cover
Contact Name
Mustofa
Contact Email
mustofa@unusa.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
mustofa@unusa.ac.id
Editorial Address
-
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Education and Human Development Journal
ISSN : 25410156     EISSN : 25590292     DOI : -
Educatioan and Human Development Journal (EHDJ) Published by the Teaching and Education Faculty (FKIP). Published since April 7, 2017 with two versions, namely the printed version of ISSN: 2541-0156 and online e-SSN: 2559-0292. Rear-published twice every April and September. Committed to improving the quality of education. EHDJ focuses on human development through basic education in basic education.
Arjuna Subject : -
Articles 150 Documents
MEMBANGUN ACADEMIC SELF-CONCEPT MAHASANTRI PESANTREN NAWESEA Alfinnas, Shulhan
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/ehdj.v3i2.59

Abstract

Pengkajian ini dimaksudkan untuk membahas konsep diri mahasantri dalam hal akademik di Pesantren Nawesea, Yogyakarta. Sebagai lembaga pendidikan non-formal yang dikelola lembaga swasta, pesantren ini menawarkan program pada pengembangan bahasa asing, pencapaian prestasi akademik dan spiritual untuk mahasantri. Tulisan ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berbentuk observasi mendalam. Penelitian ini menghasilkan beberapa hal penting antara lain: santri wajib mengikuti program pengembangan bahasa Inggris dan bahasa Arab, program motivasi untuk meraih prestasi akademik yang gemilang. Beberapa santri berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi di universitas ternama baik di dalam maupun di luar negeri. Alumninya tersebar dalam berbagai lapangan pekerjaan, seperti dosen, peneliti, guru, dan juga karyawan baik negeri maupun swasta. Dengan pelatihan dan pembiasaan ini, konsep diri mahasantri dalam hal akademik terbangun dan dijadikan acuan dalam menentukan masa depan yang cerah.
ANALISIS MOTIVASI SISWA MTs BADRUSSALAM TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA HOKCKEY ., Sunanto; Taufiq, Mohammad
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/ehdj.v3i2.60

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler hockey merupakan kegiatan yang dilakukan di luar jam sekolah yang disediakan sekolah bagi para siswa kegiatan permainan hockey. Setiap pasukan akan coba menjaringkan gol dengan menggunakan sebatang kayu yang bengkok atau berlekuk di ujung pemukul untuk mengarahkan sebiji bola yang keras ke dalam gol lawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa MTs. Badrussalam Surabaya terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga hockey. Manfaat penelitian adalah dapat menambahkan pengetahuan tentang motivasi siswa MTs. Badrussalam Surabaya terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga hockey. Jenis Penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru BP, guru penjas, dan 40 siswa MTs. Badrussalam Surabaya. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi siswa MTs. Badrussalam Surabaya dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga hockey adalah minat siswa, motivasi siswa, kedisiplinan siswa dan semangat siswa untuk mengikuti ekstrakurikuler olahraga hockey serta dukungan dari pihak sekolah.
PICTURE SERIES: A STRATEGY TO ASSIST NURSING STUDENTS TO SPEAK ENGLISH Muflihah, Tatik
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/ehdj.v3i2.58

Abstract

Speaking is an important skill among other. It can be used to measure the language learner’s ability. However, many language learners are reluctant to speak in English class. One of the reasons is the students do not know the way how to express their idea properly. Then teaching learning process should be designed to assist them to speak. This study will try at investigating the use of pictures to enhance students in speaking class. This is a class action research (CAR) which consists of two cycles. Each cycle involves some activities; plan, action, observation, and reflection. The subject of the study is the third semester of S1 nursing in academic year 2017/2018 that consist of 34. The instruments are in the form of observation and speaking test. The result of the study is expected to be beneficial for students in speaking class, especially to motivate students to speak, tomake easier the students in expressing the theme provided by the pictures, and to create interesting environment.
PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PENGAJARAN LISTENING PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FKIP UMSU Noviyanti, Masyitah; Manurung, Imelda Darmayanti
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/ehdj.v3i2.57

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa jurusan bahasa Inggris dalam mata kuliah listening II yang diajarkan dengan menggunakan media audio visual. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif, untuk menjabarkan dan mengukur sejauh mana pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil pembelajaran mata kuliah listening pada mahasiswa semester II (dua), tahun akademik 2014/2015, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UMSU. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh penggunaan media audiovisual dan mengantisipasi kelemahan-kelemahan yang dimilikinya agar dapat menjadi alternatif teknik dalam pengajaran listening. Berdasarkan nilai t-uji, ditemukan tobserve = 9.39. Itu berarti bahwa terdapat pengaruh pada penerapan media audiovisual terhadap pengajaran listening pada mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris FKIP UMSU.
PENERAPAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII-D SMP NEGERI 26 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2015–2016 Sulistyaningsih, Indah
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/ehdj.v3i2.56

Abstract

Untuk menyelesaikan soal-soal matematika diperlukan langkah-langkah lain seperti: memahami masalah, merencanakan penyelesaian. Namun kemampuan pemecahan masalah siswa masih kurang aktif dan kreatif. Model pembelajaran yang sesuai adalah open ended karena open ended pendekatan pembelajarannya memberikan keleluasaan berpikir peserta didik secara aktif dan kreatif. Pendidikan karakter peserta didik mengalami peningkatan melalui penerapan pembelajaran open ended, dapat dilihat dari data siklus I; 61,86 (sedang) dan pada siklus II menjadi 72,73 (tinggi). Kualitas pembelajaran oleh guru matematika mengalami peningkatan dari skor perolehan pada siklus I sebesar 65,00% (sedang) dan pada siklus II menjadi 76,00% (baik). Penguasaan siswa terhadap materi melalui pembelajaran open ended dengan nilai rata-rata kelas 79,09 pada siklus pertama menjadi 89,47 pada siklus kedua.
KELAYAKAN MODUL IPS BERWAWASAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR Suratno, Edy; Wiratsiwi, Wendri
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/ehdj.v3i2.54

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul IPS berwawasan pendidikan karakter pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk kelas V Sekolah Dasar sehingga diharapkan akan memudahkan guru untuk mengintegrasikan nilai karakter dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan yang terdiri atas empat tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dikembangkan adalah modul IPS berwawasan pendidikan karakter pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk kelas V Sekolah Dasar. Kelayakan modul didasarkan pada hasil validasi para pakar (ahli) dan hasil uji coba. Validitas modul dalam penelitian ini berdasarkan standar kelayakan media modul dan kelayakan materi modul. Hasil rata-rata dari perhitungan validasi modul IPS berwawasan pendidikan karakter pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk kelas V Sekolah Dasar adalah sebesar 3,4 dan tanggapan yang diperoleh dari hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, serta uji coba lapangan oleh siswa menunjukkan bahwa modul layak dan valid digunakan dalam pembelajaran IPSdi SD kelas V.
INOVASI MODEL PEMBELAJARAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL “LEMPAR KARET” UNTUK MENGAJARKAN KONSEP PERKALIAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR Hartatik, Sri; Rahayu, Dewi Widiana
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/ehdj.v3i2.55

Abstract

Peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep matematika dapat dilakukan melalui pembelajaran yang dirancang dengan mengembangkan permainan tradisional sebagai salah satu strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Selama ini permainan tradisional yang sering digunakan dalam pembelajaran matematika adalah permainan dakon. Artikel ini membahas tentang adanya inovasi dalam pembelajaran matematika melalui penerapan permainan tradisional lempar karet berbeda dengan permainan tradisional yang sebelumnya. Penulis merancang permainan tradisional lempar karet sebagai teknik dalam mengajarkan konsep perkalian pada siswa sekolah dasar. Model Pembelajaran ini bertujuan meningkatkan pemahaman matematika serta meminimalisasi kecemasan siswa dalam mempelajari matematika. Adapun tahapan-tahapan dalam model pembelajaran berbasis permainan tradisional adalah menyampaikan tujuan pembelajaran, membentuk kelompok, menyiapkan alat dan bahan, menjelaskan aturan permainan, mensimulasikan, melakukan permainan, membimbing kelompok, evaluasi dan menarik kesimpulan. Model Pembelajaran ini mempunyai beberapa prinsip yaitu ketergantungan positif, tanggung jawab perseorangan, sportif, partisipasi dan komunikasi, dan evaluasi proses kelompok dan individu.
CORPORAL PUNISHMENT: CASE STUDY ON THE LEGITIMACY OF CORPORAL PUNISHMENT IN JUNIOR HIGH SCHOOL “X” SURABAYA Wahyudi, Agus; ., Warsono
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/ehdj.v3i2.53

Abstract

Guru dan siswa memiliki hubungan yang tidak dapat dipisahkan dalam pendidikan. Hubungan antara keduanya terkadang berjalan dengan harmonis tetapi dalam kesempatan yang berbeda itu kontradiktif. Seringkali, guru melakukan hukuman fisik kepada siswa. Guru mengklaim bahwa hal tersebut dilakukan untuk menegakkan disiplin bagi siswa di sekolah. Makalah ini mengungkapkan bagaimana bentuk hukuman fisik yang dilakukan oleh guru kepada siswa dan niat guru dalam melakukan hukuman fisik kepada siswa, serta bagaimana legitimasi tindakan kekerasan tersebut dibangun. Penelitian ini dilakukan di SMP “X” Surabaya dengan menggunakan pendekatan fenomenologi oleh Alfred Schultz (1991). Studi kasus ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara.
PERMBELAJARAN PPKn DENGAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBANTUAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN INTELEKTUAL SISWA SMA Akhwani, Akhwani
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/ehdj.v3i2.50

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran PPKn dengan value clarification technique (VCT) berbantuan role playing terhadap keterampilan intelektual siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang didesain melalui kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran PPKn dengan VCT berbantuan role playing, sementara kelompok kontrol hanya menggunakan VCT. Pengumpulan data menggunakan observasi. Data dianalisis menggunakan bantuan SPSS 16 for Windows melalui uji t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p = 0,006<0,05), sementara nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (2,849>1,99). Dengan demikian pembelajaran PPKn dengan VCT berbantuan role playing efektif dalam mengembangkan keterampilan intelektual siswa SMA
KELAYAKAN PUTIK BERISI (PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS LITERASI SAINS) UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS V Seftia R.W., Ifa; Winata, Anggun; Cacik, Sri
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 2 (2018): September
Publisher : UNUSA Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33086/ehdj.v3i2.49

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis kelayakan buku petunjuk praktikum IPA berbasis literasi sains untuk peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan tahap pengembangan yang merujuk pada pemikiran Sukmadinata (2013:169) sehingga tahap pengembangan meliputi: (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba; dan (7) penyebarluasan. Validasi produk dilakukan untuk memperoleh kelayakan dari produk yang telah dikembangkan. Instrumen yang digunakan pada tahap validasi adalah lembar validasi yang berisi empat aspekpenilaian yaitu (1) kesesuaian isi; (2) kebahasaan; (3) komponen kegrafikan; dan (4) kesesuaian syarat teknis. Proses penilaian dengan menggunakan lembar validasi dilakukan oleh tiga dosen ahli. Tahapan validasi dilakukan sebelum uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Hasil validasi menunjukkan bahwa semua aspek penilaian memperoleh kriteria baik dengan persentase masing-masing aspek sebesar 88,8%; 77,1%; 90,5%; dan 93,6%. Berdasarkan hasil validasi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa buku petunjuk praktikum IPA berbasis literasi sains untuk peserta didik kelas V sekolah dasar layak digunakan dengan melakukan perbaikan sesuai saran dari validator.

Page 1 of 15 | Total Record : 150