cover
Contact Name
Suparman
Contact Email
suparman@uncp.ac.id
Phone
+6285261455244
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
ISSN : 24433667     EISSN : 27154564     DOI : https://doi.org/10.30605/onoma
Core Subject : Education,
Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
PENERAPAN MODEL PETA KONSEP PADA PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PALOPO nirwana; Ruspa, Abd. Rahim
Onoma Vol 5 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model peta konsep pada pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII dengan jumlah 173 orang siswa dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII C dengan jumlah 15 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditetapkan secara Purposive Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posstest). Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo sebelum diterapkan model Peta Konsep berada pada kategori rendah dengan rentang nilai yang diperoleh yaitu (35-54), siswa yang mendapat nilai tersebut sebanyak 11 orang siswa dengan persentase 73,3%, dengan nilai rata-rata 50,06 dengan standar deviasi 9,97 dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo setelah diterapkan model Peta Konsep berada pada kategori tinggi dengan rentang nilai yang diperoleh yaitu (75-84), dan siswa yang mendapat nilai tersebut sebanyak 7 orang siswa dengaan persentase 46,7% dengan nilai rata-rata80,53 dengan standar deviasi 5,85. Siswa yang mencapai KKM 75 ke atas setelah penerapan model Peta Konsep yaitu 13 orang siswa dengan persentase 86,7%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran Peta Konsep dalam menulis karangan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 argumentasi terjadi peningkatan.
MENINGKATKAN KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA (KEM) DENGAN MENGGUNAKAN METODE KLOS SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 3 PALOPO darma
Onoma Vol 5 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecepatan efektif membaca mempunyai peranan yang sangat penting, karena dengan membaca cepat dan kemampuan memahami bacaan yang berkualitas seseorang bisa menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kebiasaan membaca bahasa Indonesia yang kurang baik berdampak negatif pada tingkat keterbacaan seseorang atau seorang siswa. Untuk mengatasi hal tersebut sangat dibutuhkan usaha dan kreatifitas guru. Penerapan metode Klos dalam pembelajaran membaca merupakan salah satu upaya memecahkan masalah tersebut. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) dengan menggunakan metode klos siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Palopo. Penelitian tindakan kelas ini mengambil setting di SMA Negeri 3 Palopo kelas XI IPA 2, dengan jumlah siswa 40 siswa. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui tiga siklus. Sebelum siklus I dilaksanakan perlu adanya pra tindakan yaitu identifikasi tentang metode klos dan Kecepatan Efektif Membaca (KEM), kemudian dilaksanakan siklus I sebagai penerapan metode klos, siklus II sebagai implementasi pelaksanaan metode klos, dan siklus III sebagai tahap pemantapan. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu digunakan terhadap data kualitatif yang diperoleh dari hasil pengamatan siswa dan guru selama berlangsungnya pembelajaran di kelas, dan analisis kuantitatif yang digunakan terhadap hasil tes Kecepatan Efektif Membaca (KEM) siswa dengan menggunakan metode klos. Hasil penelitian pada siklus I tingkat kemampuan membaca siswa masih rendah, karena kecepatan efektif membaca rata-rata 87 kpm dengan tingkat Independen 18 %, tingkat Instruktional 38 % dan pada frustasi 44 %. Pada siklus II hasil penelitian mengalami perubahan positif yaitu kecepatan efektif membaca rata-rata 150 kpm dengan tingkat Independen 78 %, tingkat Instruksional 18 %, dan tingkat frustasi 4 %. Hasil penelitian pada siklus III mengalami pemantapan yaitu rata-rata Kecepatan Efektif Membaca (KEM) 210 kpm dengan tingkat independen 100 %. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan metode klos dapat meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) siswa
MENELUSURI SENI TARI SEBAGAI SALAH SATU BUDAYA DI KERAJAAN LUWU PADA ZAMAN HINDUISME (KAJIAN AWK MODEL FAIRCLOUGH) harsia
Onoma Vol 5 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hadirnya keinginan untuk memahami sebuah naskah itu melalui kepekaan lintas budaya di dalam kelas masyarakat dapat dijadikan suatu program pelatihan dan pendidikan yang menyeluruh kepada etnis yang beragam di dalam komunikasi antarbudaya. Representasi dan komunikasi makna-makna kebudayaan mengambil tempat melalui bahasa baik baik verbal maupun bahasa nonverbal karena adanya dua standardisasi: makna-makna yang biasanya disematkan kata-kata dan cara berbicara yang biasanya disematkan pada situasi sosial dan setting kebudayaan. Fairclough dan Wodak yang melihat praktik wacana bisa jadi menampilkan efek ideologis artinya wacana dapat memproduksi hubungan kekuasaan yang tidak imbang antara kelas sosial, laki-laki dan perempuan, kelompok mayoritas dan minoritas di mana perbedaan itu direpresentasikan dalam praktik sosial. Hegemoni adalah titik sentral dalam teori Gramsci dalam menjelaskan masyarakat dan kekuasaan yang bekerja di dalamnya. Hegemoni sendiri diambil dari bahasa Yunani yaitu egemonia yang berarti dominasi dari suatu polis terhadap polis yang lain. Pertama kali digunakan oleh Lenin dalam bahasa Rusia yaitu rukovodstvo yang diartikan kepemimpinan. Hasil analisis data menunjukkan, bahwa ada lima jenis tarian di kerajaan Luwu pada zaman Hinduisme, yaitu; (a) tari bissu; (b) tari jaga; (c) tari lulo; (4) tari pagellu; dan (e) tari joge. Dan salah satu tarian yang menunjukkan kebudayaan Luwu adalah tari bissu yang dijadikan medium untuk menyembah “Roh Nenek Moyang”.
TRANSKRIPSI FONETIS CERITA RAKYAT MASSENREMPULU Suparmanuncp
Onoma Vol 5 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan sistem fonetis bahasa Massenrempulu dalam cerita rakyat. Data penelitian ini berupa cerita tentang Bellang Langu. Data dianalisis dengan menggunakan metode padan dibantu dengan aplikasi IPA (International Phonetic Association). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahasa massenrempulu mengenal 5 buah vocal, yakni:Vokal tinggi : /i u/, Vokal sedang : /e o/, Vokal rendah : /a/. Pada cerita rakyat Bellang Langi fonem-fonem yang terdapat dalam cerita tidak ada satu pun fonem yang menjadi alofon dari fonem lain. Dalam cerita rakyat Bellang Langi terdapat beberapa fonem di antaranya konsonan bahasa massenrempulu mengenal 19 buah konsonan sedangkan semi vokal hanya terdapat satu fonem. Secara keseluruhan bahasa massenrempulu mengenal ada 24 fonem segmental.
PENERAPAN TEKNIK IMAJINASI METAFOR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 PALOPO Zulham, M; Beta, Pancana
Onoma Vol 5 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) hasil menulis puisi bebas Siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo sebelum penerapan teknik imajinasi metafor, (2) hasil menulis puisi bebas Siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo setelah penerapan teknik imajinasi metafor, (3) peningkatan hasil menulis puisi bebas Siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo setelah penerapan teknik imajinasi metafor. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberian tes yang terdiri dari dua yaitu pretest dan posttest. Hasil yang diperoleh adalah (1) hasil menulis puisi bebas siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo sebelum diajar dengan menggunakan teknik imajinasi metafor berada pada kategori sangat rendah, (2) hasil menulis puisi bebas siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo sebelum diajar dengan menggunakan teknik imajinasi metafor berada pada kategori tinggi, (3) Terjadi peningkatan hasil menulis puisi bebas siswa kelas X SMA Negeri 6 Palopo setelah penerapan teknik imajinasi metafor.
EFEKTIVITAS LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 7 PALOPO Arma
Onoma Vol 5 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas lesson study dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi pada siswa kelas X SMK Negeri 7 Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas dengan menggunakan desain pretest posttest control group design. penentuan sampel dilakukan secara acak dengan mengundian untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penghitungan uji-t skor posttest kemampuan menulis karangan eksposisi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai sebesar 0,723 dengan df =26, dan nilai p sebesar 0,000 (p>0,05). Nilai tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis karangan eksposisi yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model lesson study dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model lesson study di SMK Negeri 7 Palopo. Hasil penghitungan uji-t data pretest dan posttest kemampuan menulis karangan eksposisi kelompok eksperimen diperoleh nilai sebesar -5,297 dengan df = 25, dan nilai p sebesar 0,000 (p>0,05). Berdasarkan hasil pengitungan tersebut, kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis karangan eksposisi yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model lesson study dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model lesson study, dan (2) model lesson study efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi pada peserta didik kelas X SMK Negeri 7 Palopo.
ANALISIS CAMPUR KODE MASYARAKAT DI PASAR ANDI TADDA KOTA PALOPO Sari, Harmita
Onoma Vol 5 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan campur kode, mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya campur kode, mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi penggunaan campur kode dan untuk mengetahui fungsi campur kode yang dilakukan oleh masyarakat di Pasar Andi Tadda Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif sedangkan analisis data dalam penelitian bersifat kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah masyarakat Pasar Andi Tadda Kota Palopo. data dalam penelitian ini adalah hasil observasi dan rekaman berupa peristiwa campur kode tuturan masyarakat yang ada di Pasar Andi Tadda Palopo. Berdasarkan analisis data campur kode pemakaian bahasa yang ada di Pasar Sentral Kota Palopo ditemukan bahwa (1) Campur kode yang terjadi di Pasar Andi Tadda Kota Palopo dibagi menjadi berbagai macam bentuk struktur kebahasaan, (2) Faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya campur kode di Pasar Andi Tadda Kota Palopo yaitu faktor linguistik dan faktor nonlinguistik, (3) Faktor yang melatarbelakangi pemakaian campur kode di Pasar Andi Tadda Kota Palopo, yaitu identifikasi peranan atau peran sosial penutur, prinsip kesopanan dan kesantunan penutur, dan menafsirkan atau menjelaskan maksud yang diinginkannya, dan (3) fungsi campur kode yang ditemukan di Pasar Andi Tadda Kota Palopo lebih argumentatif dan persuasif.
Analisis Psikologi Objektif Tokoh Madame Baptiste dalam Cerpen Madame Baptiste Heni, Heni
Onoma Vol 5 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.974 KB)

Abstract

Hubungan antara sastra dan psikologi memang begitu erat. Karakter tokoh dalam suatu cerita dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, masyarakat, dan relasi dengan tokoh- tokoh lain Kondisi psikologis seseorang sangat berpengaruh pada segala aktivitas dan dalam karya yang dilakukan. Satu kejadian yang terjadi pada masa lalu seseorang juga sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadian manusia. Kemungkinan ada suatu tragedi yang menimpa seseorang waktu kecil akan sangat membentuk konflik batin yang dalam dan nantinya akan  membelenggu psikologi seseorang. Dalam mengkaji struktur, masalah- masalah psikologis umumnya termuat dalam tema. Perkembangan psikologis tokoh terbentang sepanjang alur cerita. Suara kejiwaan terdapat dalam diri tokoh. Konflik antar tokoh tercermin dalam atmosfir dan latar psikologis. Kondisi mental para tokoh tercermin dalam sudut pandang. Gaya mencerminkan cara hidup dan kepribadian para tokoh. Kepribadian tokoh dapat dianalisis dengan menggunakan pendekatan psikologis. Hal ini tentu tidak lepas dari unsur lain pembentuk cerita, seperti alur, tema.dan unsur ekstrinsik. Dari pembahasan singkat tadi, penulis berusaha menggunakan suatu teori psiklogi, yakni dari Lacan untuk meneliti kondisi kejiwaan tokoh utama Madame Baptiste, di mana memang pembentukan karakter dan keadaan psikologi seseorang dimulai dari lingkungan keluarga dan kemudian lingkungan masyarakat.    
Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunaka Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Siswa Kelas VIII.B MTs 1 Mare Rosdiana
Onoma Vol 5 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (699.127 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) pada siswa Kelas VIII.B MTs Negeri 1 Mare. Melalui pendekatan CTL (contextual teaching and learning), peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi dapat dilihat secara proses maupun secara produk. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B MTs Negeri 1 Mare yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi. Penelitian ini dilakukan dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dari observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Keterampilan menulis teks eksplanasi siswa dilihat dari batas pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), yaitu 75 dan menjadi bahan pertimbangan pelaksanaan siklus selanjutnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eskplanasi pada siswa kelas VIII.B MTs Negeri 1 Mare, baik secara proses maupun secara produk. Peningkatan proses ditunjukkan dari sikap siswa, aktivitas siswa, dan suasana pembelajaran, yaitu siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi, siswa berani mengungkapkan pendapat saat berdiskusi, siswa dapat bekerja sama dengan baik dalam kelompok serta siswa dapat mengikuti dan memahami langkah-langkah pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dengan baik. Peningkatan produk dapat dilihat dari hasil karya siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa 70,6 dengan keterangan siswa tuntas sebanyak 5 siswa atau 20% siswa. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 84,35 dengan keterangan siswa tuntas sebanyak 17 siswa atau 85% siswa.
Pengaruh Penerapan Strategi DRTA terhadap Kemampuan Membaca Puisi pada Siswa Sekolah Dasar Sri Rahayu, Sri Rahayu
Onoma Vol 5 No 2 (2019)
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.427 KB)

Abstract

Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca puisi siswa yang peneliti kaji di kelas V SD Negeri Bawakaraeng 1 kota Makassar bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh yang ditimbulkan pada kemampuan siswa dalam membaca puisi. Berdasarkan data yang diperoleh data secara umum kemampuan membaca puisi  pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Bawakaraeng 1 setelah menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat dilihat dari perolehan persentase yaitu sangat tinggi 83,33%, tinggi 3,33%, sedang 10%, rendah 3,33%, dan sangat rendah berada pada persentase 0,00%. Data tersebut menunjukkan bahwa strategi Directed Reading Thinking Activity memiliki pengaruh positif dalam menunjang kemampuan membaca puisi siswa. Jadi diharapkan pada pengajar bahasa Indonesia untuk menjadikan strategi DRTA sebagai salah satu rancangan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran Bahasa Indonesia yang bersifat abstrak untuk kemampuan membaca puisi khususnya di sekolah dasar.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2019 2019