cover
Contact Name
Acai Sudirman
Contact Email
acaivenly@stiesultanagung.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Surabaya N0. 19 Pematangsiantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
Maker: Jurnal Manajemen
ISSN : 25024434     EISSN : 2686259X     DOI : 10.37403
Core Subject : Science,
Maker: Jurnal Manajemen merupakan media publikasi artikel ilmiah yang berisi tentang hasil penelitian bidang manajemen yang diterbitkan pada bulan Juni dan Desember dikelola oleh Program Studi Manajemen STIE Sultan Agung.
Articles 101 Documents
PENGARUH REKRUTMEN DAN KOMITMEN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PUSAT PENELITIAN KELAPA SAWIT (PPKS) UNIT USAHA MARIHAT Kesuma, Fitri Dewi; Efendi, Efendi; Julyanthry, Julyanthry; Nainggolan, Lora Ekana
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 5, No 2 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/maker.v5i2.115

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. untuk mengetahui gambaran rekrutmen, komitmen, dan kinerja karyawan pada Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Unit Usaha Marihat; 2. untuk mengetahui pengaruh rekrutmen dan komitmen terhadap kinerja karyawan pada Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Unit Usaha Marihat baik secara simultan maupun parsial. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. rekrutmen dan komitmen serta kinerja karyawan sudah baik; 2. hasil analisis regresi adalah ? = 23,307 + 0,355X1 + 0,373X2, rekrutmen dan komitmen berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan; 3. hasil analisis korelasi diperoleh nilai r = 0,761 artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara rekrutmen dan komitmen dengan kinerja karyawan pada Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Unit Usaha Marihat. Tinggi rendahnya kinerja karyawan 58% dapat dijelaskan oleh rekrutmen dan komitmen; 4. H0 ditolak, artinya rekrutmen dan komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Unit Usaha Marihat baik secara simultan maupun parsial.Kata kunci: Rekrutmen, Komitmen, Kinerja Karyawan
ANALISIS KELAYAKAN BISNIS PADA A-B BROTHERHOOD CAFE DI SERBALAWAN KECAMATAN DOLOK BATU NANGGAR KABUPATEN SIMALUNGUN Chairani, Pinky; Lie, Darwin; Harahap, Kartini; Simatupang, Sudung
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 5, No 2 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/maker.v5i2.119

Abstract

A-B Brotherhood Cafe berdiri bertujuan untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada konsumen dalam menikmati waktu luang dan menikmati hidangan yang disajikan cafe dengan membuat konsep yang lebih modern dan estetika keindahan. Penulis menggunakan dua metode penelitian, yaitu penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan, metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang bersumber dari data primer dan data sekunder dan dianalisis dengan metode deskriptif dan metode induktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah usaha cafe pada A-B Brotherhood Cafe sudah layak untuk dijalankan dengan memenuhi syarat marketing mix atau bauran pemasaran. Adapun saran dari penelitian ini adalah untuk mengurangi komentar tidak baik dari konsumen, pada produk nasi goreng terasi perlu perbaikan dan koreksi, terutama pada porsi dan rasa. Agar cafe mendapatkan keuntungan yang cukup, pemilik bisa menaikkan harga sedikit lagi untuk menambah pendapatan dan perhitungan kas agar tidak terlalu rendah dan sesuai dengan standar penetapan harga. Agar bisa menarik perhatian pengunjung, pemilik harus lebih kritis dalam hal memilih dan menambah tempat atau lokasi. Pihak cafe sebaiknya menambah fasilitas seperti meja dan kursi, lampu yang cukup terang untuk menambah estetika dan keindahan ruangan. Untuk menghemat waktu dan tidak membuang banyak waktu, sebaiknya metode pembayaran langsung diganti dengan metode pembayaran setelah makan atau sistem billing, agar pengunjung lain tidak merasa kecewa karena menunggu terlalu lama untuk dilayani.Kata kunci: Kelayakan Bisnis, Pemasaran
PERAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO TERHADAP EKSISTENSI USAHA MIKRO (STUDI PADA NASABAH PD BPR BANK SLEMAN) Damayanti, Dila
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 5, No 2 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/maker.v5i2.123

Abstract

Penelitian berjudul "Peran Lembaga Keuangan Mikro untuk Usaha Mikro (studi nasabah PD BPR Bank Sleman di Kabupaten Sleman)" bertujuan untuk menganalisis peran lembaga keuangan mikro dalam keberadaan usaha mikro di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan variabel dependen (Y) adalah Mikro Keberadaan Bisnis yang ditunjukkan oleh kinerja Perusahaan Mikro dan variabel independen (X) terdiri dari Fasilitator Manajemen (X1), Fasilitator Pemasaran (X2) dan variabel Fasilitator Keuangan (X3). Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan instrumen kuesioner kepada nasabah PD BPR Bank Sleman di Kabupaten Sleman. Pengujian hipotesis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda dan uji determinasi dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Berdasarkan uji regresi berganda, hasil untuk ketiga variabel independen memiliki pengaruh terhadap keberadaan usaha mikro, tetapi pengaruhnya tidak terlalu kuat karena nilai R2 hanya 0.589. Sedangkan berdasarkan hasil uji parsial masing-masing variabel independen, hasil untuk Variabel Fasilitator adalah variabel yang memiliki kontribusi terbesar dengan nilai koefisien 2.260.Kata kunci: Bisnis Mikro, Lembaga Keuangan Mikro, Keberadaan Bisnis
PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PUSAT GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN (GKPS) PEMATANGSIANTAR Simanjuntak, Dumesti; Efendi, Efendi; Wijaya, Andy; Chandra, Erbin
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 5, No 2 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/maker.v5i2.114

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. gambaran kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, dan kinerja pegawai pada Kantor Pusat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Pematangsiantar; 2. pengaruh kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai pada Kantor Pusat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Pematangsiantar. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. pegawai menyatakan kecerdasan spiritual sudah baik, puas dengan kecerdasan emosional, dan kinerja pegawai sudah baik; 2. hasil analisis regresi ? = 3.699 + 0,502X1 + 0,677X2, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai pada Kantor Pusat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Pematangsiantar; 3. hasil analisis korelasi diperoleh nilai korelasi nilai r sebesar 0,791, artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara variabel kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai, selebihnya 37,4% dipengaruhi variabel lain seperti disiplin, pelatihan, kepemimpinan, kompensasi, motivasi, dan lain-lain; 4. hipotesis H0 ditolak, artinya kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Pusat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Pematangsiantar baik secara simultan maupun parsial.Kata kunci: Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Kinerja Pegawai
PENGARUH IKLAN TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN PERSEPSI KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA CAFÉ COFFEE TIME AND SEAFOOD PEMATANGSIANTAR Prawira, M. Yudha; Butarbutar, Marisi; Sherly, Sherly; Nainggolan, Lora Ekana
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 5, No 2 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/maker.v5i2.118

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. gambaran iklan, persepsi konsumen, dan minat beli ulang pada Cafe Coffee Time and Seafood Pematangsiantar; 2. pengaruh iklan terhadap persepsi konsumen pada Cafe Coffee Time and Seafood Pematangsiantar; 3. pengaruh persepsi konsumen terhadap minat beli ulang pada Cafe Coffee Time anda Seafood Pematangsiantar. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. iklan, persepsi konsumen, dan minat beli ulang sudah baik; 2. terdapat pengaruh positif terhadap persepsi konsumen, kemudian terdapat pengaruh positif antara persepsi konsumen terhadap minat beli ulang; 3. terdapat hubungan kuat dan positif antara iklan terhadap persepsi konsumen, kemudian terdapat hubungan kuat dan positif terhadap minat beli ulang, kemudian dilihat dari koefisien determinasi menunjukkan tinggi rendahnya minat beli ulang dapat dijelaskan oleh iklan dan persepsi konsumen; 4. hasil uji hipotesis menyatakan H0 ditolak, artinya iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen kemudian persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang secara parsial.Kata kunci: Iklan, Persepsi Konsumen, Minat Beli Ulang
PENGARUH PERSEPSI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA TOKO KAIN TORAY PEMATANGSIANTAR Wahana, Vivi; Siregar, Robert Tua; Harahap, Kartini; Putri, Debi Eka
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 5, No 2 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/maker.v5i2.122

Abstract

Hasil penelitian ini dapat diringkas sebagai berikut: 1. persepsi pelanggan yang baik, kepuasan pelanggan yang baik, dan loyalitas pelanggan yang tinggi; 2. hasil analisis regresi adalah Z = 13.598 + 0,981X, artinya terdapat pengaruh positif antara persepsi pelanggan terhadap kepuasan pelanggan dan Y = 13.017 + 0,954Z artinya terdapat pengaruh positif antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan; 3. hasil analisis korelasi mendapatkan nilai r = 0,640, artinya terdapat hubungan yang cukup tinggi antara persepsi pelanggan dengan kepuasan pelanggan dan r = 0,763, artinya terdapat hubungan yang cukup tinggi antara kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan. Tingkat kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh persepsi pelanggan sebesar 41,0% dan tingkat loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh kepuasan pelanggan sebesar 58,2%; 4. hasil pengujian hipotesis H0 ditolak, artinya persepsi pelanggan memiliki berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening.Kata kunci: Persepsi Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PD PASAR HORAS JAYA PASAR DWIKORA KOTA PEMATANGSIANTAR Nasution, Fitri Yani; Lie, Darwin; Halim, Fitria; Nainggolan, Nana Triapnita
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 5, No 2 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/maker.v5i2.117

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai pada Kantor PD Pasar Horas Jaya Pasar Dwikora Kota Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 50 orang pegawai tetap PD Pasar Horas Jaya Pasar Dwikora. Data yang digunakan adalah data dengan cara kualitatif dan data kuantitatif, dan teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode deskriptif kuantitatif. Hasil analisis dari regresi linier berganda: = 18,168 + 0,726X1 + 0,639X2artinya terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai. Hubungan ketiga variabel adalah kuat yaitu r = 0,726. Dari koefisien determinasi dapat dijelaskan baik buruknya kinerja pegawai  53%, dan sisanya 47% dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dari hasil pengolahan dan perhitungan kuesioner, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa kecerdasan emosional dan komitmen organisasi pada Kantor PD Pasar Horas Jaya Pasar Dwikora Kota Pematangsiantar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis secara simultan, dimana hasil uji fhitung (26,259) > ftabel (0,05) dengan taraf signifikansi 0,000 < alpha 0,05.Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA UPT SDA BAH BOLON, DINAS SUMBER DAYA AIR, CIPTA KARYA, DAN TATA RUANG PROVINSI SUMATERA UTARA JL. ASAHAN KM. 3,5 PEMATANGSIANTAR Tampubolon, Vebriana; Lie, Darwin; Sofiyan, Sofiyan; Ambarita, Marthin Hutler
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 5, No 2 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/maker.v5i2.121

Abstract

Tujuan penelitian adalah: 1. untuk mengetahui gambaran budaya organisasi, karakteristik individu, dan kinerja pegawai UPT SDA Bah Bolon, Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya, dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara Jl. Asahan KM. 3,5 Pematangsiantar; 2. untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, karakteristik individu, dan kinerja pegawai UPT SDA Bah Bolon, Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya, dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara Jl. Asahan KM. 3,5 Pematangsiantar baik secara simultan maupun parsial. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. pegawai mengatakan bahwa budaya organisasi, karakteristik individu, dan kinerja pegawai sudah baik; 2. hasil analisis regresi, yaitu ? = 15,801 + 0,749X1 + 0,170X2, artinya budaya organisasi dan karakteristik individu berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai; 3. hasil analisis korelasi diperoleh nilai r = 0,798 artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara budaya organisasi dan karakteristik individu dengan kinerja pegawai pada UPT SDA Bah Bolon, Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya, dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara Jl. Asahan KM. 3,5 Pematangsiantar. Tinggi rendahnya kinerja pegawai 63,7% dapat dijelaskan oleh budaya organisasi dan karakteristik individu; 4. hipotesis H0 ditolak, artinya budaya organisasi dan karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada UPT SDA Bah Bolon, Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya, dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara Jl. Asahan KM. 3,5 Pematangsiantar secara simultan maupun parsial.Kata kunci: Budaya Organisasi, Karakteristik Individu, Kinerja Pegawai
PENGARUH TATA LETAK DAN PEGAWASAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT BANK SUMUT CABANG SYARIAH PEMATANGSIANTAR Daulay, Dina Agustin; Silalahi, Marto; Sisca, Sisca; Dharma, Edy
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 5, No 2 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/maker.v5i2.116

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. gambaran tata letak, pengawasan, dan kinerja pegawai pada PT Bank Sumut Cabang Syariah Pematangsiantar; 2. pengaruh tata letak dan pengawasan terhadap kinerja pegawai pada PT Bank Sumut Cabang Syariah Pematangsiantar. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. pegawai menyatakan tata letak sudah baik, pengawasan sudah baik, dan kinerja pegawai sudah baik; 2. hasil analisis regresi adalah ? = 7,916 + 0,476X1 + 0,521X2, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara tata letak dan pengawasan terhadap kinerja pegawai; 3. hasil analisis korelasi diperoleh nilai r = 0,719, artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara variabel tata letak dan pengawasan terhadap kinerja pegawai pada PT Bank Sumut Cabang Syariah Pematangsiantar baik tidaknya kinerja pegawai di jelaskan 51,8% oleh tata letak dan pengawasan; 4. Hipotesis H0 ditolak, artinya tata letak dan pengawasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada PT Bank Sumut Cabang Syariah Pematangsiantar baik secara simultan maupun secara parsial.Kata kunci: Tata Letak, Pengawasan, Kinerja Pegawai
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT POS INDONESIA (PERSERO) PEMATANGSIANTAR DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Handayani, Yuli; Butarbutar, Marisi; Wijaya, Andy; Chandra, Erbin
JURNAL MANAJEMEN MAKER STIE SULTAN AGUNG Vol 5, No 2 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) SULTAN AGUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37403/maker.v5i2.120

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. untuk mengetahui gambaran gaya kepemimpinan, motivasi, dan kinerja pegawai pada PT Pos Indonesia (Persero) Pematangsiantar; 2. untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi pada PT Pos Indonesia (Persero) Pematangsiantar; 3. untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT Pos Indonesia (Persero) Pematangsiantar. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. gaya kepemimpinan, motivasi, dan kinerja pegawai sudah baik; 2. terdapat pengaruh positif antara gaya kepemimpinan terhadap motivasi dan motivasi terhadap kinerja pegawai; 3. terdapat hubungan yang kuat dan positif antara gaya kepemimpinan dengan motivasi dan hubungan yang sangat kuat dan positif antara motivasi dengan kinerja pegawai; 4. hasil uji hipotesis menyatakan H0 ditolak, artinya gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada PT Pos Indonesia (Persero) Pematangsiantar dengan motivasi sebagai variabel intervening baik secara simultan maupun parsial.Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Motivasi, Kinerja Pegawai

Page 1 of 11 | Total Record : 101