemical reactions can be synchronized in several ways, including the mathematical equation of chemical reactions. In an equivalent chemical reaction, the relationship of any amount of product and reactant usually forms a ratio of a round number. An understanding of the chemical reaction equation is needed to understand the stoichiometric material, since stoichiometry is the basic material that must be well understood as the foundation for the understanding of subsequent chemicals. Stoichiometry can be used to calculate the amount of product that can be produced from a given number of reactants..Keywords : equation of reaction, stoichiometryAbstrak: Persamaan reaksi kimia dapat disetarakan dengan beberapa cara, di antaranya penyetaraan reaksi kimia secara matematika. Di dalam suatu reaksi kimia yang setara, hubungan dari setiap jumlah produk dan reaktan biasanya membentuk rasio berupa suatu angka bulat. Pemahaman pada persamaan reaksi kimia sangat dibutuhkan untuk memahami materi stoikiometri, karena stoikiometri merupakan materi dasar yang harus dipahami dengan baik sebagai landasan untuk memahami materi kimia selanjutnya. Stoikiometri dapat digunakan untuk menghitung jumlah dari produk yang dapat dihasilkan dari sejumlah reaktan yang diberikan..Kata kunci : persamaan reaksi kimia, stoikiometri
PELAKSANAAN TEKNIK SUPERVISI INDIVIDUAL GUNA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP DI SD NEGERI 50 KOTA BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Irawati, Nani
Jurnal Dedikasi Pendidikan Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Dedikasi Pendidikan (Juli 2017)
Publisher : Universitas Abulyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru merupakan jabatan profesi yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Keberadaan guru bagi suatu bangsa amatlah penting terlebih-lebih bagi keberlangsungan hidup bangsa ditengah-tengah lintasan perjalanan jaman dengan teknologi yang kian canggih dan segala perubahan serta pergeseran nilai yang bervariasi. Hal ini membawa konsekuensi kepada guru untuk meningkatkan peranan dan kompetensinya.            Kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik tersebut adalah untuk memberikan bantuan pembinaan dan perbaikan kinerja guru agar dapat mencapai tujuan pendidikan nasional. Guru profesional memiliki pengalaman mengajar, kapasitas intelektual, moral, keimanan, ketaqwaan, disiplin, tanggungjawab, wawasan kependidikan yang luas, kemampuan manajerial, terampil, kreatif, memiliki keterbukaan profesional dalam memahami potensi, karakteristik dan masalah perkembangan peserta didik, mampu mengembangkan rencana studi dan karir peserta didik serta memiliki kemampuan meneliti dan mengembangkan kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur peningkatan prosentasi kinerja guru dalam menyusun silabus dan RPP setelah teknik supervisi individual kepada guru yang sudah menyusun silabus dan RPP di tahun sebelumnya dan pada guru yang belum menyusun silabus dan RPP. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode penelitian yang dilakukan peneliti adalah dengan melaksanakan supervisi akademik yang meliputi supervisi tradisional dan supervisi klinis. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru kelas dan guru mata pelajaran di SD Negeri 50 Kota Banda Aceh yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi Guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui teknik supervisi individual di SD Negeri 50 kota Banda Aceh. Aktivitas guru dalam penyusunan silabus dan RPP yang lengkap dan sistematis pada siklus kedua lebih baik daripada pada saat siklus kesatu.
PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII Lubis, Silvi Puspa Widya
Jurnal Dedikasi Pendidikan Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Dedikasi Pendidikan (Juli 2017)
Publisher : Universitas Abulyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XII. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan One-shoot Study Case. Data dianalisis dengan uji t, dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video  lebih efektif dibandingkan animasi (camtasia) (0,037 < 0,05, thitung = (-2,127)  < ttabel = (-2,043).
Analisis Persepsi Siswa Berdasarkan Gender Terhadap Pembelajaran Biologi di Dalam Kelas Hamama, Syarifah Farissi; Hallaby, Syarifah Fadiya; Ramona, Santi
Jurnal Dedikasi Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Dedikasi Pendidikan (Januari 2019)
Publisher : Universitas Abulyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aims of this research was to determine the differences between female and male students’ perception toward Biology subject in classroom environment. This research was conducted at SMAN 4 Banda Aceh, with a total sample of 103 students. A Krejcie-Morgan table was used as the sampling technique. Students’ perception was collected by using “What is Happening in this Class (WIHIC)” questioner which has been translated into Indonesian. Collected data was analysed by the Independent T-Test. The results showed that the only differences perception betwen male and female students on actual classroom environtment was on teacher support (0,65). However, male and female students perception on the expected situation in classroom environment were differ on most aspect, except on student involvement (-0,17).
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING Muliana, Muliana
Jurnal Dedikasi Pendidikan Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Dedikasi Pendidikan (Juli 2017)
Publisher : Universitas Abulyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian dalam desain Eksperimen semu ini menyelidiki peningkatan kemampuan  pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pendekatan problem solving, Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 3 Seunuddon sebanyak 40 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test-post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V (lima) dengan mengambil sampel dua kelas melalui teknik random sampling. Data diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data dianalisis dengan Anava. Sebelum digunakan Anava terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahwa F pada faktor pembelajaran Pendekatan Problem Solving dan Pembelajaran biasa sebesar 15.930 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan Pendekatan Problem Solving lebih baik secara signifikansi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya biasa. Peneliti menyarankan: (1) agar model Pendekatan Problem Solving menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa (2) perangkat pembelajaran dipersiapkan secara matang serta disesuaikan dengan indikator kemampuan dan alokasi waktu yang harus dicapai     (3) agar selektif dalam  memilih materi yang diajarkan dengan Pendekatan Problem Solving karena tidak semua materi cocok diterapkan dengan Pendekatan Problem Solving
Analisa Dampak Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru Perdana, Novrian Satria
Jurnal Dedikasi Pendidikan Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Dedikasi Pendidikan (Juli 2018)
Publisher : Universitas Abulyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to analyze the impact of teacher competence on teacher performance. In this research using quantitative approach with influence test method. The number of samples is 160 teachers in 16 schools of elementary school, junior high school, and SMK selected randomly in Jakarta. The sampling of this research using cluster sampling method technique. In this study using questionnaires instrument filled by teachers as research data. The data collected on this research variable is analyzed by using regression analysis technique. The conclusions of this study are (1) there is a significant, strong and positive impact on teachers' pedagogic competencies on teacher performance, and (2) there is a significant, strong and positive impact of teacher professional competence on teacher performance..
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACAAN AL-QUR’AN PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 PULO ACEH Hasanah, Hasanah
Jurnal Dedikasi Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Dedikasi Pendidikan (Januari 2017)
Publisher : Universitas Abulyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: This study entitled " The Effort of Islamic Education Teachers in Improving Students’ Reciting Al- Qur'an Ability at SMP Negeri 2 Pulo Aceh." This study uses quantitative methods. This study aims to determine the efforts of teachers PAI in improving the capability which was achieved by students in reciting the Qur'an from class VII, VII and IX. The total sample of this study is 58 students. From the observation, it was known that the student’ reciting Al-Qur’an ability of SMP Negeri 2 Pulo Aceh is not maximized as desired. However, the teachers have been working to make their students can properly recite Al-Qur’an by providing extra tutoring or hours beside PAI subjects, and the teachers also give advice to the students to be diligent and active in studying the Al-Qur'an. Keywords : Teachers PAI, reciting Al-Qur'an, StudentsAbstrak: Penelitian ini berjudul “Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan bacaan al-Qur’an pada siswa di SMP 2 Negeri Pulo Aceh”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan yang dicapai oleh siswa/i dalam membaca al-Qur’an dari kelas VII, VII serta kelas IX yang berjumlah 58 orang. Dari hasil penelitian dilapangan, diketahui kemampuan baca al-Qur’an siswa SMP Negeri 2 Pulo Aceh belum maksimal seperti yang diinginkan. Namun guru telah berupaya agar anak didiknya bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan benar dengan cara memberikan les atau jam tambahan diluar jam mata pelajaran PAI, dan juga guru memberikan nasihat kepada siswa agar rajin serta giat dalam mempelajari al-Qur’an.Kata Kunci : Guru PAI, Bacaan Al-Qur’an, Siswa