cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta utara,
Dki jakarta
INDONESIA
MEDIA STUDI EKONOMI
ISSN : 14104814     EISSN : 25026690     DOI : -
Core Subject : Economy,
Media Studi Ekonomi adalah media untuk publikasi ilmiah, yang memuat artikel mengenai hasil penelitian, kajian dan pemikiran tentang ilmu ekonomi, baik ekonomi Makro dan Mikro, Administrasi Bisnis, Akuntansi, Perpajakan, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional, Manajemen Strategi dan Bidang Lain yang masuk dalam Lingkup Ekonomi. Media Studi Ekonomi diterbitkan secara teratur dua kali dalam setahun. Pertama, periode Bulan Januari-Juni dan Kedua, periode Bulan Juli-Desember. Diterbitkan oleh Prrogram Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.
Arjuna Subject : -
Articles 32 Documents
ANALISIS KEBANGKRUTAN DENGAN MODEL ALTMAN Z-SCORE SEKTOR ANEKA INDUSTRI DI BEI PERIODE 2013-2014 Kurniawati, Suci
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 21, No 1 (2018): MEDIA STUDI EKONOMI
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.742 KB)

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebangkrutan perusahaan sektor aneka industri sebanyak 36 perusahaan dengan menggunakan model ALTMAN Z-Score pada tahun 2013-2014. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yakni berupa data Laporan Keuangan Publikasi Perusahaan yang diterbitkan Bursa Efek Indonesia dan diperoleh dari media internet dengan mendownload melalui website: www.idx.com. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil index Z-Score pada perusahaan sektor aneka industri tahun 2013 diduduki oleh PT. SAT Nusa Persada Tbk pada subsektor elektronika dan tahun 2014 diduduki oleh PT. Kmi Wire Cable Tbk pada subsektor kabel dengan peringkat pertama tertinggi dengan kondisi sehat, sedangkan yang menduduki peringkat paling terakhir dan terendah di perusahaan sektor aneka industri di BEI tahun 2013 dan 2014 adalah PT. Asia Pacific Fiber Tbk pada subsektor tekstil & garmen dengan kondisi bangkrut. Serta hasil penelitian ini tidak konsisten/ sesuai dengan kenyataan sebenarnya yang menunjukkan bahwa metode altman tidak dapat dijadikan alat untuk mengindikasikan kecendrungan terhadap kebangkrutan. Implikasi hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan untuk perbaikan dan koreksi sehingga terhindar dari kebangkrutan. Kata kunci : kebangkrutan, z-score, aneka industri AbstractThe purpose of this study is to analyze the company's financial distress on various industry sectors as many as 36 companies using the ALTMAN Z-Score model in 2013-2014. The data which used was secondary data, such as Financial Statements of company publication issued by Indonesian Stock Exchange (BEI) and obtained by downloading the website: www.idx.com. This study uses descriptive quantitative method. The finding of Z-Score index in various industry sector in 2013 is occupied by PT SAT Nusa Persada Tbk on electronic subsector and 2014 is occupied by PT. Kmi Wire Cable Tbk on cable subsector, with the first highest rank and healthy condition, whereas the last and lowest rank on textiles and garments subsector is PT. Asia Pacific Fiber Tbk in 2013-2014, with having financial distress condition. The findings of this study are not consistent or even in accordance with the reality which shows that the Altman method can not be used as a tool to indicate a tendency towards company’s financial distress. The implication of this research is expected to provide input for improvements and corrections to avoid distress. Keywords: financial distress, z-score, various industry 
PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN PROFESIONALISME SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Terhadap PT. JNE Service Center Utara 1) Soeti Yani, Ari; Istiqomah, Ayu
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 19, No 2 (2016): Vol 19. No.2 MEDIA STUDI EKONOMI
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.894 KB)

Abstract

ABSTRACTThis study aims to investigate the influence of direct variable intellectual intelligence and emotional intelligence on employee performance and to examine the role of professionalism in influencing variables influence of variable intellectual intelligence and emotional intelligence on employee performance. The data in this research is secondary data obtained directly through the company. In this study tested the validity and reliability test which further hypothesis testing using Structural Equation Modeling-Partial Least Square (PLS-SEM). By using the software, version 3. Stages SmartPLS PLS calculation using the two models namely Measurement Model (Outer Model) and Testing Structural Model (Inner Model). The test results showed that the first hypothesis intellect significant positive effect on employee performance. The results of the second hypothesis testing found evidence that emotional intelligence is not significant negative effect on employee performance. The results of the third hypothesis testing found evidence that professionalism significant positive effect on employee performance. The results of the fourth hypothesis testing found evidence that the intelligence quotient significant positive effect on professionalism. The results of the fifth hypothesis testing found evidence that emotional intelligence is not significant positive effect on professionalism. Variable professionalism and significant negative effect on the intellectual intervene on employee performance. As well as the negative and not significant in influencing emotional intelligence on employee performance.Keywords: Employee Performance, Professionalism, Intellectual Intelligence, Emotional Intelligence.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh langsung variabel kecerdasan intelektual serta kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan serta untuk menguji peran variabel profesionalisme dalam mengintervensi pengaruh dari variabel kecerdasan intelektual serta kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan. Data dalam penelitian ini menggunakan data yang diperoleh langsung melalui pihak perusahaan. Dalam penelitian ini dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas yang selanjutnya pengujian hipotesis dengan menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Dengan menggunakan software SmartPLS versi 3. Tahapan perhitungan PLS menggunakan 2 model yaitu Pengukuran Model (Outer Model) dan Pengujian Model Struktural (Inner Model). Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukan bahwa kecerdasan intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil pengujian hipotesis kedua ditemukan bukti bahwa kecerdasan emosional berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil pengujian hipotesis ketiga ditemukan bukti bahwa profesionalisme berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil pengujian hipotesis keempat ditemukan bukti bahwa kecerdasan intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap profesionalisme. Hasil pengujian hipotesis kelima ditemukan bukti bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profesionalisme. Variabel profesionalisme berpengaruh negatif signifikan dalam mengintervensi kecerdasan intelektual terhadap kinerja karyawan. Serta berpengaruh negatif tidak signifikan dalam mengintervensi kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan.Kata kunci: Kinerja Karyawan, Profesionalisme, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional.
PENGARUH WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KUALITAS PRODUK SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI KEDAI ES KRIM NEVATARA TANJUNG PRIOK Nugrahaningsih, Hartanti; Oktavianto, Dewangga
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 20, No 1 (2017): MEDIA STUDI EKONOMI (JANUARI-JUNI 2017)
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.378 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah konsumen yang datang ke kedai es krim Nevatara pada pertengahan tahun 2014, hal tersebut mengindikasi bahwa keputusan pembelian di Kedai es krim nevatara mengalami penurunan. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Word of Mouth dan Kualitas pelayanan mempengaruhi keputusan pembelian secara tidak langsung dengan adanya Kualitas produk sebagai variabel Moderating di Kedai es krim Nevatara?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel-variabel tersebut memperkuat pengaruh terhadapKeputusan pembelian di Kedai es krim Nevatara atau sebaliknya, tidak memperlemah pengaruhKeputusan pembelian di Kedai es krim nevatara.Penelitian ini menggunakan Data Primer yang diperoleh dari penyebaran Kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling aksidental. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 106 responden dari jumlah populasi konsumen Kedai es krim Nevatara yang terletak di Warakas, tanjung priok, Jakarta Utara. Jawaban para responden kemudian dianalisis menggunakan program SPSS.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Word Of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian. Word Of Mouth dan kualitas pelayanan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kualitas produk sebagai variabel moderating tidak mampu memperkuat Word Of Mouth terhadap Keputusan pembelian dan Kualitas produk sebagai variabel moderating tidak mampu memperkuat kualitas pelayanan terhadap Keputusan pembelian.Kata kunci :Word Of Mouth; Kualitas Pelayanan; Kualitas Produk; dan Keputusan Pembelian,ABSTRACT This research was motivated by declining number of consumen who visited Nevatara ice cream store in early 2015, it indicates that the customer Buying Decision in Nevatara Ice cream store has decreased. As for the problem of this research was Word Of Mouth, and the quality of services affect indirectly on Buying decision with product quality as an moderating variable in Nevatara Ice cream Store? The purpose of this study was to find out about these variables influences the customer buying decision or didn’t influence the customer buying decisison in Nevatara Ice cream store. This research used primary data obtained from the distribution of quetionnaires. The technique of sampling in this study using accidental sampling method. The number of sample obtained by 106 respondent form all consumer in Nevatara Ice cream stores located in warakas, regional of north jakarta. Then, the respondent answer were analyzed with spss program. The results of this study indicate that the Word Of Mouth Promotion significant effect on the costumer Buying decision, the quality of services significantly effect on Costumer Buying decision. The Word Of Mouth Promotion and quality of service jointly significant effect on the Costumer Buying Decision. Product Quality as16moderating variable was not able to strengthen the Word Of Mouth promotion to the Costumer decision and Product Quality as moderating variable was not able to strengthen the quality of services to the Costumer Buying Decision. Keywords: Word Of Mouth Promotion, quality of service, Product Quality and Customer Buying Decision.
PENGARUH STRATEGI PRODUK TERHADAP MINAT PRODUK DAN DAMPAKNYA TERHADAP SUSTAINABLE PRODUK HIBURAN BERBASIS BUDAYA PENONTON WAYANG KULIT PADA MASYARAKAT SOLO JAWA TENGAH Oktaviyana, Lovia; Simamora, Virgo
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 21, No 1 (2018): MEDIA STUDI EKONOMI
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.398 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi produk terhadap minat produk dan dampaknya terhadap sustainable produk hiburan berbasis budaya penonton wayang kulit pada masyarakat Solo, Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah penonton wayang kulit masyarakat jawa di Solo, Jawa Tengah, dengan metode pengambilan sampel adalah non-probability. Sampel yang diperoleh sebesar 200 responden. Data yang diperoleh dianalisi dengan menggunakan teknik analisis structural equation model (SEM) dengan alat uji statistik PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS . Data yang dikumpulkan dengan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh positif dan signifikan strategi produk terhadap minat produk, ada pengaruh positif dan signifikan strategi produk terhadap sustainable poduk, ada pengaruh sustainable produk terhadap minat produk, ada pengaruh yang tidak signifikan dari strategi produk terhadap minat produk yang berdampak terhadap sustainable produk.Kata Kunci : Strategi Produk, Minat Produk dan Sustainable Produk.ABSTRACTThis study aims to determine the effect of product strategy on product interest and its impact on sustainable entertainment products based on wayang kulit audience culture in the people of Solo, Central Java. The population in this study is the Javanese wayang kulit audience in Solo, Central Java, with the method of sampling is non-probability. The sample obtained was 200 respondents. The data obtained were analyzed using structural equation model (SEM) analysis technique with PLS (Partial Least Square) statistical test equipment through SmartPLS software. Data collected with questionnaires that have been tested for validity and reliability.The results showed that: there was a positive and significant influence on the product strategy on product interest, there was a positive and significant influence on the product strategy on sustainable product, there was a sustainable influence of the product on product interest, there was an insignificant influence of the product strategy on product interests that impacted sustainable product.Keywords: Product Strategy, Interest in Products and Sustainable Products.
ANALISIS PERSEDIAAN BAHAN BAKU KALEP DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY DALAM MENDUKUNG KELANCARAN USAHA PADA INDRUSTRI KECIL SEPATU DIWILAYAH KEMAYORAN JAKARTA PUSAT yani, ari soeti
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 19, No 1 (2016): MEDIA STUDI EKONOMI
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.892 KB)

Abstract

ABSTRACT Generally a Company converting input to output. Production have a tight bound with raw material. Raw material is a component that must be always available for continuity production. Raw material that used for making shoes is kalep that made from processed cow or sheep skin, that the final result is soft and easy skin for making various kind of shoes. Raw material’s stock can’t support an optimal production if the stock that last is less from requirement or vice versa not efficient if too much. It’s been very important because the budget which exists for settle raw material’s procurements are very limited. Observation is performed with descriptive and quantitative which is done with direct observation and interview as well as gathering documents that related with stock material. Aim to create an image in systematic and accurate regarding to raw material inventory control system. Control of raw material kalep small shoes industry are using EOQ method, that in order periode the amount of efficient orders is 634 meter for every 4 orders frequency in a year, or with the time interval 83 days per-order. From this result obtained effienct level is as much as Rp 3,140,084 from the total cost Rp 31,160,000, from the total needs as much as 2.800 meter per year. From the result above, can be concluded with EOQ method produce amount of raw material kalep shoes industry is more efficient and can avoid delay in raw material supply, therefore reorder point (ROP) is when the raw material stock remain 54 meter. Keyword : raw material stock, EOQ and ROP. ABSTRAK Suatu Perusahaan pada umumnya melakukan aktivitas mengubah input menjadi output. Kegiatan produksi sangat erat kaitannya dengan bahan baku. Persediaan bahan baku merupakann komponen yang harus tersedia untuk kelancaran produksi. Bahan baku yang digunakan untuk membuat sepatu adalah bahan baku kalep yang berasal dari kulit sapi atau kulit domba yang sudah diproses, yang hasilnya berupa kulit yang lunak dan mudah untuk membuat bermacam – macam model sepatu. Persediaan bahan baku tersebut tidak dapat mendukung proses produksi secara optimal jika persediaan yang ada kurang dari kebutuhan operasi atau sebaliknya tidak efisien jika terlalu banyak. Hal ini sangat penting karena anggaran yang ada untuk membiayai pengadaan bahun baku sangat terbatas. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan kuantitif yaitu dengan melakukan obeservasi langsung dan wawancara serta mengumpulkan data berupa dokumen yang berkaitan dengan persediaan. Tujuannya adalah untuk membuat gambaran secara sistimatis dan akurat mengenai sistem pengendalian persediaan bahan baku. Pengendalian bahan baku kalep industri kecil sepatu menggunakan metode EOQ, maka diperiode jumlah pesanan yang efisien sebesar 634 meter untuk 4 kali frekuensi pemesanan dalam setahun, atau dengan inverval waktu 83 hari perpesanan. Dari hasil ini diperoleh tingkat efisien sebesar Rp 3,140,084 dari total biaya Rp 31,160,000, dari total kebutuhan sebanyak 2.800 meter pertahun. Dari hasil perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan metode EOQ menghasilkan jumlah persediaan bahan baku kalep industri sepatu lebih efisien dan dapat menghindari terjadinya keterlambatan penyediaan bahan baku, untuk itu melakukan pemesanan kembali (ROP) saat bahan baku berjumlah 54 meter. Kata Kunci : Persediaan bahan baku, EOQ dan ROP
ANALISIS KEBANGKRUTAN DENGAN MODEL ALTMAN Z-SCORE SEKTOR ANEKA INDUSTRI DI BEI PERIODE 2013-2014 Kurniawati, Suci
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 19, No 2 (2016): Vol 19. No.2 MEDIA STUDI EKONOMI
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.209 KB)

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study is to analyze the company's financial distress on various industry sectors as many as 36 companies using the ALTMAN Z-Score model in 2013-2014. The data which used was secondary data, such as Financial Statements of company publication issued by Indonesian Stock Exchange (BEI) and obtained by downloading the website: www.idx.com. This study uses descriptive quantitative method. The finding of Z-Score index in various industry sector in 2013 is occupied by PT SAT Nusa Persada Tbk on electronic subsector and 2014 is occupied by PT. Kmi Wire Cable Tbk on cable subsector, with the first highest rank and healthy condition, whereas the last and lowest rank on textiles and garments subsector is PT. Asia Pacific Fiber Tbk in 2013-2014, with having financial distress condition. The findings of this study are not consistent or even in accordance with the reality which shows that the Altman method can not be used as a tool to indicate a tendency towards company’s financial distress. The implication of this research is expected to provide input for improvements and corrections to avoid distress.Keywords: Financial Distress, Z-Score, Various IndustryABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebangkrutan perusahaan sektor aneka industri sebanyak 36 perusahaan dengan menggunakan model ALTMAN Z-Score pada tahun 2013-2014. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yakni berupa data Laporan Keuangan Publikasi Perusahaan yang diterbitkan Bursa Efek Indonesia dan diperoleh dari media internet dengan mendownload melalui website: www.idx.com. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil index Z-Score pada perusahaan sektor aneka industri tahun 2013 diduduki oleh PT. SAT Nusa Persada Tbk pada subsektor elektronika dan tahun 2014 diduduki oleh PT. Kmi Wire Cable Tbk pada subsektor kabel dengan peringkat pertama tertinggi dengan kondisi sehat, sedangkan yang menduduki peringkat paling terakhir dan terendah di perusahaan sektor aneka industri di BEI tahun 2013 dan 2014 adalah PT. Asia Pacific Fiber Tbk pada subsektor tekstil & garmen dengan kondisi bangkrut. Serta hasil penelitian ini tidak konsisten/ sesuai dengan kenyataan sebenarnya yang menunjukkan bahwa metode altman tidak dapat dijadikan alat untuk mengindikasikan kecendrungan terhadap kebangkrutan. Implikasi hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan untuk perbaikan dan koreksi sehingga terhindar dari kebangkrutan.Kata kunci : Kebangkrutan, Z-Score, Aneka Industri
PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INETRVENING PADA PERUSAHAAN SINJARAGA SANTIKA SPORT Budy, Doddy Astya; Hartini, Hartini
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 20, No 1 (2017): MEDIA STUDI EKONOMI (JANUARI-JUNI 2017)
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (586.616 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini adalah tentang “ Pengaruh Pengembangan Karir Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja sebagai variabel intervening pada perusahaan Sinjarga Santika Sport. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Kinerja Karyawan. Variabel Intervening dalam penelitian ini adalah Kepuasan Kerja. Dan variabel independen terdiri dari Pengembangan Karir dan Lingkungan Kerja.Jumlah populasi responden yang diteliti di PT. Sinjaraga Santika Sport adalah 70 Karyawan sedangkan untuk metode pengambilan sampel yang saya gunakan adalah Metode sensus, dimana seluruh anggota populasi sebanyak 70 karyawan diberikan kesempatan yang sama untuk menjadi responden.Penelitian dilakukan dengan beberapa tahapan, untuk tahap yang pertama adalah untuk memahami terori lebih dalam yang diambil dari pustaka atau dengan statistik deskriptif dan pengumpulanan data dari objek yang diriset. Tahap yang kedua adalah untuk uji kelayakan data dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Dan untuk tahap terakhir adalah tahap dengan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F untuk pengujian hipotesis secara parsial maupun simultan. Selanjutnya dihitung koefisien determinasi yang disesuikan serta pembetukan persamaan regresi.Hasil ini membuktikan : pengembangan karir berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Moderasi pengaruh dari Kepuasan kerja terhadap pengembangan karir tidak dapat berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Moderasi pengaruh kepuasan kerja terhadap lingkungan kerja tidak dapat menambah kekuatan terhadap kinerja karyawan.Kata kunci : Kinerja karyawan; Kepuasan kerja; Pengembangan karir; Lingkungan kerja.AbstractThis research is about "Influence of Career Development and Work Environment on Employee Performance With job satisfaction as an intervening variable in companies SinjargaSantika Sport. The dependent variable in this research is employee performance. Intervening variable in this research is job satisfaction. And the independent variables consist of Career Development and Work Environment.Total population respondents surveyed in the PT. SinjaragaSantika Sport was 70 employees, whil for The sampling method was census method, which is where all members of a population of 70 people given the same opportunity to the respondents.Research carried out by several phases, the first phase is to understand the deeper terori taken from the literature or by descriptive statistics and data from the object researched. The second step is to test the feasibility of data using validity and reliability test. And for the last stage is the stage with hypothesis testing using t test and F test to test the hypothesis partially or simultaneously. Furthermore calculated the adjusted coefficient of determination and the formation of a regression equation.These results prove: career development significant effect on job satisfaction. Work environment have a significant effect on job satisfaction. Moderation effect of job satisfaction on career development can not affect the performance of the employee. Moderation influence job satisfaction on the work environment can not add strength to the performance of employees.Keywords; job performance; job satisfaction; career development; work environment
PENGARUH KUALITAS SISTEM PERPAJAKAN DAN SOSIALISASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA E-FILING DENGAN KEPERCAYAAN TERHADAP OTORITAS PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING Putri, Nur Anisa; Tambun, Sihar
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 21, No 1 (2018): MEDIA STUDI EKONOMI
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.095 KB)

Abstract

ABSTRAK Kepuasan wajib pajak pengguna ­e-filing merupakan gambaran dari keselarasan antara harapan seorang wajib pajak dan hasil yang diperoleh dari adanya suatu sistem perpajakan. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh kualitas sistem perpajakan dan sosialisasi perpajakan terhadap kepuasan pengguna e-filing. Total sampel adalah 75 responden dengan memakai metode angket. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa kualitas sistem perpajakan dan sosialisasi perpajakan berpengaruh positif pada kepuasan pengguna e-filing dengan kepercayaan terhadap otoritas perpajakan sebagai variabel moderating.Hasil penelitian ini yaitu adanya pengaruh signifikan kualitas sistem perpajakan terhadap kepuasan pengguna e-filing, pengaruh sosialisasi perpajakan tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna e-filing, pengaruh kualitas sistem perpajakan dan sosialisasi perpajakan tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna e-filing, kepercayaan terhadap otoritas perpajakan tidak dapat memoderasi pengaruh kualitas sistem perpajakan terhadap kepuasan pengguna e-filing, kepercayaan terhadap otoritas perpajakan tidak dapat memoderasi pengaruh sosialisasi perpajakan terhadap kepuasan pengguna e-filing.Kata kunci: Kualitas Sistem Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Kepuasan Pengguna E-filing, Kepercayaan terhadap Otoritas Perpajakan. ABSTRACT                    Taxpayer user satisfaction e-filing is a description of the alignment between the expectations of a taxpayer and the results obtained from the existence of a tax system. This study aims to examine the effect of tax system quality and tax dissemination on e-filing user satisfaction. The total sample is 75 respondents by using questionnaire method. Data were collected by questionnaire. The results of the test show that the quality of taxation system and tax socialization have a positive effect on the satisfaction of e-filing users with the trust of the tax authorities as moderating variables.                    The result of this research is the influence of the quality of tax system to the satisfaction of e-filing users, the influence of tax dissemination is not significant to the satisfaction of e-filing users, the influence of the quality of taxation system and the socialization of taxation is not significant to the satisfaction of e-filing users, can moderate the influence of the quality of the tax system on e-filing user satisfaction, the trust of the tax authorities can not moderate the influence of tax dissemination on the satisfaction of e-filing usersKeywords: Quality of Taxation System, Socialization of Taxation, User Satisfaction of  E-filing, Trust to Taxation Authority.
PENGARUH PELATIHAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MIKRO LAJU CLUSTER JAKARTA 2 PT. BANK CIMB NIAGA TBK Diansyah, Diansyah; Saepul, Tatang
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 20, No 1 (2017): MEDIA STUDI EKONOMI (JANUARI-JUNI 2017)
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.394 KB)

Abstract

Abstract: This study measured the imfact of Training and Compensation of Employee Performance with the motivation as variable intervening on Mikro Laju Cluster Jakarta 2 PT Bank CIMB Niaga Tbk. The dependent variable in this study is employee performance. The independent variables consist of Training and Compensation, while intervening variable in this study is Motivation. Total population examined in this study were 52 respondents, where sample withdrawal technique uses the census namely by involving the entire population.The study was conducted by a couple of stages. The first stage is to explore the theory of literature and data collection of objects in research. The second stage is to test the feasibility of using the data reliability test and validity test. The third stage calculates the adjusted coefficient of determination and the establishment of the regression equation. The next stage is research hypothesis testing using the partial parameter significance UII and simultaneous significance testing and regression testing intervening variable.The results of this study prove that partially, Training and Compensation variables and significant influence on employee performance. Furthermore, both variables simultaneously Training and Compensation significant effect on employee performance. Further research showed no motivation as a intervening variable and not mediation the effect of training on employee performance, not also the influence of Compensation on employee performance.Keywords: Performance , Training , Compensation , MotivationAbstrak: Penelitian ini mengukur pengaruh Pelatihan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening pada Mikro Laju Cluster Jakarta 2 PT Bank CIMB Niaga TBK.Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Kinerja Karyawan. Variabel independen terdiri dari Pelatihan dan Kompensasi, sedangkan variabel intervening dalam penelitian ini adalah Motivasi. Jumlah populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah 52 responden, dimana teknik penarikan sampel menggunakan metode sensus yaitu dengan melibatkan seluruh populasi.Penelitian dilakukan dengan berberapa tahapan. Tahapan pertama adalah menggali teori dari pustaka dan pengumpulan data dari objek yang di riset. Tahapan kedua adalah uji kelayakan data dengan menggunakan uji reliabilitas dan uji validitas. Tahapan ketiga menghitung koefisien determinasi yang disesuaikan serta pembentukan persamaan regresi. Selanjutnya adalah tahapan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uii signifikansi parameter parsial dan uji signifikansi simultan serta uji regresi variabel mediasi.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial, variabel Pelatihan dan Kompensasi berpengaruh dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan . Selanjutnya secara simultan kedua variabel yaitu Pelatihan dan Kompensasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Lebih lanjut hasil penelitian menunjukan Motivasi sebagai variabel intervening tidak memediasi pengaruh Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan, begitu juga dengan pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja karyawan.Kata kunci : Kinerja, Pelatihan, Kompensasi, Motivasi
TINJAUAN PELAYANAN PRIMA (STUDI KASUS : RESTORAN A&W CABANG MAMPANG JAKARTA) Kamal, Fahmi
MEDIA STUDI EKONOMI Vol 19, No 2 (2016): Vol 19. No.2 MEDIA STUDI EKONOMI
Publisher : MEDIA STUDI EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.688 KB)

Abstract

ABSTRACTThe quick service at A & W Restaurant Mampang, Jakarta, has not been doing well of the service. On the contrary, the side of politeness and kindness of A & W Restaurant employee can be stated awesome. The consumers, as the evidence, feel like treating nicely during ordering foods at A & W Restaurant there. The purpose of this research is to know the service excellent which is done by the employee of A & W Restaurant, Mampang, Jakarta. The method that the write uses is coming directly to that place. The writer, afterwards, identifies by asking about the service and its vicinity. The writer also needs the supported data as the references, such as library research, electronic media, and written sources.So, form this research, it is drawn a conclusion that the service excellence of A & W Restaurant has really increased of the satisfaction toward consumers of this place. Hopefully, the satisfaction of A & W Restaurant will keep increasing and gives the best.Keyword: Service Excellence, Customer SatisfactionABSTRAKPelayanan yang cepat pada Restoran A & W Cabang Mampang Jakarta belum optimal, tetapi keramahan dan kesopanan karyawan Restoran A & W Cabang Mampang Jakarta sangat memuaskan para konsumen, terbukti banyaknya para pelanggan yang merasa nyaman dalam memesan makanan maupun ketika berada di dalam Restoran A & W Cabang Mampang Jakarta.Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui bagaimana pelayanan prima yang dilakukan oleh Restoran A & W Cabang Mampang Jakarta. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah dengan meneliti secara langsung ke lokasi perusahaan, dengan menanyakan tentang apa saja pelayanan prima yang dilakukan oleh Restoran A & W Cabang Mampang Jakarta, Studi Pustaka (library research), dan sumber-sumber tertulis baik yang tercetak maupun media elektronik yang dapat membantu penulis dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa pelayanan prima yang dilakukan oleh Restoran A & W Cabang Mampang Jakarta selama periode bulan April sampai dengan Mei 2016 sudah cukup memuaskan untuk para konsumen. Semoga Restoran A & W Cabang Mampang Jakarta dapat meningkatkan pelayanan prima yang telah dicapai.Kata kunci : Pelayanan Prima, Kepuasan Pelanggan

Page 1 of 4 | Total Record : 32