cover
Contact Name
indah dwi sartika
Contact Email
indahdwisartika@radenfatah.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
raudhatulathfal@radenfatah.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : 25812793     EISSN : 25812793     DOI : -
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is a peer-reviewed journal which is published by PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Then, the articles will be sent to the Mitra Bebestari/ peer reviewer and will go to the next selection by Blind Preview Process. Publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on problems of early childhood, education, parenting, media, Islamic education, religion, humanities, and development (religion, social Emotional, physic, motoric, art, language, cognitive).
Arjuna Subject : -
Articles 36 Documents
PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN TANRALILI KABUPATEN MAROS PROVINSI SULAWESI SELATAN Saodi, Syamsuardi; Hajerah, Hajerah; Amri, Nur Alim
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 3 No 2 (2019): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v3i2.4566

Abstract

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi anak sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajarnya. Kegiatan ini didasarkan pada hasil studi pendahuluan terhadap guru taman kanak-kanak di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros dengan cara interview dan observasi, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan guru-guru terhadap teori dan praktek pengembangan media pembelajaran pop-up book. Hasil interview dan observasi tersebut ditemukan bahwa guru belum memiliki pengetahuan, cara mengembangkan,  dan menerapkan proses pembelajaran dengan menggunakan media pop-up book di kelas. Hasil yang diperoleh dari kemampuan guru telah diberikan perlakuan adalah guru sudah mengetahui bentuk-bentuk media pop-up book, mengembangkan dan menggunakannya dalam proses pembelajaran. Antusiasme guru saat pemberian perlakuan sangat tinggi baik dan memberikan respon yang sangat baik.
PERAN AYAH DALAM MENGATASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI (SPEECH DELAY) LC, sulastri
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 3 No 2 (2019): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v3i2.4363

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ayah dalam perkembangan Bahasa anak (studi kasus pada anak speech delay) di Kota Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi pendukung untuk memperkuat kebenaran data. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan di lapangan dan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari beberapa teori perkembangan bahasa anak terbagi menjadi tujuh tahapan dan peran ayah disetiap tahapan tersebut dibagi menjadi empat macam yaitu 1. Membangun kebersamaan dengan anak, 2. Kehadiran ayah untuk anak, 3. Memberi nasehat dan keteladanan kepada Anak, 4. Bertanggung jawab terhadap Anak. Caranya ayah harus melatih anak berbicara,mengajak anak bernyanyi atau mendengarkan musik, mengajak bermain, mengajak anak berjalan-jalan ke tempat-tempat umum,membacakan cerita bergambar atau dongeng, memperkenalkan nama-nama benda sekitar,  dan memberikan respon dengan cepat ketika anak berbicara.  
KEGIATAN MEWARNAI DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI Husnaini, nani; Jumrah, Jumrah
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 3 No 2 (2019): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan yang sangat digemari oleh anak usia dini. kegiatan mewarnai dapat menjadi media berekspresi anak, dengan memilih warna-warna yang sesuai dengan keinginannya yang mungkin akan berbeda dengan pilihan temannya yang lain. Selain menyenangkan, kegiatan mewarnai juga dapat dijadikan sebagai media untuk menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak usia dini, salah satunya aspek perkembangan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan mewarnai di RA Thariqul Izzah Mataram, serta manfaatnya terhadap stimulasi perkembangan kognitif anak usia dini. Hasil Penelitian ini memaparkan bawha pelaksanaan kegiatan mewarnai di RA Thariqul Izzah Mataram terdiri  dari bentuk-bentuk kegiatan, tahapan kegiatan dan alat/media yang digunakan. Sedangkan pada perkembangan kognitif, beberapa aspek yang dapat distimulasi antara lain adalah mengenal benda berdasarkan fungsi, konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari, pengenalan warna, dan konsep berfikir logis.
STRATEGY TO OVERCOME THE PROBLEM OF CHILDREN WHO LIKE TO SHOW OFF Chairilsyah, Daviq
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 3 No 2 (2019): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v3i2.4276

Abstract

Abstrak Pamer adalah menunjukkan sesuatu yang dimiliki kepada orang lain dengan maksud memperlihatkan kelebihan atau keunggulan untuk menyombongkan diri. Anak yang suka pamer ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain dan merasa bahwa dirinya hebat dan layak dikagumi. Perilaku pamer ini juga dapat terjadi pada anak usia dini, hal ini tentunya akan menjadi masalah bagi dirinya dan orang lain di lingkungan sosialnya. Metode penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kajian literatur. Dalam artikel ini dijelaskan mengenai definisi, faktor penyebab, dampak serta strategi yang dapat dilakukan orang tua dan guru dalam mengatasi perilaku suka pamer pada anak usia dini. Diharapkan agar orangtua dan guru dapat memberikan contoh yang baik kepada anak, tetap memberikan apresiasi kepada anak apapun itu yang dilakukannya, selalu mengajari anak agar dapat menerima kelemahan dan peduli kepada orang lain, melatih anak agar dapat memuji orang lain dan memberikan motivasi kepada anak agar dapat berperilaku sebagaimana mestinya serta mengarahkan anak untuk selalu bersikap yang baik kepada semua orang dengan menjalin komunikasi yang baik.   Kata Kunci: Strategi, Anak, Suka Pamer.   Abstract   Showing off is showing something that is owned by someone with intention of showing strength or excellence to brag. A showy child wants to get recognition from others and feels that he is great and deserves admiration. This showing off behavior can also occur in early childhood, this will certainly be a problem for himself and others in his social environment atmosphere. The method of writing this article used a literature review approach. In this article explained the definition, causes, effects and strategies that can be done by parents and teachers in overcoming show-off behavior in early childhood. It is hoped that parents and teachers can set good examples for children, still give appreciation to whatever children do, always teach children to accept weaknesses and care for others, train children to be able to praise others and provide motivation to children to be able to behave as they should and direct the child to always be kind to everyone by establishing good communication.   Keyword: Strategy, Child, Showing off.
EFEKTIVITAS MANAJEMEN KELAS KELOMPOK BERMAIN PADA PAUD BON THORIF PALEMBANG Amilda, Amilda
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2017): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v1i1.1463

Abstract

Efektivitas manajemen kelas kelompok bermain pada PAUD Bon Thorif Palembang dimaksudkan untuk menciptakan proses pembelajaran efektif. Hal tersebut dilakukan dengan 1). Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, 2). melakukan pengaturan sedemikian rupa pada waktu untuk melakukan aktivitas bagi anak ini dilakukan dengan pertimbangan fleksibelitas dan mengacu pada karakteristik anak, 3). Mengatur Ruang Kelas, dengan cara mengatur ruang kelas, posisi duduk, pengaturan perabot dan alat permainan, serta membagi ruangan.Adapun faktor yang mempengaruhi efektivitas manajemen kelas kelompok bermain pada PAUD Bon Thorif Palembang adalah 1). Lingkungan fisik yang tidak mendukung, Seperti: kondisi kelas yang gaduh karena aktivitas anak seperti megobrol, berselisih, berteriak dan lain sebagainya sehingga mengganggu aktivitas belajar dikelas, b). Terdapat anak tidak bisa tenang seperti berlari-lari di dalam kelas, dan anak-anak lainnya tampak berkeluyuran tanpa tujuan, c). Ruangan kelas yang kacau balau akibat aktivitas anak, d). Penempatan perabot yang tidak mempertimbangkan penggunaan oleh anak sehingga  mengganggu aktivitas anak lainnya, 2) Lingkungan fisik yang mendukung seperti: Hasil pekerjaan anak-anak dipajangkan, tumbuhan hijau yang sehat di seluruh ruangan, poster berwarna-warni di dinding, dan gorden baru di jendela, ruangan diatur dalam area aktivitas yang berbeda, terdengar senandung berbicara dan tertawa, tetapi tidak ada teriakan, anak-anak sedang mengerjakan beberapa aktivitas yang diatur oleh para guru, material disimpan di atas rak terbuka yang rendah, dan anak-anak dapat menjangkaunya dengan mudah, fasilitas dan peralatan ditempatkan berdekatan dengan aktivitas yang akan dilakukan anak seperti kran air, ember, dan spons, anak-anak tampaknya benar-benar menikmati kegiatan pembelajarn dengan senang dan gembira, serta peran guru tampat sebagai fasilitator dan pembimbing dimana guru berupaya menasihati anak-anak dari suatu perubahan aktivitas ke bentuk aktivitas lainnya yang dirancang.Dengan demikian maka secara komprehensif dapat dikemukakan bahwa efektivitas manajemen kelas kelompok bermain pada PAUD Bon Thorif Palembang dimaksudkan untuk menciptakan proses pembelajaran efektif dengan cara melakukan perencanaan dengan mempertimbangkan karakteristik dan perkembangan anak.
INTERNALISASI SIKAP KEBERAGAMAAN SEJAK ANAK USIA DINI Ismail, Ismail; Fahmi, Fahmi
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2017): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v1i1.1473

Abstract

Anak di usia dini merupakan bagian yang sangat berharga, oleh karena itu diistilahkan dengan masa keemasan (golden age), masa ini tidak akan terulang untuk kedua kalinya. Tulisan ini membahas mengenai bagaimana internalisasi sikap keberagamaan yang harus kita berikan sejak anak berusia dini (usia 0-6 tahun). Karena dalam usia ini, kita dapat menanamkan nilai-nilai keimanan (tauhid), nilai ibadah dan juga nilai-nilai akhlak. Nilai-nilai tersebut jika diinternalisasikan sejak anak berusia dini, maka akan menjadi bekal bagi pertumbuhan dan perkembangan anak kelaknya. Karena nilai-nilai tersebut dapat membentuk sikap keberagamaan yang sesuai dengan nilai-nilai dasar Islam. Pendidikan Islam mampu melahirkan sikap keberagamaan dalam diri anak sejak usia dini, jika diinternalisasikan secara berkelanjutan. Karena pendidikan Islam merupakan sistem pendidikan yang menuntut untuk melatih anak didik agar memiliki nilai dan kepribadian yang sesuai dengan tuntutan agama
PARADIGMA HUMANISME PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK USIA DINI Wigati, Indah; Muhtarom, Muhtarom
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2017): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v1i1.1477

Abstract

Humanisme dalam pendidikan Islam  merupakan proses humanisasi yang memperhatikan keunikan yang ada pada diri manusia. Karena keunikan manusia itu, dapat dibangun basis fundamental pembelajaran anak. Dengan demikian pendidikan Islam dituntut untuk dapat memperhatikan keunikan yang ada pada anak tersebut sehingga akan menjadikan pendidikan Islam lebih bermakna karena mempertimbangkan kondisi personal anak secara menyeluruh. Anak usia dini memiliki motivasi diri yang dimilikinya sejak lahir untuk menjadi mampu. Motivasi berkemampuan inilah yang kemudian dipandang sebagai dasar untuk mengembangkan pembelajaran yang berepusat pada anak, dengan menghargai seluruh proses perkembangan yang dimiliki oleh anak dan berkembang sesuai dengan ritme yang dimiliki masing-masing anak, dengan menciptakan lingkungan dan menyediakan peralatan yang menyediakan kesempatan pada anak untuk belajar dan berkembang.
PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI Zaini, Herman; Dewi, Kurnia
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2017): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v1i1.1489

Abstract

Media merupakan alat yang dapat digunakan sebagai perantara dalam menstimulasi semua aspek perkembangan pada anak usia dini baik aspek nilai moral dan agama, aspek fisik motorik, aspek bahasa, aspek sosial emosional, aspek kognitif maupun aspek seni. Dalam mesntimulasi aspek perkembangan anak usia dini harus disesuaikan dengan usia dan tahapan perkembanganya karena setiap anak walaupun memiliki usia yang sama tapi terkadang memiliki tahap perkembangan yang berbeda. Untuk merangsang semua aspek perkembangan anak usia dini tidak bisa lepas dari media pembelajaran karena bagi anak usia dini belajar dilakukan melalui bermain dengan menggunakan media pembelajaran baik media nyata, media audio, media visual, media lingkungan sekitar maupun media audio visual, sehingga kegiatan pembelajaran pada anak usia dini berjalan secara efektif
PERKEMBANGAN JASMANI DAN KESEHATANNYA BAGI ANAK USIA DINI DALAM LINGKUNGAN KELUARGA Tastin, Tastin; Murtopo, Ali
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2017): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v1i1.1522

Abstract

Keluarga merupakan buaian tempat anak usia dini melihat cahaya kehidupan untuk pertama kalinya. Anak usia dini merupakan masa dimana anak akan tumbuh dan berkembang secara pesat apabila dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Tumbuh kembang jasmani mesti dibarengi dengan kesehatan yang memadai.
PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Sulastri, Sulastri; Ahmad Tarmizi, Ahmad Tarmizi
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2017): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v1i1.1526

Abstract

الابن الصالح حلم و أمنية كل أم و أب، الصلاح يكون بزرع الأخلاق الحميدة في الطفل منذ سنواته الأولى، و التربية الصلاحة لا تكن بالأوامر و القوانين بل يكتسبها الطفل مما حوله و يراها متجسدة في تصرفات والديه، ثم في البيئة المحيطة به، و في أغلب الحيان تكون طريقة التريبة فطرية بمعنى أن الصح و الخطأ أمور بديهية و لكنها في هذه الأيام أصبحت غير ذلك إذا اختلفت الموازيين اختلفت الآراء حول الصواب و الخطأ، فنجد كثير من الآباء والأمهات يبحثون عن طرق تريبة الأطفال و تنشأتهم تنشأه سوية، لذا نتعرف في الطور التالية على أفضل تلك الطرق و التي قد تكون هي الأنفع و الأصلح لأولدنا. هذه الحالة الوالدين محركا رئيسيا في تحسين إمكانات الأطفال وسيلة لتحفيز وتقديم التسهيلات المختلفة التي تحتاج إليها. 

Page 1 of 4 | Total Record : 36