cover
Contact Name
Sinta Paramita
Contact Email
sintap@fikom.untar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
prologia@fikom.untar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Prologia
ISSN : -     EISSN : 25980777     DOI : -
Prologia (E-ISSN 2598-0777) is a national journal, which all articles contain student's writing, are published by Faculty of Communication Universitas Tarumanagara. Scientific articles published in Prologia are result from research and scientific studies conduct by Faculty of Communication students in communication field. Prologia published twice a year.
Arjuna Subject : -
Articles 50 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2018): Prologia" : 50 Documents clear
Strategi Komunikasi Pemasaran yang Dilakukan Guten Morgen Coffee Lab and Shop untuk Menarik Konsumen Theresiana, Leanora; Setyanto, Yugih
Prologia Vol 2, No 2 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i2.3717

Abstract

Perkembangan bisnis di Indonesia semakin berkembang terlebih di bidang Kuliner. Tidak bisa dipungkiri bahwa semakin banyak Restoran dan Kafe yang ada di sekitar kita. Pebisnis berlomba-lomba untuk menciptakan sesuatu yang unik untuk menarik perhatian pelanggannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang telah dilakukan oleh Guten Morgen Coffee Lab and Shop untuk menarik konsumen. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi pemasaran. Dalam menganalisis data terhadap penelitian ini menggunakan analisis data interaktif. Selain menggunakan observasi dan studi pustaka, peneliti juga melalukan wawancara tidak terstruktur dengan pemilik dari kedai kopi dan konsumen untuk mendukung data penelitan. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa kedai kopi ini dalam melakukan strategi komunikasi pemasarannya dengan memilih target pasar  masyarakat menengah ke atas dengan menyajikan kopi yang berkualitas yakni menggunakan kopi robusta yang memiliki rasa lebih pahit daripada kopi lainnya. Dalam kegiatan promosi, kedai kopi ini memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana promosinya, kemudian sangat terbantu oleh peran media televisi yang melakukan peliputan mengenai kedai kopi ini.
Pengaruh Terpaan Media Line Webtoon Wonderwall terhadap Opini Pembaca Mengenai Isu Kesehatan Mental Haliem, Putri Oktavia; Rusdi, Farid; Utami, Budi
Prologia Vol 2, No 2 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i2.3730

Abstract

Naver Webtoon adalah sebuah media komik online yang didirikan oleh Kim Jun Koo pada tanggal 23 Juni 2004 di Korea. Diluncurkan secara global sebagai Line Webtoon pada tahun 2014, dan memiliki 17 Juta pengguna per bulannya. Line Webtoon juga menyediakan Webtoon dalam berbagai Bahasa, salah satunya adalah Indonesia. Beberapa judul Webtoon yang tersedia dalam Bahasa Indonesia yang cukup terkenal adalah Line Webtoon ‘Wonderwall’ yang menjadi objek dari penelitian ini. Line Webtoon ‘Wonderwall’ sendiri bergenre romantis dan menceritakan tentang kisah seorang gadis bernama Jessy, dan kehidupan sekolahnya, kisah asmara dengan anak laki–laki yang ditakuti oleh anak sekolah yang mengandung konten yang mengarah ke isu kesehatan mental seperti trauma, suka menyayat tangan, dll. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa jauh pengaruh terpaan media Line Webtoon “Wonderwall” terhadap opini pembaca mengenai isu kesehatan mental. Penelitian ini menggunakan dasar teori terpaan media, dan opini. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Hal ini akan diuji dengan menggunakan uji validitas, realibilitas, normalitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana, dan uji t. Dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh terpaan media Line Webtoon “Wonderwall” terhadap opini pembaca mengenai isu kesehatan mental. 
Pengaruh Terpaan Media Online Terhadap Brand Image Kini Capsule Kevin, Dionisius; Sari, Wulan Purnama
Prologia Vol 2, No 2 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i2.3590

Abstract

Kini Capsule adalah sebuah hotel minimalis dengan bentuk kapsul yang berlokasi di Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan media online terhadap brand image dengan menggunakan Kini Capsule sebagai objek penelitian. Peneliti memilih Kini Capsule sebagai objek penelitian karena merupakan hotel yang memiliki konsep unik serta menggunakan strategi pemasaran yang memanfaatkan media online. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode kuesioner. Populasi  Ddalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menginap di Kini Capsule dengan sampel penelitian sebanyak 100 responden. Hasil kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terpaan media memiliki pengaruh sebesar 7,9% dan signifikan terhadap brand image Kini Capsule, sementara 92,1% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Di dalam penelitian ini, terdapat dua dimensi yang paling berpengaruh yakni dimensi frekuensi (terpaan media) dan dimensi keunikan (brand image). Pada dimensi frekuensi dijelaskan mengenai seberapa sering khalayak menerpa dirinya ke dalam informasi, yakni dalam penelitian ini berkaitan dengan semakin tingginya frekuensi seseorang untuk memperoleh informasi mengenai Kini Capsule. Keunikan menjelaskan mengenai perbedaan di antara Kini Capsule dengan penginapan yang lain. Di dalam penelitian ini, keunikan ditunjukan melalui bentuk kapsul Kini Capsule dan desain arsitekturnya yang bertemakan Indonesia. Hal tersebut menjadi faktor utama yang menjadi daya tarik masyarakat untuk datang dan mengunjungi Kini Capsule.
Komunikasi Pemasaran PT. Bach Multi Global dalam Membangun Kepercayaan Konsumen Pratama, Thiara Ivankha; Kusniadi, Suherman
Prologia Vol 2, No 2 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i2.3739

Abstract

Penelitian ini membahas tentang metode-metode komunikasi pemasaran yang digunakan oleh PT. Bach Multi Global dalam membangun kepercayaan Konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis akan menganalisis kegiatan komunikasi pemasaran PT. Bach Multi Global dalam membangun kepercayaan Konsumen. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran dan komunikasi pemasaran terpadu. Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan studi kepustakaan di PT. Bach Multi Global. Hasil dari penelitian ini penulis mengetahui bahwa PT. Bach Multi Global hanya menggunakan metode komunikasi pemasaran personal selling, direct marketing, dan word of mouth marketing karena PT. Bach Multi Global adalah perusahaan yang menjual produk industri, dan tidak menjual secara retail. Kepercayaan Konsumen dapat dilihat dari bentuk-bentuk kerja sama PT. Bach Multi Global dengan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, dan berbagai Konsumen dari kalangan tertentu. Konsumen PT. Bach Multi Global juga ikut merekomendasikan produk genset yang dijual oleh PT. Bach Multi Global kepada Konsumen lain tanpa terpengaruh penawaran dari perusahaan lain.
Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image Jamu (Studi pada Suwe Ora Jamu Kedai Jamu & Kopi) Tamara, Jessica; Setyanto, Yugih
Prologia Vol 2, No 2 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i2.3715

Abstract

Jamu sebagai minuman yang memiliki segudang manfaat tentu sangat disayangkan apabila hilang begitu saja. Brand image yang melekat pada jamu sebagai minuman yang kuno dan pahit membuatnya semakin ditinggalkan. Kedai Jamu dan Kopi Suwe Ora Jamu (SOJ) memiliki konsep sebagai brand jamu yang unik dan berbeda dari jamu tradisional yang biasa dikenal. Hal ini bertujuan untuk kembali melestarikan jamu dan mengenalkannya kembali kepada generasi muda. Selalu berinovasi dalam menciptakan produk jamu yg unik dan kreatif tanpa menghilangkan manfaatnya menjadi cara utama dari SOJ dalam membangun brand image jamu yg dulunya dianggap kuno dan pahit menjadi suatu minuman modern. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan strategi public relations yang digunakan oleh Suwe Ora Jamu Kedai jamu dan kopi dalam membangun brand image jamu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dan jenis studi kasus. Subjek penelitian pada skripsi ini adalah Suwe Ora Jamu Kedai Jamu dan Kopi yang bertempat di Jalan Petogogan I No.28B, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sedangkan objek penelitian pada skripsi ini adalah strategi public relations yang digunakan oleh Suwe Ora Jamu Kedai Jamu dan Kopi dalam membangun Brand Image jamu. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara, obeservasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah event dan penggunaan media sosial merupakan kegiatan PR utama yang SOJ lakukan sebagai bagian dari startegi public relations dalam membangun brand image jamu.
Front Matters PRologia Vol 2 No 2 admin, admin
Prologia Vol 2, No 2 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Front Matters PRologia Vol 2 No 2
Analisis Minat Pelanggan Konten Musik Video Pada Channel Youtube Eclat Story Prayoga T.S, Andrea; Rusdi, Farid
Prologia Vol 2, No 2 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i2.3583

Abstract

Munculnya peluang menjadi youtuber membawa trend tersendiri bagi banyak kalangan, yaitu munculnya para creator maupun influencer dalam membuat sebuah konten yang menarik untuk dijadikan sebuah hasil karya yang dapat bermanfaat bagi para pengikutnya. konten yang saat ini menarik perhatian ialah musik video cover. Salah satu konten kreator yang memilih konten musik video yaitu grup band “Eclat Story”. Dalam hal ini, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah yang menjadi minat atau ketertarikan seorang subscriber untuk berlangganan konten youtube Eclat Story. Landasan teoritik yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya ialah media sosial, Youtube, dan minat. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi narasumber dalam penelitian ini ialah tiga orang narasumber dengan kualifikasi yang telah berlangganan sejak lama konten Youtube Eclat Story yang digunakan untuk mendapatkan informasi dan tujuan dalam berlangganan konten Youtube Eclat Story. Hasil penelitian bahwa yang menjadi minat dan ketertarikan para subscriber dalam berlangganan dan mengikuti konten-konten Youtube Eclat Story ialah konten musik video yang dibangun Eclat Story memiliki pembeda dan ide-ide konsep yang menarik, hal ini djuga didukung oleh tema yang diambil oleh Eclat sendiri ialah “Music in Movie” yang berarti bahwa dalam setiap pembuatan konten-konten video, Eclat story membuat musik video cover tersebut seperti layaknya sebuah video clip. Hal inilah yang menjadi pendukung ketertarikan para pelangggan dalam berlangganan channel Youtube Eclat story.
Pengaruh Customer Relationship Management dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel Krissianty, Della; Widayatmoko, Widayatmoko
Prologia Vol 2, No 2 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i2.3588

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Customer Relationship Management dan kegiatan yang menciptakan kepercayaan merek sehingga munculnya loyalitas pelanggan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Public Relations, Customer Relations, Customer Relationship Management, kepercayaan merek dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode survey. Teknik penelitian yang digunakan adalah non probability dengan pendekatan purposive sampling, responden sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Uji persyaratan analisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Hasil dari uji koefisien korelasi berganda sebesar 0,580 artinya memiliki hubungan antar variabel sedang, sedangkan pada koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar 33,6% loyalitas pelanggan Telkomsel dipengaruhi oleh Customer Relationship Management dan kepercayaan merek. Hasil uji t kedua variabel diketahui bahwa Ha diterima, artinya kegiatan Customer Relationship Management dan kepercayaan merek secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Telkomsel. Berdasarkan hasil uji F diketahui F tabel (3,09) < F hitung (24,538) maka Ha diterima, artinya variabel Customer Relationship Management dan kepercayaan merek secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Telkomsel.
Analisis Proses Personal Selling Pedagang Etnis Tionghoa di Blok B Pasar Tanah Abang Rasha, Yessica Marcella; Candraningrum, Diah Ayu
Prologia Vol 2, No 2 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i2.3745

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses personal selling yang dilakukan oleh etnis Tionghoa, selaku etnis yang terkenal dengan kemampuannya dalam berdagang, di blok B pasar Tanah Abang yang merupakan pusat grosir terbesar di Asia Tenggara. Penelitian ini fokus pada proses personal selling, yang merupakan salah satu bauran komunikasi pemasaran untuk mengetahui secara mendalam bagaimana komunikasi personal dalam memasarkan produk, yang dilakukan pedagang etnis Tionghoa ke calon pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan ciri deskriptif. Metode yang digunakan adalah fenomenologi untuk melakukan wawancara mendalam kepada informan dan observasi non partisipan untuk mengamati secara langsung kegiatan personal selling yang dilakukan oleh pedagang etnis Tionghoa di Blok B pasar Tanah Abang. Dalam personal selling, terdapat 7 proses yang dimulai dari prospecting (memilih dan menilai prospek), preapproach (prapendekatan), approach (pendekatan), presentation & demonstration(presentasi dan demonstrasi), handling objections (mengatasi keberatan), closing(penutupan), hingga follow up (tindak lanjut). Dengan adanya penelitian ini, ditemukan hasil bahwa para pedagang etnis Tionghoa menjalankan seluruh tahap proses personal selling. Pendekatan komunikasi yang dilakukan oleh pedagang etnis Tionghoa di Blok B pasar Tanah Abang dalam proses personal selling sangat mendalam, mulai dari sekedar hubungan jual beli sampai dengan suatu hubungan yang lebih akrab (cultivation), yaitu salah satu sifat dari personal selling. Pernyataan kepuasan pelanggan akan pelayanan dalam proses personal selling menjadi salah satu faktor tetap eksisnya pedagang etnis Tionghoa akan kemampuannya dalam berdagang.
Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan di PT. Bach Multi Global Evita, Evita; Setyanto, Yugih
Prologia Vol 2, No 2 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i2.3596

Abstract

PT. Bach Multi Global adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan, pemeliharaan, dan perbaikan generator set untuk perusahaan telekomunikasi di Indonesia seperti Telkomsel, XL, dan Indosat. Generator set yang dijual digunakan untuk tower base transceiver station (BTS) pada perusahaan telekomunikasi tersebut. Seiring berjalannya waktu, Penjualan genset pada BTS mulai menurun. Untuk dapat bertahan PT. BMG  perlu meningkatkan jumlah pelanggan ke sektor lain seperti, ritel, perbankan, konstruksi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi marketing public relations, aktivitas public relations serta bagaimana cara meningkatkan jumlah pelanggan di PT. Bach Multi Global (BMG) . Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui data yang diperoleh dengan wawancara pihak perusahaan yaitu CEO lalu, marketing public relations dan juga pelanggan-pelanggan dari perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT.Bach Multi Global telah menerapkan strategi marketing public relations yaitu kegiatan nya adalah menawarkan layanan after sales kepada customer, promosi iklan, dan sales call ke kantor-kantor.