cover
Contact Name
Muhammad Affan Ramadhana
Contact Email
affanramadhana@uncp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
redaksi@jsgp.web.id
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
ISSN : 26546477     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a reference source as well as a means of publication for teachers, lecturers, students, school supervisors, policymakers, and education observers.
Arjuna Subject : -
Articles 24 Documents
Peningkatkan Hasil Belajar Sains Konsep Listrik Dinamis melalui Penerapan Model Pembelajaran Generatif pada Siswa Kelas VI SD Negeri 53 Sawerigading Kota Palopo Hasnah, Hasnah HP
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol 2, No 2 (2019): May - August
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.802 KB) | DOI: 10.30605/jsgp.2.2.2019.1370

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sains konsep perubahan lingkungan pada siswa kelas VI SD Negeri 53 Sawerigading Kota Palopo, yang diajar melalui penerapan model pembelajaran generatif. Penenlitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan II masing-masing terdiri tiga kali pertemuan. Subjek penenlitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 53 Sawerigading Kota Palopo. Hasil penelitian menunjuakan bahwa ada peningkatan pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil tes siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari setiap siklus. Dimana pada siklus pertama 64,85 dan siswa yang tuntas belajar 22 orang (62,86%). Pada siklus kedua 81,14 dan siswa yang tuntas 30 orang (85,71). Disamping itu, data hasil observasi disetiap siklus menujukkan adanya perubahan sikap siswa kearah yang lebih positif, keaktifan dalam belajar, kerjasama dan keaktifan dalam menerima pelajaran. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelejaran generatif dapat meningkatkan hasil belajar sains pada siswa kelas VI SD Negeri 53 Sawerigading Kota Palopo. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru SD untuk dapat menjadikan model pembelajaran generatif sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran dalam mengajarkan sains khususnya listrik dinamis di sekolah.
Identifying Students’ Error in Writing Islamic Text at the Third Semester of English Study Program at IAIN Bone Rahman, Abdul
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol 2, No 1 (2019): January - April
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.802 KB) | DOI: 10.30605/jsgp.2.1.2019.1245

Abstract

This research aimed to find out the most common errors do the students made in their writing Islamic text at the third semester of English Study program IAIN Bone in Academic Years 2018-2019. The data were collected from the students’ writing of the third semester. The key instrument used was writing test result and interview. This research used descriptive research. It refers to the descriptive qualitative. Qualitative data described each category that occurred in the students’ writing. The researcher described the situation about the occurrence of the errors in the students’ writing. The total number of lexical errors that the researcher found in the students’ writing Islamic text was 150 errors that consisted of lexicon category was 68 errors and surface strategy was 82 errors. Most of the students’ errors in the lexical category were sentence pattern. Sentence pattern is the highest errors made by the students in writing Islamic text with 10 students or 62.50% made errors; the second was punctuation and article by 5 students or 31.25%; the third errors in spelling by 4 students or 25%; the fourth errors in vocabulary and preposition by 3 students or 18.75%; the last errors in tense, pronoun, and conjunction by 1 student or 6.25%. It is figured out that the students have less ability in writing a text and still have difficulties in learning grammatical structures in writing process.
Analisis Kualitas Tes Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Pengetahuan Komputer Jusrianto, Jusrianto; Zahir, Abdul; Megawati, Megawati
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol 1, No 1 (2018): October - December
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.802 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal ujian akhir semester ganjil tahun 2016/2017 mata kuliah pengetahuan komputer di Universitas Cokroaminoto Palopo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan ex-post facto dengan jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah soal ujian semester dan seluruh jawaban peserta didik pada ujian akhir semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari lima kelas yaitu kelas TI 1B, TI 1D, TI 1E, TI 1I dan Kelas Matematika 1A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anates Versi 4 dan perhitungan manual dengan bantuan Program Ms Excel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat kesukaran soal ujian akhir semester mata kuliah Pengetahuan Komputer di Universitas Cokroaminoto Palopo tahun akademik 2016/2017 menunjukkan bahwa soal yang termasuk kategori sukar berjumlah 5 soal (12.5%), soal yang termasuk kategori sedang berjumlah 23 soal (57.5%), dan soal yang termasuk kategori mudah berjumlah 12 soal (30%), dan daya beda soal ujian akhir semester ganjil mata Pengetahuan Komputer di Universitas Cokroaminoto Palopo tahun akademik 2016/2017 menunjukkan bahwa soal dengan daya pembeda jelek berjumlah 18 soal (45%), soal dengan daya pembeda cukup berjumlah 16 soal (40%), soal dengan daya pembeda baik berjumlah 6 soal (15%) dan tidak ada soal dengan daya pembeda yang baik sekali (0%).
Pengaruh Lingkungan dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Alawiyah, Sufi; Ghozali, Syukri; Suwarsito, Suwarsito
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol 2, No 2 (2019): May - August
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.802 KB) | DOI: 10.30605/jsgp.2.2.2019.1369

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh lingkungan terhadap prestasi belajar bahasa Inggris dan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh lingkungan dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ganesha pada bulan Januari-April 2019. Hasil penelitian menunjukkan: 1.) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa di SMK Ganesha, dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05. 2.) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan terhadap prestasi belajar bahasa Inggris, dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05. 3.) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris, dibuktikan dengan nilai Sig = 0,004 < 0,05. Lingkungan dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran PKn Tentang Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama pada Kelas VII SMP Negeri 3 Palopo Sahruddin, Hamriati
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol 2, No 2 (2019): May - August
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.802 KB) | DOI: 10.30605/jsgp.2.2.2019.1361

Abstract

Upaya peningkatan Pembelajaran PKn pada konsep menghargai dan menaati keputusan bersama bertolak dari kenyataan di lapangan dan hasil wawancara dengan guru PKn sekaligus guru kelas VII SMP Negeri 3 Palopo Kota Palopo. Penguasaan materi oleh siswa masih sangat kurang, dibuktikan nilai awal yang didapat murid sebelum penelitian adalah 20 % murid memperoleh ketuntasan belajar. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini difokuskan pada mata PKn pada konsep menghargai dan menaati keputusan bersama dalam dua sub pokok bahasan tata tertib sekolah dan tata tertib kelas dengan menggunakan metode diskusi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil pembelajaran PKn pada konsep menghargai dan menaati keputusan bersama dalam konsep tata tertib sekolah dan tata tertib kelas dengan menggunakan metod diskusi. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan. Rancangan penelitian ini di susun dengan satuan siklus secara berdaur ulang berulang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode diskusi yang terdiri dari enam tahap yaitu (1) tahap pembangkitan semangat belajar , (2),tahap pambagian kelompok (3) tahap ekplorasi dengan bertukar pikiran antar sesama murid dan guru, (4).tahap mengaitkan pembelajaran dengan realitas kenyataan lingkungan murid (5) tahap kesimpulan (6) tahap penilaian. Akan dapat meningkatkan kemampuan pada bidang studi PKn, konsep menghargai dan menaati keputusan bersama dalam dua sub pokok bahasan tata tertib sekolah dan tata tertib kelas Murid kelas VII SMP Negeri 3 Palopo.
Komitmen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasi Kebijakan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 3 Palopo Kartini, Kartini
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol 2, No 2 (2019): May - August
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.802 KB) | DOI: 10.30605/jsgp.2.2.2019.1364

Abstract

Studi ini menelaah komitmen kepala sekolah dalam mengimplementasi kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 3 Palopo, Kota Palopo. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui komitmen kepemimpinan kepala sekolah dalam hal perencanaan, pengorganisasian, supervise, dan pengawasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan guru di SMP Negeri 3 Palopo sebanyak 20 orang guru. Pengumpulan data dengan teknik angket dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan rata-rata. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa komitmen kepemimpinn kepala sekolah mampu terlaksanakan. Hal ini dibuktikan oleh penilaian guru yang cenderung baik. Begitu pula dengan kemampuan pengorganisasian, kemampuan supervise, dan kemampuan pengawasan yang seluruhnya mampu dilaksanakan dengan baik, berdasarkan penilaian guru.
Investigating the Beliefs about Self of College Students in Solving Mathematical Problem Arviana, Riny
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol 2, No 1 (2019): January - April
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.802 KB) | DOI: 10.30605/jsgp.2.1.2019.1261

Abstract

Human life is about an entity which always experiences the changes. Each sector of our life involving education, technology, economics, and social will be advanced gradually. These advancements let everyone to encounter the new problems or challenges for sure. Knowing this fact, ability in solving a problem is a must for us to have. The process of solving problem is influenced by several factors, like belief which is called belief system in mathematics education. Mathematics education is assumed to be able to grow and enhance one’s beliefs system in solving a problem. This research is a case study which concerns a part of beliefs system namely beliefs about self. This study aimed to investigate the beliefs about self of college students who are 18-22 years old in solving mathematical problem. Four voluntary participants were given mathematical problem and interviewed separately. The result shows that each participant has beliefs about self which is positive or negative oriented. One of the factors promoting the beliefs about self is experience. It is recommended to conduct a similar study with larger sample.
Learning by Teaching, Why Not? Damayanti, Sri; Hastuty, Sri; Crestiani, Juwita; Saruman, Alim Surya; Irwan, Irwan
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol 1, No 1 (2018): October - December
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.802 KB)

Abstract

Lesson Study for Learning Community was held by applying Magang Based Lesson Study at Universitas Cokroaminoto Palopo. There were ten Students collaborated with 4 lecturers and 4 teachers. Those teachers are the teachers at SMP Negeri 1 Palopo, SMP Negeri 2 Palopo, SMP Cokroaminoto Palopo, and a teacher at SMA Negeri 6 Palopo. This paper aimed is describing the students’ activities in learning by teaching and how they prepare their class. The research question of this paper is what are the students’ activities in preparing their class? How do the students’ prepare their class? What Lesson learned found in Magang Based Lesson Study? In answering the research question, the researcher conducted a research in a year by participating in learning community. Although this research has not finished yet, she describes that the students who conducted Magang prepared their class by learning how do their students learn. After that, they discussed it by collaborating with lecturers at Universitas Cokroaminoto Palopo. In doing teaching in classroom, the rest of the students observed the students’ way in learning. It is about when do the students start to focus on studying, how did they learn collaboratively with their groups.
Peningkatan Minat Belajar Siswa Menggunakan Metode Simon Berkata Pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Sandung Asih, Dwi; Wibowo, Dwi Cahyadi; Kurniati, Agusta
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol 2, No 1 (2019): January - April
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.802 KB) | DOI: 10.30605/jsgp.2.1.2019.1345

Abstract

Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan Minat Belajar Siswa Menggunakan Metode Simon Berkata Pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV SD Negeri 11 Sandung Kecamatan Binjai Hulu Kabupaten Sintang Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dan bentuk penelitiannya menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV yang berjumlah 11 siswa dan guru. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi, pengukuran, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan metode Simon Berkata di Kelas IV SD Negeri 11 Sandung dapat meningkatkan minat belajar siswa, di mana siswa terlihat memiliki antusias yang baik dalam pembelajaran. Sedangkan dari faktor guru meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru; aktivitas siswa mengalami peningkatan keantusiasan dalam belajar dan minat belajar yang sangat baik, penggunaan metode Simon Berkata pada siswa kelas IV SD Negeri 11 Sandung dikategorikan sangat baik yaitu siklus I, Ketuntasan 18.18% dan pada siklus II, klasikal 100% sehingga terjadi peningkatan sebesar 81.82%, hal ini menunjukkan bahwa metode Simon Berkata mampu menjadi sebuah sarana yang menghantar pada pengembangan minat belajar siswa.
Nonverbal Communication Used by Students of Informatics Study Program in Studying English through Lesson Study Indah, Opik Dwi; Crestiani, Juwita; Ramadhana, Muhammad Affan
Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran Vol 1, No 1 (2018): October - December
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.802 KB)

Abstract

The objective of this research is to know what kinds of nonverbal communication used by the second semester students of Informatics Study Program in studying English at Universitas Cokroaminoto Palopo. This research applied descriptive method. The population of this research is the second semester students of Informatics Study Program class 2P and 2J with the total population is about 70 students. And the participants are 35 students. They were taken by applying purposive sampling technique. In collecting the data, the researcher analyzed the data qualitatively and the instruments used observation checklist and supported by documentation. Based on the observation, the researchers conclude that there are some nonverbal communications that students used in studying English such as: gesture, posture, facial expression and eye contact.

Page 1 of 3 | Total Record : 24