cover
Contact Name
Rajab Vebrian
Contact Email
rajab.vebrian@stkipmbb.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppm@stkipmbb.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bangka tengah,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
ISSN : 2303372X     EISSN : 26565854     DOI : -
Core Subject : Education,
Edutainment Journal is an educational journal that focus on the result of educational research and teaching done by lecturers, teachers, and educators. This journal will be published twice a year on every July and December.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 40 Documents
PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TIPE SSCS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Erlina, Nina
Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan Vol 7 No 1 (2019): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.131 KB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tipe SSCS untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI AK 1 SMKN 1 Sungailiat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK yang dilakukan dengan tipe Search, Solve, Create dan Share (SCSS) pada mata pelajaran Akuntansi materi tentang Jurnal Penutup. Hasil temuan menunjukkan: 1) Model pembelajaran PBL tipe SSCS ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, hal ini dapat dibuktikan dengan perbandingan nilai tes pada masing-masing siklus. 2) Model pembelajaran ini juga mampu mengatasi miss-match terutama pada konsep-konsep sosial yang sifatnya abstrak dan memerlukan bukti-bukti riil dari kehidupan nyata untuk dibawa ke dalam proses pembelajaran. 3) Kendala yang ditemui terkait penerapan metode pembelajaran ini yakni: a) Guru yang terlibat belum terbiasa menggunakan model pembelajaran PBL dengan tipe SSCS ini sebelumnya, sehingga mengalami sedikit kesulitan untuk mengaplikasikannya. Setelah beberapa pertemuan, guru sudah terbiasa untuk beradaptasi dalam mengoptimalkan penggunaannya untuk kegiatan belajar peserta didik di kelas. b) peserta didik menginginkan fase pembelajaran dan percobaan-percobaan yang mereka lakukan di-design lebih menarik dan interaktif, dan memuat contoh-contoh kegiatan riil yang lebih banyak terkait dengan materi yang dibahas.
DEVELOPING STUDENTS’ WRITING SKILL THROUGH JIGSAW, MIND-MAPPING, AND ROUNDTABLE TECHNIQUES Iswahyuni, Dwi ; Kiswati, Sri
Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan Vol 7 No 1 (2019): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (560.5 KB)

Abstract

Writing skill seems to be a difficult skill for many students. Whereas, they are demanded to be able to write at text level. This study investigates how students’ writing skill can be developed  through the combination of jigsaw, mind-mapping, and roundtable techniques. The aim of the study was to find out in what ways the combination of jigsaw, mind-mapping, and roundtable techniques can develop students’ writing skill. Moreover, this study belonged to a pre-experimental study and the instruments employed in this study were tests and field notes. The results of the study showed that almost all of the students made some improvements after the treatments. All aspects which comprised grammar; mechanics; style and quality of expression; organization; and content aspects were improved. In addition, the highest improvement belonged to grammar aspect (30.73%). Furthermore, based on the field notes, the students gave positive responses towards the treatments and the treatments were worthwhile for the development of the students’ writing skill. Based on the results of the study, it can be concluded that the combination of jigsaw, mind-mapping, and roundtable techniques can develop students’ writing skill in many ways including grammar, mechanics, vocabulary, organization, and content aspects.
IMPROVEMENT OF BIOLOGY CLASS X LEARNING OUTCOMES THROUGH JIGSAW Marwati, Utami
Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan Vol 7 No 1 (2019): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.15 KB)

Abstract

The aims of this study is to improve the learning outcomes of biology class X through jigsaw cooperative learning in SMK Negeri I Mendo Barat academic year 2018/2019. Data analysis used is a descriptive comparative analysis which means comparing the value of the test results in the pre-cycle condition with the condition after the second cycle Data collection was obtained from the initial conditions, the results of cycle 1 and cycle 2, because the class actions carried out consisted of two cycles. Then, the data analysis for each cycle was carried out inductively by comparing the learning process with the same Jigsaw method. The results of the study showed that there was an increase in the test results of students from the initial condition to cycle 1, which was egual to 31,73% ( average value from 5,64 becomes 7,43). Then from cycle 1 to cycle 2 also experienced an increase in replication value of 5,42% or from 7,43 becomes 7,82. In other words, after the class action there are two replication value cycles there is an increase of 38,65% ( 5,46 becomes 7,82). Thus jigsaw cooperative learning can improve biology class X learning outcomes in SMK Negeri I Mendo Barat academic year 2018/2019.
ASSESSMENT OF AFFECTIVE DOMAIN IN ATTITUDE SCALE ASSESSMENTS TO ASSESS LEARNING OUTCOMES Saftari, Maya; Fajriah, Nurul
Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan Vol 7 No 1 (2019): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.353 KB)

Abstract

The evaluation aspects generally cover cognitive, affective, and psychomotoric domains. Explicitly, these three domains cannot be separated from each other. In the affective domain includes assessing the character of behavior such as attitudes, interests, self-concept, values, and morals. Attitude is a complex psychological concept as a collection of the results of a person's evaluation of a particular object, person, or problem. Attitude scale assessment is generally used to assess learning outcomes in the affective domain. Affective domain assessment in the form of an assessment of students' attitude scales needs to be developed to find out changes in the attitudes of students in the learning. How to measure the attitudes of students using non-test instruments in the form of a questionnaire attitude scale based on a Likert scale consisting of 22 questions with answers to questions including: Always (SL), Often (SR), Sometimes (K), Rarely (JR), Never (JTP) based on the attitude scale instrument grid in the form of a checklist. The assessment techniques and instruments used in the 2013 Curriculum include the assessment of competency attitudes, knowledge, and skills. The expectation of affective domain assessment in the form of attitude scale can support the success of students as well as knowing whether failure in the teaching and learning process comes from academic factors or affective factors.
INCREASING STUDENTS ACHIEVEMENT BY COLABORATION PICTURE MEDIA AND EXPREMENT METHODE Mupelita, Gaylies
Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan Vol 7 No 1 (2019): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.64 KB)

Abstract

This background of study by exam result of student to material human respiratory academic year 2017/2018. This study of class action is purpose to improve study result of students with using colaboration picture media with experiment result study in learning process Biology in XI MIPA 3 second semester in SMA N 2 Pangkalpinang academic year 2018/2019. After apply colaboration picture media with experiment method the result study of student have increasing. This study is doing into two cycles with total 37 students which are boys 14 and girls 23. Data collecting is using evaluate every cycle and observe to student as long as learning process. The student that has succes reach in this evaluation are students have the same minimal mark or above value standard which is 73. On cycle 1 there are 37 students 23 students get score in value standard and above value standard with average mark 72,03 with percentage 62,16%. The result of the test cycle 2 all of 37 students get in value standard and above value standard with average mark 83,85. This is prove that colaboration picture media with experiment method in Biology for human respiratory can increase result students’ learning for XI MIPA 3 in SMA N 2 Pangkalpinang.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN TINGGI, SEDANG, RENDAH Kurniasi, Eka Rachma; Juwita, Intan
Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan Vol 7 No 1 (2019): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.524 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis dalam pembelajaran matematika di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam memahami konsep matematis yang ditinjau dari kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Adapun subjek penelitian berjumlah 10 orang yang merupakan mahasiswa dari program studi pendidikan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis pada mata kuliah Teori Bilangan. Hasil yang didapatkan pada mahasiswa kemampuan tinggi adalah mahasiswa dapat menjawab semua soal pemahaman konsep matematis dan hanya ada satu orang yang tidak lengkap jawabannya pada soal nomor 3, pada soal pembuktian dengan induksi matematika dengan indikator menggunakan konsep atau definisi untuk menyelesaikan masalah,  dan pada soal nomor 4 pada soal pembuktian dengan induksi matematika pola bilangan prima dengan indikator menggunakan definisi atau konsep untuk menyelesaikan masalah yang lebih luas. Pada mahasiswa kemampuan sedang soal nomor 1, 2, 3 dengan indikator soal nomor 1 dan 2 memberikan contoh dan non-contoh dapat terjawab dengan baik dan soal nomor 4 dua orang responden menjawab tetapi salah prosedur pengerjaan dan dua orang tidak menjawab. Pada mahasiswa kemampuan rendah soal nomor 1, 2 dan 3 dapat dijawab dengan benar dan di soal nomor 4 semua responden mengosongkan jawaban.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MELALUI PERTANYAAN WEB EXE DIHUBUNGKAN DENGAN ANIMASI Arpandi, Arpandi
Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan Vol 7 No 1 (2019): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.945 KB)

Abstract

The goal of this Classroom Action Research is to increase students’ reading ability signed by the ability of students to answer the main idea, detail text, cause and effect, and the description of the text conclusion. The writer uses learning media through web exe related to animation by multiple questions. There are three cycles with four procedures; planning, acting, observing and reflecting. The result is significant increasing of vocabularies and students’ reading ability. It is signed by firstly at the first cycle the average of students’ test score 72,1 for XII IPS 2 compared with before cycle 63,7, the increasing 8,4 point. For XII IPS 3 there is increasing 12 point, 76,8 compared with 64,8. At the second cycle, class XII IPS 2 got 74,5 with increasing 2,4, and class XII IPS 3 got 76,9 with increasing 0,1 point. At the third cycle, class XII IPS 2 got 78,2 with increasing 3,7, and class XII IPS 3 got 82,9 with increasing 6,0 point. Secondly there are 28 students from XII IPS 2 and 30 students from XII IPS 3 getting score equal or more than 75. The last conclusion the teaching media using web.exe related to animation question is worthy to use, because it can increase students’ vocabularies and reading ability.
ANALISIS STRUKTUR RETORIKA PROBLEM JUSTIFYING PROJECT PADA TEKS PENDAHULUAN ARTIKEL JURNAL BIDANG PENELITIAN TINDAKAN KELAS Sasih Karnita Arafatun
Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan Vol 7 No 1 (2019): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.067 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui struktur retorika teks pendahuluan artikel jurnal bidang penelitian tindakan kelas yang ideal berdasarkan model struktur retorika PJP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah tuturan penulis dalam teks bagian pendahuluan artikel jurnal “BISA” dan “Bahasa dan Seni” bidang penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil analisis ditemukan langkah yang sama di setiap tahapan yang dominan dari penulisan AJP “BISA” dan “Bahasa dan Seni” adalah tahapan 1 dengan langkah 1C menjelaskan sejarah singkat bidang penelitian dan 1E membuat klaim umum;tahapan 2 dengan langkah 2A memperkenalkan topik penelitian, 2B mengidentifikasi masalah penelitian, 2C meriviu literatur terkait;tahapan 3 dengan langkah 3D menyatakan tertarik meneliti masalah tersebut; dan tahapan 4 dengan langkah 4A menjelaskan tujuan penelitian, 4B menyatakan pertanyaan penelitian, dan 4G mengusulkan solusi untuk masalah penelitian. Namun, pada jurnal “Bahasa dan Seni” masih ada langkah di setiap tahapan yang dominan adalah tahapan 1: 1A mendefinisikan istilah penting, 1B mengacu kepada kebijakan pemerintah;tahapan 3: 3C menyatakan bahwa topik tersebut penting diteliti; dan tahapan 4: 4C mendeskripsikan ciri-ciri khusus penelitian, 4D menyatakan manfaat penelitian, 4E mengumumkan temuan penelitian, 4F menyatakan hipotesis penelitian.
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SD
Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan Vol 6 No 2 (2018): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.081 KB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu ruang lingkup mata pelajaran IPA. Buku sebagai sumber ilmu digunakan untuk memahami konsep pelajaran tersebut. Tetapi  teori dalam buku kurang mendukung tercapainya pemahaman konsep sesuai dengan indikator. Untuk mengatasi permasalan itu, perlu dilakukan perubahan model dan media pembelajaran dalam pencapaian pemahaman konsep. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIB SD Negeri 3 Pangkalpinang. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas VIB SD Negeri 3 Pangkalpinang. Hal tersebut terbukti dari hasil belajar siswa. Pada siklus I kemampuan siswa di atas KKM sebesar 74% dan pada siklus dua meningkat menjadi 100%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media laboratorium dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA bagi siswa.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN METODE JIGSAW PADA MATERI INTERAKSI SOSIAL DAN LEMBAGA SOSIAL DI SMP
Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan Vol 6 No 2 (2018): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Publisher : STKIP MBB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.814 KB)

Abstract

Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Kompetensi Dasar   Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial memanfaatkan Perpustakaan Sekolah dan  Penerapan Jigsaw. Tujuannya yaitu meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Sungailiat pada kompetensi Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan refleksi. Siklus I dilakukan dengan kolaborasi perpustakaan  dengan masalah tunggal yang ditentukan pada pembelajaran sebelumnya. Pada siklus I ini, belum seluruh siswa mencapai ketuntasan. Ketuntasan baru mencapai 44,12%. Sedangkan siklus II, Kolaborasi Perpustakaan Sekolah dan Penerapan Jigsaw, masalah yang multi yaitu menggunakan dua tahap, yakni kolaborasi perpustakaan sekolah dengan model Jigsaw kelompok untuk mendiskusikan masalah yang berbeda - beda. Hasilnya disajikan dalam diskusi panel, sehingga pada siklus II terdapat enam panel. Pada siklus II seluruh siswa tuntas dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 70.

Page 1 of 4 | Total Record : 40