cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Global Masa Kini
ISSN : 20896018     EISSN : 25022024     DOI : -
Core Subject : Economy,
Ekonomi Global Masa Kini merupakan majalah ilmiah Universitas Indo Global Mandiri yang mencakup hasil penelitian, makalah review, dan komunikasi singkat bidang ilmu Ekonomi. Topik-topik yang tercakup dalam jurnal ini adalah semua bidang terkait dengan ilmu ekonomi. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yakni bulan Juli dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 9, No 1" : 10 Documents clear
Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Perimbangan Terhadap Belanja Daerah Kabupaten Ogan Ilir Aminus, Rahmi
Jurnal Ekonomi Global Masa Kini Vol 9, No 1
Publisher : Jurnal Ekonomi Global Masa Kini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.341 KB)

Abstract

AbstractThe formulation of the problem in this research is how the influence of local revenue and the balance fund to the regional expenditure of OganIlir Regency. The purpose of this study is to determine the effect of local revenue and fund balance to the regional spending OganIlir District. This type of research is associative. The data used is secondary data. That is the data of the original value of regional income, fund balance and regional spending in 2012-2016. Technique of collecting data that is with documentation. Data analysis method used in this research is quantitative and qualitative analysis. The data analysis used is classical assumption test, coefficient of determination, multiple linear regression, F test, t test. The results showed that local revenue and equity funds affected the regional spending of Ogan Ilir district.Keywords : Local revenue, blancing funds, regional expenditure. AbstrakRumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah pengaruh pendapatan asli daerah dan dana perimbangan terhadap belanja daerah Kabupaten Ogan Ilir. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Pendapatan asli daerah dan dana perimbangan terhadap belanja daerah Kabupaten Ogan Ilir. Jenis penelitian ini adalah asosiatif. Data yang digunakan adalah data sekunder. Variabel yang digunakan yaitu pendapatan asli daerah, dana perimbangan dan belanja daerah tahun 2012-2016. Teknik pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi. Metode analsisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, koefisien determinasi, regresi linier berganda, uji F,uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan asli daerah dan dana perimbangan memengaruhi belanja daerah kabupaten Ogan Ilir.Kata kunci : pendapatan asli daerah, dana perimbangan, belanja daerah
Pengaruh Upah Terhadap Produktifitas dan Inflasi Pada Sektor Industri Manufaktur di Kota Palembang Royda, Royda; Seto, Agung Anggoro
Jurnal Ekonomi Global Masa Kini Vol 9, No 1
Publisher : Jurnal Ekonomi Global Masa Kini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.855 KB)

Abstract

AbstractWages are a central issue for developing countries like Indonesia. Wages are the rights of workers / laborers who are accepted and stated in the form of money as compensation from employers or employers to workers / laborers who are determined and paid according to work agreements, agreements or legislation, including allowances for workers / laborers and their families for work and or services that have or will be carried out. High wages can increase worker functions As employment increases, but on the other hand too high wages may also be one of the factors driving inflation. This study aims to analyze the effect of wages on productivity and inflation in the manufacturing industry sector in the city of Palembang. The data used in this research is labor industry wage data manufacturing, productivity data in the form of sectoral GDP of constant prices per number of workers and data Inflation Rate of Palembang City in 2012-2016. The data analysis model uses two stage ordinary leasts quare (OLS) The result shows that the significant value of inflation to productivity is 0.194 which means that wage does not have a significant effect on the productivity of industrial sector in Palembang City, while the value of wage significance to inflation in Palembang is 0.907. This means that wages have no significant effect on the inflation of industrial sector in Palembang City.Keywords : Wages, Productivity, InflationAbstrak Upah menjadi isu sentral bagi setiap negara terutama negara-negara berkembang seperti Indonesia. Upah yaitu hak pekerja/buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja/buruh yang ditetapkan dan dibayarkan sesuai perjanjian kerja, kesepakatan atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan abagi pekerja/buruh dan keluarganya atas pekerjaan dan atau jasa yang telah atau akan dilakukan.Upah yang tinggi dapat menjadi meningkatkan produktivitas pekerja karena pendapatan pekerja meningkat, namun disisi lain upah yang terlalu tinggi juga dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kenaikan inflasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh upah terhadap produktivitas dan inflasi sektor industri manufaktur di kota Palembang. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data upah tenaga kerja sektor manufaktur, data produktivitas berupa PDRB sektoral harga konstan per jumlah tenaga kerja dan data tingkat inflasi di kota Palembang tahun 2012-2016. Model analisis data yang digunakan yaitu two stage ordinary leasts quare (OLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikan inflasi terhadap produktivitas sebesar 0.194 yang artinya bahwa upah tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas sektor industri di kota Palembang. Sedangkan nilai signifikan upah terhadap inflasi di kota Palembang adalah  0.907. hal ini menunjukkan bahwa upah tidak berpengaruh signifikan terhadap inflasi sektor industri di kota Palembang. Kata kunci: Upah, Produktivitas, Inflasi
Analisis Strategi Generik Porter Kajian Perusahaan IKEA : Teknik Analisis Tows (Konsep, Teoritik dan Empirik) Wadud, Muhammad
Jurnal Ekonomi Global Masa Kini Vol 9, No 1
Publisher : Jurnal Ekonomi Global Masa Kini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.239 KB)

Abstract

AbstractThe object of this research is the IKEA Company, the company is engaged in a retail business that sells a variety of products both household products and office products. The aim of the research is to find out how to implement the company's business strategy so that it can be successful in various countries. Literature sources are sourced from various articles, newspapers, magazine and electronic media and are sourced from company-specific websites. This type of research is qualitative with descriptive research methods dominated by secondary data. The results of this study indicate that the IKEA company business strategy refers to the porter business generic strategy, namely the differentation strategy, low cost strategy and focus strategy. The use of differentiation strategies for example relates to product design. IKEA products are known for their up to date / contemporary designs. Then place of business. IKEA stores are mostly in the form of beams that are given a large blue color with small windows. The use of low cost strategies specifically for middle to lower consumers who do not have much money to buy household furniture. In this strategy the IKEA company sets a low price for all its products, because the strategy positions IKEA differently from other companies. Besides that IKEA is committed to building good relationships with suppliers, customers and other parties and most importantly for IKEA so that consumers can buy products of good quality, economical design. Then the implementation of the focus strategy. The IKEA company is very focused on the function and usefulness of goods and is suitable to be placed anywhere, convenient and spacious shopping places, and quality and fashionable products.Keywords: differentiation strategies, low-priced pricing strategies, customer focus strategies, TOWS analysis and generic porter strategies AbstrakObjek penelitian ini adalah Perusahaan IKEA, perusahaan tersebut bergerak dibidang usaha retail yang menjual berbagai produk baik produk rumah tangga maupun produk perkantoran. Tujuan penelitian tersebut ingin mengetahui bagaimana penerapan strategi bisnis perusahaan sehingga dapat sukses diberbagai negara. Sumber kepustakaan bersumber dari berbagai literatur yang berasal dari artikel, surat kabar, majalahdan media elektronik serta bersumber dari website khusus perusahaan. Tipe penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode penelitian diskriptif yang di dominasi dengan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bisnis perusahaan IKEA mengacu pada strategi generic bisnis porter yaitu differentation strategy, low cost strategy and focus strategy.Penggunaan strategi differentiation  misalnya berkaitan dengan desain produk. Produk IKEA dikenal dengan desain yang up to date/kekinian dan unik. Kemudian tempat usaha (Toko), toko IKEA kebanyakan berbentuk balok  yang diberi warna biru yang besar dengan jendela yang kecil.Penggunaan strategi low cost khusus untuk konsumen menengah ke bawah yang tidak memiliki banyak uang untuk membeli perabot rumah tangga.  Pada strategi tersebut perusahaan IKEA menetapkan harga yang murah untuk semua produknya, oleh karena strategi tersebut memposisikan IKEA berbeda dengan perusahaan lain. Di samping itu  juga IKEA berkomitmen untuk menjalin hubungan baik dengan pemasok, pelanggan serta pihak lain dan yang terpenting bagi IKEA agar konsumen dapat membeli produk dengan kualitas yang baik, desain ekonomis. Kemudian penerapan strategy fokus. Perusahaan IKEA sangat fokus pada fungsi dan kegunaan barang dan cocok ditempatkan dimana saja, tempat belanja yang nyaman dan luas, dan produk yang bermutu serta bergaya modern.Kata kunci: Strategi differensiasi, strategi penetapan harga murah, strategi fokus pada pelanggan, analisis TOWS dan Strategi generik porter
Pengaruh Motivasi dan Kompetensi terhadap Prestasi Mahasiswa pada Program Studi Ekonomi Islam Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang Masdaini, Efrina
Jurnal Ekonomi Global Masa Kini Vol 9, No 1
Publisher : Jurnal Ekonomi Global Masa Kini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.504 KB)

Abstract

AbstractThis study aims to determine whether the motivation affects the achievement of students, to determine whether the competence has an effect on student achievement, and to know whether the motivation and competence jointly affect the student achievement in the Islamic Economic Studies Program 2017 Faculty of Economics and Business (FEBI) State Islamic University (UIN) Raden Fatah Palembang. This research was conducted on the students at the 1987 Islamic Economic Studies Program Faculty of Economics and Business Islam (FEBI) State Islamic University (UIN) Raden Fatah Palembang, with the sample in this study were 69 students drawn at random. Data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The result of the analysis shows that motivation has significant effect on student achievement, the competence has a significant effect on student achievement, and motivation and komeptensi together have a significant effect on student achievement in Islamic Economics Study Program 2017 Faculty of Economics and Islamic Business (FEBI) Islamic University State (UIN) Raden Fatah Palembang. The head of the study program is expected to strive to improve motivation, maintain and improve competence and improve student achievement through the opening of free tutoring for students. More activate guidance counselingstudents so that students can improve learning achievement.Keywords : Motivation, Competency, and Achievement Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa, untuk mengetahui apakah kompetensi  berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa, dan untuk mengetahui apakah motivasi dan kompetensi secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa pada Program Studi Ekonomi Islam Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) Univeristas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa di Program Studi Ekonomi Islam Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Univeristas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, dengan sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa berjumlah 69 orang yang diambil secara acak. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi mahasiswa, kompetensi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi mahasiswa, dan motivasi dan komeptensi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi mahasiswa pada Program Studi Ekonomi Islam Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Univeristas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. Ketua program studi diharapkan berupaya untuk meningkatkan motivasi, mempertahankan dan meningkatkan kompetensi serta meningkatkan prestasi mahasiswa melalui pembukaan bimbingan belajar gratis untuk mahasiswa. Lebih mengaktifkan lagi bimbingan konseling mahasiswa agar mahasiswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya.Kata kunci : Motivasi, Kompetensi, dan Prestasi Mahasiswa
Pengaruh Nilai, Kualitas Pelayanan dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Asuransi Kresna Mitra Tbk Cabang Palembang Hildayanti, Siti Komariah; Marnisah, Luis; Dinata, Eko Surya
Jurnal Ekonomi Global Masa Kini Vol 9, No 1
Publisher : Jurnal Ekonomi Global Masa Kini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.426 KB)

Abstract

Abstract This study aims to analyze the influence of customer value, service quality, and organizational commitment to customer satisfaction PT. Asuransi Kresna Mitra Tbk Palembang Branch. This research is quantitative descriptive. The method used is a survey method. Data analysis techniques are carried out by regression analysis to analyze the hypothesis by showing the nature of the effect of independent variables on the dependent variable. The results showed that the quality of service to customers influenced positively and significantly on customer satisfaction, with the most dominant indicators being "Officers Have a Standard Time of Speed in Serving Customers." Customer values influence positively and significantly on customer satisfaction, with the most dominant indicators affecting is "Officers Conduct Survey When I Decide To Buy Insurance Products." Employee organizational commitment of PT Asuransi Kresna Mitra Tbk Palembang Branch influences positively and significantly on customer satisfaction, and the most dominant indicators influencing are "eager employees working in teams / groups" Keywords: customer value, service quality, organizational commitment, customer satisfaction.AbstrakPenelitian ini bertujuan  untuk menganalis pengaruh nilai pelanggan, kualitas pelayanan, dan komitmen organisasi  terhadap kepuasan pelanggan PT. Asuransi Kresna Mitra Tbk Cabang Palembang. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode yang dilakukan adalah metode survey. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi untuk menganalisis hipotesis dengan menunjukan sifat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kepada nasabah memengaruhi secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan indikator yang paling dominan yaitu “Petugas Memiliki Standar Waktu Kecepatan Dalam Melayani Nasabah.”  Nilai pelanggan memengaruhi secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan indikator paling dominan memengaruhi adalah “Petugas Melakukan Survey Ketika Saya Memutuskan Untuk Membeli Produk Asuransi.” Komitmen organisasi pegawai PT Asuransi Kresna Mitra Tbk Cabang Palembang memengaruhi secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan indikator yang paling dominan memengaruhi adalah “Petugas bersemangat bekerja dalam tim/kelompok” Kata kunci: nilai pelanggan, kualitas pelayanan, komitmen organisasi, kepuasan pelanggan.
Pengaruh Kesesuaian Kompensasi, Keefektifan Sistem Pengendalian Internal, Budaya Organisasi, Dan Kompetensi Terhadap Fraud (Studi pada Satuan Kerja Vertikal Kementerian Keuangan Provinsi Lampung) Siregar, Muhammad Ichsan; Hamdani, Mufid
Jurnal Ekonomi Global Masa Kini Vol 9, No 1
Publisher : Jurnal Ekonomi Global Masa Kini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.708 KB)

Abstract

Abstract The purpose of this research is to get empirical evidence about the influence of compensation suitability, effectiveness of internal control system, organizational culture, and competence to fraud. This research was conducted on Vertical Work Unit of Ministry of Finance at Lampung Province. Sampling technique used is purposive sampling. This research is included in quantitative research. Source of data in this research is primary data. Data were collected using questionnaires distributed to respondents. In this study, there are five variables consisting of four independent variables, namely compensation suitability, effectiveness of internal control system, organizational culture, and competence and dependent variable, namely fraud. Data analysis method using Structural Equation Model (SEM) with smartPLS data processing tool version 3.2.6. The results of this research indicate that the effectiveness of internal control system and organizational culture has a negative effect on fraud. While the suitability of compensation and competence has no effect on fraud.Keywords: compensation, internal control, organizational culture, competence, and fraud. AbstrakTujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh kesesuaian kompensasi, keefektifan sistem pengendalian internal, budaya organisasi, dan kompetensi terhadap fraud. Penelitian ini dilakukan pada satuan kerja Vertikal Kementerian Keuangan Provinsi Lampung. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Data diambil menggunakan kuisioner yang didistribusikan kepada responden. Pada penelitian ini, ada lima variabel yang terdiri dari empat variabel bebas, yaitu kesesuaian kompensasi, keefektifan sistem pengendalian internal, budaya organisasi, dan kompetensi serta variabel terikat, yaitu fraud. Metode analisis data mengunakan Structural Equation Model (SEM) dengan alat olah data smartPLS versi 3.2.6. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keefektifan sistem pengendalian internal dan budaya organisasi berpengaruh negatif terhadap fraud. Sedangkan kesesuaian kompensasi dan kompetensi tidak berpengaruh terhadap fraud.Kata kunci: kompensasi, pengendalian internal, budaya organisasi, kompetensi, dan fraud.
Hubungan Antara Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) K3 dan Pemberian kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Devisi Regional III Palembang Heryati, Agustina; Menzata Z, Remmy Augusta
Jurnal Ekonomi Global Masa Kini Vol 9, No 1
Publisher : Jurnal Ekonomi Global Masa Kini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.98 KB)

Abstract

Abstract This study aims to analyze the relationship between K3 education and training and compensation for the performance of employees of PT. Kereta Api Indonesia (PT,KAI) Regional Division III Palembang. The independent variable in this study is K3 Training (X1) and Compensation (X2). While the dependent variable is employee performance (Y). This study uses data collected from primary data and secondary data. Data. Secondary data is obtained from several sources such as journals, books and other literature. Primary data is obtained through questionnaires and observations distributed to respondents. The number of respondents used was 85 employees. The analysis technique used in this study is multiple linear regression to obtain a comprehensive picture of the relationship of variables and other variables. Based on the results of the study showed that K3 training and compensation provided simultaneous effect on employee performance by 54.1%. While the partial test results of K3 Training and Education variables have a positive and dominant influence on employee performance. Whereas compensation variable has a positive and significant effect on employee performance. Processing the data using Statistical Package for the Social Sciences (SPSS), the data is tested using statistical assumptions, including validity test, reliability test, and classical assumption test. After the data is free from all statistical assumption tests. Then the data is managed statistically using SPSS. The results of this study are expected to be used as a good input for PT. Train Regional division III in the management of the company and by the next researcher.Keywords: K3 Education and Training, Compensation, and Employee Performance Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pendidikan dan pelatihan (Diklat) K3 dan pemberian kompensasi terhadap kinerja karyawan PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) Devisi Regional III Palembang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Diklat K3 (X1) dan Pemberian kompensasi (X2). Sedangkan Variabel dependen adalah kinerja karyawan (Y). Penelitian ini menggunakan data yang dikumpulkan dari data primer dan data sekunder. Data. Data sekunder diperoleh dari beberapa sumber seperti jurnal, buku dan literatur lainnya. Data primer diperoleh melalui kuesioner dan observasi yang didistribusi ke responden. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 85 karyawan. Teknik Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda untuk memperoleh gambaran yang komprehensif tentang hubungan variabel dan variabel lainnya. Berdasarkan hasil Penelitian menunjukkan bahwa Diklat K3 dan Pemberian kompensasi berpengaruh simultan terhadap kinerja karyawan sebesar 54,1%. Sedangkan hasil uji parsial variabel Diklat K3 berpengaruh positif dan dominan mempengaruhi kinerja karyawan. Sedangkan Variabel pemberian kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Pengolahan data tersebut  menggunakan  Statistical  Package  for  the Social Sciences (SPSS), data yang ada dilakukan uji asumsi statistik, meliputi uji validitas, uji reabilitas, dan uji asumsi klasik. Setalah data terbebas dari seluruh uji asumsi statistik. Kemudian data dikelola secara statistik menggunakan SPSS. Hasil Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai input baik untuk PT. Kereta Api devisi regional III dalam pengelolaan perusahaan serta oleh peneliti selanjutnya.Kata kunci : Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) K3, Pemberian kompensasi, dan Kinerja Karyawan
Pengaruh Tanggungjawab Aparat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepercayaan Masyarakat Kepada Pemerintah Pada Kecamatan Tugumulyo Musirawas Subardi, Laidi
Jurnal Ekonomi Global Masa Kini Vol 9, No 1
Publisher : Jurnal Ekonomi Global Masa Kini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.072 KB)

Abstract

Abstract This study aims to determine the effect of the responsibility of the apparatus and the quality of service to the level of public confidence to the Government in Tugumulyo District Musirawas. The design of this study using questionnaires filled by 108 respondents. There is a positive influence of responsibilities (X1) and Quality of Service (X2) collectively to the Government's Trustworthiness to the Government (Y). through significance test by using the F distribution, obtained the value of Fhitung equal to 47,8598 while the critical value of Ftable value with degrees of free of denominator 2 denominator 105 on α (0,01) obtained value Ftable equal to 4,79 so it proved that Fhitung (47,8598) > Ftable (4.79). Thus, the variables of responsibility and quality of services together can increase the Community's Trustworthiness Against the Government. There is a positive influence of Responsibility (X1) on Community Trustworthiness to Government (Y). Through the test of significance with t test statistic, obtained tcount value for b1 of 3.453 while ttable with degrees of free 105 at α (0.025) is equal to 1.960. Thus thitung (3.453)> ttable (1,960). This shows that the Responsibility of the Apparatus can increase the Community Trustworthiness to the Government. Meanwhile, based on multiple regression equation is Y = 17,880 + 0,251X1 + 0,475X2, where every increase of 1 (one) score of Responsibility Officer variable can increase 0,251 score of variable of level of Trust of Society to Government assuming service variable can increase 0,475 score variable to the Government assuming the variable of Responsibility of Constituent Apparatus.Keywords: Personal Responsibility, Quality of Customer Service, Trust of the Government Society Abstrak Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh  tanggungjawab aparat dan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepercayaan  masyarakat kepada Pemerintah di Kecamatan Tugumulyo Musirawas. Desain penelitian ini  menggunakan kuesioner yang diisi oleh 108 responden.  Terdapat pengaruh yang positif tanggung jawab (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) secara bersama-sama terhadap Tingkat Kepercayaan Masyarakat Kepada Pemerintah (Y). melalui uji signifikansi dengan menggunakan distribusi   F, diperoleh nilai Fhitung sebesar 47,8598 sementara harga kritis nilai Ftabel dengan derajat bebas pembilang 2 penyebut 105 pada α (0,01) diperoleh nilai Ftabel sebesar 4,79 sehingga terbukti bahwa Fhitung (47,8598) > Ftabel (4,79). Dengan demikian bahwa variabel tanggung jawab dan kualitas pelayanan secara bersama-sama dapat meningkatkan Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah. Terdapat pengaruh yang positif Tanggung  Jawab (X1) terhadap Tingkat Kepercayaan Masyarakat Kepada Pemerintah (Y). Melalui uji signifikansi dengan statistik uji t, diperoleh nilai thitung untuk b1 sebesar 3,453 sedangkan ttabel dengan derajat bebas 105 pada α (0,025) adalah sebesar 1,960. Dengan demikian thitung (3,453) > ttabel (1,960). Hal ini menunjukkan bahwa Tanggung Jawab Aparat dapat meningkatkan Tingkat Kepercayaan Masyarakat Kepada Pemerintah. Sedangkan berdasarkan persamaan regresi berganda adalah Y = 17,880 + 0,251X1 + 0,475X2, dimana setiap kenaikan 1 (satu) skor variabel Tanggung Jawab Aparat dapat meningkatkan 0,251 skor variabel tingkat Kepercayaan Masyarakat kepada Pemerintah dengan asumsi variabel Pelayanan dapat meningkatkan 0,475 skor variabel Tingkat Kepercayaan Masyarakat kepada Pemerintah dengan asumsi variabel Tanggung Jawab Aparat Konstan. Kata Kunci: Tanggung Jawab Pribadi, Kualitas Layanan Pelanggan, Kepercayaan Masyarakat Pemerintah
Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Pesona Palembang Septianti, Dian
Jurnal Ekonomi Global Masa Kini Vol 9, No 1
Publisher : Jurnal Ekonomi Global Masa Kini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.998 KB)

Abstract

AbstractThis study aims to analyze the effect of work ability and extrinsic motivation on employee performance on  CV. Pesona Palembang. Data analysis methods used are qualitative and quantitative, with primary and secondary data sources in the form of questionnaires, interviews and documentation. The population of this research is all employees of CV. Pesona Palembang with sampling technique is saturated sampling, with the sample amounted to 51 respondents. The results showed that there is a significant influence between work ability and extrinsic motivation on employee performance CV. Pesona Palembang simultaneously with Sig 0.000. While the partial also found the effect of work ability and extrinsic motivation, where the ability of work to be the most influential variable on employee performance.                                                          Keywords: Work Ability, Extrinsic Motivation, Employee Performance Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan kerja dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja karyawan pada CV. Pesona Palembang. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif, dengan sumber data primer dan sekunder berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan CV. Pesona Palembang dengan teknik sampling adalah sampling jenuh, adapun sampel berjumlah 51 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan kerja dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja karyawan CV. Pesona Palembang secara simultan dengan Sig 0,000. Sedangkan secara parsial juga ditemukan pengaruh kemampuan kerja dan motivasi ekstrinsik, dimana kemampuan kerja menjadi variabel yang paling berpengaruh terhadap terhadap kinerja karyawan. Kata kunci: Kemampuan Kerja, Motivasi Ekstrinsik, Kinerja Karyawan
Entrepreneurial Marketing : Mengintegrasikan Pemasaran dan Kewirausahaan Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pamuji, Muhni
Jurnal Ekonomi Global Masa Kini Vol 9, No 1
Publisher : Jurnal Ekonomi Global Masa Kini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.829 KB)

Abstract

AbstractEntrepreneurial Marketing is a appropriate concept for SMEs that deals with conflicting resources and problems. In this article will be discussed about the concept of entrepreneurial marketing and analyse the importance of those concept applied for SME’s  The data source used is secondary data where the data obtained through online publication and literature study. Entrepreneurial Marketing is defined as a highly effective program for finding and improving customer satisfaction and strong resources. customers, or through entrepreneurship and innovation orientation.  Based from several previous studies Entrepreneurial Marketing is able to provide positive information on sales performance, innovation and marketing performance. By using Entrepreneurial marketing orientation concept, it is expected to improve the performance of SME’s and ultimately can improve the competitive advantage. Keywords : Entrepreneurial Marketing, SME’s and conceptual model Abstrak Entrepreneurial Marketing merupakan pendekatan konsep yang lebih sesuai diimplementasikan untuk  UMKM disebabkan  keterbatasan sumber daya dan permasalahan yang  dihadapi. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai konsep entrepreneurial marketing dan untuk menganalisis pentingnya pendekatan tersebut diterapkan pada UMKM. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dimana data-data diperoleh melalui publikasi online dan studi pustaka. Entrepreneurial Marketing didefinisikan sebagai identifikasi proaktif dan eksploitasi peluang untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan yang paling menguntungkan melalui pendekatan inovatif  pada manajemen risiko dan pemanfaatan sumber daya serta penciptaan nilai (value)  Model orientasi pemasaran kewirausahaan yang diimplementasikan untuk UMKM terdiri dari empat komponen yaitu orientasi pasar, orientasi pelanggan, orintasi kewirausahaan dan  orientasi inovasi. Dari beberapa penelitian sebelumnya Entrepreneurial Marketing mampu memberikan dampak positif pada kinerja penjualan, keinovatifan serta kinerja pemasaran.  Dengan menggunakan model konseptual tersebut, maka diharapkan dapat meningkatkan kinerja UMKM dan pada akhirnya dapat meningkatkan keunggulan kompetitif.Kata Kunci : Entrepreneurial Marketing, UMKM dan model konseptual

Page 1 of 1 | Total Record : 10