cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas)
ISSN : -     EISSN : 2541190X     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) publish articles on Information System from various perspectives, covering both literary and fieldwork studies.
Arjuna Subject : -
Articles 91 Documents
Perencanaan Sistem Pendukung Keputusan Beasiswa Mahasiswa Di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Prabumulih Dengan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (Fmadm) syah, Arian
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 1 No 1 (2016): JUSIM (JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS) DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.467 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v1i1.1

Abstract

Dalam pemilihan penerima beasiswa mahasiswa yang masih manual menyebabkan pengolahan data tidak efisien dari segi waktu dan banyaknya pengulangan yang sebenarnya dapat diefisienkan. Sistem Pendukung Keputusan merupakan suatu sistem yang mampu memberikan suatu gambar keputusan dari keadaan yang ada. Dan sistem ini diterapkan diperguruan tinggi untuk memperoleh keputusan alternatif mahasiswa yang layak mendapatkan beasiswa. Model yang digunakan yaitu Fuzzy Multiple Attribute Decision Making dan metode Simple Additive Weighting. Dimana pemilihan calon penerima beasiswa berdasarkan kriteria-kriteria serta bobot yang sudah ditentukan. Metode ini dipilih karena mampu melakukan penyeleksian alternatif terbaik dari sejumlah alternatif. Dan penelitian ini dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian melakukan proses perangkingan yang akan menentukan alternatif terbaik, yaitu mahasiswa yang berhak menerima beasiswa.
EVALUASI KUALITAS WEBSITE SMK N 2 PERTANIAN TUGUMULYO MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL Lingga Wijaya, M.Kom, Harma Oktafia; Yunita, Yunita; Rusdiyanto, Rusdiyanto
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 3 No 2 (2018): JUSIM (JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS) DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.039 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v3i2.381

Abstract

AbstrakPada Penelitian ini di dapatkan permasalahan yang terjadi disana saat ini adalah Tidak diketahui kualitas dari website SMK Negeri 2 Pertanian Tugumulyo khusunya pada kriteria penilaian pada kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi layanan dan keseluruhannya. Penelitian ini menggunakan 2 metode pengumpulan data yaitu metode pengumpulan data primer yang terdiri dari Metode kuesioner, mengumpulkan dokumen-dokumen dari tempat penelitian (dokumentasi) dan menggunakan metode pengumpulan sekunder yaitu data yang didapat berupa pengetahuan teoritis yang didapat penulis selama ini, baik dari bahan-bahan kuliah, buku-buku referensi yang relevan, serta dari hasil penjelajahan (browsing) dari internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 4 variabel webqual, ada 3 variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kualitas website, yaitu variabel usability, information quality dan variabel service interaction quality. Dapat disimpulkan bahwa website kurang berkualitas dalam segi Overall (keseluruhan), sehingga variabel webqual yang perlu diperbaiki dalam pengembangan selanjutnya yaitu variabel Overall. Kata kunci : Evaluasi kualitas website, metode webqual 4.0AbstractThe problem in this study is the unknown quality of the website SMK Negeri 2 Tugumulyo Agriculture, especially in the assessment criteria on the usefulness, quality of information, quality of service interaction and overall . This study uses 2 methods of data collection, namely the primary data collection method consisting of Questionnaire method, collecting documents from the research site (documentation) and using secondary collection methods, namely the data obtained in the form of theoretical knowledge obtained by the author, both from lecture materials, relevant reference books, and from the results of exploration ( browsing ) from the internet . The results showed that of the four variables WebQual, there are three variables that significantly influence the quality of the website, which is variable usability, information quality and service interaction variable quality. Can be concluded that the website lacks quality in terms of Overall (overall) , so that the webqual variable needs to be corrected in the next development that is the Overall variable . Keywords: Website quality evaluation , webqual 4.0 methode
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN OBAT PADA KLINIK IBU MAS DEPOK Yulia, Eka Rini; Nuris, Nuzuliarini
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 3 No 2 (2018): JUSIM (JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS) DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.06 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v3i2.339

Abstract

Klinik Ibu Mas merupakan sebuah yayasan yang membantu masyarakat sekitarnya untuk bisa sembuh dari sakitnya. Selain itu klinik ibu mas ini juga menjual obat-obatan. Obat ini di jual secara langsung oleh klinik ibu mas kepada masyarakat khususnya yang berada di daerah cimanggis depok. Klinik ibu mas memiliki kendala dalam proses penjualan obat serta kurangnya sarana media transaksi penjualan di klinik ibu mas. Dengan melihat permasalahan yang terdapat di klinik ibu mas, maka pihak klinik ibu mas menginginkan sebuah media pejualan berbasis website yang diharapkan dapat membantu untuk kelancaran proses penjualan obat yangsedang dijalankan. Perlu dilakukan analisis sistem agar dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam sistem yang saat ini sedang berjalan. Metode yang digunakan pada pengembangan perangkat lunak ini menggunakan model waterfall. Alat yang digunakan untuk menggambarkan model sistem adalah berupa Activity Diagram, Use Case Diagram dan ERD, sedangkan bahasa pemprograman yang digunakan untukmembuat program aplikasi ini adalah PHP dan MySql dangan dibantu tool Adobe Dreamweaver CS5 dan Xampp.
EVALUASI KUALITAS WEBSITE SMA NEGERI 4 LUBUKLINGGAU MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL Elmayati, Elmayati; Wulandari, Cindi
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 3 No 2 (2018): JUSIM (JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS) DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.443 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v3i2.333

Abstract

AbstrakMasalah pada penelitian adalah website  ini perlu evaluasi kualitas dalam penyampaian  informasi dan layanan berdasarkan sudut pandang pengguna dengan menggunakan penilaian dari variabel-variabel yang ada pada metode webqual. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, dengan cara melakukan pengamatan secara langsung pada tempat penelitian (observasi), metode wawancara, menyebar kuesioner kepada responden, metode dokumentasi dan metode perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 4 variabel webqual, hanya 2 variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa terhadap website, yaitu variabel ussability dan overall.Dapat disimpulkan bahwa siswa kurang setuju terhadap variabel informasi kualitas dan informasi pelayanan, sehingga variabel servqual yang perlu diperbaiki dalam pengembangan selanjutnya yaitu variabel informasi quality dan informasi pelayanan. Kata kunci— Evaluasi, kualitas  website, metode webqual AbstractThe problem in this study is that this website needs quality evaluation in delivering information and services based on the user's point of view by using an assessment of the variables that exist in the webqual method. This study uses data collection methods, by observing directly the place of research (observation), interview methods, distributing questionnaires to respondents, documentation methods and library methods. The results showed that of the 4 webqual variables, only 2 variables had a significant effect on student satisfaction on the website, namely ussability and overall variables. It could be concluded that students did not agree on the variables of quality information and service information, so that servqual variables needed to be improved in subsequent development namely quality information information and service information.  Keywords— Evaluation, website quality , webqual method
PEMANFAATAN PENGGUNAAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENDEKATAN HUMAN COMPUTER INTERACTION Wardani, Kiky Rizky Nova
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 3 No 2 (2018): JUSIM (JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS) DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.808 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v3i2.332

Abstract

AbstrakPemanfaatan penggunaan perpustakaan digital (perpudig) untuk dapat mengetahui seberapa besar perpustakaan digital (perpudig) dapat membantu pengunjung untuk dapat menikmati fasilitas perpustakaan. Salah satu contoh yang menikmati penggunaan perpustakaan digital (perpudig) pada perpustakaan ini adalah siswa siswi sekolah menengah pertama. Mereka membutuhkan sarana yang dapat diakses dengan cepat untuk menemukan referensi yang dibutuhkan. Pemanfaatan dijelaskan dengan menggunakan parameter usabilitas dan aksebilitas dan menggunakan pendekatan Interaksi Komputer dan manusia. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif maka hasil rekap nilai Usability menunjukkan keseluruhan atribut memiliki nilai penerimaan usability dengan rata-rata diatas 3, sehingga dapat dikatakan bahwa perpustakaan digital (perpudig) telah memiliki aspek usability, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors dan satisfaction. Dan perpustakaan digital (perpudig) ini sudah dapat digunakan oleh seluruh siswa dan staf perpustakaan sekolah menengah ini dikarenakan perpustakaan digital (perpudig) sangat mudah dipelajari dan mudah dipahami atau dimengerti oleh penggunanya. Banyak faktor yang menjadi kendala dalam pemanfaatan perpustakaan digital (perpudig) seperti masalah jaringan internet, koleksi digital yang dimiliki belum lengkap, kelelahan mata pengguna, kurang sosialiasi dan kekurangantahuan pengelola perpustakaan apabila terjadi kesalahan atau masalah ketingga pengunjung mengakses informasi di perpustakaan digital (perpudig). Data yang diperoleh dari penggunaan metode penelitian kuantitatit yaitu kusioner dan observasi. Hasil penelitian di dapatkan bahwa pada aspek usability dan dan aksebilitas bahwa sepenuhnya akan sangat membatu pengguna aplikasi ini terhadap penggunaan aplikasi digital tersebutKata kunci— Human-Computer-Interaction, Elektronik-Perpustakaan, Usabitlity Abstract  Utilizing the use of digital libraries (perpudig) to be able to find out how big a digital library (perpudig) can help visitors to be able to enjoy library facilities. One example that enjoys the use of digital libraries (perpudig) in this library is junior high school students. They need facilities that can be accessed quickly to find needed references. Utilization is explained by using parameters of usability and accessibility and using the Computer and human Interaction approaches. The results of this study can be concluded that by using quantitative research methods, the results of Usability value recapses show that all attributes have usability acceptance values with an average above 3, so it can be said that digital libraries (perpudig) have usability aspects, namely learnability, efficiency, memorability , errors and satisfaction. And this digital library (perpudig) can already be used by all middle school library students and staff because the digital library (perpudig) is very easy to learn and easy to understand or understand by its users. Many factors become obstacles in the utilization of digital libraries (perpudig) such as internet network problems, digital collections that are owned incomplete, user eye fatigue, lack of socialization and ignorance of library managers when errors or problems occur until visitors access information in digital libraries (perpudig). Data obtained from the use of quantitative research methods are questionnaire and observation. The results of the research are that the usability and accessibility aspects will fully help the users of this application to use the digital applicationKeywords— Human-Computer-Interaction, Elektronik-Perpustakaan, Usabitlity
PENERAPAN METODE PROTOTYPE DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGHITUNGAN VOLUME DAN COST PENJUALAN MINUMAN BERBASIS WEBSITE Nugraha, Wahyu; Syarif, Muhamad
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 3 No 2 (2018): JUSIM (JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS) DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jusim.v3i2.331

Abstract

Perusahaan merupakan tempat dimana proses transaksi bisnis berlangsung. Pengolahan data-data yang berhubungan dengan proses bisnis terkadang mengalami kendala seperti yang terjadi pada Hotel Mercure Pontianak. Kendala yang terjadi diantaranya saat penghitungan stok barang setiap akhir bulan. Hal ini terjadi karena rekap penjumlahan barang yang terjual perharinya dihitung secara manual menggunakan buku besar sehingga menyebabkan pengurangan stok yang terpakai tidak sesuai dengan resep minuman yang telah ditetapkan. Akibatnya setiap akhir bulan data stok minuman yang tercatat tidak sesuai dengan stok yang tersisa. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang aplikasi untuk penghitungan volume dan cost penjualan minuman agar karyawan yang bertugas di food and beverage department pada bar hotel lebih mudah dalam manajemen stok barang yang tersedia maupun yang terpakai. Selain itu aplikasi ini dapat mengetahui standar recipe yang telah ditetapkan. Aplikasi ini dirancang menggunakan bahasa PHP dan menggunakan database MySQL. Adapun metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode prototype. Diharapkan dengan adanya sistem informasi penghitungan volume dan cost penjualan minuman ini dapat mempermudah proses transaksi bisnis yang terjadi khususnya dalam manajemen stok barang yang ada di food and beverage department Hotel Mercure Pontianak.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN PEDESAAN BERBASIS WEB MULTIMEDIA Puspita, Desi; Aminah, Siti
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 3 No 2 (2018): JUSIM (JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS) DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.273 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v3i2.330

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk membangun Sistem Informasi Manajemen Kewirausahaan Pedesaan berbasis web multimedia yang menyediakan layanan publik untuk  belajar berwirausaha. Dimana warga desa yang kebanyakan  awam  dalam  penggunaan  IT  (Teknologi  Informasi)  serta  kemampuan  terbatas dalam  memahami  istilah-istilah  IT  dan  keilmuan  lainnya  yang  terkesan  rumit  untuk dimengerti padahal minat masyarakat perdesaan untuk belajar kewirausahaan cukup besar, dan juga masyarakat selama ini untuk mendapatkan informasi kewirausahaan belum optimal karena kemudahan dan kelengkapan dalam  penggunaan  teknologi  informasi  khususnya  dalam  pembelajaran wirausaha masih sangat kurang. Metode  pengembangan  sistem  yang  digunakan  yakni  Rapid  Aplication Development (RAD) dengan tahapan antara lain : requirements planning, RAD design workshop, dan implementation. Manfaat dari sistem ini dapat memberikan manfaat kemandirian desa karena kemampuan wirausaha  desa semakin meningkat dan desa memiliki kemampuan daya saing. Hasil dari penelitian adalah berupa Sistem Informasi Manajemen Kewirausahaan Pedesaan berbasis web multimedia. Kata Kunci:  Pedesaan, Website, Kewirausahaan, Multimedia.  AbstractThe purpose of this study is to establish a multimedia web-based Rural Entrepreneurship Management Information System that provides public services for learning entrepreneurship. Where villagers are mostly lay people in the use of IT (Information Technology) as well as limited ability to understand other IT and scientific terms that seem complicated to understand even though the interest of rural people to study entrepreneurship is quite large, and also the community to get entrepreneurial information yet optimal because the ease and completeness in the use of information technology, especially in entrepreneurial learning is still very lacking. The system development method used is Rapid Application Development (RAD) with stages including: requirements planning, RAD design workshop, and implementation. The benefits of this system can provide the benefits of village independence because the capacity of village entrepreneurs is increasing and the village has competitiveness. The results of the study are in the form of a multimedia web-based Rural Entrepreneurship Management Information System. Keywords: Rural, Website, Entrepreneurship, Multimedia
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN PT. TIKI LUBUKLINGGAU MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL Hakim, Lukman; Sari, Mutiara Rulan
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 3 No 2 (2018): JUSIM (JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS) DESEMBER
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.024 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v3i2.324

Abstract

Abstrak Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) suatu produk dengan harapannya[1]. Pelayanan merupakan suatu kegiatan yang memiliki beberapa unsur ketak berwujudan yang berhubungan dengannya, apa yang melibatkan beberapa interksi dengan konsumen atau pelanggan dengan property dalam kepemilikannya, dan tidak menghasilkan transfer kepemilikan[2]. Hal yang harus diperhatikan dalam memberikan pelayanan kepada konsumen adalah mendengarkan suara konsumen sehingga perusahaan harus memperoleh umpan balik (feed back) beberapa tanggapan konsumen tentang sarana dan prasarana yang berhubungan dengan pelayanan yang diberikan kepada konsumen untuk kontrol dan ukuran keberhasilan suatu perusahaan itu sendiri, hal ini juga yang mengharuskan perusahaan untuk menyusun strategi dalam mengatasi pesaingan agar menjadi pilihan utama pelanggan. Kata Kunci : Analisis, Kepuasan Pelanggan, Pelayanan Abstract Satisfaction is a feeling of pleasure or disappointment that comes from the compatibility between the impression of performance (results) a product with his hopes. Service is an activity that has several intangible elements associated with it, what involves several interactions with consumers or customers with property in their ownership, and does not result in ownership transfers. The thing that must be considered in providing services to consumers is listening to the voice of consumers so that the company must obtain feedback some consumer responses regarding facilities and infrastructure related to services provided to consumers for control and measures of success of a company itself, this also requires companies to develop strategies to overcome competition in order to become the primary choice of customers. Keywords : Analysis, Customer Satisfaction, Service
IMPLEMENTASI METODE PIECES PADA ANALISIS WEBSITE KANTOR PENANAMAN MODAL KOTA LUBUKLINGGAU Wijaya, Harma Oktafia Lingga
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 3 No 1 (2018): JUSIM (JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS) JUNI
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.54 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v3i1.289

Abstract

AbstrakDi Era Informasi pada saat ini website memiliki fungsi yang sangat besar bagi individu maupun masyarakat luas ,sebagai media penyebarluasan informasi bagi  masyarakat itu sendiri dengan terpenuhi kebutuhan informasi masyarakat diharapkan terpenuhinya dan tercapainya informasi yang mudah dan cepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini,untuk memberikan pelayan yang baik kepada masyarakat Kantor penanaman modal juga berusaha memberikan informasi yang cepat kepada masyarakat dengan menggunakan website kantor.  Begitu juga dengan kantor penanaman modal kota Lubuklinggau.Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau pada saat ini sudah mempunyai website sendiri yaitu http://www.kpm.lubuklinggaukota.go.id. Dimana website ini menyediakan informasi mengenai Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau seperti berita, visi dan misi, profil dan informasi lainnya. Akan tetapi sejak website pertama dibuat, website ini belum pernah dilakukan suatu analisis mengenai keadaan website tersebut. Sehingga terdapat masalah yang muncul dalam mengakses website tersebut, seperti membutuhkan waktu yang lama membuka halaman website, navigasi menu yang kompleks dan informasi yang kurang up to date. Dengan menganalisa website tersebut maka dapat diperoleh suatu informasi yang berguna bagi pemilik website guna memperbaiki dan mengembangkan website mereka.Website Kantor Penanaman Modal ini akan dianalisis dengan menggunakan metode PIECES dari segi Performance, Information, Economic, Control, Efeciensy, dan Service. Dari segi Performance akan mengukur seberapa lama performa dari website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau. Segi Information akan menganalisis informasi apa saja yang diberikan oleh website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau kepada masyarakat. Segi Economics akan menganalisis dari segi ekonomi yaitu biaya. Control akan menganalisa dari segi keamanan website. Segi Efficiency akan menganalisis seberapa efisienkah website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Segi Service Layanan akan menganalisis layanan apa saja yang disediakan website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau.Kata Kunci : Metode PIECES, Analisis, Website
SPK: ANALISA REKOMENDASI BANK KONVENSIONAL DENGAN PROMETHEE SEBAGAI SOLUSI CERDAS UNTUK MENABUNG Novika, Tri; Widiastari, Afrialita; Miralda, Viya; Windarto, Agus Perdana
JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) Vol 3 No 1 (2018): JUSIM (JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS) JUNI
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.678 KB) | DOI: 10.32767/jusim.v3i1.260

Abstract

Many banks in Indonesia, both government and private offer different advantages to customers, so there are still many common people who are hesitant in deciding where to save. The reasearch proposes a decision support system to recommend conventional banks as a savvy solution for saving. The promethee method generates decisions by comparing alternatives based on different preference functions and weights of each criterion in which the decision result is determined from the promethee II (net flow) rating. The criteria used as the valuation for conventional bank are savings interest rate (C1), number of ATM machine (C2), initial deposit of saving (C3), monthly administration fee (C4) and bank service (C5). This developed system resulted Bank Mandiri as recommendation of conventional bank as smart solution to save with net value 0,725. With this system can help prospective customers in determining the ideal saving place to prepare for future needs.

Page 1 of 10 | Total Record : 91