cover
Contact Name
Translitera
Contact Email
ejournal@unisbablitar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ejournal@unisbablitar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media
ISSN : -     EISSN : 25273396     DOI : -
Core Subject : Social,
Memuat artikel hasil penelitian dan kajian kritis bidang komunikasi dan media mengenai ilmu-ilmu sosial dan politik, humaniora, komunikasi, media dan terapannya.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 4 No 1 (2016): Maret 2016" : 5 Documents clear
PELAYANAN PROGRAM POKOK POSYANDU DI DESA DOKO KECAMATAN DOKO KABUPATEN BLITAR DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI KELUARGA Darajat, Anwar Hakim
Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media Vol 4 No 1 (2016): Maret 2016
Publisher : Universitas Islam Balitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.549 KB) | DOI: 10.35457/translitera.v4i1.343

Abstract

Seiring arah kemajuan skema pembangunan, sudah diagendakan target kebijakan pembangunan di bidang kesehatan, hal tersebut sudah dituliskan  di agenda Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2010-2014 di Bidang Kesehatan. Tujuan pembangunan kesehatan ditargetkan dapat mengantarkan pemenuhan kesejahteraan masyarakat yang dibuktikan dengan meningkatnya beragam indikator pembangunan Sumber Daya Manusia, contohnya meningkatnya derajat kesejahteraan pada tingkatan gizi masyarakat. Posyandu adalah salah satu model  Kesehatan Bersumber Daya Manusia (UKBM) yang dilaksanakan, diatur dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan  masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan. Hasil penelitian adalah: Kesimpulannya adalah: (1) Pelayanan Program Pokok Posyandu bebas dapat diperoleh oleh siapa saja utaamanya yang sudah memiliki buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), (2) Pelaksanaan sudah sesuai dengan mekanisme pelayanan Program Pokok Posyandu dan mengikuti mekanisme Sistim 5 langkah yaitu pendaftaran, penimbangan, pencatatan, pelayanan kesehatan dan penyuluhan, (3) Waktu pemenuhan pelayanan sudah sesuai dengan prosedur, seperti untuk waktu pemberian Imunisasi dan Vitamin mengikuti ketentuan jadwalnya. (4)  Kendala pelayanan dalam pelaksanaan Program Pokok Posyandu di Desa Doko adalah tentang Kader Posyandu yang masih kurang, sarana dan prasarana belum maksimal, (5) Kajian program posyandu di Desa Gandusari dari erspektif Sosiologi Keluarga bahwa  program posyandu yang memperhatikan dan merawat kesehatan ibu dan anak berarti mendukung dan mensukseskan tercapainya keluarga yang sehat dan bahagia sejahtera dan sakinah mawadah warrohmah, Saran: Diharapkan pada stakeholder agar segera memberikan pembenahan Posyandu terkait pemenuhan jumlah kader yang kurang dan memberikan motivasi selalu kepada kader yang aktif.
Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Anak ( Studi pada TBM Laskar Pelangi di Dusun Gangsri ) Wulandari, Apriliya Tri; Meifilina, Andiwi
Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media Vol 4 No 1 (2016): Maret 2016
Publisher : Universitas Islam Balitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7452.502 KB) | DOI: 10.35457/translitera.v4i1.345

Abstract

TBM atau taman baca masyarakat merupakan suatu instansi atau lembaga non formal yang bergerak dibidang pendidikan dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan bangsa terutama meningkatkan minat baca suata masyarakat daerah tersebut. Saat ini minat baca sangatlah rendah sehingga TBM haruslah mampu ataupun bekerja keras guna mengupayakan agar anak-anak untuk minat dan suka untuk membaca karena selain menambah ilmu membaca secara tidak langsung dapat menambah wawasan kita terhadap hal-hal baru yang sebelumnya belum kita ketahui. Namun semua itu harus didukung oleh motivasi dan dorongan dari dalam maupun dari luar diri pribadi.Dorongan sangatlah diperlukan sebab dengan adanya dorongan dapat menjadikan sebagai motivasi serta alat pedukung bagi anak itu sendiri guna selalu meningkatkan minat bacanya seperti dukungan dari pihak keluarga yang sangatlah berperan penting dalam ini sebab kelurga adalah orang terdekat yang setiap saat bertemu selain itu keluarga juga sangat sensitive dalam pengawasan terhadap anak. Dengan masalah yang terjadi seperti itu TBM laskar pelangi berusaha untuk selalu memanfaatkan waktu dengan baik dengan berupaya menciptakan program ataupun kegiatan yang dapat membantu meningkatkan minat baca anak.Program ataupun kegiatan itu merupakan upaya yang dilakukan oleh TBM Laskar Pelangi dalam meningkatkan minat baca pada anak di dusun gangsri. Program andalan di TBM Laskar Pelangi adalah kegiatan belajar kelompok, mendongeng, belajar dengan system bermain atau game, penayangan film berbasis pendidikan. Untuk mengetahui semua upaya tersebut peneliti melakukan penelitian lebih detail dengan mengunakan langkah-langkah yaitu wawancara, observasi dan penarikan kesimpulan dari 3 sumber terdiri dari 2 pengurus TBM Laskar Pelangi dan seorang pengunjung yang terdapat pada TBM Laskar Pelangi.
SISTEM AKUNTANSI PENJUALAN KRIPIK GEDEBOG (Studi Di UMKM BOHAYA Wonodadi Blitar) Elvianita, Diana; Febrina, Ulfa Tia
Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media Vol 4 No 1 (2016): Maret 2016
Publisher : Universitas Islam Balitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5452.403 KB) | DOI: 10.35457/translitera.v4i1.346

Abstract

 UMKM that exist at this time has been very rapid development even more numerous compared to large businesses. This is because the capital is very simple and not too much one can build a business with relatively low risk. The development of UMKM in Blitar, one of which is UMKM Gedebog chips. This study was done to solve the problems faced by UMKM Gedebog chips, especially in the sales accounting system. In conducting the study, the authors used a method of analysis and design methods. The method of analysis conducted by the study of literature, especially studying the books of literature relating to the accounting system of sales at the library, a survey on the current system, includes interviews with the owners of UMKM chips Gedebog and direct observation on the object of research to accumulate the results of the study followed by studying and analyze the results of the sale of the existing accounting system to find a solution the development of a better system. It can be concluded that the sales accounting system are the accounting system as simple as a system for recording sales transactions were executed manually. From the results of this study concluded that the accounting system of sales in the UMKM has been using a good accounting system, the sales department has been doing recording order goods by issuing a memorandum in 2 first sheet to the warehouse which was then matched with goods and handed over to the shipping department and then submitted to the buyer. The second sheet for the financial part that is inserted into a simple recording of the financial statements.
Pengaruh Daya Tanggap, Kehandalan, Jaminan, Empati, Bukti Fisik Kepada Kepuasan Pelanggan Supermarket Sea Mart Maknunah, Lu'lu Ul
Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media Vol 4 No 1 (2016): Maret 2016
Publisher : Universitas Islam Balitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6284.693 KB) | DOI: 10.35457/translitera.v4i1.347

Abstract

Supermarket Sea Mart merupakan supermarket terletak di Kota Blitar. Persaingan yang ketat membuat setiap supermarket harus dapat memenuhi kepuasaan pelanggannya. Penelitian ini berada dalam jenis penelitian kuantitatif untuk mencari tahu mengenai pertama daya tanggap, kedua bukti fisik, ketiga empati, keempat jaminan dan kelima kehandalan, (yaitu variabel bebas) yang memiliki pengaruh kepada kepuasan pelanggan (merupakan variabel terikat) di Supermarket Sea Mart. Hasil penelitian didapatkan dengan menyebar kuesioner untuk 100 pelanggan Sea Mart. Berdasarkan pengolahan hasil kuesioner dapat diketahui kelima variabel bebas memberi pengaruh secara simultan dan juga parsial kepada variabel terikat. Pengaruh kelima variabel adalah 71% kepada variabel terikat.
PERAN MODAL SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN MARKETING PRODUK TELKOMSEL di Telkomsel Distribution Center (TDC) Wlingi) Muspita, Novi Catur
Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media Vol 4 No 1 (2016): Maret 2016
Publisher : Universitas Islam Balitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3651.615 KB) | DOI: 10.35457/translitera.v4i1.348

Abstract

Modal sosial menjadi perlu dan penting untuk pengembangan marketing produk Telkomsel di Telkomsel Distribution Center (TDC) Wlingi .Memetakan modal  pemasaran adalah suatu yang sangat utama bagi institusi yang mana untuk meraih target yang direncanakan. Memetakan rencana marketing menjadi pondasi bagi kontinuitas suatu institusi dalam melayani customer baik dibidang jasa maupun barang pada ujungnya adalah memdapatkan laba. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran modal sosial untuk mengembangkan pemasaran yang diterapkan oleh Telkomsel, (2) Untuk mendeskripsikan  hambatan-hambatan Telkomsel Distribution Center. (TDC) wlingi. Metode penelitian adalah kualitatif. Kesimpulannya adalah modal sosial sangat utama dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada customer sesuai model 4P yaitu place (tempat), product (produk), price (harga) dan promotion (promosi).   menerapkan strategi pemasaran menghadapi macm-macam hambatan seperti protes dari pelanggan, kurang lebarnya jaringan BTS, persaingan pihak kompetitor dan lain sebagainya

Page 1 of 1 | Total Record : 5