cover
Contact Name
Muhammad Arifudin Lukmana
Contact Email
arifudin@upnvj.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalbinateknika@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Bina Teknika
ISSN : 16938550     EISSN : 26571374     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Bina Teknika pertama publikasi tahun 2007, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai isu Keteknikan, baik secara nasional maupun internasional. Artikel ilmiah dimaksud berupa kajian teori (theoritical review) dan kajian empiris dari ilmu terkait, yang dapat dipertanggungjawabkan serta disebarluaskan secara nasional maupun internasional. Bina Teknika menerima artikel ilmiah dengan area penelitian pada: 1. Teknik Mesin 2. Teknik Perkapalan 3. Teknik Industri 4. Teknik Elektro Dengan artikel yang memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. Bina Teknika sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada Masyarakat luas, situs Bina Teknika menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal Bina Teknika adalah jurnal ilmiah nasional yang merupakan sumber referensi akademisi. Dengan jadwal terbit 2 (dua) kali setahun, yaitu Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 1 (2019): Bina Teknika" : 18 Documents clear
ANALISIS MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH ELECTRONIC FUEL INJECTION DENGAN MENGGUNAKAN PIGGYBACK Habibi, Muhammad Reza; Sugeng, Margono
Bina Teknika Vol 15, No 1 (2019): Bina Teknika
Publisher : Fakultas Teknik UPN "Veteran" Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.695 KB)

Abstract

The need for motorized vehicles at this time is very high. It can be seen from the increasing number of motorized vehicles that have sprung up with various variations and innovations. Motorized vehicles are needed as a means of transportation to support day-to-day activities both to workplaces, schools, sending goods and so on because they are faster and more efficient and fuel efficient. However, the performance capability of motorized vehicles will experience a decline from all aspects, especially the performance of the engine, due to the use or behavior of our use of the motorbike. One way to restore even improve the performance of the motorbike by giving a device to the control unit system in the form of Piggyback, so that the performance of the motorbike will return like the new one and even increase. To be able to find out the performance of the engine before and after using Piggyback, a motor test was performed on the engine by dynotest on the dynamometer. So this reason the author can analyze how much changes in power, torque and fuel to air ratio occur. 
DISAIN ERGONOMIS TEMPAT OPERASI KHITAN UNTUK MENGURANGI KELUHAN MUSKULOSKELETAL DENGAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA) DAN PENGUKURAN ANTHROPOMETRI Rosyati, Desi; Ahyadi, Harwan; Nelfiyanti, Nelfiyanti
Bina Teknika Vol 15, No 1 (2019): Bina Teknika
Publisher : Fakultas Teknik UPN "Veteran" Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (877.673 KB)

Abstract

Poliklinik khitan adalah poliklinik menangani khitan. Tempat operasi sudah didisain dengan nuansa anak-anak dengan model tempat operasi mempunyai kemiripan mobil yang mempunyai tingginya 50cm atau selutut orang dewasa, yang artinya dokter dan staff Kesehatan harus membungkuk saat menangani pasien. Dokter dan Staff kesehatan di sana pun mengeluh nyeri pada bagian tubuh, seperti punggung, pingang, leher dan kaki, yang biasa disebut dengan musculoskeletal disorders (MSDs). Maka penelitian ini bertujuan untuk mengurangi keluhan tersebut dengan cara mendisain ergonomis tempat  operasi khitan. Pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan, dokumentasi, wawancara, dan penyebaran kuisioner Nordic Body Map untuk mengetahui keluhan pada dokter dan staff kesehatan. Dari skor REBA yang di dapat yaitu 9, bahwa tindakan perbaikan yaitu perlu segera. Pengumpulan data antropometri dilakukan untuk mengetahui ukuran disain tempat  operasi yang sesuai dengan dimensi tubuh dokter dan staff kehatan. Adapun perbandingan ukuran tempat  operasi awal dengan usulan yaitu tinggi tempat  operasi awal 50 cm, dan tinggi tempat  usulan adalah 95-110 cm. Lebar tempat  operasi awal 70 cm, dan lebar tempat  usulan adalah 73 cm. Dan panjang tempat  awal 150 cm, dan tempat  usulan adalah 163 cm.
Pengujian Pengaruh Ketinggian Weir pada Koefisien Discharge dari Weirmeter Sharp-Crested V-Notch 90o Komarudin, Komarudin; Suprijatmono, Djoko; Pati, Gennady Chitra
Bina Teknika Vol 15, No 1 (2019): Bina Teknika
Publisher : Fakultas Teknik UPN "Veteran" Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.444 KB)

Abstract

Weirmeter is a discharge gauge on an open-channel flow that is usually applied to dams and rivers. In each weirmeter there is a discharge coefficient (Cd), which is the coefficient multiplied by the theoretical discharge to obtain the actual discharge because the pressure difference and flow velocity are neglected. The Cd is directly proportional to the discharge. The actual debit measurement results do not approximate the result (the multiplication of the theoretical debit with Cd). This difference may be due to unequal Cd values for each weir dimension, one of which is the weir height (P). Therefore it is necessary to test the weirmeter with P varies in order to know the pattern and the value of Cd. The tested weirmeter is sharp-crested v-notch 90o with a length of 200 cm and a width of 35.5 cm. P used is 20.3 cm; 21.3 cm; and 22.3 cm. From the test, the Cd value is inversely proportional to P although some of these test results are far from the theory because it requires a 90% confidence interval on the Student distribution (t distribution). The value of Cd in weirmeter used is 0.6996 for P 20.3 cm; 0.6657 for P 21.3 cm; and 0.5781 for P 22.3 cm.
Cover, Kata Pengantar dan Daftar Isi Teknika, Bina
Bina Teknika Vol 15, No 1 (2019): Bina Teknika
Publisher : Fakultas Teknik UPN "Veteran" Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.911 KB)

Abstract

PERANCANGAN HOT AIR BLOWER PADA CONVEYOR 403-V UNTUK MENCEGAH PENGGUMPALAN IRON ORE PELLET (IOP) PADA DAYBIN 404-F Cholis, Nur; Sebastian, Yosua; Fauzan, Fariz Hilman; Pringgatama, M. Fathuraman
Bina Teknika Vol 15, No 1 (2019): Bina Teknika
Publisher : Fakultas Teknik UPN "Veteran" Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.641 KB)

Abstract

Perancangan Hot Air Blower pada Conveyor 403-V di Direct Reduction Plant PT Krakatau Steel ini dapat mencegah penggumpalan bijih besi pellet atau yang bisa disebut Iron Ore Pellet dengan tujuan untuk mengurangi frekuensi maintenance pada seksi Material Handling. Permasalahan yang dihadapi oleh divisi Maintenance Service Mechanic seksi Material Handling Direct Reduction Plant PT Krakatau Steel adalah sering terjadinya penggumpalan Iron Ore Pellet setelah melalui proses Cement Coating sebelum masuk reaktor, sehingga sering menyebabkan sistem harus shutdown saat akan dilakukan perawatan, ini sangat merugikan perusahaan karena produksi pellet besi spons menjadi terhambat. Penggumpalan disebabkan karena tidak keringnya IOP saat proses Cement Coating, oleh karena itu dalam penelitian ini penulis melakukan perancangan Hot Air Blower. Dengan perancangan Hot Air Blower ini selain menghilangkan penggumpalan dan mengurangi frekuensi maintenance juga dapat meningkatkan produksi DRI (Direct Reduction Iron) serta tidak perlu lagi dilakukan shutdown saat maintenance.
ANALISIS PERBANDINGAN KEKUATAN TARIK CONNECTING ROD ASLI DENGAN IMITASI PADA SEPEDA MOTOR Saputra, Rudi; Widjayanto, Arie
Bina Teknika Vol 15, No 1 (2019): Bina Teknika
Publisher : Fakultas Teknik UPN "Veteran" Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1027.865 KB)

Abstract

Pada kendaraan sepeda motor, connecting rod berfungsi untuk menghubungkan piston dengan crankshaft atau poros engkol, selanjutnya meneruskan tenaga yang dihasilkan oleh piston ke poros engkol. Pada saat ini banyak beredar connecting rod imitasi dimasyarakat, dimana pada connecting rod imitasi lebih cepat mengalami kerusakan dibandingkan connecting rod asli, itu dikarenakan adanya perbedaan mechanical properties yang tidak sesuai dengan standar nya. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan nilai kekuatan tarik pada connecting rod asli dan imitasi. Dimana dilakukan beberapa metode pengujian untuk mengetahui perbedaan dari masing ? masing sample diantaranya : uji komposisi kimia, uji metallografi, uji tarik. Dari hasil pengujian material connecting rod asli dan imitasi, hasil uji komposisi kimia diketahui kadar karbon (C) pada connecting rod asli sebesar 0.176% dan pada connecting rod imitasi sebesar 0.170%. Selain itu unsur chromium (Cr) pada connecting rod asli sebesar 1.15% dan pada connecting rod imitasi sebesar 0.933%. Dari hasil uji metallografi pada connecting rod asli dan imitasi didapati fasa didominan dengan ferit dan pearlit. Hasil uji tarik pada connecting rod asli memiliki nilai rata ? rata sebesar 1084.5 N/ (Mpa) dan pada rata ? rata nilai kekuatan tarik pada connecting rod imitasi  sebesar 916.96 N/ (Mpa).
ANALISA PENGUJIAN GESEK, AUS DAN LENTUR PADA KAMPAS REM TROMOL SEPEDA MOTOR Sumiyanto, Sumiyanto; Abdunnaser, Abdunnaser; Fajri, Achmad Noor
Bina Teknika Vol 15, No 1 (2019): Bina Teknika
Publisher : Fakultas Teknik UPN "Veteran" Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.296 KB)

Abstract

This analisys who does are to point off base on motorcycle community to able learning education such as purpose and quality of break kanvas with standardization even chossing of material pad kanvas who does no failed of chossing as performance capability in  deserasy of speed. For knowing for that, firtable we must to analyzing of performance and compared. In this section are used two of sample with deference kind of material, such as non asbestos (semi metallic). For in this case we take a tree experiment, like measuring analyse, threadbare and scrape. Of the end analyse that could knowing are using material non asbestos (semi metallic) are excelellen better than asbestos kanvas as orientation SNI number 09-9134-1987. As you know share, using far away way are suitable in non asbestos and recomanded.
ANALISIS PENGARUH PENURUNAN TEMPERATUR PADA PROSES TUANG CAIRAN LOGAM DENGAN COVER LADLE DI PT. X Faizal, Mohamad; Gunawan, Hendra
Bina Teknika Vol 15, No 1 (2019): Bina Teknika
Publisher : Fakultas Teknik UPN "Veteran" Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1256.159 KB)

Abstract

Block Cylinder is an important component of a vehicle engine where the quality of the component should not be defect because it can affect the function of the vehicle engine. Block cylinder is made from cast iron material (FC 230) which must be melted with temperature >1400 ° C. The temperature of cast iron molten metal into the mold is a very important factor to guarantee final quality of block cylinder. Process pouring of molten metal into a mold using a ladle to pouring 15 molds. Pin hole defects often occur in the final castings, this is due to molten metal temperature drop at the end, the one factor is air convection suction smoke collector. Smoke collector is required to move the gas that arises during the pouring process to outside the factory in order to make a comfortable and healthy work process, but it has side effect speed up decreasing temperature of molten metal. To solve the decrease temperature is minimize the rate of heat transfer that occurs from molten metal to environmental air. One way is to close the ladle with the cover to reduce the heat transfer that occurs in the metal liquid. The material used as a ladle cover is Kaowooltm SZr, where it has low thermal conductivity and light density. The rate of heat transfer occurring in the metal liquid to the surrounding air without cover is 4,5563 kW. After using the ladle cover the rate of heat transfer from metal liquid to air decreases to 1.8287 kW. Then the liquid temperature of the final cast metal rises from 1369 ° C to 1383 ° C, and the pin hole defect occurring in the final cast decreases from 0.22% to 0.12%.
ANALISIS METODE FMEA PADA PROSES OPERASIONAL SHIPPING DALAM PENDISTRIBUSIAN PART TOYOTA PADA PERUSAHAAN PT XYZ Wahyuni, Ayu Endah; Rais, Amin
Bina Teknika Vol 15, No 1 (2019): Bina Teknika
Publisher : Fakultas Teknik UPN "Veteran" Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (619.177 KB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi perusahaan saat ini dalam proses distribusi adalah mengenai keterlambatan keberangkatan distribusi. Permasalahan tersebut dapat dilihat dari ketepatan waktu keberangkatan distribusi pada bulan Oktober sampai Desember 2018 yang hanya memiliki persentase ketepatan waktu sebesar 44,8%, 68,94% dan 78,1% dari total distribusi pada bulan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah melakukan perbaikan pada proses operasional shipping, karena 60% dari keterlambatan keberangkatan disebabkan karena proses operasional. Hal tersebut dikarenakan dalam proses operasional shipping terdapat aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah (non value added activities) sehingga membuat waktu proses menjadi lama. Perbaikan pada bagian operasional ini menggunakan metode FMEA. Hasil dari penilitian ini mengidentifikasikan jenis pemborosan (waste) yang terjadi pada proses operasional yaitu waste waiting dan waste unnecessary motion yang mengakibatkan proses operasional menjadi lebih lama. Usulan perbaikan untuk mengatasi keterlambatan keberangkatan distribusi ini yaitu dengan membuat checkheet untuk melakukan perhitungan barang yang dimuat, melakukan pemilihan vendor khusus kemasan kaca, petugas packing sebaiknya melakukan pengelompokkan barang sesuai identitas customer saat akan menyimpan barang ke troli dan melakukan pengecekan sebelum mengerjakan rute selanjutnya, menambah karyawan untuk checking atau packing chemical part, dan menambah material handling troli. 
ANALISA PENGUJIAN GESEK, AUS DAN LENTUR PADA KAMPAS REM TROMOL SEPEDA MOTOR Sumiyanto, Sumiyanto; Abdunnaser, Abdunnaser; Fajri, Achmad Noor
Bina Teknika Vol 15, No 1 (2019): Bina Teknika
Publisher : Fakultas Teknik UPN "Veteran" Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This analisys who does are to point off base on motorcycle community to able learning education such as purpose and quality of break kanvas with standardization even chossing of material pad kanvas who does no failed of chossing as performance capability in  deserasy of speed. For knowing for that, firtable we must to analyzing of performance and compared. In this section are used two of sample with deference kind of material, such as non asbestos (semi metallic). For in this case we take a tree experiment, like measuring analyse, threadbare and scrape. Of the end analyse that could knowing are using material non asbestos (semi metallic) are excelellen better than asbestos kanvas as orientation SNI number 09-9134-1987. As you know share, using far away way are suitable in non asbestos and recomanded.

Page 1 of 2 | Total Record : 18