cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. tanjung jabung barat,
Jambi
INDONESIA
Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
ISSN : 23388862     EISSN : 26567628     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Aktualita adalah jurnal penelitian sosial keagamaan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) An-Nadwah Kuala Tungkal. Yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Maret dan September. Topik-topik kajian jurnal ini dikembangkan dalam Sosial Keagamaan.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS KEWIRAUSAHAAN Setiawan, Heru
Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol 9 No 1 (2019): Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat STAI An-Nadwah Kuala Tungkal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lembaga pendidikan Islam dengan pendekatan bisnis juga harus memiliki sistem dan infrastruktur yang dijiwai oleh budaya perusahaan yang unggul (great corporate culture). Kewirausahaan merupakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya, bercipta, berkarsa dan berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan kegaitan usahanya. Pendidikan kewirausahaan, juga memungkinkan individu bekerja dan berkarya di bidang yang diminati, karena mereka berusaha menciptakan pekerjaan mereka sendiri. Implikasinya, tentu akan meningkatkan etos dan durabilitas kinerja. Hal ini akan menghindari jumlah karyawan yang bekerja dengan perasaan terpaksa dan cenderung berprinsip ABS (asal bapak senang), sehingga membuat perahu perusahaan berat untuk berlayar karena banyak pekerjaan tambalan yang harus dilakukan.Pendidikan yang berwawasan kewirausahaan, adalah pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip dan metodologi ke arah pembentukan kecakapan hidup (life skill) pada peserta didiknya melalui kurikululm yamg dikembangkan di lembaga pendidikan Islam. Kerangka pengembangan kewirausahaan dikalangan tenaga pendidik dirasakan sangat penting, karena pendidik adalah agen of change yang diharapkan mampu menanamkan ciri-ciri, sifat dan watak serta jiwa kewirausahaan atau jiwa entrepreneur bagi peserta didiknya. Di samping itu, jiwa entrepreneur juga sangat diperlukan bagi seorang pendidik, karena melalui jiwa ini, para pendidik akan memiliki orientasi kerja yang lebih efisien, kreatif, inofatif, produktif, dan mandiri.
RANCANG BANGUN APLIKASI READY-G SEBAGAI PARADIGMA SOSIAL BERBASIS DIGITAL DALAM MEMBANGUN GENERASI EMAS BEBAS CYBERBULLYING H. AHMAD LUTHFI, NUER SECHA M. ARDIANSYAH
Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol 9 No 1 (2019): Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat STAI An-Nadwah Kuala Tungkal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cyberbullying merupakan ancaman ditengah kemajuan teknologi pemicu depresi hingga keinginan menyakiti diri sendiri. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat cyberbullying pada tahun 2018 meningkat signifikan dan sebanyak 41% remaja Indonesia pernah mengalami cyberbullying. Penelitian ini bertujuan untuk membangun generasi emas bebas cyberbullying melalui aplikasi berbasis digital yang dapat diakses dengan mudah. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan survei responden usia 13-40 tahun yang merupakan pengguna media sosial untuk memperoleh data, studi pustaka, serta dokumentasi berupa foto dan video kegiatan penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh rancang bangun aplikasi READY-G (Responsibility, Empathy, Attractive, Daring, Youth Generation) dengan konsep help and support community. Aplikasi READY-G dilengkapi dengan 5 (lima) fitur utama, yaitu mental health, am I being bullied, circle time, key principles, dan advice for parents, school and teachers yang dirancang dengan menarik dan melindungi informasi pribadi setiap penggunanya. Aplikasi ini mendapat respon positif dan responden berharap agar dapat segera diimplementasikan. Berdasarkan hal ini, dapat disimpulkan bahwa rancang bangun aplikasi READY-G dapat menjadi salah satu paradigma sosial berbasis digital dalam membangun generasi emas bebas cyberbullying.
TEKNOLOGI TEPAT GUNA SIRUP BUAH PUCUK MERAH MUDAH DAN AMAN Umi Soleha
Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol 9 No 1 (2019): Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat STAI An-Nadwah Kuala Tungkal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sejak dahulu, masyarakat Indonesia telah banyak mengetahui manfaat dari berbagai tanaman. Ada yang digunakan sebagai obat misalnya temulawak, jahe, sambiloto, dan tempuyung. Ada tanaman yang digunakan untuk kecantikan, misalnya teh hijau, buah pepaya, dan buah bengkoang. Ada pula yang digunakan sebagai tanaman hias, salah satunya adalah tanaman Pucuk Merah. Pucuk Merah adalah salah satu jenis tanaman hias yang saat ini sedang populer di Indonesia. Warna kemerahan pada daun-daun muda menjadi ciri khas sekaligus daya tarik pada tanaman ini. Maka tak heran jika Pucuk Merah terkenal sebagai tanaman pagar atau tanaman hias yang mampu mempercantik tampilan sebuah taman. Tanaman ini juga sering digunakan sebagai pembatas jalan baik di daerah  perkotaan maupun di perkampungan.
NEW MEDIA DAN STRATEGI PERIKLANAN AHMAD HARUN YAHYA, SUPRIONO
Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol 9 No 1 (2019): Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat STAI An-Nadwah Kuala Tungkal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi memunculkan perubahan dalam penggunaan media sosial tidak hanya menjadi media untuk berbagi informasi dan saling berhubungan dengan teman, saudara, ataupun keluarga tetapi juga menjadi media marketing bagi perusahaan. Youtube merupakan salah satu media sosial yang efektif untuk perusahaan dalam memperkenalkan produknya melalui konten video. Akan tetapi yang ingin dijadikan permasalahan dalam tulisan ini adalah penyisipan iklan dalam video, hal tersebut merubah isi konten yang awalnya sebagai hiburan menjadi media iklan untuk perusahaan. Perubahan isi konten ini lah yang akan menjadi pembahasan penulis dari sudut pandang etika pemasaran.
PEMBAHASAN METODE PEMAHAMAN HADIS IMAM SYAFI’I SYAHRONI, AHMAD
Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol 9 No 1 (2019): Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat STAI An-Nadwah Kuala Tungkal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang metode pemahaman hadis imam syafi’i. Pembahasannya difokuskan pada permasalahan pokok yaitu : metode pemahaman hadis imam syafi’i. Tulisan ini merupakan hasil dari kajian pustaka dengan menggunakan sudut pandang hukum normatif, historis dan sosiologis. hasil dari tulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara imam syafi’I meramu suatu hadis kedalam ilmu syariat yang mudah dicerna dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembahasan ini Imam Syafii menitikberatkan pemahaman hadis pada empat poin penting, yaitu: (1). Am dan Khos (Umum dan Khusus). Khobar ‘am: berlaku untuk semua dan dalam keadaan yang umum. Seperti jumlah rakaat dalam shalat, puasa ramadhan dan larangan berbuat keji. Khobar khos: kekhususan hukum yang berlaku untuk kejadian tertentu. Seperti misalnya sujud sahwi. (2). Hadits Ahad. Imam Syafii menerima hadits ahad sebagai hujjah dengan syarat: Orang yang meriwayatkan terpercaya dalam agamanya, Dikenal jujur dalam periwayatan, Memahami apa yang diriwayatkan, Menyadari suatu lafadz yang mungkin dapat mengubah arti hadits, Periwayatan hadits harus bil lafdzi (kata demi kata), Perawi hendaknya menghafal di luar kepala, atau mencatatnya dengan cermat apabila meriwayatkan dengan catatan. (3). Naskh dan Mansukh. Imam Syafii membatasi naskh dengan 3 cara: Ada penetapan tertulis dari Rasulullah SAW, atau dari sebagian sahabat, atau dari orang yang mendengarnya dari sahabat, Kesepakatan bahwa hadits yang satu menasakh yang lain. Dengan mengetahui urutan haditsnya. Yang awal dinasakh oleh yang datang kemudian.
Metode Pembelajaran Aktif (Active Learning) Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kuala Tungkal Rini, Rini; Saidek, Abd Rahim
Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol 8 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat STAI An-Nadwah Kuala Tungkal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kuala Tungkal untuk tujuan Penelitian mengetahui metode, dan upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui metode Pembelajaran Aktif (Active Learning) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits,serta kendala yang dihadapi guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui metode Pembelajaran Aktif (Active Learning). Prosedur penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan pendekatan Studi Kasus, data dipilih secara purposive sampling yaitu sampel di ambil dengan maksud dan tujuan tertentu. Selanjutnya metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara/interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisa datanya, peneliti menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi (triangulasi sumber, triangulasi teknik/cara, dan triangulasi waktu). Pembahasan hasil penelitian ini menemukan bahwa metode Pembelajaran Aktif (Active Learning) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kuala Tungkal meliputi 6 metode yakni Metode ceramah, Tanya jawab, Curah pendapat, Pertanyaan peserta didik, Pencarian informasi, dan Diskusi kelompok.
PEMBUATAN TINTA STEMPEL YANG LEBIH AMAN DAN MURAH DARI BUAH KEDUDUK Rahmad, Rahmad; Ehsan, Ehsan; Srimulyani, Rani; Heryani, Heryani
Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol 8 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat STAI An-Nadwah Kuala Tungkal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, banyak sekali dijumpai tanaman buah keduduk, karena buah keduduk sendiri merupakan tumbuhan liar yang dapat tumbuh dimana saja, seperti di pinggir jalan, di kebun, semak belukar dan bisa saja tumbuh di sekitar tempat tinggal kita. Sehubungan dengan meningkatnya kemajuan kota Kuala Tungkal, maka semakin banyak pula bermunculan lembaga-lembaga pendidikan yang menawarkan berbagai macam sajian pendidikan, tidak hanya lembaga pendidikan, di Kuala Tungkal juga banyak terdapat Instansi-Instansi yang berfungsi sebagai pemenuh kebutuhan masyarakat dalam hal umum, tentunya lembaga-lembaga dan instansi-instansi tersebut memerlukan peralatan kantor seperti pena, buku, dan tinta stempel.  
MANAJEMEN PELATIHAN Setiawan, Heru
Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol 8 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat STAI An-Nadwah Kuala Tungkal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelatihan pada dasarnya adalah suatu proses memberikan bantuan bagi para karyawan atau pekerja untuk menguasai keterampilan khusus atau membantu untuk memperbaiki kekurangan dalam melaksanakan pekerjaan mereka. Perbedaan yang nyata dengan pendidikan, diketahui bahwa pendidikan pada umumnya bersifat filosofis, teoritis, bersifat umum, dan memiliki rentangan waktu belajar yang relatif lama dibandingkan dengan suatu pelatihan. Sedangkan yang dimaksudkan dengan pembelajaran, mengandung makna adanya suatu proses belajar yang melekat terhadap diri seseorang. Pembelajaran terjadi karena adanya orang yang belajar dan sumber belajar yang tersedia. Dalam arti pembelajaran merupakan kondisi seseorang atau kelompok yang melakukan proses belajar.  
PENDIDIKAN PEREMPUAN DALAM PERSFEKTIF ISLAM MUSLIMAH Muslimah, Muslimah
Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol 8 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat STAI An-Nadwah Kuala Tungkal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 
PENERAPAN NILAI-NILAI KEADILAN DAN SOSIAL DALAM AKAD-AKAD BISNIS SYARIAH Mustakim, Mustaki
Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol 8 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat STAI An-Nadwah Kuala Tungkal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adil dalam Ensiklopedi Hukum Islam: (al-‘adl)  Salah satu sifat yang harus dimiliki oleh manusia dalam rangka menegakkan kebenaran kepada siapapun tanpa kecuali, walaupun akan merugikandirinya sendiri.[1] Secara etimologis, al-‘adl berarti “tidak berat sebelah, tidak memihak, atau menyamakan yang satu dengan yang lain (al-musawah)”. Istilah lain dari al ‘adl adalah al-qist, al-misl (sama bagian atau semisal). Secara terminologis, adil berarti “mempersamakan sesuatu dengan yang lain, baik dari segi nilai maupun dari segi ukuran, sehingga sesuatu itu menjadi tidak berat sebelah dan tidak berbeda satu sama lain”. Adil juga berarti “berpihak atau berpegang kepada kebenaran”.  

Page 1 of 3 | Total Record : 21