cover
Contact Name
Verdi Yasin
Contact Email
verdiyasin@jayakarta.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jisicom@stmikjayakarta.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Information System, Informatics and Computing
ISSN : 25795201     EISSN : 25973673     DOI : -
Core Subject : Science,
JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing) , ini, diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Lembaga Pengembangan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta.
Arjuna Subject : -
Articles 34 Documents
IMPLEMENTASI TEOREMA BAYES UNTUK MENDIAGNOSA TINGKAT STRES Azmi, Zulfian; Syahputra, Kurniadi
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : Stmik Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Stres merupakan  kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai kesempatan tersebut terdapat penghalang dan mempengaruhi kinerja keseharian seseorang, bahkan dapat menimbulkan rasa sakit, gangguan mental dan produktivitas menurun. Dengan menggunakan metode Terorema Bayes dengan probabilitas bersyarat, untuk memperoleh model marginal didalam mesin pembelajaran dapat menghasilkan estimasi parameter dengan menggabungkan informasi dari sampel dan informasi lain yang telah tersedia sebelumnya. Sistem yang dirancang dengan gejala yang ada dapat mengenali apakah pasien terkena strok ringan, sedang dan berat. Selanjutnya sistem juga selain   dapat memberikan laporan informasi juga solusi dan terkait gejala dan penyakit yang ditimbulkan.
EXPERT SYSTEM DIAGNOSA PENYAKIT PARU PADA ANAK DENGAN METODE FORWARD CHAINING Wati, Embun Fajar; Siregar, Martua Hami; Kurniawati, Nur Indah
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Stmik Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pakar (expert system) merupakan salah satu bidang yang menggunakan kecerdasan buatan. Expert system adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Dalam hal ini adalah permasalahan kesehatan paru pada anak, yaitu dengan membangun sebuah sistem berbasis pengetahuan kedokteran dalam mendiagnosa penyakit paru pada anak yang ditampilkan dalam bentuk website menggunakan pemrograman PHP dengan database MySQL dengan metode forward chaining. Dengan fasilitas yang diberikan untuk user dan pakar, memungkinkan baik user maupun pakar untuk menggunakan sistem ini sesuai kebutuhannya masing-masing. User diberi kemudahan dalam mengetahui informasi berbagai jenis penyakit paru anak dengan gejala-gejala klinisnya, serta konsultasi layaknya dengan seorang dokter paru anak melalui beberapa pertanyaan yang harus dijawab user untuk mengetahui hasil diagnosanya. Sedangkan pakar dimudahkan dalam memanajemen sistem, baik proses tambah, hapus maupun update data terbaru dari hasil pembahasan, disimpulkan bahwa sistem pakar diagnosa penyakit paru pada anak telah selesai dibuat. Dengan dibuatnya sistem ini diharapkan mampu memberikan informasi segala hal yang berhubungan dengan masalah kesehatan paru anak secara cepat dan efisien secara timbal balik antara user dan sistem.
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS ACCESS ID CARD Junaedi, Ifan
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Stmik Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan teknologi informasi berbasis access Id-Card ini sangat berguna bagi , Pendidikan , Instansi dan masyarakat pada umumnya yaitu Id-Card ini sangat membantu dalam proses penjagaan dan proteksi data, karena dengan memakai IdCard ini dapat dengan teratur proses administrasi pada Instansi, Pendidikan atau masyarakat . Dimana data dengan sangat terjaga karena tidak semua pemakai dapat menggunakan Id-Card tersebut kecuali yang berhak dan berwenang . Kata kunci : Acces Id Card
PERANCANGAN WEBSITE SISTEM INFORMASI SIMPAN PINJAM MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGINTER PADA KOPERASI BUMI SEJAHTERA JAKARTA Romadhon, Syahrul Suci; Desmulyati, Desmulyati
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : Stmik Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Koperasi simpan pinjam adalah sebuah lembaga keuangan yang memberikan layanan transaksi menyimpan dan meminjam uang kepada anggotanya. Koperasi Simpan Pinjam Bumi Sejahtera perlu memiliki sebuah sistem informasi guna mempermudah proses pengolahan data, melaksanakan tugas secara tepat, dan meminimalkan kesalahan pencatatan transaksi maupun perhitungan keuangan, dikarenakan sistem yang ada tidak dapat mendukung akitifitas yang dilakukan oleh koperasi bumi sejahtera, terlebih lagi permasalahan pada program yang berjalan yaitu program yang digunakan sudah tidak diperpanjang dengan pihak aplikasi. Untuk memenuhi kebutuhan diatas maka perlu dirancang sebuah sistem informasi simpan pinjam. Tahap perancangan meliputi pembuatan deskripsi system requirement specification, use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram, serta perancangan database. Sistem informasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrogramam PHP melalui framework CodeIgniter, serta MySQL sebagai penyimpanan databasenya. Dengan menggunakan penyimpanan database, pada sistem informasi koperasi dapat memudahkan proses pengolahan data trasansaksi simpan pinjam dikarenakan telah tersimpan pada 1 pusat basis data. Sistem informasi berbasis web ini merupakan alternatif untuk meningkatkan mutu pengolahan data dan pelayanan jasa koperasi simpan pinjam untuk pengurus dan anggotanya. Fasilitas yang terdapat dalam sistem informasi ini antara lain pengolahan data anggota, simpanan, pinjaman, angsuran, pemotongan gaji . Dalam sistem ini terbagi menjadi 2 kategori user yaitu admin dan anggota.
PERANCANGAN JARINGAN VOIP DENGAN IVR (INTERACTIVE VOICE RESPON) UNTUK SISTEM INFORMASI AKADEMIK STMIK JAYAKARTA MENGGUNAKAN ASTERISK Wulandari, Febri; Yasin, Verdi; Moissa, Abdi
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : Stmik Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Alat komunikasi mengalami perkembangan di berbagai bidang terutama di bidang teknologi. Terutama untuk suatu kampus layanan komunikasi menjadi sangat penting. Adapun bentuk teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut adalah sistem IVR (Interactive Voice Response). Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Metode WaterFall . Call flow menggambarkan proses interaksi pengguna melalui telepon dan kemudian melakukan logika tertentu yang kemudian diverifikasi terhadap database, saat pemanggil mendial nomor telephone yang dituju, sampai terkoneksi dengan diberikannya jawaban dari server (biasanya berupa greeting). Pemanggil menekan pilihan yang disediakan dalam aplikasi dengan cara menekan tombol-tombol keypad handphone atau teleponnya (menggunakan sistem DTMF). Sistem IVR di STMIK Jayakarta yang di buat sesuai dengan rancangan yang telah di buat contoh nya dapat dibuktikan dengan cara mengakses data sesuai dengan database. Data tersebut akan berjalan apabila mahasiswa menekan pilihan Informasi.
SISTEM INFORMASI KOPERASI PINJAMAN PADA KOPERASI KARYAWAN MANDARIN ORIENTAL JAKARTA DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBJEK Wati, Embun Fajar
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Stmik Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Koperasi Mandarin Oriental Jakarta atau biasa disebut dengan KKMOJ adalah perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi terutama pinjaman. Tujuan utama dari koperasi adalah untuk mewujudkan kesejahteraan anggota-anggotanya. Adanya dokumen-dokumen yang banyak dalam satu transaksi membuat pengurus kesulitan dalam pencarian data, terjadinya kesalahan perhitungan dan aktivitas rutin yang semakin meningkat ternyata membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih. Sehingga membuat koperasi sadar akan perlunya suatu alat yang membuat pekerjaan menjadi mudah. Oleh sebab itu, Koperasi Mandarin Oriental Jakarta tak ingin ketinggalan dalam penggunaan komputer. Cara inilah yang digunakan koperasi sebagai langkah awal yang tepat menuju kemajuan. Analisis Sistem Informasi menggunakan Unified Modeling Language (UML) yang berorientasi objek sebagai alat pemodelan sistem. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi pendahuluan (tinjauan lapangan dan penelitian kepustakaan), analisa sistem, dan rancangan sistem. Hasil penelitian ini mencakup beberapa proses yaitu : pendaftaran anggota, transaksi pinjaman, transaksi pinjaman bukopin, perhitungan dan pembuatan laporan yang akan dikembangkan dengan aplikasi berbasis desktop. Rancangan ini diharapkan dapat memfasilitasi aliran informasi rekaman dokumen dan perhitungan keuangan, serta mendukung pelaksanaan proses bisnis koperasi. Kata Kunci : Koperasi, pinjaman, UML, waterfall.
APLIKASI BENGKEL ONLINE MENGGUNAKAN GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS) BERBASIS ANDROID PADA CV. RUMAH OTOMOTIF Zaki, Badri; Putra, Syahrizal Dwi
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Stmik Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi bengkel online berbasis android. Aplikasi ini dikembangkan untuk memberikan solusi atas sulitnya mencari bengkel terdekat ketika mengalami kerusakan pada kendaraan di tengah perjalanan. Metode yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini adalah metode waterfall. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan android, Global Positioning System (GPS), Google Maps API, JSON (JavaScript Object Notation) dan Firebase. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi yang dapat diakses melalui berbagai perangkat smartphone. Dengan aplikasi ini akan mempermudah pengendara dalam mencari bengkel terdekat. Pelanggan dapat menghindari antrian pada saat ingin melakukan servis kendaraan. Menambah traffic pada bengkel-bengkel yang terdaftar di aplikasi. Menghasilkan sebuah aplikasi bengkel online yang dapat digunakan untuk semua pengendara bermotor dan bengkel. 
PERANCANGAN PALANG PINTU KERETA OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA 16 Febriyanto, Febriyanto; Desmulyati, Desmulyati
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : Stmik Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Palang pintu kereta otomatis merupakan suatu  otomatis yang diterapkan pada jalur transportasi kereta api guna berfungsi menutup dan membuka jalan yang membatasi atau menghentikan jalur lalu lintas agar kendaraan berhenti sementara untuk memdahulukan kereta api yang akan melewati. Aplikasi ini hanyalah sebuah prototype kecil yang menggambarkan sebuah aplikasi untuk palang pintu kereta api yang dapat bergerak secara otomatis, dibandingkan penerapan sesungguhnya aplikasi ini mungkin masih jauh sekali dari kejadian sebenarnya, akan tetapi aplikasiini mungkin dapat sebagai dasar dari palang pintu kereta yang dapat berjalan secara otomatis. Palang pintu kereta otomatis ini mempunyai empat bagian umum yaitu motor DC yang berfungsi untuk membuka dan menutup palang pintu kereta, sensor inframerah dan photodioda sebagai pendeteksi adanya kereta api yang akan melintas, buzzer dan display sebagai peringatan dini bila ada kereta yang akan melintas dan mikrokontroler ATMEGA 16 sebagai pengendali program.  
PENGGUNAAN TEKNOLOGI ROUTER MIKROTIK DALAM MENUNJANG JARINGAN HOTSPOT DAN VOUCHER HOTSPOT PADA WARNET BNET Nainggolan, Conrad; Putra, Syahrizal Dwi
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : Stmik Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah penggunaan teknologi Router Mikrotik dalam menunjang jaringan hotspot dan voucher hotspot pada warnet BNET, sehingga warnet dapat memberikan fasilitas hotspot berbasis mikrotik, voucher hotspot bagi pengguna selain koneksi kabel disekitar lingkungan warnet BNET dan tentunya yang mendatangkan revenue tambahan diluar koneksi kabel. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode analisis yaitu melakukan observasi terhadap sistem yang berjalan dan studi literatur, penggunaan topologi jaringan yaitu memilih perangkat jaringan yang akan digunakan dan konfigurasi pada perangkat jaringan yang digunakan, melakukan testing jaringan hotspot baru dan voucher hotspot. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan penyediaan layanan hotspot dan voucher hotspot, maka warnet mendapat revenue dari layanan hotspot selain revenue dari layanan kabel.
APLIKASI PENGENALAN UCAPAN HURUF JEPANG MENGGUNAKAN HIDDEN MARKOV MODEL (HMM) Abdullah, Dahlan; Erliana, Cut Ita
Journal of Information System, Informatics and Computing Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Stmik Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jika dibandingkan dengan bahasa asing yang lain, bahasa Jepang tergolong cukup mudah dipelajari, hurufnya tidak serumit bahasa Mandarin. Dalam pembelajaran, pengucapan huruf Jepang dengan benar sangat berpengaruh dalam berkomunikasi. Pengenalan ucapan adalah suatu proses yang dilakukan komputer untuk mengenali kata-kata yang diucapkan oleh seseorang tanpa memperdulikan identitas orang terkait. Kata-kata tersebut akan diubah bentuknya menjadi sinyal digital dengan cara mengubah gelombang suara menjadi sekumpulan angka lalu disesuaikan dengan kode-kode tertentu dan dicocokkan dengan suatu pola yang tersimpan dalam database. Dalam penelitian ini membahas tentang bagaimana pengenalan ucapan huruf Jepang menggunakan Hidden Markov Model (HMM). HMM adalah suatu model statistik dari sebuah sistem yang diasumsikan sebuah proses Markov dengan parameter-parameter yang tidak diketahui dan memiliki ketepatan dalam identifikasi suara. Untuk ektraksi ciri sinyal menggunakan metode statistik yaitu Mean dan Tranformasi Mellin. Penelitian dilakukan dengan 10 orang yang mengucapkan huruf konsonan vokal Jepang Hiragana yaitu “Ka, Ki, Ku, Ke, Ko, Sa, Shi, Su, Se, So”. Hasil dari pengenalan ucapan menunjukkan keakuratan aplikasi dengan nilai kedekatan rata-rata adalah 0,83234179 atau 83%. Kata Kunci : Huruf Jepang, Hidden Markov Model, Mean, Pengenalan Ucapan, Statistik, Tranformasi Mellin.

Page 1 of 4 | Total Record : 34