cover
Contact Name
yassirli amri
Contact Email
yassirlia@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
yassirlia@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi
ISSN : 24078565     EISSN : 25795295     DOI : -
Core Subject : Economy,
JURNAL MENARA EKONOMI, merupakan jurnal penelitian dan kajian ilmiah yang diterbitkan Fakultas Ekonomi UMSB. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang ekonomi untuk dipublikasikan di jurnal ini. Naskah yang masuk akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format tanpa mengubah maksud. Topik yang di utamakan untuk terbit dijurnal ini : 1. Bidang Ilmu Ekonomi 2. Bidang Ilmu Manajemen 3. Bidang Ilmu Ekonomi Pembangunan
Arjuna Subject : -
Articles 271 Documents
Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kunjungan Wisata di Kota Padang -, Syahril
MENARA EKONOMI Vol 1, No 1 (2015): Vol. I No.2 April 2015
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v1i1.137

Abstract

      This study entitled Effect of Promotion and Service Quality Level Against Travel Visits in the city of Padang. The phenomena that occur in the city of Padang about is the lack of promotion of the tourist city of Padang and the lack of quality of service, resulting in a decline in tourist visitors who come to the city Padang. Be caused this phenomenon I am interested in doing research. The variables in this study, namely the promotion, and quality of service as the independent variable (X) and Level Visits Tourism as the dependent variable (Y). The population of 100 people and the entire population sample directly sampled with a total random sampling technique or census. Data analysis technique used multiple regression analysis techniques with the formula:Y = a + b1.X1 + b2.X2 +e The results of this study are based on t test or partial test where promotion variables no significant effect on the variable level of tourist traffic in the city of Padang, because the promotion variable exists at t <t table or sig. ≥ α is 0.720> 0.05. Variable promotion has a regression coefficient of 0.050 means not contribute terhadapTingkat excursions in Padang. While the quality of service significantly influence the level of tourist traffic in the city of Padang, because it has smoothly t> t table or sig. ≥ α is 0.00 <0.05. Variable quality of service has a regression coefficient of 0.533 means that if the quality of service increases by one unit, then the rate of increase of tourist visits Junga 0.533.Keywords: promotion, quality of service and level of tourist visits
PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT MESTIKA MANDIRI MEDAN Bodro Saksono, Febrian
MENARA EKONOMI Vol 5, No 2 (2019): Vol V No. 2 April 2019
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v5i2.1385

Abstract

Motivasi sebagai bagian yang dilakukan oleh seorang pemimpin kepadakaryawannya dalam menjalankan suatu organisasi atau perusahaan.Motivasi adalah merupakan kesadaran yang berasal dari dalam diri karyawan untuk tujuan meningkatkan hasil kerja. Dengan motivasi yang tinggi seorang karyawan akan dapat menyelesaikan sesulit apapun pekerjaan yang dibebankan sehingga mendukungpeningkatan produktivitas kerja karyawan.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah motivasi dan disiplin kerja secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT Mestika Mandiri Medan?.Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh motivasi dan disiplin kerja secara parsial dan simultan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT Mestika andiri Medan.Penelitian Ini Menggunakan Analisis Uji Regresi Linear Berganda, Uji Determinasi Dan Uji T, Dengan Bantuan Alat Uji Spss Versi 16.00. Hasil Penelitian Menjawab Rumusan Masalah Diketahui Dengan Hasil Pengujian Bahwa Motivasi Dan Disiplin Kerja Berpengaruh Secara Parsial Dan Simultan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt Mestika Mandiri Medan, Dimana Karyawan Merasa Disiplin Kerja Sangat Diperlukan Sebagai Alat Pemeriksaan Kualitas Secara Menyeluruh Kegiatan-Kegiatan Personalia Dalam Suatu Departemen, Devisi, Atau Bagian Dalam Perusahaan, Sehingga Dengan Adanya Disiplin Kerja Karyawan Berusaha Untuk Memperbaiki Kinerjanya.Kata Kunci :Motivasi, Disiplin Kerja dan Produktivitas Kerja.
PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN DILIHAT PADA PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA USAHA JAHIT DI KOTA PEKANBARU) Zain, Irsyadi
MENARA EKONOMI Vol 4, No 1 (2018): Vol 4 No 1 April 2018
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v4i1.673

Abstract

Tujuan yang diharapkan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui danmelakukan analisis pengaruh produk terhadap keputusan pelanggan yang dilihat pada perspektif ekonomi islam studi kasus pada usaha jahit di kota Pekanbaru, untuk mengetahui dan melakukan analisis pengaruh harga terhadap keputusan pelanggan yang dilihat pada perspektif ekonomi islam studi kasus pada usaha jahit di kota Pekanbaru, untuk mengetahui dan melakukan analisis pengaruh promosi terhadap keputusan pelanggan yang dilihat pada perspektif ekonomi islam studi kasus pada usaha jahit di kota Pekanbaru, untuk mengetahui dan melakukan analisis pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan pelanggan yang dilihat pada perspektif ekonomi islam studi kasus pada usaha jahit di kota Pekanbaru. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa secara parsial bahwa produk dan harga berpengaruh terhadap terhadap keputusan pelanggan yang dilihat pada perspektif ekonomi islam studi kasus pada usaha jahit di kota Pekanbaru, sedangkan secara simultan produk, harga dan promosi berpengaruh terhadap terhadap keputusan pelanggan yang dilihat pada perspektif ekonomi islam studi kasus pada usaha jahit di kota PekanbaruKeywords : Produk, Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian
PENGATURAN DAN PELAKSANAAN STANDARDISASI USAHA JASA PARIWISATA DI KOTA BUKITTINGGI Aryati, Rika
MENARA EKONOMI Vol 4, No 2 (2018): Volume IV No. 2 - April 2018
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v4i2.690

Abstract

Indonesia is a tourism country. One of the most visited provinces is West Sumatera especially in Bukittinggi. There are many tourism services business here that support tourism activities, because it is one of the most local revenue resources. To achieve a qualified Tourism business services, government should undertake standardization. Thus, this research tries to examine and discuss about Regulation and Implementation of Standardization of Tourism Business Services in Bukittinggi which will answer some problems. They are, how the regulation of standardization nationally and Internationally, how the implementation of standardization regulation and what efforts that have being done by the government to protect the tourists. This is a descriptive study using an empirical juridical method. Some answers that can be conclude are, there is no special regulation that concern on standardization of the tourism business service internationally, and in other hand it is covered by Government Regulation No. 52 of 2012. Bukittinggi has not done the standardization. To protect the tourists the government implements some obligations which must be fulfilled by the businessmen about their services, perform tourism awareness guidance to society and cooperate with the Tourism organization and constabulary in Bukittinggi.Keywords: Standardization; Business; Tourism
PengaruhKepemimpinan,LingkunganKerjadanMotivasiKerjaTerhadap DisiplinKerja PegawaipadaDinasKebudayaandanPariwisataKotaSolok Johan, Hane
MENARA EKONOMI Vol 1, No 2 (2015): Vol. I No.2 Oktober 2015
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v1i2.243

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh kepemimpinan terhadaplingkungan kerja, motivasi dan disiplin kerja pegawai Dinas Kebudayaan dan PariwisataKota Solok, 2) Pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi kerja dan disiplin kerjapegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solok dan 3) Pengaruh motivasi kerjaterhadap disiplin kerja pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solok.Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai pada pada Dinas Kebudayaan danPariwisata Kota Solok sebanyak 63 orang. Pengambilan sampel dilakukan denganmenggunakan sampling probabilitas dengan “Proporsional Random Sampling”, denganjumlah sampel sebanyak 54 orang. Teknik analisis data menggunakan metode analisisjalur (Path Analysis) diolah dengan bantuan Program SPSS (statistic Product and ServiceSolution) versi 16.0.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kepemimpinan berpengaruh signifikanterhadap lingkungan kerja, kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja,kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja, lingkungan kerjaberpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja pegawai, lingkungan kerja berpengaruhsignifikan terhadap disiplin kerja dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadapdisiplin kerja pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solok. Penelitian ini jugamengungkapkan bahwa secara tidak langsung kepemimpinan berpengaruh signifikanterhadap disiplin kerja melalui lingkungan kerja dan motivasi kerja.Besarnya pengaruh langsung maupun tidak langsung kepemimpinan, lingkungankerja dan motivasi kerja terhadap disiplin kerja pegawai Dinas Kebudayaan danPariwisata kota Solok dengan pengaruh terbesar pada variabel motivasi kerja secaralangsung terhadap disiplin kerja yakni sebesar 16,65%, serta besarnya pengaruh langsungketiga variabel tersebut adalah sebesar 65,24% terhadap disiplin kerja pegawai DinasKebudayaan dan Pariwisata kota Solok.
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH KARYA UNISI DI KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU Mar’aini, Mar’aini
MENARA EKONOMI Vol 5, No 1 (2019): Volume V No. 1 – April 2019
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v5i1.1271

Abstract

Analisis strategi pengembangan pemasaran Industri kecil dan menengah Karya Unisi adalah untuk mengetahui Strategi pemasaran yang sudah dilakukan oleh IKM Karya Unisi dan untuk menemukan strategi pemasaran baik segmentasi pasar, target pasar, Positioning maupun bauran pemasaran yang perlu dikembangkan sebagai upaya antisipasi ancaman dan meraih peluang untuk kelansungan dan kemampuan bertahan IKM Karya Unisi dan tetap mempunyai daya saing serta terus bekembang dalam memenuhi permintaan konsumen baik lokal maupun Nasional. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT untuk mengetahui Kekuatan (Strengths ), Kelemahan (Weaknesses), Peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threats ) bagi IKM Karya Unisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan secara umum sudah tepat, tetapi masih ada kelemahan tentang bauran pemasaran terutama promosi. IKM Karya Unisi harus gencar melakukan periklanan, promosi penjualan Publik Relation, Direct and Online marketing untuk meraih peluang dan mengantisipasi ancaman.Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, IKM Karya Unisi
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PELAYANAN FISKUS TERHADAP KESADARAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus Wajib Pajak di Kecamatan Koto Tangah) Gusmidawati, Rina Widyanti
MENARA EKONOMI Vol 3, No 6 (2017): Vol III No. 6 Oktober 2017
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v3i6.416

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Tingkat Pendidikan TerhadapKesadaran Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak di Kecamatan KotoTangah.(2) Pengaruh Pelayanan Fiskus Terhadap Kesadaran Wajib Pajak Orang PribadiDalam Membayar Pajak di Kecamatan Koto Tangah. (3) Pengaruh Tingkat PendidikanDan Pelayanan Fiskus Secara Bersamaan Terhadap Kesadaran Wajib Pajak OrangPribadi. Populasi dari penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar diKPP Pratama Padang Khususnya di Kecamatan Koto Tangahdengan sampel sebanyak100 responden. Data penelitian ini diperoleh melalui kuisioner. Teknik pengambilansampel menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1)Tingkat Pendidikan berpengaruh positif terhadap Kesadaran Wajib Pajak dengan nilaikoefisien determinasi 0,235. (2) Pelayanan Fiskus berpengaruh positif dan signifikanterhadap Kesadaran Wajib Pajak dengan nilai koefisien determinasi 0.399. (3) TingkatPendidikan dan Pelayanan Fiskus berpengaruh positif dan signifikan terhadap KesadaranWajib Pajak dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel yaitu 8.128>3,091.Kata kunci : Tingkat Pendidikan, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Wajib Pajak
ANALISIS PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT (Studi Kasus di Badan Amil Zakat Nasional dan Dompet Dhuafa) Atsarina, Alyani
MENARA EKONOMI Vol 4, No 2 (2018): Volume IV No. 2 - April 2018
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v4i2.681

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan Good Corporate Governance padaOrganisasi Pengelola Zakat dengan prinsip trasnsparansi, akuntabilitas,pertanggungjawaban, kemandirian, dan kewajaran. Metode penelitian ini bersifatdeskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner.Hasil Penelitian menunjukan bahwa penerapan Good Corporate Governance pada BadanAmil Zakat Nasional dan Dompet Dhuafa telah sesuai dengan prinsip trasnsparansi,akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian, dan kewajaranKata Kunci: Good Corporate Governance, BAZNAS, Dompet Dhuafa
PENGARUH INFLASI TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA R.Titin Sumarni, Indra Masrin
MENARA EKONOMI Vol 2, No 4 (2016): Vol. II No. 4 Nopember 2016
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v2i4.234

Abstract

Higher inflation will cause the real consumption rate of society to goods and servicefrom a company become lower, so it will affect the rate of company’s profit, which alsoaffect the Stock Price in the company. In this research, the formulation of the problem iswhether inflation can affect the price of stock in the Manufacture Company listed inIndonesian Capital Market in 2008-2014 and the purpose of this research is to understandthe effect of inflation to the price of stocks in Manufacture Company listedin IndonesianCapital Market in 2008-2014.This research uses secondary data from Indonesian Capital Market with thepopulation is a group of Manufacture Company listed in Indonesian Capital Market innumber of 158 companies. The sampling method used in this research is PurpossiveSampling, so the sample will be 73 Manufacture Company listed in Indonesian CapitalMarket in 2008-2014.The result showed the negative relation between inflation and the price of stock, butstatistically, it is not significant because thitung - 0,148 < ttabel 2,015 and α 0,05 sig 0,888.Keyword: Stock Price, Inflationand Manufacture Company.
Analisis Faktor Penentu Kepuasan Masyarakat Penerima Pelayanan Publik Studi kasus di kelurahan Lubuk Buaya Padang Windi Aprio Ramadhan, Asrizal
MENARA EKONOMI Vol 1, No 1 (2015): Vol. I No.2 April 2015
Publisher : Jurnal Menara Ekonomi : Pelatihan dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/me.v1i1.131

Abstract

This study is based on the phenomenon, there still exists the public to get services that require a long time, and there are still unscrupulous employees who are not friendly in the service, so the question arises, what is the level of community satisfaction of services and what are the factors that influence satisfaction. The purpose of research to determine the level of satisfaction and the factors that influence it. The analysis technique used in this research is to regress independent variable to the dependent variable. The results showed determinants of satisfaction in a sequence that is tangible, responsive, assurance, reliability, and empathyKey Word: kepuasan masyarakat, pelayanan publik

Page 1 of 28 | Total Record : 271