cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Portal: Jurnal Teknik Sipil
ISSN : 20857454     EISSN : 2622576X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Portal: Jurnal Teknik Sipil merupakan jurnal berkala ilmiah nasional yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe sebagai wadah menyebarluaskan hasil penelitian dalam bidang ilmu Teknik Sipil untuk Dosen, Praktisi dan Mahasiswa. Portal terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu bulan April dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 105 Documents
KAJIAN PEMBUATAN TANGGUL SEBAGAI ALTERNATIF PENANGGULANGAN BANJIR PADA SUNGAI Kr. PANDRAH KABUPATEN BIREUEN Gani, Fauzi A.
Portal: Jurnal Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2009)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/portal.v1i2.444

Abstract

Kawasan sekitar sungai Kr. Pandrah merupakan kawasan yang setiap lima tahun sekali mengalami banjir. Banjir terbesar Q tersebut telah digolongkan sebagai bencana alam, baru saja terjadi pada akhir tahun 2006 yang telah merusakkan harta benda masyarakat disekitar kawasan pandrah. Untuk itu diperlukan suatu kajian untuk T mendapatkan alternatif penanggulangan perluapan banjir sehingga dapat menyelamatkan musibah yang rutin terjadi setiap lima tahun. Berdasarkan data survey dan informasi dari beberapa narasumber serta analisis yang dilakukan terhadap kondisi eksisting yang ada bahwa banjir tertinggi ┬▒ 0,60 m, dengan menggunakan program HAC-RAS diperoleh debit terbesar 350 m3/dt. Penampang sungai dimodifikasi menjadi penampang majemuk dengan lebar sungainya tetap berdasarkan lebar yang ada. Lebar bantaran kiri dan kanan 5 meter dari tebing sungai dan lebar puncak tanggul 3 meter dengan kemiringan 1 : 1 Perhitungan stabilitas tanggul dilakukan dengan menggunakan program Geo-Slope metoda Bishop cara Grid and Radius diperoleh faktor keamanan pada masa pembangunan hilir 2,146, pembangunan hulu 2,143, Steady seepage hilir 1,667, steady seepage hulu 1,183, Rapid drow down hulu 1,597 dan Rapid drow down hilir 1,682.Kata-kata kunci: tinggi banjir, elevasi tanggul banjir, stabilitas tanggul
LEBAR SAYAP BALOK T DAN BALOK L PADA PORTAL SIMETRIS DUA BENTANG Syukri, Syukri
Portal: Jurnal Teknik Sipil Vol 3, No 1 (2011)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/portal.v3i1.501

Abstract

This research conducted to evaluate effective length of L beam and T beam (Lef and Tef) to the length of X direction (Lx) and Y direction (Ly). Model of the structure evaluated was space frame portal by using global coordinate X-Y-Z. Analysis of structure use SAP2000 program version 7.40. The first model of structure is three dimension portal with fix relation between beam and column, monolith relation between beam and plate as shell structure. Result of this analysis taken as benchmark data. The second model of structure is three dimension portal with fix relation for each member (beam and column), T beam and L beam use for replacing the combination of beam-plate. Length of space were equal for Lx and Ly 4 to 10 m (increase step by 1 m). Result of this research obtained effective length of T beam (Tef) = 31,5 cm for Lx = Ly = 4 M, and effective length of L beam (Lef) influenced by Lx and Ly. Keywords: effective length of L beam, three dimension portal, structure analysis.
KINERJA BIAYA OPERASIONAL DAN PEMELIHARAANBANGUNAN GEDUNG TERMINAL PENUMPANG BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA (SIM) Tripoli, Tripoli; Afifuddin, Moch.; Fachrulsyah, Fachrulsyah
Portal: Jurnal Teknik Sipil Vol 5, No 2 (2013)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/portal.v5i2.950

Abstract

International Airport Sultan Iskandar Muda (SIM) is one of the 12 airports managed by PT. Angkasa Pura II. SIM in the airport operations require maintenance well-planned and maintained so that the condition of fitness. The research was carried out 2 (two) parts or stages of the respondent employees of PT. AP II-SIM. Phase I to identify the factors that influence the performance of operational and maintenance costs at the airport passenger terminal building facilities Sultan Iskandar Muda (SIM) and the Phase Il conducted to determine respondents' views of other forms of contracts as an altemative in handling the maintenance of the multiyear contract, performance Based Maintenance Contract (PBMC) and the partnership contract. The research data obtained from questionnaires distributec were analyzed with SPSS 17 program. Showed the factors that affect the performance of operational and maintenance costs (Phase 1) which contributes predominantly to the very strong correlation is planning (X1), leadership (X3) and the supervision and control (X4). For multiyear contracts is the dominant type of unit. price contracts, for the Performance Based Maintenance Contract that dominant to transfer owner risk to service providers and for cooperate contract that dominant can increase margin of service providers and owner. Model cost performance of the double linear regression equation is Y = -1.964+0.063X1 - 0.615X2+0.844X3+ 0.761X4.
MANAJEMEN LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN JALAN B.ACEH-MEDAN CUNDA-LHOKSEUMAWE Rosalina, Rosalina
Portal: Jurnal Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2010)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/portal.v2i2.483

Abstract

Suatu ruas jalan agar dapat memberi pelayanan yang baik (memuaskan) bagi pemakainya, maka volume pelayanannya harus lebih rendah dari kapasitasnya, hal ini dikarenakan kapasitas ruas jalan sangat dipengaruhi oleh kapasitas persimpangan yang ada pada jalan tersebut. Pemakai jalan itu sendiri kurang sadar akan tingkat volume itu sendiri, tetapi mereka merasakan akibat dari berjejalnya lalu lintas dari kemudahan untuk pergerakan dengan kecepatan tertentu, kenyamanan, ekonomisnya perjalanan dan keselamatan. Berdasarkan hal tersebut , maka dilakukan penelitian pada ruas jalan Banda Aceh-Medan tepatnya pada simpang Selat Malaka untuk mengetahui tingkat pelayanan pada persimpangan dan arus lalu lintas persimpangan. Berdasarkan hasil perhitungan pada jam-jam sibuk arus lalu lintas sudah tidak stabil, nilai derajat kejenuan didapat 1,18 lebih besar dari yang disyaratkan 0,85. Hal tersebut berdasarkan variasi dalam operasional yang disebabkan oleh perubahan kapasitas. Sehingga pada persimpangan tersebut perlu pengaturan simpang dengan perencanaan waktu siklus. Berdasarkan arus lalu lintas dengan metode Webster maka direncanakan dua fase dengan waktu siklus 63 detik. Kata-kata kunci: waktu siklus, derajat kejenuhan, tingkat pelayanan
STUDI PARAMETRIK DEFORMASI TORSI LANTAI BANGUNAN ASIMETRIS SEBIDANG DIPENGARUHI OLEH GEMPA PULSE DAN TANPA PULSE Faisal, Ade; Halim, Gamal
Portal: Jurnal Teknik Sipil Vol 9, No 2 (2017)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/portal.v9i2.616

Abstract

Earthquake resistant building must be designed with a proper plan configuration. Although the regular and symmetrical building plans have been known to have a good behaviour under earthquake loads, but the facts have demonstrated that many asymmetrical plan buildings are built for the architectural reasons. Irregular plan buildings cause mass distribution, stiffness, and strength asymmetries which in turn produce the eccentricity to the centre of mass. In this research, the asymmetrical buildings are simulated under earthquake ground motion containing pulse. The study aims to evaluate the drift and floor rotations that occur in the asymmetrical buildings. The results indicate that the difference in drift of symmetrical and asymmetrical buildings reach 8% to 20%. The rotation occurred on the rigid side (high stiffness side) is smaller than the flexible side (low stiffness side). The difference in eccentricity affects clearly the inelastic floor rotation.Keywords: Eccentricity Stiffness, Pulse Ground Motion, Floor Rotation
PENENTUAN NILAI MARK-UP PENAWARAN KONTRAKTOR DENGAN MODEL FRIEDMAN Oktaviani, Cut Zukhrina; Mutiawati, Cut; Maulisa, Nadya
Portal: Jurnal Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2018)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/portal.v10i2.974

Abstract

Harga penawaran kompetitif diharapkan menghasilkan nilai kontrak yang dapat dipertanggungjawabkan. Kontraktor memerlukan strategi penawaran yang cukup baik sehingga mampu menghasilkan harga penawaran yang tidak terlalu tinggi dengan harapan untuk mendapatkan profit yang memadai serta peluang memenangkan pelelangan yang besar. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui besarnya penetapan mark up pada penawaran pekerjaan konstruksi untuk memenangkan suatu tender dengan memperoleh keuntungan yang baik pula. Ruang lingkup penelitian dititikberatkan pada penawaran proyek konstruksi bangunan gedung di Kota Banda Aceh. Data yang digunakan adalah harga perkiraan sendiri (HPS) dan harga penawaran kontraktor. Perhitungan persentase besaran harga mark-up dilakukan dengan pemodelan friedman menggunakan tiga distribusi yaitu multi distribusi discrete, multi distribusi normal, dan single distribusi normal. Hasil perhitungan memperlihatkan 17 penawaran menghasilkan mark up untuk ketiga distribusi sebesar 10%. Nilai mark up untuk 8 penawaran pada multi distribusi discrete dan single distribusi normal sebesar 10% sementara pada multi distribusi normal diperoleh nilai sebesar 9%.
PENGUJIAN KEKUATAN LENTUR SAMBUNGAN BIBIR MIRING BERKAIT PENGUJIAN KEKUATAN LENTUR SAMBUNGAN BIBIR MIRING BERKAIT PENGUJIAN KEKUATAN LENTUR SAMBUNGAN BIBIR MIRING BERKAIT Sugiyono, Sugiyono
Portal: Jurnal Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2009)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/portal.v1i2.449

Abstract

Konstruksi sambungan pada sebatang adalah bagian yang paling kritis dalam struktur kayu, maka dalam setiap perhitungan sambungan perlu diperiksa kembali untuk mengetahui sejauh mana perlemahan akibat sambungan ini mempengaruhi suatu struktur. Perlemahan dan kekakuan dari suatu jenis atau cara sambungan akan berdampak langsung terhadap kekuatan dan kekakuan dari struktur kayu tersebut. Maka pemilihan jenis sambungan dan faktor ketelitian dalam pelaksanaan pengerjaannya dalam suatu hal mutlak diperlukan untuk mencapai hasil yang optimal.
RENCANA ANGGARAN BIAYA DAN METODE PELAKSANAAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN AKSES PELABUHAN PERIKANAN LAMPULO STA 0+-000 SID 1+-013 KOTA BANDA ACEH Irfan, Muhammad
Portal: Jurnal Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2016)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/portal.v8i2.607

Abstract

Lampulo Fishing Port Road Access Project, Banda Aceh City with 1013 m of road length, 10 m road width, base course layer 15 cm thickness, subcase 20 cm layer, 6 cm surface Aspalt Concrete Binder Course (AC BC) and Talud work . This Final Project aims to determine the method of implementation and budget costs on the project. The calculation of the Budget Plan uses the EI Analysis (Estimated Index) to calculate the cost of Sub Base, Base Course, Prime Coat, Surface Aspalt Concrete Binder Course (AC-BC), and Talud work. In this calculation, the cost for Sub Base work is Rp.1.027.631.772,00, -. Work Base Course Rp.970.243.296, 00, -. Prime coat job Rp.121.358.725,00, -. Surface layer work Aspalt Concrete Binder Course (AC-BC) Rp.1.906.855.195,00, Talud Work Rp.2.639.141.122, 00, -. So the total cost of the budget is Rp.6.695.230.109, 00. As well as scheduling the implementation time using the curve S. The preparation of the Implementation method applied to the Project includes Sub Base, Base Course, Prime Coat and Surace Aspalt Cpncrete Binder Course (AC-BC) work in an effective and efficient manner based on the drawing of the plan.Keywords: Budget Costs, S Curve, and Methods of Accounting.
STUDI FASE TERJADINYA REWORK PADA PEKERJAAN KONSTRUKSI GEDUNG DI KABUPATEN BIREUEN Yanis, Muhammad
Portal: Jurnal Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2009)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/portal.v1i1.435

Abstract

Rework memegang peranan utama pada pembengkakan biaya dan keterlambatan proyek dan dapat memberikan dampak buruk pada performa dan produktifitas. Dengan mempertimbangkan bahwa dampak buruk yang diberikan cukup besar, maka usaha-usaha untuk mengurangi rework pada tahap konstruksi sangat diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fase terjadinya pekerjaan ulang ( rework ) pada pekerjaan konstruksi gedung di Kabupaten Bireuen. Data diperoleh dengan memberikan kusioner berskala Likert kepada pemilik proyek sebanyak 3 sampel, konsultan pengawas sebanyak 15 sampel, dan kontraktor pelaksana sebanyak 20 sampel, dengan pengelompokkan fase rework ke dalam efek fase desain, fase konstruksi dan keduanya. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan software SPSS version 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fase desain menjadi fase utama terjadinya rework disusul dengan fase konstruksi dan kedua fase desain dan konstruksi.Kata-kata kunci: fase rework, konstruksi gedung
PENGGUNAAN VARIASI UKURAN DIAMETER BUTIR MAKSIMUM AGREGAT KASAR TERHADAP KUAT TEKAN BETON Aiyub, Aiyub
Portal: Jurnal Teknik Sipil Vol 3, No 1 (2011)
Publisher : Politeknik Negeri Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30811/portal.v3i1.497

Abstract

This study aims to determine the use of variations in the size of the maximum grain diameter of coarse aggregate on compressive strength of concrete with fas 0.45 by cylindrical test specimen size 15 x 30 cm. Planning mix desing using a modified method of ACI with fas value of 0.45 and the value of the planned 75-100 mm slump. This study includes compressive strength performed at age 7 days and 28 days, treatment is normally carried out with care marinade soaked in the tub for 7 days and 28 days. Compressive strength test results obtained in the test specimen 7 days old premises gravel size is 20.50 Mpa 12.5 mm, 19 mm, 16.99 MPa, 16.76 MPa is 25 mm and 31.5 mm was 14.57 Mpa , while the age at 28 days was 30.51 MPa 12.5 mm, 19 mm, 24.86 MPa, 21.85 MPa is 25 mm and 31.5 mm was 21.66 Mpa. So the smaller the aggregate maximum compressive strength used was obtained by the higher and conversely the greater the maximum aggregate used dihasikan compressive strength lower. keywords: compressive strength, maximum grain diameter

Page 1 of 11 | Total Record : 105