cover
Contact Name
Alivvermana Wiguna
Contact Email
jurnalstkipmsampit@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalstkipmsampit@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kotawaringin timur,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan STKIP MUHAMMADIYAH SAMPIT
ISSN : 19071086     EISSN : 26564580     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Paedagogie STKIP Muhammadiyah Sampit adalah salah satu jurnal yang menghadirkan kajian dan penelitian tentang ilmu pendidikan yang hangat diperbincangkan saat ini dengan berbagai problematikanya.
Arjuna Subject : -
Articles 40 Documents
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL Qahfi, M; Norhayatun, Norhayatun; Rahmadani, Rahmadani
Ilmu Pendidikan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Paedagogie
Publisher : Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran IPSs di kelas VII SMP Negeri 9 Sampit. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode, antara lain observasi, wawancara dan tes. Kegiatan penelitian yang dilakukan ialah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah: nilai rata-rata dari pra tindakan, siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan. Nilai rata-rata prestasi pada kegiatan pra tindakan ialah mencapai 69. Nilai rata-rata prestasi post test pada siklus I mencapai 72. pada siklus II nilai rata-rata prestasi post test yaitu 77. nilai rata-rata prestasi post test pada pra tindakan, siklus I dan siklus II mengalami kenaikan. Persentase keberhasilan siswa dalam pra tindakan, siklus I maupun siklus II juga mengalami peningkatan. Pada pra tindakan siswa yang tuntas sebanyak 24 dalam siklus I meningkat menjadi 27 dan dalam siklus II kembali meningkat menjadi 32 siswa.
SIKAP GURU PEMICU MUNCULNYA PERILAKU NEGATIF SISWA Apuanor, Apuanor; Ningsih, Mulya; Sudarmono, Sudarmono
Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Paedagogie
Publisher : Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh sikap guru terhadap perilaku negatif siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Sampit yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah 82 siswa dan secara keseluruhan diambil sebagai sampel karena kurang dari 100. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana yang dibantu dengan IBM SPSS Statistics 22. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh sikap guru terhadap perilaku negatif siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Sampit Tahun Pelajaran 2016/2017.
FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BERORGANISASI MAHASISWA Sudarmono, Sudarmono; Apuanur, Apuanur; Shidiq, Abdur Rasyid
Ilmu Pendidikan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Paedagogie
Publisher : Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Soft skill yang dibutuhkan oleh lulusan universitas tidak dapat hanya dipenuhi dalam proses pembelajaran yang dilakukan di bidang akademik saja, tetapi juga bidang non akademik. salah satu cara yang cukup baik untuk mengembangkan soft skill melalui pembelajaran lembaga kemahasiswaan. Motivasi berorganisasi intra kampus, mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Muhammadiyah Sampit masih kurang. Dari hasil observasi di lapangan, hanya 94 orang mahasiswa dari 363 mahasiswa program studi pendidikan ekonomi yang aktif mengikuti organisasi intra kampus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya motivasi berorganisasi mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP Muhammadiyah Sampit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Muhammadiyah Sampit yang aktif yaitu berjumlah 363, yang kemudian diambil sampel sebesar 73 mahasiswa dengan teknik Random Sampling. Medote pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Instrument penelitian mempunyai validitas dan Reliabilitas. Reliabilitas sebesar 0,939 dengan menggunakan Cronbach?s Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi mengikuti organisasi intra kampus mahasiswa ialah faktor intrinsik 49,8% yang terdiri dari Faktor Kebutuhan sebanyak 17,6%, Harapan 15,3%, dan Minat 16,9%. Sedangkan faktor ekstrinsik yaitu 50,2% yang terdiri dari, Faktor Dorongan Keluarga 17,1%, Lingkungan 16,0%, dan Media 17,1%. Dengan demikian faktor ekstrinsik (50,2%) lebih besar dari faktor intrinsik (49,8%).
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA SEKOLAH DASAR Heriyanto, Agus; Setiani, Fatimah; Rahmadhany, Septalia
Ilmu Pendidikan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Paedagogie
Publisher : Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Baiturrahim Sampit tahun pelajaran 2016/2017. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu tidak ada pengaruh yang positif antara pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral pada siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Baiturrahim Sampit tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ex-postfacto, sedangkan jumlah populasinya sebanyak 61 siswa dari seluruh kelas V dengan sampel yang diperoleh sebanyak 61 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Sampel Jenuh. Hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan uji t yang menunjukkan bahwa nilai thitung -1,063 dan signifikansi yang di peroleh yaitu 0,292 (p ? 0,05). Koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,019 yang memiliki arti bahwa dalam penelitian ini pola asuh orang tua memiliki pengaruh sebesar 0,019 atau 1,9% terhadap perkembangan moral. Hal tersebut membuktikan bahwa pola asuh orang tua tidak memiliki pengaruh yang positif terhadap perkembangan moral pada siswa kelas siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Baiturrahim Sampit tahun pelajaran 2016/2017, dengan demikian hipotesis ditolak .
PENERAPAN RATIONAL-EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENGATASI RENDAH DIRI SANTRIWATI Heriyanto, Agus; Anggraini, Gita; Wulandari, Nur Purnama
Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Paedagogie
Publisher : Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk membantu mengatasi rendah diri pada salah satu santriwati di SMP Darul Amin Sampit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah LR. Tempat penelitian di SMP Darul Amin Sampit. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara terstruktur.. Teknik analisa data menggunakan analisa data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum pelaksanaan konseling individual dengan pendekatan penerapan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk mengatasi rendah diri LR adalah 64,2% dan sesudah pelaksanaan konseling individual dengan pendekatan penerapan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) rendah diri LR berkurang menjadi 14,2%.
TINGKAT PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT GURU Norhayatun, Norhayatun; Qahfi, Muhamat; Alimah, Tri Mutho
Ilmu Pendidikan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Paedagogie
Publisher : Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh tingkat penguasan Teknologi Informasi (TI) terhadap kemampuan membuat media pembelajaran power point guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri yang mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh dengan jumlah responden 36 orang , pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah kuesioner atau angker, dan teknik analisis data peneliti menggunakan Uji prasyarat (Uji Normalitas dan Uji Linieritas), Persamaan Regresi Linier Sederhana, Uji Hipotesis (Uji t) dan Koefisien Determinasi (R^2). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS diperoleh nilai t hitung sebesar 6,914 dengan taraf signifikansi p sebesar 0,000 sehingga p
KEAKTIFAN MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA SMP Mahmu?didin, Mahmu?didin; Halimah, Siti; Ekaningsih, Anisa
Ilmu Pendidikan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Paedagogie
Publisher : Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap disiplin belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mentaya Hulu Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII yang berjumlah 78 Siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel yakni sebanyak 78 siswa dari 3 ruangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liner sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pengaruh keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap disiplin belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mentaya Hulu Tahun Pelajaran 2015/2016.
MOTIVASI MENYELESAIKAN SKRIPSI MAHASISWA YANG BEKERJA DAN TIDAK BEKERJA Apuanor, Apuanor; Sudarmono, Sudarmono; Arifin, Mukhtar
Ilmu Pendidikan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Paedagogie
Publisher : Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaanmotivasi menyelesaikan skripsi antara mahasiswa yang bekerja denganmahasiswa yang tidak bekerja. Data dikumpulkan dengan skala motivasi menyelesaikan skripsi. Data dianalisis menggunakan teknik Uji-t. Hasil analisis uji-t diperoleh Hasil uji t dengan nilai t_hitung>t_tabel (4,706 > 2,021) dan signifikansi diperoleh P value (0,000 < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi menyelesaikan skripsi yang sangat signifikan antara mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja. Motivasi mahasiswa yang bekerja lebih rendah dibanding yang tidak bekerja dengan perbedaan rata-rata sebesar 8,44 dan perbedaan berkisar antara 4,82 sampai 12,03.
FAKTOR PENYEBAB KURANGNYA MINAT BACA MAHASISWA DIPERPUSTAKAAN Jayadi, Jayadi; Rahmawati, Novianti; Mariyanah, Mariyanah
Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Paedagogie
Publisher : Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka peneliti dapat menarik kesimpulan dari 210 mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sampit yang menjadi subjek penelitian, hampir seluruh mahasiswa memiliki minat baca diperpustakaan STKIP Muhammadiyah Sampit dikategorikan sedang yaitu sebesar 142 responden (67,61%). Dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penelitian ini minat baca mahasiswa diperpustakaan Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sampit dikategorikan sedang.
ANALISIS KINERJA GURU BERSERTIFIKASI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BAAMANG KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR SETIAWAN, Riki Adi; Sudarmono, Sudarmono; Apuanor, Apuanor
Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Paedagogie
Publisher : Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru sekolah dasar (SD) yang bersertifikasi se-Kec.Baamang Kabupaten Kotim.Populasi penelitian ini semua guru yang bersertifikasi yang berada di SD N 3 Baamang Tengah,SD N 4 Baamang Hilir, SD N 7 Baamang Hilir, SD N 2 Baamang Hulu dan SD N 2 Baamang tengah sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 guru yang bersertifikasi teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitati Berdasarkan dari nilai PKG guru yang sudah dikategorikan diperoleh kategori kinerja guru sertifikasi secara keseluruhan rendah sebesar 4,68% (9 orang guru serserifikasi).Untuk kategori kinerja guru sertifikasi secara keseluruhan sedang sebesar 20.28% ( 39 orang guru serserifikasi ). Untuk kategori kinerja guru sertifikasi secara keseluruhan tinggi sebesar 2.28% ( 4 orang guru sersertifikasi ). Untuk kinerja guru erserifikasi yang diambil data dari 5 ( lima ) SD yaitu: SD N 3 Baamang Tengah,SD N 4 Baamang Hilir, SD N 7 Baamang Hilir, SD N 2 Baamang Hulu dan SD N 2 Baamang Tengah menunjukan kinerja yang dihasilkan selama tahun 2015-2016 mendapatkan nilai sedang.

Page 1 of 4 | Total Record : 40