cover
Contact Name
Sinta Paramita
Contact Email
sintap@fikom.untar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
prologia@fikom.untar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Prologia
ISSN : -     EISSN : 25980777     DOI : -
Prologia (E-ISSN 2598-0777) is a national journal, which all articles contain student's writing, are published by Faculty of Communication Universitas Tarumanagara. Scientific articles published in Prologia are result from research and scientific studies conduct by Faculty of Communication students in communication field. Prologia published twice a year.
Arjuna Subject : -
Articles 52 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2017): Prologia" : 52 Documents clear
Strategi Perencanaan Komunikasi Pemasaran melalui Media Instagram (Studi Kasus Frozbanana) Fujianto, Jerry
Prologia Vol 1, No 1 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i1.1386

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi perencanaan komunikasi pemasaran produk Frozbanana melalui media instagram. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik dan teori strategi perencanaan komunikasi pemasaran. Metodologi dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Dalam penelitian ini, Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara dengan pemilik dari frozbanana dan data sekunder berupa media sosial (internet) instagram Frozbanana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi perencanaan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Frozbanana meliputi deskripsi produk, evaluasi persaingan, penafsiran target pasar, dan tujuan pemasaran yang diimplementasikan melalui media sosial instagram.
Pengaruh Brand Ambassador Iwan Fals Dalam Iklan Top Coffee Terhadap Minat Beli Ibu Rumah Tangga di Pasar Modern Sinpasa, Gading Serpong, Tangerang Kristianto, Aditya
Prologia Vol 1, No 1 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i1.1402

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia, yang menghasilkan dua jenis kopi Arabica dan Robusta yang memiliki karakter khas dan berbeda. Dengan meningkatnya perkembangan iklan, Wings Foods sebagai produsen Top Coffee berlomba untuk mencari cara berpromosi. Salah satu cara promosi adalah dengan menggunakan selebriti sebagai brand ambassador. Metodologi penelitian ini merupakan metodologi kuantitatif yang menggunakan paradigma klasik dengan penelitian eksplanatif kausal dimana akan dijelaskan pengaruh brand ambassador terhadap minat beli konsumen dan metode survei. Populasi dan sampel penelitian ini sebanyak 70 responden, yaitu para pengunjung ibu rumah tangga di Pasar Modern  Sinpasa, Gading Serpong, Tangerang yang selalu mengkonsumsi kopi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sample. Penggunaan bintang iklan Iwan Fals dalam iklan Top Coffee, dikarenakan Iwan Fals memiliki kelebihan, yaitu sebagai penyanyi yang melegenda dan mudah dikenal oleh semua kalangan serta memiliki penggemar spesial. Penelitian ini menggunakan model TEARS untuk membahas variabel brand ambassador yang terdiri dari trustworthiness, expertise, physical attractiveness, respect, dan similarity. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, hasil temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan  brand ambassador terhadap minat beli konsumen produk Top Coffee. Hal ini dapat dikatakan terdapat pengaruh yang kuat antara penggunaan artis Brand Ambassador Iwan Fals dengan minat beli konsumen. Sehingga dalam penelitian ini ternyata terdapat pengaruh Brand Ambassador Iwan Fals dalam iklan Top Coffee terhadap minat beli ibu rumah tangga  di Pasar Modern Sinpasa, Gading Serpong, Tangerang. 
Peran Kementerian Pariwisata Dalam Mengkampanyekan Taman Nasional Komodo Melalui Brand Pesona Indonesia Lukita, Andre; Sunarto, Sunarto
Prologia Vol 1, No 1 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i1.1330

Abstract

 Berwisata merupakan kegiatan yang menjadi minat banyak orang untuk menikmati liburan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Peran Kementerian Pariwisata dalam mengkampanyekan Taman Nasional Komodo melalui Brand Pesona Indonesia. Target Kementerian Pariwisata Indonesia untuk mengajak Wisatawan Nusantara berlibur ke Taman Nasional Komodo sesuai dengan target dari Brand Pesona Indonesia menargetkan kunjungan Wisatawan Nusantara ke Taman Nasional Komodo. Penelitian ini mengulas seputar kegiatan yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dalam mengkampanyekan Taman Nasional Komodo melalui Brand Pesona Indonesia. Teori yang digunakan  dalam  penelitian  ini meliputi teori kegiatan Kampanye menggunakan Kampanye Public Relations, Media Massa dan Media Sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.  Sumber  data  yang  didapatkan  untuk  penelitian  ini  berasal  dari  wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah Kementerian Pariwisata melaksanakan peran yang sama dengan public relations dalam mengkampanyekan Taman Nasional Komodo melalui brand Pesona Indonesia dengan menggunakan Media Massa, Media Sosial dan Kampanye Public Relation. Pada saat ini Kementrian Pariwisata lebih memusatkan aktifitas penggunaan Media Sosial dan publikasi melalui travel blogger untuk mengkampanyekan Taman Nasional Komodo untuk  memberikan informasi dan mempersuasif para masyarakat Indonesia untuk menjadi wisatawan nusantara yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo.
Analisis Semiotika Roland Barthes Makna Pesan Iklan Garuda Indonesia Versi “Hands” Sierra, Sarie
Prologia Vol 1, No 1 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i1.1411

Abstract

Komunikasi merupakan cara individu atau kelompok untuk menyampaikan pesan kepada individu dan kelompok. Salah satu cara penyampaian pesan adalah melalui iklan. Melalui iklan, Perusahaan dapat mengkomunikasikan suatu pesan yang ingin disampaikan. Hal tersebut yang dilakukan maskapai Garuda Indonesia melalui iklan Garuda Indonesia versi “Hands”. Dalam iklan tersebut, Garuda Indonesia menyampaikan makna pelayanan kepada pengguna jasa Garuda Indonesia. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah teori Semiotika Roland Barthes yang menjelaskan makna dari tiga jenis yaitu Denotasi, Konotasi, dan Mitos. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Iklan Garuda Indonesia versi “Hands” bermakna tangan sebagai simbol pelayanan, bahwa orang Indonesia yang menganut budaya timur sangat senang dilayani. Dapat dilihat bahwa masyarakat Indonesia terbiasa untuk dilayani contohnya terdapat banyak aplikasi online yang menyediakan jasa pelayanan dalam hal kebutuhan sehari-hari. 
cover prologia vol 1 no 1 Prologia, Asisten Jurnal
Prologia Vol 1, No 1 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i1.2461

Abstract

cover prologia vol 1 no 1
Representasi Nilai – Nilai Religius Dalam Iklan OLX (Semiotika) : Bekas Jadi Berkah “Ayah Hebat” Edisi Ramadhan 1437 H Di Televisi” Sari, Indah
Prologia Vol 1, No 1 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i1.1420

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya iklan mengenai nilai – nilai yang terkandung dalam iklan OLX yang ditayangkan media massa televisi dan website. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna-makna apa yang terkandung dalam iklan Televisi OLX Indonesia yang di rilis tahun 2016 serta alasan dan tujuan dibalik konsep dan pendekatan yang digunakan dalam iklan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisa semiotika Roland Barthes. Penelitian ini hanya memperlihatkan situasi tokoh dalam iklan yang berhubungan dengan semiotika sebagai acuan dalam penelitian ini melalui denotasi, konotasi, dan mitos yang memiliki nilai-nilai religius dalam iklan tersebut. Hasil penelitian menemukan nilai-nilai religius dalam iklan yang memiliki makna dalam mempersuasi khalayak. Sehingga penggunaan nilai-nilai religius dalam kehidupan seseorang dapat tertanam dalam benak yang dapat dituai kemudian hari. Dari segi iklan nilai – nilai religius yang digunakan dalam iklan OLX untuk mempermudah penyampaian pesan pada masyarakat.
Komunikasi Pariwisata dalam Mempromosikan Objek Wisata Bukit Kasih Kanonang N.T, Inggrit Christiani; Setyanto, Yugih
Prologia Vol 1, No 1 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i1.1368

Abstract

Provinsi Sulawesi Utara, merupakan salah satu wilayah tujuan wisata di Indonesia yang memiliki berbagai objek wisata baik objek wisata alam maupun wisata budaya. Objek wisata Bukit Kasih Kanonang merupakan salah satu tujuan wisata di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara yang banyak diminati oleh wisatawan.Namun keberadaan objek wisata ini belum didukung dengan infrastruktur yang baik sehingga apa objek wisata yang di promosikan masih belum dikelola secara khusus. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui bagaimana Dinas Pariwisata mengembangkan objek pariwisata dan mengetahui kondisi-kondisi yang ada dalam pengembangan pariwisata di Bukit Kasih Kanonang. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipasi, studi kepustakaan, dan penelusuran data online. Dari hasil analisis yang dilakukan oleh penulis, bahwa infrastruktur sangat penting bagi pengembangan objek wisata Bukit Kasih, dan partisipasi masyarakat dalam mendukung pengembangan pariwisata di Bukit Kasih yang mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Minahasa, khususnya Dinas Pariwisata dinilai lamban dalam menindaklanjuti pengembangan di Bukit Kasih. 
Analisis Semiotika Makna Persahabatan dalam Iklan Tvc U-Mild Versi Sepanjang Jalan Kenangan Wahid, Kevin
Prologia Vol 1, No 1 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i1.1426

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan mengetahui makna persahabatan dan fungsi persahabatan yang terkandung dalam iklan TVC U-Mild versi Sepanjang Jalan Kenangan. Landasan teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori persahabatan (Berndt, T. J., 2002). yang mengandung makna bahwa seorang sahabat akan hadir di saat-saat yang dibutuhkan untuk saling membantu dan berbagi satu sama lain dan seorang sahabat senantiasa mencurahkan isi hati dan pemikirannya serta akan selalu setia berdiri di pihak sahabatnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan dokumentasi dan studi pustaka, serta referensi yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis semiotika oleh Roland Barthes yang terdiri atas makna denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil Penelitian ini ialah iklan U-Mild versi sepanjang jalan kenangan di media televisi menginterpretasikan makna persahabatan yang terkandung di dalamnya yang dimana persahabatan tersebut memiliki fungsi yang terdiri atas pertemanan, stimulasi, dukungan fisik, dukungan ego, perbandingan sosial, dan intimasi atau afeksi yang mewakili konsep persahabatan dalam iklan tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam iklan televisi U-Mild versi Sepanjang Jalan Kenangan mengandung makna persahabatan bahwa seorang sahabat bersedia mengorbankan diri dan waktu untuk saling membantu dan saling mempercayai antara satu sama lain.
“Hidup Irit” (Analisis Semiotika Pada Iklan Axis Iritology No.81 Kzl #Warbyazah) Giovanni, Frans; Sukendro, G Genep
Prologia Vol 1, No 1 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i1.1416

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh banyaknya media sosial pada saat ini, mempermudah komunikasi atau mencari informasi. Orang selalu ingin menggunkan media sosial karena dianggap mempermudah dalam berkomunikasi walaupun harga kebutuhan semakin naik dan budaya konsumtif semakin dirasakan sehingga terlihat boros. Untuk menggunakan media sosial, harus menggunakan jasa layanan internet/provider dengan biaya tertentu. Tiap provider menggunakan iklan untuk memberikan ingatan dan informasi produknya kepada khalayak dikenali. Salah satu provider adalah Axis Telekom, mengajak masyarakat menerapkan pola hidup irit menggunakan iklan TVC sebagai media beriklan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna hidup irit pada iklan Axis Iritology No.81 KZL #Warbyazah dengan menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif. Hasilnya, Axis menyampaikan pesan kepada kelas ekonomi menengah bawah agar dapat mengikuti perkembangan media sosial seperti yang diinginkan perusahaan, dengan memberi detil pada setiap adegan. Adegan yang dipilih yaitu meski menggunakan Axis belum bisa terus menerus menggunakan media sosial, Axis mengajak untuk menggunakan AXIS KZL dengan keuntungan lebih irit dan dapat menggunakan media sosial terus menerus.
Fungsi Marketing Public Relations PT. IMS Dalam Membangun Brand Image Harman Kardon di Insonesia Natalie, Nadya
Prologia Vol 1, No 1 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i1.1345

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, industri audio khususnya speaker portable semakin berkembang dengan banyaknya permintaan dan banyaknya brand yang masuk ke indonesia. PT. IMS merupakan distributor berbagai merek speaker, salah satunya yang terkenal adalah Harman Kardon. Dengan ini, peneliti ingin mengetahui fungsi dari Marketing Public Relations dari PT. IMS dalam membangun brand Harman Kardon di Indonesia. Teori yang digunakan menurut Rosady Ruslan mengenai Marketing Public Relations dan menggunakan metodelogi penelitian Kualitatif. Setelah melakukan penelitian, peneliti berhasil mendapatkan informasi langsung dari branch manager PT. IMS, branch manager Harman Kardon, branch manager toko resmi PT. IMS dan MPR dari PT. IMS. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa peran seorang MPR di PT. IMS sangatlah penting bagi membangun brand image dari Harman Kardon, salah satunya menjaga hubungan dengan pemilik toko yang menjual produk-nya dan memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen. Peneliti juga memberikan saran untuk MPR PT.IMS agar dapat lebih baik lagi membangun brand image Harman Kardon di Indonesia.