cover
Contact Name
NANA SUTARNA
Contact Email
nana@upmk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
nana@upmk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Lensa Pendas
ISSN : 25410199     EISSN : 25416855     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi salah satu media penerbitan artikel ilmiah berupa hasil penelitian atau hasil pemikiran (konseptual) sebagai upaya meningkatkan publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 58 Documents
PENGEMBANGAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI KEGIATAN BERNYANYI PADA SISWA KELAS II MI PUI KABUPATEN KUNINGAN Usamah, Asep
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan bernyanyi dalam mengembangkan kosakata bahasa Arab siswa MI Kabupaten Kuningan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan Kepala Sekolah. Data yang dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara komparatif dengan cara membandingkan siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perkembangan kosakata bahasa Arab siswa MI PUI Kabupaten Kuningan melalui kegiatan bernyanyi. Sebelum tindakan sampai dengan sesudah, yaitu sebelum tindakan 39,71%, siklus I 70,69% dan siklus II 81,91%. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui kegiatan bernyanyi dapat mengembangkan kosakata bahasa Arab siswa pada MI PUI Kabupaten Kuningan” terbukti kebenarannya dan dapat diterima kebenarannya.
PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ISI DONGENG DI KELAS V SEKOLAH DASAR Heryana, Dede; Cunandar, Dadang
Jurnal Lensa Pendas Vol 1 No 1 (2016): September 2016
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Isi Dongeng Di Kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran Tahun Pelajaran 2014- 2015. Hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Kutakembaran dalam keterampilan membaca pemahaman masih rendah.Salah satu cara untuk mengatasai masalah tersebut adalah menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan membaca pemahaman materi pokok memahami isi dongeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Isi Dongeng Di Kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran Tahun Pelajaran 2014-2015. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran dengan jumlah 23 siswa. jumlah siswa laki-laki 12 dan siswa perempuan 11. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif (eksperimen semu). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman pada materi pokok memahami isi dongeng pada siswa di kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran Tahun Pelajaran 2014-2015 sebelum menggunakan pendekatan keterampilan proses, kurang dengan nilai rata-rata 32,43.Kemampuan membaca pemahaman pada materi pokok memahami isi dongeng pada siswa di kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran Tahun Pelajaran 2014-2015 setelah menggunakan pendekatan keterampilan proses, baik sekali dengan nilai rata-rata 85,57. Jadi, terdapat pengaruh signifikan pendekatan ketrampilan proses terhadap kemampuan membaca pemahaman materi pokok memahami isi dongeng di kelas V SD Negeri 2 Kutakembaran Tahun Pelajaran 2014-2015.
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG MATERI MEMBACA NYARING DI KELAS III SD NEGERI 3 ANCARAN Emalia, Eeng
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beberapa permasalahan yang dihadapi siswa, diantaranya kurangnya sarana pendukung untuk melakukan belajar membaca di rumah, tidak adanya buku paket, kurang dukungan dari orang tua, setelah mengetahui permasalahan yang ada penulis mengadakan tindakan untuk membantu siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui metode demonstrasi membaca nyaring di SDN 3 Ancaran Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (class action research). Subyek penelitian adalah siswa siswi kelas III SDN 3 Ancaran Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan, yang berjumlah 31 siswa. Hasil yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan dengan baik melalui perbaikan-perbaikan pada tiaptiap siklusnya dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan pengamatan dan tindakan, siklus I yang nilai rata-rata kelas 65,15 jauh di bawah KKM, siklus II ada peningkatan di atas KKM (68) menjadi 72,25, sedangkan di siklus III menjadi 80 sesuai dengan apa yang diharapkan peneliti. Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan minat siswa dalam pelajaran membaca, menarik minat, dan meningkatkan hasil belajar siswa.
ANALISIS MEDIA KOMIK STRIP DALAM HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA Nurfirdaus, Nunu; Nurfauzi, Eva Rizqi
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 2 (2017): September 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis media dalam prestasi hasil belajar siswa (studi kasus di SDN 1 Kadugede). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk memahami peristiwa, pelaku dalam situasi tertentu yang bersifat ilmiah dan natural. Data yang terkumpul berbentuk kata-kata tulisan yang mencakup catatan, laporan dan foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SDN 1 Kadugede menerapkan media pembelajaran komik strip, walaupun ada beberapa langkah yang tidak dilakukan diantaranya adalah apersepsi, pembagian kelompok dan penekanan materi diakhir pembelajaran. Setelah diterapkan media pembelajaran komik strip siswa dapat memahami materi yang disampaikan guru, hal tersebut dibuktikan ketika ulangan harian siswa menjawab soal dengan benar, sehingga berdampak pada prestasi hasil belajar. Saran bagi guru, diharapkan ketika pembelajaran menerapkan media komik strip sebelumnya guru harus sudah paham betul bagaimana menerapkannya supaya dalam pelaksanakan proses belajar mengajar berlangsung secara efektif dan siswa dapat lebih paham mengenai materi yang disampaikan oleh guru.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR Hakim, Zerri Rahman; Taufik, M; Mujiwati, Siti
Jurnal Lensa Pendas Vol 4 No 1 (2019): Februari (2019)
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.602 KB)

Abstract

This study aims to determine the problem solving ability of learners using Problem Based Learning model (PBL) with learners using Direct learning model. The type of research used is quasi experiments in the form of non equivalent control group design, sampling is done by using purposive sampling technique. The selected sample is the IVA class as the treated experimental class and IVB as the untreated control class. Based on pretest data processing, the mean value of experimental class students is 29.5 while control class is 23.5. After learning, both classes are given posttest. Based on the data processing posttest obtained average results of problem solving ability of learners on subjects IPS experimental class of 69 while the control class 42.25 from the results of the difference test average. To test the hypothesis used inferential test. Based on the results of right-side test obtained t-count = 7.10 and t-table = 1.674. The result of this research can be concluded that the problem solving ability of students in IPS subject using Problem Based Learning (PBL) model is better than students using Direct Learning Model
ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA Nurfirdaus, Nunu; Husen, Muhamad
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 1 (2018): Februari 2018
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pemahaman guru terhadap model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk memahami peristiwa, kejadian, pelaku dalam situasi tertentu yang bersifat ilmiah dan natural. Penelitian kualitatif selalu bersifat deskriptif artinya data yang dianalisis berbentuk deskriptif fenomena, tidak berupa angkaangka. Data yang terkumpul berbentuk kata-kata tulisan mencakup catatan, laporan dan foto. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran Student Teams AchievementDivision (STAD) di SD Negeri II Garajati dilakukan dengan cara yang lain, yaitu dengan cara guru menerangkan materi lalu siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian tiap kelompok diberi soal-soal lalu dibacakan hasilnya secara perwakilan kelompok. Pemahaman guru terhadap model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) mempengaruhi hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS. Hasil belajar siswa akan meningkat jika guru lebih memahami suatu model pembelajaran dan menerapkan sesuai dengan langkah-langkah yang seharusnya.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA KABAR (KARTU BERGAMBAR) MATERI SIFAT – SIFAT CAHAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SIDOHARJO 01 KABUPATEN TEGAL Pratiwi, Laila Cahya; Reffiane, Fine; Huda, Choirul
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.642 KB)

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantu Media Kabar (Kartu Bergambar) Materi Sifat – Sifat Cahaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Sidoharjo 01 Kabupaten Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match berbantu kabar (kartu bergambar) materi sifat – sifat cahaya terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidoharjo 01 Kabupaten Tegal. .Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk Pre-Experimental Design dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan rata-rata pada skor pretest mencapai 58 sedangkan pada posttest mencapai 72,211. Nilai ketuntasan klasikal pretest mencapai 39% sedangkan pada posttest mencapai 61% diketahui dari uji t dengan thitung lebih dari ttabel (5,663 > 2,026). Disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match berbantu kabar (kartu bergambar) materi sifat – sifat cahaya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidoharjo 01 Kabupaten Tegal.
PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN PENINGGALAN SEJARAH HINDU DI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 DARMA KECAMATAN DARMA KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2014-2015 Maskilah, Imas
Jurnal Lensa Pendas Vol 1 No 1 (2016): September 2016
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Sebagai implementasinya, diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada pembelajaran pembelajaran peninggalan sejarah hindu di indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 3 Darma menggunakanmetode diskusi. Penelitian ini terdiri dari II siklus masing-masing terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Akhir dari setiap siklus dilaksanakan tes dengan menggunakan instrumen soal. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, subyek yang diteliti. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi, catatan lapangan, lembar wawancara, tabel penilaian proses, lembar evaluasi (LKS), dan kamera. Data yang diperoleh dianalisis dan direfleksi dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil observasi kinerja guru memperoleh nilai 85,72 pada siklus pertama diperoleh gambaran ketuntasan hasil belajar siswa dari 32 siswa terdapat 20 siswa 31,25% dan nilai rata-rata terhadap hasil belajar siswa pada pra siklus memperoleh nilai 62,5, pada siklus kedua mendapat nilai 45,31, dan nilai rata-rata terhadap hasil belajar siswa pada siklus pertama memperoleh nilai 90,63, sedangkan siklus kedua terhadap hasil observasi kinerja guru memperoleh nilai 100. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi peninggalan sejarah hindu di indonesia pada siswa kelas V (Lima) SD Negeri 3 Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan.
HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KALAPAGUNUNG KECAMATAN KRAMATMULYA KABUPATEN KUNINGAN TAHUN PELAJARAN 2015-2016 Setyani, Tya; Salam, Dudung Abdu
Jurnal Lensa Pendas Vol 2 No 1 (2017): Februari 2017
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui keterampilan sosial siswa di kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung, mengetahui motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung, mengetahui hubungan keterampilan sosial dengan motivasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional (asosiatif), jumlah sampel sebanyak 31 responden, teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan sosial siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung berada pada kategori tinggi. Selain itu dilihat dari motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung berada pada kategori tinggi. Disimpulkan bahwa berdasarkan perhitungan korelasi dua variabel dan taraf signifikansi yang digunakan sebesar 5% diperoleh persamaan regresi 23,54 + 0,72 maka regresinya adalah linier. Sehingga ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan sosial dengan motivasi belajar siswa pada Pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 1 Kalapagunung. Hal itu, ditunjukkan dengan keaktifan, proses interaksi komunikasi, dan semangat siswa dalam proses pembelajaran.
PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL YANG DIMODIFIKASI Falah, Irfan Fajrul; Pramudika Sari, Agatha Kristi
Jurnal Lensa Pendas Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.155 KB)

Abstract

Bahasa Inggris menjadi sebuah kebutuhan yang mendasar di era yang serba teknologi seperti sekarang ini. Sudah barang tentu kita harus senantiasa membekali anak-anak kita dengan pengetahuan bahasa Inggris yang mana akan sangat berguna dalam kehidupan mereka kelak. Salah satu upaya dalam proses pengenalan bahasa Inggris di Sekolah Dasar yang dapat dilakukan oleh guru khususnya dalam mengenalkan kosakata bahasa Inggris adalah melalui permainan tradisional “Slep Dur” yang berasal dari Jawa Barat. Permainan tradisional ini sudah mulai ditinggalkan oleh anak-anak di daerah karena mungkin kalah bersaing dengan gadget yang diberikan oleh orang tua mereka. Namun dalam penelitian ini, penulis berupaya untuk memperkenalkan bahasa Inggris kepada pembelajar muda usia atau anak-anak sekaligus melestarikan warisan tradisional daerah yang dimiliki.