cover
Contact Name
Inna Hamida
Contact Email
plb.ikipjember@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
plb.ikipjember@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
SPEED Journal : Journal of Special Education
Published by IKIP PGRI JEMBER
ISSN : 25806041     EISSN : 25807226     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The journal publishes traditional, ethnographic, and single-subject research; intervention studies, integrative reviews on timely issues, and critical commentaries; and special thematic issues.
Arjuna Subject : -
Articles 51 Documents
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN SATU SAMPAI SEPULUH MELALUI PERMAINAN ENGKLEK BAGI ANAK TUNAGRAHITA KELAS II DI SLB ABC PGRI ROGOJAMPI TAHUN AJARAN 2015/2016 Indara, Ayunda Putri; Hadinata, Hanif
SPEED Journal : Journal of Special Education Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Biasa - IKIP PGRI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1028.375 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan satu sampai sepuluh melalui permainan tradisional engklek bagi anak tunagrahita kelas II di SLB ABC PGRI Rogojampi. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan yang digunakan deskriptif. Penelitian ini mengambil satu subjek siswa tunagrahita ringan kelas II di SLB ABC PGRI Rogojampi Banyuwangi. Pada penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus terdiri dari siklus I, dan siklus II. Siklus I dan II menggunakan rancangan penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan mengenal bilangan 1 sampai 10 saat pembelajaran matematika anak tunagrahita ringan yaitu AL pada pratindakan 37,5 dan siklus I 50  hal ini mengalami peningkatan 33,33%, sedangkan pada siklus I 50 dan siklus II 68,75 hal ini mengalami peningkatan 37,5%. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa penggunaan permainan engklek dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika mengenal bilangan 1 sampai 10 bagi anak tunagrahita ringan kelas II di SLB ABC PGRI Rogojampi Banyuwangi.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAKAI BEDAK MELALUI MEDIA BUKU POP-UP TERHADAP ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VII B SMP INKLUSI TPA JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016 Megasari, Fani; Yaum, Lailil Aflakhul
SPEED Journal : Journal of Special Education Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Biasa - IKIP PGRI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (964.59 KB)

Abstract

Tujun penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan memakai bedak melalui media buku pop-up terhadap siswa tunagarahita sedang  kelas VII B SMP Inkusi TPA Jember. Penelitian dalam skripsi ini menggunkan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan yang digunakan deskriptif kualitatif. Dan dalam penelitian ini mengambil tiga subjek siswa anak tunagarhita sedang kelas VIIB di SMP Inklusi TPA Jember. didalam penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus terdiri dari siklus I, siklus II, siklus III. Siklus I, II, dan III menggunakan rancangan penelitian Mc.Taggert yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan siklus I terdapat peningkatan kemampuan MA (0.66%), siklus II (1.28%), dan siklus III (2.31%). Peningkatan kemampuan SV pada siklus I (1.88%), siklus II (1.44%), dan siklus III (1.08%). Sedangkan peningkatan kemampuan SF pada siklus I (0.44%), siklus II (2.34%), dan siklus III (0.79%). Dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa terdapat peningkatan kemampuan memakai bedak  melalaui buku Pop-Up terhadap siswa anak tungarahita sedang kelas VII B SMP Inklusi TPA Jember tahun pelajaran 2015-2016.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Penggunaan Mata Uang Melalui Media Permainan Ular Tangga Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII Di Smp Inklusi Tpa Jember Tahun Ajaran 2015/2016 Putri, Nela Yuni Sari; Wahiyanasari, Khusna Yulinda
SPEED Journal : Journal of Special Education Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Biasa - IKIP PGRI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (971.722 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika tentang penggunaan mata uang melalui media permainan ular tangga bagi anak tunagrahita ringan kelas VIII di SMP Inklusi TPA Jember tahun ajaran 2015/ 2016. Penelitian dalam skripsi ini menggunkan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan yang digunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa RF pada prasiklus 65% dan siklus I 50% hal ini belum mengalami peningkatan tetapi mengalami penurunan 15%, pada siklus I 50% dan siklus II 65% hal ini mengalami peningkaan 15%, pada siklus II 65% dan siklus III 75% hal ini mengalami peningkatan 10%. RHN pada prasiklus 55% dan siklus I 30% hal ini belum mengalami peningkatan tetapi mengalami penurunan 25%, pada siklus I 30% dan siklus II 50% hal ini mengalami peningkatan 20%, pada sikus II 50% dan siklus III 60% hal ini mengalami peningkatan 10%. Sedangkan AG pada prasiklus 70% dan siklus I 55% hal ini belum mengalami peningkatan tetapi mengalami penurunan 15%, pada siklus I 55% dan siklus II 75% hal ini mengalami peningkatan 20%, pada siklus II 75% dan siklus III 80% hal ini mengalami peningkatan 5%. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa penggunaan media permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika penggunaan mata uang bagi anak tunagrahita ringan kelas VIII di SMP Inklusi TPA Jember.
PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 1 DI SD INKLUSI GLAGAHWERO 01 Basori, Evre Rejesman; Gunawan, Gunawan
SPEED Journal : Journal of Special Education Vol 1 No 2 (2018): SPEED: Journal of Special Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Biasa - IKIP PGRI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1305.159 KB)

Abstract

Anak tuna grahita ringan memiliki hambatan berfikir abstrak begitu juga pada pelajaran matematika terutama dalam berhitung khususnya berhitungpenjumlahan dan pengurangan, karena penjumlahan dan pengurangan merupakan kemampuan dasar matematika yang harus benar-benar di pahami.Permasalahan tersebut dapat teratasi dan dipecahkan dengan metode pembelajaran yang cocok misalnya dengan pembelajaran matematika realistik.Tujuan pembelajaran matematika realistik yaitu memudahkan anak belajar matematika dengan mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari.Sehingga permasalahan berhitung penjumlahan dan pengurangan dapat teratasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatifdengan desain penelitian yaitu The One Group Pretest – Posttest Design dengan membandingkan hasil tes sebelum intervensi/perlakuan (pretest)dengan hasil tes setelah intervensi/perlakuan (posttest). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Untuk menjawab rumusanmasalah pada penelitian ini, menggunakan rumus sign test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Ada Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan  erhitung Anak Tunagrahita Ringan Kelas 1 SD Inklusi Glagahwero 01 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2014/2015.
PENGARUH PERANGKAT LUNAK MELDICT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA TUNANETRADI SLB A TPA JEMBER Hendaryanti, Reza Dwi; Hadiprayogo, Basuki
SPEED Journal : Journal of Special Education Vol 1 No 2 (2018): SPEED: Journal of Special Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Biasa - IKIP PGRI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1559.393 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan perangkat lunak  Meldict terhadap hasil belajar bahasa Inggris pada siswa tunanetra kelas VII-VIII diSLB A TPA Jember. Metode Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 4 orang. TeknikPengumpulan Data dilakukan dengan teknik observasi, teknik test dan teknik dokumentasi. Analisa data pada penelitian ini menggunakan rumus The Sign Test atau Tes Uji Tanda. Hambatan dalam penelitian yaitu salah satu siswa yang berinisial ZFR yang masih belum begitu lancar menggunakan komputer. Dalam penggunaan perangkatlunak Meldict, ZFR lebih lambat dibanding teman-temannya karena masih menghafalkan letak huruf demi huruf dalam keybord komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh perangkat lunak Meldict terhadap hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa tunanetra kelas VII-VIII semester genap di SLB A TPA Jember tahun ajaran 2014-2015.
PENGARUH TERAPI APPLIED – BEHAVIOUR ANALYSIS (ABA) MELALUI PENDEKATAN ANTECEDENT – BEHAVIOUR – COSEQUENCE (A – B – C) TERHADAP PENINGKATAN KEPATUHAN SISWA DOWN SYNDROME KELAS 2 SDLB ABCD PGRI KALIPURO Subrata, Dio Gitarama; Mais, Asrorul
SPEED Journal : Journal of Special Education Vol 1 No 2 (2018): SPEED: Journal of Special Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Biasa - IKIP PGRI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1758.472 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan siswa Down Syndrome kelas 2 SDLB ABCD PGRI KALIPURO Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Dengan terapi Applied – Behaviour – Analysis (ABA) melaui pendekatan Antecedent – Behaviour – Consequence (A – B – C). Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan Single Subjek Research (SSR) atau dengan kata lain menggunakan subjek tunggal, yaitu menerapkan terapi perilaku kepada anak berkebutuhan khusus untuk memodifikasi perilaku  erhadap kepatuhannya agar dapat mematuhi instruksi yang diberikan dengan menggunakan bahasa reseptif. Pada saat pengumpulan data sistem pengukuran yang digunakan adalah latensi, yaitu penghitungan antara ketika subjek diberi perintah hingga respondennya, sedangkan tekhnik analisa datanya menggunakan visual dalam  ondisi dan antar kondisi, yaitu pada saat fase baseline dan setelah diberikan fase intervensi. Sehingga terapi Applied – Behaviour – Analysis  (ABA) atau sering dikenal dengan terapi perilaku dengan pendekatan Antecedent – Behaviour – Consequence (A-B-C) dapat meningkatkan kepatuhan siswa Down Syndrome kelas 2 SDLB ABCD PGRI Kalipuro semester genap tahun ajaran 2014/2015.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN DIRI MENGGOSOK GIGI MELALUI PERMAINAN PUZZLE PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS III DI SDLB ABCD PGRI KALIPURO BANYUWANGI Wardani, Dyah Ayu Yatmi Utami; Yaum, Lailil Aflakhul
SPEED Journal : Journal of Special Education Vol 1 No 2 (2018): SPEED: Journal of Special Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Biasa - IKIP PGRI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1269.027 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pengembangan diri menggosok gigi melalui permainan puzzle pada anak tunagrahita sedang kelas III di SDLB ABCD PGRI Kalipuro Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model Kemmis3 dengan menggunakan 3 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, teknik tes dan dokumentasi. Analisa data dilakukan untuk mendeskripsikan perubahan pemberian tindakan melalui permaian puzzle dalam meningkatkan kemampuan pengembangan diri menggosok gigi pada siswa tuna grahita sedang kelas III. Hasil penelitian tiap sikus mengalami peningkatan.  eningkatan dari siklus I ke siklus II rata – rata 45 %, peningkatan siklus I ke siklus III rata – rata 97,2 % dan peningkatan siklus II ke III rata – rata 19,73 %. Dari temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pengembangan diri menggosok gigi pada siswa tuna grahita sedang kelas III yang ditunjukkan dari hasil penelitian yaitu siklus II > siklus I. Dan setelah diberi program pengayaan pada siklus III didapatkan peningkatan signifikan siklus III > Siklus II > siklus I.Terdapat peningkatan kemampuan pengembangan diri menggosok gigi siswa tuna grahita sedang melalui permaian puzzle. Pembelajaran program pengembangan diri lebih mudah dan menyenangkan melalui permainan. Kemampuan pengembangan diri menggosok gigi pada siswa kelas III SDLB ABCD PGRI Kalipuro mengalami peningkatan melalui pemberian permainan puzzle sebagai media pembelajaran program pengembangan diri.
PENERAPAN METODE KOMUNIKASI TOTAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SEDERHANA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 1 DI SLB-B DAN AUTIS TPA JEMBER Ratnasari, Umy Farida; Hasanah, Hisbiyatul
SPEED Journal : Journal of Special Education Vol 1 No 2 (2018): SPEED: Journal of Special Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Biasa - IKIP PGRI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1375.154 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca sederhana pada anak tunarungu kelas 1 di SLB B DAN AUTIS TPA Jember tahun pelajaran 2014/2015.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian adalah siswa tunarungu kelas 1 yang berjumlah 5 anak. Teknik pengumpulan data dengan tes yang diterapkan dalam siklus I dan siklus II. Dengan kriteria penilaian sangat baik, baik, cukup dan sangat kurang. Analisis  data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif komparatif yaitu membandingkan  kondisi awal , nilai tes siklus I dan nilai tes siklus II.Hasil penelitian menunjukan dari kondisi awal mencapai rata – rata 5,8 bila di prosentase yang berhasil 50%. Dari kondisi awal ke siklus I rata-rata meningkat menjadi 6,6 bila diprosentase yang berhasil 60%. dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 7,3 Bila diprosentase yang berhasil 80%. Bila dilihat secara keseluruhan dari kondisi awal sampai siklus II mengalami peningkatan keberhasilan kelas mencapai 40 % yaitu meningkat dari 50% menjadi 80% . dengan demikian hasil tindakan nilai rata-rata siklus II Dengan Metode Komunikasi Total Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Sederhana Pada Anak Tunarungu Kelas 1 DI SLB B DAN AUTIS TPA Jember tahun pelajaran 2014/2015
PENGARUH PENGGUNAAN KETERAMPILAN MERONCE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TUNANETRA KELAS V Suciati, Winda Ayu; Sumiharsono, Rudy
SPEED Journal : Journal of Special Education Vol 1 No 2 (2018): SPEED: Journal of Special Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Biasa - IKIP PGRI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1404.938 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan keterampilan meronce terhadap kemampuan motorik halus anak tunanetra yang berada di SLB- A TPA Jember. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, indikator variabel X (keterampilan meronce) meliputi: menyebutkan bentuk, memegang, mengambil, memasukkan, merangkai dan meronce manik – manik. Indikator variabel Y meliputi: kekuatan, ketahanan, flesksibilitas dan koordinasi. Jenis dari penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian model Kurt Lewin. Ada beberapa tahapan dalam penelitian persiklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu kelas 5 SD sejumlah 3 orang siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan manik – manik berukuran besar, kecil dan oval. Dimana hasil menunjukan bahwa dikalukannya keterampilan meronce yang dilakukan oleh ketiga siswa tunanetra secara berulang – ulang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus. Antara siklus I dan II menunjukan perbedaan peningkatan motorik halus anak. Pada penelitian siklus II nilai dan kemampuan motorik halus anak jauh lebih baik dari pada pada penelitian siklus I dan mengalami peningkatan dari 28-30%. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh keterampilan meronce terhadap kemampuan motorik halus anak tunanetra.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NONEXAMPLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VIIIB DI SLB B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 Setiawan, Herlina Ika Putri
SPEED Journal : Journal of Special Education Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Biasa - IKIP PGRI Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.93 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model  pembelajaran Example Non- Example terhadap keterampilan menulis laporan pengamatan pada siswa tunarungu kelas VIIIB di SLB B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu pre-experimental design dalam bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SLB B  YRTRW yang berjumlah 8 siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik yaitu Wilcoxon Sign Rank Test dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Example Non- Example berpengaruh terhadap keterampilan menulis laporan pengamatan pada siswa tunarungu terlihat dari hasil pretest dan posttest. Dengan analisis Wilcoxon Sign Rank Test menunjukkan Z hitung = 2,375 dengan Asymp. Sig. (2tailed) = 0,018 lebih kecil daripada α (Taraf signifikansi (0,05)). Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Example Non- Example berpengaruh terhadap keterampilan menulis laporan pengamatan pada siswa tunarungu kelas VIIIB di SLB B YRTRW Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.