cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Maranatha
ISSN : 14119293     EISSN : 25794094     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 300 Documents
Pengembangan Produk Baru dan Model-Model Evaluasi Produk Baru Wardiah, Nurilda
Jurnal Manajemen Maranatha Vol 2 No 2 (2003)
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1660.842 KB) | DOI: 10.28932/jmm.v2i2.125

Abstract

This writing is likely to discuss about process, approaches,interrupting, and models of new product evaluation. The effective strategies and extract of new product development are determining factors of firm's survival. It is not an easy role to perform, for it needs lots of tries, time and firm's resources ability - include risk and failure cost. New product development starts from identification of consumer's needs and wants until commercialization, include launching and interrupting new product. Being done well, each step insuch development is hardly required to evaluate before go to next step. There are some new product development models available to be extract. The use of models depends on our goal. For example, products type data available, environment, time, and diagnostic of information. In evaluating new product, managers can use those models. This discuss about new product development expect to be reviewed by manager in doing their dutyKeywords : New product development. product launch andelimination, new product evaluation. and new product evaluation models
e-Commerce dalam Manajemen Pemasaran Setyawan, Surya
Jurnal Manajemen Maranatha Vol 2 No 2 (2003)
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1431.744 KB) | DOI: 10.28932/jmm.v2i2.123

Abstract

Nowadays development of telecommunication technologies set out to the development of internet. It can be said that everyone over the world use internet as communication media to communicate to everybody in every place in the world. Marketing management has to follow this development in satisfiying customers ' needs. Commercial business move from traditional commerce to e-commerce by usinginternet as world wide communication device. And so does marketing management change from local to global marketing. There are lots of changes in management skills and knowledges in marketing. This article describes the change of global world by understanding the internet; include its advantages and disadvantages. It will aflect to thedevelopment of e-commerce in marketing management. e.g. loyalty and value added.Keywords: Marketing management, internet. e-commerce, e-tailer, loyalty. value added. on-line.
Paten dan Hak Cipta Sebagai Pengakuan dan Perlindungan Atas Kekayaan Intelektual dalam Organisasi Berbasis Belajar (Learning Organization) ., Dewi Irawati
Jurnal Manajemen Maranatha Vol 2 No 2 (2003)
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1911.685 KB) | DOI: 10.28932/jmm.v2i2.124

Abstract

Perkembangan ekonomi/bisnis telah menjadi tanpa batas yang jelas, baik dalam hal waktu maupun tempat, juga ditandai dengan meningkatnya perdagangan antar negara yang berbasis pada pengetahuan, menyangkut barang dan jasa yang dihasilkan atas dasar kemampuan intelektual manusia. Hal ini telah mendorong pada karya- karya intelektual yang semakin memiliki nilai ekonomi tinggi. Perubahan paradigma perusahaan era mass production menjadi customized production merupakan implikasi perubahan iklim bisnis tersebut. Saat ini perkembangan dunia menunjukkan bahwa modal intelektual atau modal yang berbasis pengetahuan telah memberikan sumbangan kekayaan yang jauh melebihi kekayaan yang bersumberpada kekayaan fisik lainnya. Kenyataan ini menunjukkan bahwa semakin maju organisasi/negara, semakin tergantung pada modal intelektual, mengingat modal intelektual tersebut lebih bersifat “renewable” dan "sustainable" sehingga organisasi dapat menjadi champion didalam persaingannyaPaten dan Hak Cipta sebagai sistem HKI (Hak Kekayaan Intelektual) dimaksudkan sebagai instrumen perlindungan hukum terhadap karya intelektual (yang bermanfaat bagi masyarakat) selama kurun waktu tertentu disamping juga dimaksudkan untuk merangsang siapapun (baik sebagai anggota organisasi maupun sebagai individu) untukmenghasilkan karya-karya kreatifKata Kunci: Paten, Hak Cipta, Organisasi Belajar (Learning Organization).
Cover ., admin
Jurnal Manajemen Maranatha Vol 2 No 2 (2003)
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.532 KB) | DOI: 10.28932/jmm.v2i2.121

Abstract

-
Daftar Isi ., admin
Jurnal Manajemen Maranatha Vol 2 No 2 (2003)
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (51.786 KB) | DOI: 10.28932/jmm.v2i2.122

Abstract

-
Pentingkah Manajemen dalam Home Industri (Kasus di PT. Bersama Parahiyangan) ., Nur
Jurnal Manajemen Maranatha Vol 2 No 1 (2002)
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1069.348 KB) | DOI: 10.28932/jmm.v2i1.120

Abstract

Setiap perusahaan baik perusahaan besar maupun kecil pastimembutuhkan manajemen dalam melaksanakan usahanya. Begitu juga home industri yang mempunyai skala usaha kecil dan jumlah tenaga kerja yang sedikit. Salah satu contoh home indUStri yaitu PT Bersama Parahiyangan. yang didalam menjalankan usahanya belum memiliki manajemen yang teratur. sehingga sering mengalami permasalahan yang sulit diatasi. Untuk mengatasi pemasalahan tersebut harus diperbaiki manajemennya.Kata Kunci: Manajemen, Tata Letak Pabrik, Struktur Organisasi.Pemasaran` Laporan Keuangan.
Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Publik dengan Menggunakan Perbandingan EVA dan CVA Rizfia, Khaira
Jurnal Manajemen Maranatha Vol 2 No 1 (2002)
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1195.408 KB) | DOI: 10.28932/jmm.v2i1.118

Abstract

Dalam penelitian ini dilakukan pengukuran kinerja keuanganperusahaan publik dengan menggunakan alat ukur Economic Value Added (EVA) dan Cash Value Added (CVA). Pada konsep EVA, nilai perusahaan tercipta jika laba yang dihasilkan lebih besar dari biaya modal, formulanya NOPAT dikurangi dengan cost Qf all capital, sedangkan CVA mengukur kemampuan perusahaan untuk meningkatkan kekayaan pemegang saham, caranya gross cash flowdikurangi dengan depresiasi ekonomis dan capital charge. Data yang digunakan adalah laporan laba/rugi dan neraca perusahaan publik yang dijadikan sampel. Penelitian ini mengukur penilaian kinerja keuangan perusahaan publik antara yang berkapitalisasi besar dengan yang berkapitalisasikecil. Hipotesis yang digunakan menggunakan statistik uji beda dua buah harga rata-rata dengan tingkat kepercayaan 95%. Rata-rata EVA perusahaan publik yang berkapitalisasi besar. lebih besar nilainya dibandingkan dengan yang berkapitalisasi kecil. Dengan statistik uji beda didapat hasil yang tidak berbeda secara significant antara kedua kelompok perusahaan tersebut. Rata-rata CVA perusahaan publik yang berkapitalisasi besar nilainya lebih besar dari yang berkapitalisasi kecil. Dilakukan statistik uji beda didapat hasil yang berbeda secara significant antara kedua jenis perusahaan. Selain menilai kinerja perusahaan secara internal, sebaiknya manajer dan pemilik modal juga memperhatikan faktor-faktor eksternal seperti kondisi perekonomian secara makro dan prospek perusahaan.Kata Kunci : Economic Value Added (EVA), Cash ValueAdded (CVA)
Daftar Isi ., admin
Jurnal Manajemen Maranatha Vol 2 No 1 (2002)
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (49.383 KB) | DOI: 10.28932/jmm.v2i1.116

Abstract

-
Peran Pengambilgunaan Teknik Perbaikan Terus-Menerus (Continuous improvement Techniques) dalam Meningkatkan Kinerja Operasional Perusahaan Ellitan, Lena
Jurnal Manajemen Maranatha Vol 2 No 1 (2002)
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2011.109 KB) | DOI: 10.28932/jmm.v2i1.117

Abstract

Manufacturing excellence often results from the combined successive incremental improvement techniques and capital investment in technology. This research focuses successive incremental improvement techniques that considered as success factor of firms‘ competitive advantage. Succesive incremental improvement techniques could streamline the production process through the elimination of non-value added activities. Operational performance was evaluated in term of productivity, cost effectiveness, quality, flexibility and delivery. The hypotheses predict that adoption successive incremental improvement techniques e.g. Total Quality Management (TQM). Just In Time (JlT), Total Productive Manufacturing (TPM), and Manufacturing Resources Planning (MRP2) determine the operational performance of the organizations.The relationship between successive incremental techniques and operational performance is examined. as well. The information was collected through mailed questionnaires. Respondents were CEOs of large manufacturing firms in Indonesia. The questionnaires were sent to 500 CEOs of large manufacturing firms, a total of 104 responses were collected (a 21.05% response rate). The hypotheses were testedusing regression analysis. The results indicate: l. TQM is needed to enhance product and process quality. (2). JIT has an important role to improve productivity, cost efficience, flexibility, and delivery reliability. (3). TPM does not have a significant impact on the all dimensions of operational performance. (4) MRP2 is a practise that important to increase productivity, flexibility and delivery performance. It can be concluded that the hypotheses are partially accepted.Kata Kunci: Total Quality Management (TQM) Just In Time (JlT), Total Productive Manufacturing (TPM), and Manufacturing Resources Planning (MRP2)
Nilai Pelanggan, Bauran Pemasaran dan Perspektif Low Involvement ., Burhanudin
Jurnal Manajemen Maranatha Vol 3 No 1 (2003)
Publisher : Universitas Kristen Maranatha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1621.912 KB) | DOI: 10.28932/jmm.v3i1.114

Abstract

Upaya konsumen dalam pencarian informasi berkaitan dengan produk yang akan dibeli dan alternatifnya merupakan sebuah fenomena perilaku konsumen yang berimplikasi pada strategi pemasaran. Perspektif low involvement mengacu pada upaya konsumen yang rendah dalam pencarian informasi berkaitan dengan produk yang akan dibeli dan alternatifnya. Sebuah pembahasan disajikan untuk menciptakan kesesuaian antara bauran pemasaran dan nilai pelanggan.Kata kunci: nilai pelanggan, bauran pemasaran dan perspektif low-involvement

Page 1 of 30 | Total Record : 300