cover
Contact Name
Markus Palobo
Contact Email
markuspalobo@unmus.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
magistra@unmus.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Published by Universitas Musamus
ISSN : 23387599     EISSN : 23547685     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Musamus menerima artikel hasil hasil penelitian di bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang meliputi bidang pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia, pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi, pendidikan bahasa inggris, pendidikan fisika, pendidikan kimia, pendidikan guru sekolah dasar, pendidikan guru pendidikan anak usia dini.
Arjuna Subject : -
Articles 75 Documents
KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MUSAMUS Gereda, Agustinus
MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1 (2014): Volume 2, Nomor 1, Juli 2014
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v2i1.325

Abstract

Penelitian ini bertujuan memerikan kemampuan menulis deskripsi mahasiswa sertameningkatan kualitas perangkat dan metode mata kuliah Menulis di FKIP Unmus. Dalam penelitian ini digunakan dua instrumen sebagai alat penjaring data, yakni instrumen berupa tes kemampuan menulis dan kuesioner untuk menjaring pendapat atau sikap responden terhadap pentingnya keterampilan menulis. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis deskripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmus berada pada kategori baik (rata-rata 67,28). Kemampuan menulis tersebut didukung oleh adanya persepsi yang positif terhadap manfaat menulis yakni bahwa kemampuan menulis dapat menunjang tugas mahasiswa baik sebagai insan akademik maupun sebagai guru kelak serta mampu mengemban tugas meningkatkan kemampuan menulis siswa di sekolah.
KIMIA ORGANIK TERAPAN: EKSTRAKSI DAN PROFIL KIMIA SPONS CLATHRIA SP Asmaningrum, Henie Poerwandar; Buyang, Yorinda
MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1 (2014): Volume 2, Nomor 1, Juli 2014
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v2i1.327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan cara-cara ekstraksi, tipe-tipe metabolit sekunder yang telah ditemukan, dan bioaktivitas sampel yang merupakan contoh terapan pada matakuliah Kimia Organik Bahan Alam. Penelitian ini adalah penelitian rujukan. Sampel penelitian ini adalah spons yang berasal dari spesies Clathria sp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Clathria sp. dapat diisolasi, diekstraksi, dan dianalisis dengan uji pendahuluan golongan,  penentuan alkaloid pteridin, dan uji aktivitas antimikroba kultur bakteri. Variasi tipe-tipe metabolit sekunder Clathria sp. antara lain tiokarbohidrat, bromine yang mengandung amida, alkaloid, terpen, diaza alkenin, dan sterol. Bioaktivitas Clathria sp. antara lain antimalaria, antibakteri, dan anti HIV.
THE HEROISM TO GET DREAMS IN JOHN GRISHAM’S A PAINTED HOUSE Nasrawati, Nasrawati
MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1 (2014): Volume 2, Nomor 1, Juli 2014
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v2i1.328

Abstract

This graduating paper analyzes the American dream in 19th century by the two main characters in the novel. They are Luke Chandler and Mrs. Jesse Chandler. The two of these characters represent the condition and situation of the Americans especially the American farmers at the time trough their characterizations. In this research, the writer focuses on researching these two main characters by using Mimetic theory, including historical approach. The objectives of this research are, first, to know what kind of dream that the characters want to get and the second is what they do to get their dreams, how they do, and why they must to do something to get their dreams. This research displays that these two characters have some attitudes and actions which show the heroism. Therefore, these two characters can be called heroic in terms of the struggle to get their dreams for the better life.
DESKRIPSI PERSEPSI GURU MATEMATIKA BERSTATUS SERTIFIKASI TERHADAP KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SMP NEGERI Kamariah, Kamariah
MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1 (2014): Volume 2, Nomor 1, Juli 2014
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v2i1.329

Abstract

Kesulitan belajar matematika dapat dialami oleh siswa dengan tingkat kemampuan manapun dari kalangan atau kelompok manapun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru matematika berstatus sertifikasi terhadap kesulitan belajar matematika siswa pada SMP Negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data nontes melalui kuesioner terbuka, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa          persepsi guru Matematika mengenai penyebab kesulitan belajar dominan mengungkap penyebab psikologis, di antaranya rendahnya minat atau motivasi sebagai penyebab kesulitan belajar Matematika siswa; persepsi guru Matematika mengenai gejala yang menjadi indikator adanya kesulitan belajar Matematika yang paling banyak diungkap adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru; dan persepsi guru mengenai cara yang dilakukan untuk menyelidiki adanya kesulitan belajar Matematika yang paling umum dilakukan adalah melalui dokumentasi dengan melihat hasil tes atau tugas masing-masing siswa.
ANALISIS TOKOH DALAM NOVEL LIGHTNING KARYA DANIELLE STEEL Marnina, Marnina
MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1 (2014): Volume 2, Nomor 1, Juli 2014
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v2i1.330

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis tokoh-tokoh utama yang terdapat dalam novel Lightning karya Danielle Steel berdasarkan latar belakang sosial sebagaimana yang terdapat dalam novel ini. Analisis data menggunakan pendekatan intrinsink, dan teknik deskriptif dengan memberikan deskripsi mengenai watak para tokoh, sifat, sikap dan tindakan. Data yang diperoleh berasal dari teks novelnya  dengan membaca buku-buku, dan bahan-bahan bacaan lainnya. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini berupa kajian pustaka dengan cara mengumpulkan data yang berhubungan dengan materi penulisan dalam novel ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa Alexandra Parker sebagai tokoh yang memegang peranan penting dalam novel ini. Ia digambarkan sebagai tokoh yang mengidap penyakit kanker payudara dan tidak mendapat perhatian khusus dari suaminya. Samuel Parker adalah suami Alexandra, Sam trauma mengenai penyakit itu, disebabkan trauma masa lalu yang dialami oleh ibunya sewaktu masih kecil. Dia berusaha untuk menghindari Alex dengan menjalani hubungan dengan rekan kerjanya agar dia bisa melupakan pikiran, perasaan, dan kengeriannya terhadap penyakit itu. Novel Lightning mempunyai arti kilat menyambar yang menceritakan kehidupan sebuah rumah tangga yang tiba-tiba dikejutkan oleh sebuah berita yang menyatakan bahwa Alex mengidap penyakit kanker payudara.
KONSEP DETERMINAN PADA MATRIKS NONBUJUR SANGKAR Nur, Andi Saparuddin
MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1 (2014): Volume 2, Nomor 1, Juli 2014
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v2i1.331

Abstract

Dalam beberapa dekade terakhir, banyak cabang matematika yang berkembang begitu pesat. Sebagai contoh pada bidang aljabar linier elementer, determinan sebuah matriks mendapatkan perhatian luas dari para ahli matematika. Penerapan matriks dalam berbagai bidang ilmu membuat sebuah kajian yang sangat luas sehingga menjadikan matriks lebih diperumum. Konsep determinan, sebagaimana diketahui penerapannya hanya pada matriks bujur sangkar sekarang telah berkembang konsep determinan pada matriks non-bujur sangkar. Salah satunya adalah metode yang diperkenalkan oleh Mirko Radic pada tahun 2005 yang menemukan determinan untuk matriks non-bujur sangkar berordo , dengan . Pada artikel ini akan dibahas tentang matriks yang diperumum dan determinannya, definisi Radic, dan terkhusus mengenai determinan pada matriks non-bujur sangkar ordo . Juga ditambahkan penerapannya menggunakan Microsoft excel.
PENGARUH STRATEGI REACT PADA PEMBELAJARAN RUANG DIMENSI TIGA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Marlissa, Inggrid
MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 2 (2015): Volume 2, Nomor 2, Januari 2015
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v2i2.332

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh strategi REACT terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang populasinya mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Ambon yang terdiri atas enam kelas. Dari enam kelas tersebut kelas X2 dan X4 dipilih secara acak sebagai sampel. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes prestasi belajar matematika. Untuk melihat pengaruh strategi REACT data dianalisis menggunakan uji statistik Independent Sample T-test. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi REACT lebih unggul daripada pembelajaran konvensional dalam hal prestasi belajar matematika pada siswa SMA Negeri 10 Ambon.
PENGGUNAAN DEIKSIS DALAM NOVEL MARYAMAH KARPOV KARYA ANDREA HIRATA Santo, Zem
MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 2 (2015): Volume 2, Nomor 2, Januari 2015
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v2i2.333

Abstract

Teks novel Maryamah Karpov tidak dapat dipisahkan dari penggunaan deiksis yang berkaitan dengan penggunaan bahasa secara kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penggunaan jenis-jenis deiksis, dan mendeskripsikan fungsi acuan penggunaan berbagai jenis deiksis yang dihubungkan dengan konteks yang ada. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa bahasa ragam tulis, yang bersumber dari teks novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata. Data dikumpulkan melalui metode kancah (lapangan) dan metode pustaka dengan menggunakan teknik dokumentasi, teknik simak, dan teknik catat. Data yang terkumpul diklasifikasi sesuai dengan tujuan penelitian, kemudian dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel ini menggunakan berbagai jenis deiksis, yaitu deiksis persona; deiksis tempat; deiksis waktu; deiksis wacana; deiksis sosial; pembalikan deiksis; dan deiksis peka-konteks. Fungsi acuan berbagai jenis deiksis tersebut bertitik pangkal pada pembicaraan atau kisahan yang ditunjang oleh konteks yang ada dan ditentukan oleh pembicara yaitu tokoh aku.
GARIS ISTIMEWA PADA SEGITIGA Kamariah, Kamariah
MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 2 (2015): Volume 2, Nomor 2, Januari 2015
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v2i2.334

Abstract

Pada sebuah segitiga terdapat tiga garis istimewa yaitu garis bagi, garis tinggi, dan garis berat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam mengenai garis bagi, garis tinggi, dan garis berat pada segitiga. Penelitian ini menggunakan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa garis bagi yaitu garis yang ditarik dari sebuah titik sudut dan membagi sudut tersebut menjadi dua bagian sama besar. Ketiga garis bagi melalui satu titik yang disebut titik bagi. Titik bagi merupakan pusat lingkaran dalam segitiga. Garis tinggi yaitu garis yang ditarik dari titik sudut dan tegak lurus sisi di hadapannya. Ketiga garis tinggi melalui satu titik yang disebut titik tinggi. Garis berat yaitu garis yang ditarik dari titik sudut ke pertengahan sisi di hadapannya. Ketiga garis berat melalui satu titik yang disebut titik berat. Titik berat membagi masing-masing garis berat dengan perbandingan 2:1.
KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA DAN PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS MUSAMUS Gereda, Agustinus
MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2 No 2 (2015): Volume 2, Nomor 2, Januari 2015
Publisher : Universitas Musamus, Merauke, Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/magistra.v2i2.335

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca cepat mahasiswa, menganalisis faktor-faktor yang menghambat kemampuan membaca cepat, dan menawarkan upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat. Dalam penyediaan data digunakan teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara. Data dianalisis cara menghitung banyaknya skor kemampuan efektif membaca berdasarkan jumlah kata yang dibaca, waktu yang diperlukan untuk membaca, dan skor jawaban yang benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan membaca mahasiswa masih sangat rendah (202 kpm), pemahaman isi bacaan berada pada kategori rendah (67%), sementara kemampuan efektif membaca pun rendah (139 kpm). Ada pun faktor penyebabnya, antara lain sulit berkonsentrasi, rendahnya minat membaca, dan kurangnya motivasi untuk belajar atau membaca. Cara meningkatkan kecepatan membaca cepat, di antaranya melatih konsentrasi, menumbuhkan minat membaca, membangun motivasi, mencari kata kunci, dan menyadari tujuan membaca.