cover
Contact Name
Fadli
Contact Email
fadlietri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
fadlietri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. sidenreng rappang,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JIKP Jurnal Ilmiah Kesehatan PENCERAH
ISSN : 20899394     EISSN : 26568004     DOI : -
Core Subject : Health,
Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah (JIKP) published since 2014 with ISSN Print: 2089-9394 and published since 2018 with ISSN Online: 2656-8004, by STIKES Muhammadiyah Sidrap. Since July 2014 Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah (JIKP) publish by LPPM STIKES Muhammadiyah Sidrap. JKIP Published 2 times a year in July and December. Contains writings raised from research results in the field of nursing.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 6 No 1 (2017)" : 10 Documents clear
HUBUNGAN PELAYANAN TENAGA KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS Sukri, Muhammad; Roesmono, Bambang; Hajriana, Hajriana
JIKP Jurnal Ilmiah Kesehatan PENCERAH Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : LPPM STIKES Muhammadiyah Sidrap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.746 KB)

Abstract

BPJS kesehatan merupakan badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program pelayanan kesehatan. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh hubungan pelayanan tenaga kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien peserta BPJS di ruang rawat inap di Rumah sakit umum Arifin Nu’mang Rappang Kabupaten Sidrap. Penelitan deskriktif analitik ini dilakukan pada 01 Mei s.d 02 Juni 2017 di Rumah sakit umum Arifin Nu’mang Rappang populasi penelitian ini adalah peserta BPJS yang di rawat di ruang rawat inap Rumah sakit sejak Juni s.d Juli 2017. Sampel penelitian sebanyak 61 orang diperoleh melalui tekhik pengambilan sampel secara proposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien peserta BPJS terhadap pelayanan kesehatan di Rumah sakit umum Arifin Nu’mang adalah sangat puas sebanyak 77,0%  dan tidak puas sebanyak  23,0%. Hasil uji statistic dengan Chi-square dengan nilai p = 0.023 dengan tingkat keamanan 0,05. Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan antara pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien peserta BPJS di Rumah sakit umum Arifin Nu’mang Rappang Kabupaten Sidrap. Kesimpulan dan saran dari penelitian ini adalah   diharapkan pihak rumah sakit agar lebih meningkatkan pelayanan kesehatan untuk meningkatkan kepuasan pada pasien, terkhususnya pada peserta BPJS maupun non BPJS. 
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PENDEK (HORMONAL) Basra, Basra; Umar, Sitti Fatimah
JIKP Jurnal Ilmiah Kesehatan PENCERAH Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : LPPM STIKES Muhammadiyah Sidrap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.07 KB)

Abstract

Keperawatan Keluarga berencana (KB) merupakan suatu upaya untuk menunda dan menjarangkan kehamilan dengan menggunakan kontrasepsi bertujuan untuk mewujudkan suatu keluarga yang sejahtera. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 09 Mei 2017 s.d 07 Juni 2017 di Puskesmas Lancirang Kabupaten Sidrap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apasaja yang berhubungan dengan pemilihan metode kontrasepsi jangka pendek (hormonal) di Puskesmas Lancirang Kabupaten Sidrap. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode analitik dan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel penelitian  ini sebanyak 30 responden, dengan tekhnik pusposive sampling. Analisis data menggunakan uji chi-square dengan program komputer SPSS 11,5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat variabel yang diteliti memberikan nilai pmemiliki hubungan dengan pemilihan metode kontrasepsi jangka pendek hormonal di  Puskesmas Lancirang Kabupaten Sidrap, yaitu kepercayaan dan budaya nilai (p=0,653), umur nilai (p=0,471) dan pendidikan nilai (p=0,656). Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor kepercayaan dan budaya, umur, dan pendidikan tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan pemilihan metode kontrasepsi jangka pendek hormonal di Puskesmas Lancirang Kabupaten Sidrap Tahun 2017.
FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI KELUARGA DALAM PENCEGAHAN PENULARAN PENYAKIT TB Kenre, Ishak; Ikhwan, Ikhwan; Wati, Eka
JIKP Jurnal Ilmiah Kesehatan PENCERAH Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : LPPM STIKES Muhammadiyah Sidrap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.76 KB)

Abstract

Keperawatan Tuberkulosis adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh kuman dari elompok Mycobacterium yaitu Mycobacterium tuberculosis. Data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Enrekang menyebutkan bahwa pada tahun 2016 capaian suspek TB di Kecamatan Maiwa sebanyak 57 orang dengan BTA+ sebanyak 17 orang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi keluarga dalam pencegahan penularan penyakit TB di wilayah kerja Puskesmas Maiwa Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive sampling, jumlah sampel yang diteliti sebanyak 41 orang sesuai dengan kriteria inklusi. Analisis data meliputi univariat dan bivariat dengan uji statistik chis square dengan tingkat kemaknaan atau α ≤ 0.05. Dari hasil penelitian yang dilakukan  menunjukkan bahwa ada hubunan antara pengetahuan dengan motivasi keluarga (p = 0,003), ada hubungan antara sikap dengan motivasi keluarga (p = 0,014), dan ada hubungan antara perilaku dengan motivasi keluarga    (p = 0,001). Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku dengan motivasi keluarga dalam pencegahan penularan penyakit TB di wilayah kerja Puskesmas Maiwa Kabupaten Enrekang Tahun 2017.
FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN BENDUNGAN ASI PADA IBU MENYUSUI Syamson, Meriem Meisyaroh
JIKP Jurnal Ilmiah Kesehatan PENCERAH Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : LPPM STIKES Muhammadiyah Sidrap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.556 KB)

Abstract

Bendungan ASI adalah ASI yang tidak segera dikeluarkan yang menyebabkan penyumbatan pada aliran vena dan limfe sehingga aliran susu menjadi terhambat dan tertekan kesaluran air susu ibu sehingga terjadinya peningkatan aliran vena dan limfe yang menyebabkan payudara bengkak. Bendungan ASI kebanyakan terjadi pada hari kedua sampai hari kesepuluh masa  nifas. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 03 Mei sampai 03 Juni  2017 di  RSUD Nene Mallomo Kabupaten Sidrap tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan metode Deskriptif Analitik dengan pendekatan Cross sectional dimana peneliti mengukur variabel secara bersama dan hasil yang diperoleh menggambarkan kondisi yang terjadi saat penelitian dilakukan. Sampel pada penelitian ini adalah ibu menyusui yang mengalami Bendungan ASI di Ruangan Nifas RSUD Nene Mallomo dengan jumlah Sampel 30 orang. Tehnik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan, perilaku, sikap, motivasi dengan bendungan ASI di RSUD Nene Mallomo Kabupaten Sidrap, dengan tingkat kemaknaan p<α yaitu pengetahuan p=0,003<0,05 (α), perilaku p=0,001< 0,05 (α), sikap p=0,003< 0,05dan motivasi p=0,003<0,05. Hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai bahan masukan bagi institusi kesehatan terhadap Bendungan ASI supaya kejadian bendungan ASI dapat berkurang setiap tahunnya.
PENGARUH DZIKIR TERHADAP KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI Tahir, Muhammad; Angreani, Mimik
JIKP Jurnal Ilmiah Kesehatan PENCERAH Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : LPPM STIKES Muhammadiyah Sidrap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.884 KB)

Abstract

Keperawatan pre operatif  merupakan tahapan awal asuhan keperawatan. Pengkajian integral dari fungsi pasien meliputi fungsi fisik, biologis dan psikologis di perlukan untuk keberhasilan dan kesuksesan suatu operatif. Penelitian kuntitatif dengan metode penelitian survey analitik dengan rancangan kuasi eksperimental pre dan post one group untuk menilai pengaruh dzikir terhadap kecemasan pasien pre operasi di rumah sakit Nene Mallomo Kabupaten Sidrap tahun 2017. Jumlah populasi 218 pre operasi dan hasil pengambilan sampel ini terdiri dari 18 responden. Hasil analisis univariat, sebelum intervensi yaitu hasil mean 2,56 dan nilai rata-rata setelah intervensi hasil mean 1,56. Hasil analisis bivariate untuk nilai selisi rata-rata skor kecemasan sebelum dan setelah intervensi yaitu mean 1,00 dan hasil uji Wilcoxon dengan tingkat kemaknaan p<α(0,000) di dapatkan p<α(0,000) yaitu 0,000<0,005,yang berarti Ha di terima dan Ho di tolak, dapat di simpulkan bahwa adanya pengaruh dzikir terhadap kecemasan pasien pre operasi di Rumah Sakit Nene Mallomo Kabupaten Sidrap Tahun 2017. Diharapkan bagi pihak rumah sakit agar bisa menerapkan apa yang sudah menjadi hal dalam asuhan keperawatan yang sangat berperan penting dalam memberikan pendekatan spiritual melalui proses keperawatan.
HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN PRA OPERASI Sakinah, Sri; Rahmawati, Rahmawati
JIKP Jurnal Ilmiah Kesehatan PENCERAH Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : LPPM STIKES Muhammadiyah Sidrap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.518 KB)

Abstract

Mekanisme koping adalah cara yang dilakukan individu dalam menyelesaikan masalah,menyesuaikan diri dengan perubahan, serta respon terhadap ancaman. Kecemasan adalah Respon individu yang berasa ldari dalam dan merupakan perasaan yang tidak nyaman yang pasti akan dialami oleh pasien pra operasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan 06 Mei sampai dengan 02 Juni 2017 di RSU Nene Mallomo kabupaten Sidenreng Rappang. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan mekanisme koping dengan tingkat kecemasan pada pasien pra operasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan dekskriptif analitik dengan menggunakan metode Cross Sectional Study. Jumlah sampel sebanyak 49 responden. Analisis data menggunakan uji Chi-Square dengan program komputer SPSS16. Hasil uji statistic untuk mekanisme koping diperoleh nilaip=0,000 <α=0,05. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan signifikan antara mekanisme koping dengan tingkat kecemasan pada pasien pra operasi di RSU Nene Mallomo Kabupaten Sidenreng Rappang tahun 2017. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi institusi dan penanganan penurunan tingkat kecemasan pada pasien pra operasi. Semoga penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan peneliti sekaligus menjadi penglaman berharga bagi peneliti dalam melakukan penelitian selanjutnya.
FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI Suparta, Suparta; Sunarty, Sunarty
JIKP Jurnal Ilmiah Kesehatan PENCERAH Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : LPPM STIKES Muhammadiyah Sidrap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.39 KB)

Abstract

ASI adalah pemberian makanan pada bayi tanpa memberikan makanan tambahan selain air susu ibu kecuali sirup yang berisi vitamin, suplemen mineral atau obat dari sejak lahir sampai usia 6 bulan. Penelitian ini dilakukan di RSUD Nene Mallomo Kabupaten Sidrap tahun 2017, jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan metode Deskriptif Analitik dengan pendekatan Cross sectional dimana peneliti mengukur variabel secara bersama dan hasil yang diperoleh menggambarkan kondisi yang terjadi saat penelitian dilakukan. Populasi penelitian adalah semua ibu yang melahirkan di RSUD Nene Mallomo Kabupaten Sidrap dan tehnik pengambilan sampel dengan cara Purposive Sampling. Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan ibu tentang pemberian ASI di RSUD Nene Mallomo kabupaten Sidrap dengan uji statistik dengan tingkat kemaknaan p=(0,014) di dapatkan α (0,05) yaitu 0,014<0,05. Ada hubungan Sikap ibu tentang pemberian ASI di RSUD Nene Mallomo kabupaten Sidrap dengan uji statistik dengan tingkat kemaknaan p=( 0,001) didapatkan α (0,05)yaitu 0,001<0,05. Tidak Adanya hubungan perilaku ibu tentang pemberian ASI di RSUD Nene Mallomo kabupaten Sidrap dengan uji statistik dengan tingkat kemaknaan p=0,517 di dapatkan α (0,05) yaitu 0,517 >0,05. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi institusi kesehatan dan Pemberian ASI. Semoga penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan peneliti sekaligus menjadi pengalaman berharga bagi peneliti dalam hal melakukan penelitian.
PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN PERAWAT DALAM PENILAIAN TRIAGE DI INSTALASI GAWAT DARURAT Fadli, Fadli; Sastria, Andi
JIKP Jurnal Ilmiah Kesehatan PENCERAH Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : LPPM STIKES Muhammadiyah Sidrap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.319 KB)

Abstract

Instalasi gawat darurat (IGD) memiliki peran sebagai gerbang utama masuknya penderita gawat darurat. Keadaan gawat darurat merupakan suatu keadaan klinis dimana pasien membutuhkan tindakan medis yang secepatnya guna menyelamatkan nyawa dan kecacatan lebih lanjut. Petugas kesehatan IGD sedapat mungkin berupaya menyelamatkan pasien dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Bila ada kondisi pasien gawat darurat yang datang di IGD Pengetahuan dan pengalaman perawat IGD sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan klinis agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan pemilahan saat triage sehingga dalam penangan pasien bisa lebih optimal dan terarah. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat gambaran pengetahuan dan pengalaman perawat dalam penilaian triage di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Nene Mallomo Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan jumlah sampel yang digunakan 26 perawat dengan teknik total sampling. Hasil uji univariat menunjukkan seluruh perawat di IGD berpegetahuan baik dengan jumlah 26 perawat (100%), dan berpegalaman sebanyak 19 perawat (76%), dan hanya 7 perawat (28%) yang kurang berpengalaman dalam penilaian triage
HUBUNGAN TINGKAT STRES DAN POLA MAKAN DENGAN KEJADIAN GASTRITIS DIRUANG RAWAT INAP RSUD NENE MALLOMO KABUPATEN SIDRAP Mappagerang, Rostini; Hasnah, Hasnah
JIKP Jurnal Ilmiah Kesehatan PENCERAH Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : LPPM STIKES Muhammadiyah Sidrap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.466 KB)

Abstract

Gastritis adalah peradangan lokal atau menyerang pada mukosa lambung yang berkembang bila mekanisme protektif mukosa dipenuhi bakteri atau bahan iritan lain. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan tingkat stres dan pola makan dengan kejadian gastritis diruang rawat inap Rsud Nene Mallomo Kabupaten Sidrap. Penelitian ini yaitu Deskriptif Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. sampel dalam penelitian ini adalah semua pasien yang terdiagnosis gastritis di ruang rawat inap Rumah sakit Nene Mallomo dengan jumlah populasi 225 pasien dan Teknik sampling yang digunakan adalah Porpusive sampling yaitu sebanyak 30 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pertanyaan sesuai kuesioner pada responden untuk diisi. Setelah data terkumpul selanjutnya data diolah, diedit dan ditabulsi, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan Uji statistik SPSS 16,0 dengan tingkat kemaknaan p < (α) = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres memiliki hubungan yang bermakna dengan kejadian gastritis dengan nilai p = 0,035 < 0,05 (α) dan pola makan memiliki hubungan yang bermakna dengan kejadian gastritis dengan nilai p = 0,058 < 0,05 (α). Dapat disimpulkan bahwa tingkat stres dan pola makan berhubungan dengan kejadian gastritis, dan disarankan kepada penderita gastritis untuk dapat mengontrol keadaan mental atau psikologis tubuh dalam menangani kejadian stres sehingga tidak memicu terjadinya peningkatan asam lambung dan dapat mengatur pola makannya, baik waktu, jenis dan porsi makan sehingga tidak memicu terjadinya gastritis.
PENGARUH SENAM LANSIA TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA YANG MENGALAMI HIPERTENSI Asnuddin, Asnuddin
JIKP Jurnal Ilmiah Kesehatan PENCERAH Vol 6 No 1 (2017)
Publisher : LPPM STIKES Muhammadiyah Sidrap

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.905 KB)

Abstract

Tekanan  darah akan  meningkat  setelah  umur  45 tahun ke atas, dinding arteri akan mengalami penebalan oleh adanya penumpukan zat  kolagen pada lapisan otot, sehingga pembuluh darah akan berangsur-angsur menyempit menjadi kaku. Senam lansia merupakan olahraga ringan dan mudah dilakukan, tidak  memberatkan,  yang  diterapkan pada  lansia.  Tujuan penelitian  ini untuk mengetahui  pengaruh senam lansia terhadap penurunan  tekanan darah pada lansia yang mengalami  hipertensi di kecamatan Watang Pulu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah ”Quasi experimental pre-post test” dengan intervensi senam lansia. Analisis data univariat dan analisis bivariat, dan statistik Paired T test. Dengan tingkat kemaknaan a=0,05. Ada rata-rata skor Tekana Darah sebelum di berikan Senam Lansia pada klien Hipertensi di Posyandu Cenrana Tahun 2017. Dengan nilai minimum 112, maximum 117, nilai mean 1,42, dan nilai Standar Deviasi 18,19.Ada rata-rata skor Tekana Darah setelah di berikan Senam Lansia pada klien Hipertensi di Posyandu Cenrana Tahun 2017. Dengan nilai minimum 115, maximum 162, nilai mean1,32, dan nilai standar deviasi 14,76.Ada selisih skor  Tekanan Darah sebelum dan setelah diberikan di berikan Senam Lansia pada klien Hipertensi di Posyandu Cenrana Tahun 2017. Dengan nilai minimum -2,5  , maximum 20, nilai mean 9,7, dan nilai standar deviasi5,79. Kemudian dari hasil uji paired t-test dengan tingkat kemaknaan p <α (0,05)  didapatkan p <α (0,05) yaitu 0,00 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa Adanya Pengaruh Senam Lansia Terhadap Penurunan tekanan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10