cover
Contact Name
Hamdan Sugilar
Contact Email
hamdansugilar@uinsgd.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
puslitpen@uinsgd.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Perspektif
ISSN : 25497111     EISSN : 2549712x     DOI : -
Multidicipliner: Social Science, Law and Islamic Law, Education, Politic, Science and Technology, Languistic.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Perspektif" : 4 Documents clear
Pengolahan Air Sungai Menjadi Air Layak Konsumsi Menggunakan Kulit Pisang Raja Bulu (Musa paradica) Irwansyah, Ferli S.; Susanti, Susan; Windayani, Neneng
Jurnal Perspektif Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Perspektif
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/jp.v1i1.1

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kondisi massa optimum koagulan terhadap pH dan kekeruhan pada pengolahan air sungai Cisangkuy menjadi air domestik nonkonsumsi serta menganalisis karakteristiknya sebelum dan sesudah pengolahan menjadi air domestik nonkonsumsi dengan menggunakan adsorben dari kulit pisang raja bulu (Musa paradica). Tahapan dalam penelitian ini terbagi menjadi beberapa bagian, tahap pertama adalah menganalisis air sungai sebelum perlakuan apapun dengan paramater pH, bau, kekeruhan, kesadahan, kadar besi, mangan dan kadmium. Tahap kedua adalah menentukan optimasi koagulan dari kulit pisang raja bulu (Musa paradica) dan tahap ketiga adalah melakukan penyaringan air sungai melalui media filtrasi. Analisa karakteristik air sungai Cisangkuy dengan parameter bau, pH, kekeruhan, kesadahan, mangan, besi, dan kadmium setelah dibandingkan hasilnya dengan analisa air sungai sebelum pengolahan, semua hasilnya menunjukan penurunan, dan memenuhi baku mutu yang berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 82 Th. 2001. Adapun persen penurunan dari setiap parameter, yaitu kekeruhan 87.50%, pH 25.4%, kesadahan 24.28%, Fe 95.55%, Mn 70.51%, dan Cd 98.50%. Kata kunci: air sungai, absorben, Musa paradica.
Implementasi Model Perkuliahan Assesment for Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pembuktian pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Sugilar, Hamdan
Jurnal Perspektif Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Perspektif
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap mahasiswa terhadap assessment for learning (AFL), sikap mahasiswa terhadap mata kuliah analisis riil ditinjau dari substansi atau materi kuliah dan kesungguhan mahasiswa mempelajari materi kuliah dan mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar mahasiswa antara mahasiswa yang kuliah dengan model perkuliahan AFL dengan ekspositori. Metodologi penelitian ini adalah quasi eksperimen (percobaan semu) di mana penulis melakukan perlakuan terhadap variabel bebas dan mengamati perubahan yang terjadi pada variabel terikat. Jenis desain eksperimennya yaitu kelompok kontrol pretes–postes. menurut mahasiswa 92,5% menyatakan bahwa analisis riil, merasa bingung dan kesulitan dalam menyelesaikan soal pembuktian, sikap mahasiswa terhadap mata kuliah analisis riil ditinjau dari substansi atau materi kuliah dan kesungguhan mahasiswa mempelajari materi kuliah diperoleh 70% mahasiswa tidak mempelajari mata kuliah ini sebelumnya. Ketika perkuliahan berlangsungpun 65% mahasiswa kurang memahami materi dengan baik dan memberikan sikap pasif. 77,5% mahasiswa merespon positif terhadap model perkuliahan AFL. berdasarkan hasil postes rata-rata kelas eksperimen 62, kelas kontrol 55 dengan prosentase kenaikan kelas eksperimen 61% sedangkan kelas kontrol 42%. Kesimpulannya mahasiswa yang dalam perkuliahannya melalui AFL kemampuan pembuktian pada mata kuliah analisis riil lebih baik secara signifikan dari pada yang menggunakan perkuliahan ekspositori. Kata kunci: analisis riil, assesment for learning,
Hubungan Model Pembelajaran Tendangan Penalti dengan Tingkat Kepercaya Diri dalam Permainan Sepakbola Angga Permadi, Asep
Jurnal Perspektif Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Perspektif
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tendangan penalti dalam mencetak gol dalam permainan sepakbola, tingkat kepercayaan diri pemain sepakbola, dan hubungan antara model pembelajaran tendangan penalti dengan tingkat kepercayaan diri dalam permainan sepakbola. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen, dengan populasi dan sampel adalah pemain sepakbola yang tergabung dalam siswa ekstrakulikuler sepakbola SMAN 4 Garut sebanyak 20 orang. Instrumen Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-test, Treatment dan Post-test. Hasil penelitian, pengolahan dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa signifikansi peningkatan hasil latihan tendangan penalti, dengan tingkat kepercayaan diri pemain sepakbola SMAN 4 Garut dengan rata-rata berada pada kategori baik, kepercayaan diri pemaian sepakbola memiliki nilai koefisien yang berkatagori tinggi, dan untuk hubungan tendangan penalti dengan tingkat dapat disimpulkan bahwa korelasi antara tendangan penalti dengan kepercayaan diri memiliki nilai koefisien berkatagori tinggi. Dengan temuan tersebut, penulis mengajukan saranagar pemain sepakbola lebih memperhatikan latihan tendangan penalti dan tingkat kepercayaan diri untuk mendukung dalam permaianan sepakbola agar kemampuan dan penampilan saat bermaian maksimal.Kata kunci: kepercayaan diri; model pembelajaran; sepakbola
Pengaruh Metode Pendekatan Bermain terhadap Partisipasi Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Adaptif Tuna Grahita Ringan Ramadhana Sonjaya, Azhar
Jurnal Perspektif Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Perspektif
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh metode pendekatan bermain dan metode pendekatan konvensional tehadap partisipasi belajar pendidikan jasmani siswa adaptif tuna grahita ringan di SLB bagian C Kabupaten Cirebon. Untuk memecahkan masalah tersebut, digunakan metode eksperimen (pretest and posttes control group desain) dengan teknik observasi. Pengamatan dilakukan oleh 3 orang observer yang bersama mengamati kejadian di lapangan. Data hasil observasi selanjutnya dianalisis secara sederhana melalui analisis statistik. Berdasarkan pengolahan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa pada kelompok eksperimen tidak adanya pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi belajar pendidikan jasmani dalam pendekatan bermain pada hasil analisis data kelompok kontrol menunjukan tidak adanya pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi belajar pendidikan jasmani dalam pendekatan bermain, ketika dua kelompok dibandingkan menunjukan adanya pengaruh metode pendekatan bermain yang lebih baik terhadap partisipasi belajar pendidikan jasmani. Kata kunci: metode bermain; metode konvensional; partisipasi

Page 1 of 1 | Total Record : 4