cover
Contact Name
Heri Kurnia
Contact Email
academyofeducationjournal@gmail.com
Phone
+6285223163975
Journal Mail Official
academyofeducationjournal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Academy of Education Journal
ISSN : 19072341     EISSN : 26854031     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Academy of education journals are journals that contain online diffusion media articles and the exchange of the latest information on the latest research findings. This journal covers various perspectives on education, social, law with special interest in the field of Pancasila and Citizenship Education (PPKn) as the main focus and scope.
Articles 119 Documents
UPAYA MENINGKATKAN MINAT MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) Hidayati, Ika Septi
Academy of Education Journal Vol 8 No 2 (2017): Academy of Education Journal
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study are (1) To find out the application of the right type of team assisted Individualization (TAI) cooperative learning model in order to increase the interest in learning of third grade students of Prembulan Galur Kulon Progo State Elementary School. (2) Knowing the strengths and weaknesses of the team assisted Individualization (TAI) type of cooperative learning model in increasing the interest in learning for students in grade III at Prembulan Galur Kulon Progo State Elementary School. (3) Determine the effectiveness of the team assisted Individualization (TAI) type of cooperative learning model in increasing the interest in learning of third grade students of Prembulan Galur Kulon Progo State Elementary School. The results of this study indicate that: (1) In general, the application of an appropriate TAI learning model, effective in increasing interest in learning mathematics, (2) Increasing students' interest in learning mathematics towards Elementary School Prembulan III in pre-cycle of 64 in cycle I amounted to 76.04 in second cycle of 85.93.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI POKOK JENIS-JENIS PEKERJAAN MELALUI MODEL EXPERIENTAL LEARNING PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 2 KARANGTALUN KIDUL KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014 Praeni, Sri
Academy of Education Journal Vol 7 No 1 (2016): Academy of Education Journal
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri sidamulya. Adapun tujuannya adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri sidamulya dengan menggunakan model experiential learning pada mata pelajaran IPS dengan materi jenis-jenis pekerjaan. Penelitian ini dilakukan 2 siklus. Hasil pra siklus menunjukkan nilai rata-rata 52 dengan persentase ketuntasan siswa 42%, setelah diterapkan model experiential leaning pada siklus I menjadi 66,25 dengan persentase ketuntasan siswa 78%. Dan pada siklus II menjadi 87 dengan persentase ketuntasan siswa 92%. Dengan melihat hasil pembelajaran maka dapat disimpulkan bahwa menggunakkan model experiential learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri sidamulya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi pokok jenis-jenis pekerjaan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG GERHANA BULAN DAN MATAHARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SD NEGERI 1 KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016 Marsiyah, Marsiyah
Academy of Education Journal Vol 7 No 1 (2016): Academy of Education Journal
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa VI SD Negeri 1 Kaliwangi kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Penerapn metode demonstrasi dalam kegiatan pembelajaran dimungkinkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan gerhana bulan dan matahari. Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS kelas VI SD Negeri 1 Kaliwangi. dilaksanakan dua siklus, dengan acuan setiap siklus dilakukan sekali pertemuan pembelajaran. Sedang teknik pengumpulan data dengan pengambilan tes di akhir pembelajaran, serta menganalisis data kuantitatif menggunakan metode analitis deskritif komparatif, dengan membandingkan masing-masing siklus. Subyek penelitian siswa kelas VI SD Negeri 1 Kaliwangi dengan jumlah sebanyak 14 siswa. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa dengan penerapan metode demonstrasi, hasil belajar siswa menunjukkan ada kenaikan pada setiap tahapan siklus. Hal tersebut dapat diketahui dari adanya peningkatan dari kondisi awal siswa yang tuntas adalah 57%, padasaat siklus I menjadi 79%, sedangkan pada siklus II mencapai 86%.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MATERI LEMBAGA PEMERINTAH PUSAT MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE MAKE A MATCH KELAS IV SDN 2 GERDUREN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016 Sukriswati, Sukriswati
Academy of Education Journal Vol 7 No 1 (2016): Academy of Education Journal
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dengan judul Upaya Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Lembaga Pemerintah Pusat Melalui Model Cooperative Tipe Make A Match Kelas IV SDN 2 Gerduren dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh faktor guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Melalui Model Cooperative Tipe Make A Match Kelas IV SDN 2 Gerduren pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi lembaaga pemerintah pusat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, terdiri atas tahap perencanaan, tindakan,pengamatan, dan refleksi. Hasil dari siklus I menunjukan rata-rata prestasi belajar sebesar 71,2 dengan persentase ketuntasan 64% yaitu 16 siswa tuntas pada siklus I dari 25 siswa . Hasil dari siklus II menunjukan rata-rata 76 dengan persentase ketuntasan 84% yaitu 21 siswa tuntas pada siklus 2 dari 25 siswa. Hasil dari tes siklus I dan siklus II telah melebihi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal yang mensyaratkan nilai rata-rata ? 75 dan prosentase kelulusan 84%. Perolehan skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 2,3 dengan kriteria sangat baik dan pada siklus II skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 3,3 dengan kriteria siswa sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa motivasi dan prestasi Hasil Belajar PKn Materi Lembaga Pemerintah Pusat Melalui Model Cooperative Tipe Make A Match Kelas IV SDN 2 Gerduren mengalami peningkatan.
UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBULATAN BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI KELAS IV SD NEGERI 3 PURWOJATI TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014 Mistam, Mistam
Academy of Education Journal Vol 7 No 1 (2016): Academy of Education Journal
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi kondisi awal sebelum penelitian tindakan kelas minat dan hasil belajar banyak yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, siswa belum paham tentang pembulatan bilangan sehingga siswa banyak yang belum minat dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika materi pembulatan bilangan bagi siswa kelas IV SD Negeri 3 Purwojati Semester I Tahun Pelajaran 2014 / 2015 melalui model pembelajaran Demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan pada minggu kedua bulan September sampai minggu ketiga bulan September 2014 bertempat di SD Negeri 3 Purwojati. Adapun yang digunakan sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Purwojati dengan jumlah siswa sebanyak 18 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan model pembelajaran Demonstrasi yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Siklus I menggunakan model pembelajaran Demonstrasi dalamkelompok besar, pada siklus II menggunakan model pembelajaran Demonstrasi dengan kelompok kecil. Pada siklus II diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata kelas dari kondisi studi awal rata-rata ulangan harian. Tes siklus I rata-rata 50,8 dan siklus II rata-rata 77,22. Sedangkan ketuntasan belajar siswa ada peningkatan dari kondisi studi awal yang sudah tuntas pada ulangan harian adalah 4 siswa. Siklus I yang tuntas 4 siswa dan pada akhir siklus II yang tuntas 18 siswa dari jumlah 18 siswa. Dengan demikian sebagian besar siswa kelas IV SD N 3 Purwojati mengalami peningkatan hasil belajar.
PENGUNAAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 3 PURWOJATI SEMESTER I TAHUN PEAJARAN 2015/ 2016 Taonah, Taonah
Academy of Education Journal Vol 7 No 1 (2016): Academy of Education Journal
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah yang menjadi fokus perbaikan : (1). Masih rendahnya prestasi pembelajaran siswa pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan; (2). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode picture and picture. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1). Untuk meningkatkan prestasi belajar IPA dengan materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan bagi siswa kelas IV SD Negeri 3 Purwojati, UPK Purwojati Dinas Pndidikan Kabupaten Banyumas pada semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan melalui proses pengkajian bersiklus yang terdiridari empat tahapan (perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi) dalam dua siklus perbaikan pembelajaran. Dari hasil analisis, simpulan yang diperoleh dari penelitian : (1). Belajar; (2). Penggunaan metode picture and picure pada pembelajaran mampu memberikan motivasi siswa sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran; (3). Ada kolerasi positif antara keakifan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa, semakin tinggikeaktifan siswa, semakin pula keberhasilan siswa dalam pembelajaran, hal ini ditunjukan dari evaluasi siswa yang meningkat yaitu pada pra siklus tingkat ketuntasan siswa mencapai 3 siswa dari 18 siswa 16,7%, pada siklus I tingkat ketuntasan belajar mencapai 8 siswa yang tuntas dari 18 siswa 44,4% dan pada siklus II tingkat ketuntasan belajar mencapai 16 siswa dari 18 siswa 88,8%.
NATURALISTIC STUDY ON COMMUNICATION STRATEGY USED BY SIXTH SEMESTER STUDENTS IN MICROTEACHING CLASS OF ENGLISH DEPARTMENT OF MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF SURAKARTA Fathin, Rannisa Elly
Academy of Education Journal Vol 8 No 1 (2017): Academy of Education Journal
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to describe communication strategy which is used by the sixth semester students in Microteaching class of English Department of Muhammadiyah University of Surakarta. This research is also reference to to minimize the problem which is occured during learning-teaching process. The data of this research is containing   of   communication   strategy   used   by   sith   semester   students   in microteaching class of English Department of Muhammadiyah University of Surakarta. There are three sourcess data of this research, namely: event, informant, and  document.  The  writer  used  descriptive  qualitative  to  analyze  the  data.  The process of classifying and counting the result of the data used Celce-Murcia taxonomy. The result of the data shows that there are 5 types with thirteen subtypes of communication strategies. Filler is the most dominant type of communication strategy with the percentage 43,90%, while the type that rarely used by the students is message abandonment, rephrsing, and appeal for help with the each percentage is 0,19%.
LANDASAN FILOSOFIS PENGEMBANGAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER Kusumawati, Intan
Academy of Education Journal Vol 7 No 1 (2016): Academy of Education Journal
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan adalah proses menuju ke arah yang lebih baik dan bermartabat. Permasalahan karakter adalah pembahasan permasalahan yang menarik untuk dikaji dan dicarikan jalan keluarnya. Sebuah negara yang berkarakter akan bisa menjadi bekal dalam mencapaian tujuan negaranya. Sebaliknya negara yang tidak mempunyai chatacter building yang baik akan menjadi negara yang akan mengalami kemerosotan dalam berbagai hal. Terkembangan teknologi menjadi faktor yang paling berpengaruh dalam sebuah pendidikan. Landasan filosofi dalam pengembangan karakter menjadi arah bagi pengembangan karakter itu sendiri dalam proses Pendidikan. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana dalam proses pembentukan sebuah karakter seseorang menuju ke arah yang lebih baik. Dasar filosifi pendidikan karakter ada tiga yaitu dasar ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Terdapat lima macam aliran dalam filsafat pendidikan, yaitu: Progressivisme, Esensialisme, Perennialisme, Rekonstruksionisme, dan Eksistensialisme.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENGGUNAAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 KALIWANGI TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016 Suroso, Suroso
Academy of Education Journal Vol 7 No 1 (2016): Academy of Education Journal
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui penggunaan alat bantu pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Kaliwangi Tahun Ajaran 2015/ 2016.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 14 siswa. Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan adalah 6 siswa (43%) tuntas belajar dan 8 siswa (57%) belum tuntas belajar. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 64% yaitu 9 siswa telah tuntas belajar dan 5 siswa (36%) belum tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 79% yaitu 11 siswa telah tuntas belajar dan 3 siswa (21%) belum tuntas belajar.  Simpulan penelitian ini adalah melalui penggunaan alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa Kelas VI SD Negeri 1 Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/ 2016.
EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR DI TINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL SMP N 1 BAKI Ni?matillah, Rizka
Academy of Education Journal Vol 8 No 1 (2017): Academy of Education Journal
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar itu penting untuk mengetahui kepahaman siswa setelah proses pembelajaran. Diperlukan pendekatan pembelajaran agar hasil belajar menjadi baik yaitu Realistic Mathematics Education. Selain itu, kemampuan komunikasi matematika juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis : (1) konstribusi pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar, (2) konstribusi kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar, (3) interaksi pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics  Education  dan  kemampuan  komunikasi  matematika  siswa  terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Baki tahun 2015/2016. Sampel dari penelitian ini dua kelas masing ? masing terdiri 31 siswa. Kelas pertama sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran berbasis Realistic Mathematic Education dan kelas kedua sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dan sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada a = 0,05 diperoleh : (1) terdapat konstribusi pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar dengan Fobs = 5,573185 > Fa = 4,01; (2) terdapat konstribusi kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar dengan Fobs = 15,95437 > Fa = 3,16;  (3) terdapat interaksi pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education dan kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar dengan Fobs = 3,445566 > Fa = 3,16.

Page 1 of 12 | Total Record : 119