cover
Contact Name
Auladuna
Contact Email
auladuna9@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
auladuna9@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
AULADUNA
ISSN : 26569523     EISSN : 26571269     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Auladuna merupakan jurnal pendidikan guru madrasah ibtidaiyah dikelola oleh Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Kegurua Institut Agama Islam Al-Falah As-sunniyyah Kencong. Jurnal Auladuna mencakup tentang pendidikan terutama dalam, kajian, aplikasi teori, hasil penelitian, dan pengajaran dalam bidang keilmuan ranah pendidikan dasar dalam program studi Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun dan menjadi sarana bagi peneliti, akademisi, dan praktisi yang tertarik dengan kajian pendidikan dan pembelajaran dasar dan berkeinginan untuk menyalurkan pemikiran dan temuannya, terutama yang berkaitan dengan Kajian dalam bidang keilmuan di madrasah ibtidaiyah / sekolah dasar. Artikel yang dimuat adalah hasil penelitian, telaah ilmiah dan kritis atas isu penting dan terkini yang tercakup dalam pembidangan jurnal.
Arjuna Subject : -
Articles 31 Documents
Diksi Dalam Pola Asuh Anak Yang Islami Mutmainah, Siti
AULADUNA Vol 1 No 1 (2019): APRIL
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Orang tua harus menjadi teladan bagi anak-anaknya baik tingkah laku dan ucapannya. Dalam penelitian ini ditekankan pada ucapan atau cara berbicara orang tua yang harus menggunakan bahasa yang baik dalam berkomunikasi dengan anak, karena bahasa sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang anak. Salah satu penggunaan bahasa yang baik yaitu dengan memilih diksi yang tepat. Pemilihan diksi yang tepat dalam suatu wacana akan mempermudah pembaca atau lawan tutur untuk menangkap makna dari penulis atau pembicara. Teori ini juga berlaku dalam mengasuh anak. Dalam Al-Quran nasihat orang tua terhadap anak banyak dicontohkan dalam surat Lukman, dan juga terdapat diksi yang dapat dikaji di dalamnya.
Interaksi Antara Muslim Dengan Non Muslim Dalam Perspektif Islam Zaeni, Akhmad
AULADUNA Vol 1 No 1 (2019): APRIL
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Interaksi  antara muslim dengan non muslim tercantum dalam sejarah tentang hubungan Nabi Muhammad dan umat Islam dengan kaum Nashrani dan Yahudi.nyata bahwa Islam mengakui pluralitas agama dan tidak melakukan pemaksaan dalam berdakwah. Islam tidak datang untuk menghabisi dan memusnahkan agama lain, melainkan agar para pemeluk agama saling hidup damai berdampingan dan bekerja sama. Terlebih dalam masalah interaksi sosial (mu'amalah) dan pergaulan sehari-hari dengan orang kafir, Islam mengajarkan keluwesan dan sikap saling menghargai
Khawarij Milenial: Transformasi Khawarij Dari Masa Lampau Menuju Masa Sekarang Sudi Pratikno, Ahmad
AULADUNA Vol 1 No 1 (2019): APRIL
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagai negara yang majemuk, Indonesia harus mampu untuk membina generasi muda agar tidak terpapar radikalisme dan faham ekstrim. Doktrin khawārij memicu munculnya kelompok-kelompok radikal baru yang tersebar di seluruh dunia. Analisis konten yang telah dilakukan, ditemukan bahwa propaganda oleh kaum khawarij milenial masih terjadi hingga saat ini. Hal tersebut harus dilakukan tindakan pencegahan dan antisipasi dari pemerintah maupun masyarakat. Selain itu, dengan bonus demografi yang terjadi di Indonesia, kesempatan tersebut harus dimaksimalkan untuk memberikan manfaat bagi negara, bangsa, dan agama serta menjaga keutuhan negara Indonesia.
Multiple Intelligence Dalam Pembelajaran Pai (Al-Qur`An Hadits Sd/Mi) Sahnan, Ahmad
AULADUNA Vol 1 No 1 (2019): APRIL
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini membahas tentang Multiple Intelligences dalam pembelajaran PAI (al-Qur`an Hadits SD/MI). Inteligensi ialah kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah secara mandiri, Produk kreatif yang bernmanfaat bagi budaya, lingkungan dan masyarakat yang mempunyai nilai kreatifitas. Melalui Multiple intelligences diakui bahwa setiap anak memliki kecerdasan dengan cara yang berbeda-beda. Kecerdasan itu sifatnya dinamis. Ada Sembilan kecerdasan yang di rumuskan oleh Howard Gardner dalam Multiple Intelligences, diantaranya adalah kecerdasan linguistik, kecerdasan logika-matematis, kecerdasan gerakan badan, kecerdasan ruang visual, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis, dan kecerdasan eksistensial. Dari kesembilan teori ini dapat dikembangkan dan diterapkan pada sembilan pertemuan dalam program pembelajaran PAI (al-Qur`an Hadits) yang berorientasi pada siswa bukan pada materi.
Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Menentukan Perbedaan Pertumbuhan Tanaman Melalui Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Siswa Sd Negeri Tompokersan 03 Lumajang Nurilatih, Nurilatih
AULADUNA Vol 1 No 1 (2019): APRIL
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karakteristik mendasar dari seorang anak yaitu ingin tahu, ketergantungan positif pada teman, walaupun terkadang kurang percaya pada kemampuannya sendiri. Oleh karena itu pembelajaran menjadi menarik, jika pengalaman belajar erat terkait dengan kehidupan nyata siswa sehari-hari. Oleh karena itu solusi Strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) mampu memecahkan problem pembelajaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas Strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan keterampilan belajar dalam menentukan perbedaan ukuran makhluk hidup pada mata pelajaran IPA di kelas 2B SDN Tompokersan 03 Kabupaten Lumajang. Penelitian yang dilakukan dengan model penelitian tindakan kelas menghasilkan kesimpulan bahwa Strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif mampu meningkatkan ketrampilan siswa menentukan perbedaan ukuran makhluk hidup pada siswa kelas 2 B SD Negeri Tompokersan 03 Lumajang
Application Of Learning The Kooperatif Tipe Talking Stick Dalam Belajar Al-Qur’an Siswa Madrasah Ibtidaiyyah (Mi) Asnawan, Asnawan
AULADUNA Vol 1 No 1 (2019): APRIL
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran kooperatif merupakan bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari empat sampai enam orang dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen. Talking stick (tongkat berbicara) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang sederhana. Guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok dengan anggota lima atau enam siswa yang heterogen. Kelompok dibentuk dengan mempertimbangkan keakraban, kecerdasan, persahabatan, atau minat yang berbeda. Kelompok yang memegang tongkat terlebih dahulu wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah mereka mempelajari materi pokoknya. Kegiatan ini diulang terus-menerus sampai semua kelompok mendapat giliran untuk menjawab pertanyaan dari guru.Kata Kunci: Application Of Learning The Kooperatif Tipe Talking Stick, Belajar Al-Qur’an
Proses Pembelajaran Inquiry Siswa Mi Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Ratnasari, Khurin In
AULADUNA Vol 1 No 1 (2019): APRIL
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan matematika dalam materi pecahan setelah diterapkan model pembelajaran Inquiry di kelas VI MI Al-Islammiyah Kedungrejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk essay sebanyak 7 soal, lembar observasi dan angket untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 terhadap data posttest diperoleh thitung > ttabel yaitu 20,36 > 2,056 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya. Peningkatan nilai gain score mencapai 0,59 dengan kategori sedang. Jadi, berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan matematika (Pecahan) VI MI Al-Islammiyah Kedungrejo
Kepemimpinan Kepala Madrasah Yang Efektif (Aktualisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Dalam Islam) Purnomo, M Hadi
AULADUNA Vol 1 No 1 (2019): APRIL
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam konteks pemimpin lembaga pendidikan, harus dibedakan dengan pemimpin dalam suatu perusahaan, mengingat, produk dan pendakatannya berbeda. Pemimpin pendidikan memiliki fokus menjadikan manusia terdidik sementara pemimpin perusahaan memiliki fokus menciptakan produk unggulan. Obyeknya adalah manusia versus barang. Oleh sebab itulah manjadi pemimpin lembaga pendidikan tidak hanya berkaitan dengan bisa atau tidak, kompeten atau tidak, memenuhi syarat atau tidak tetapi harus ada komitmen yang bersumber dari hati. Karena yang hendak didesain adalah hatinya kemudian akalnya. Paradigma inilah yang tidak banyak difahami oleh sebagian kepala Madrasah di lembaga pendidikan.
Manajemen Mutu Sekolah Dasar Nahrowi, Moh.
AULADUNA Vol 1 No 1 (2019): APRIL
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah Dasar sebagai intitusi pendidikan dasar, merupakan wadah tempat proses pendidikan untuk anak usia 7 – 12 tahun, memiliki sistem yang kompleks dan dinamis serta memiliki kekhasan yang sangat unik . Dalam kegiatannya, sekolah adalah tempat yang bukan hanya sekedar tempat berkumpul guru dan murid, melainkan berada dalam satu tatanan sistem yang komplek dan saling berkaitan, oleh karena itu sekolah dasar dipandang sebagai suatu organisasi pendidikan yang membutuhkan pengelolaan yang sangan intensif guna mewujudkan mutu dalam institusi tersebut. Lebih dari itu, kegiatan inti organisasi sekolah dasar adalah mengelola sumber daya manusia (SDM) yang diharapkan menghasilkan lulusan yang berkualitas, memiliki pengetahuan dasar yang utuh pada tataran kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai bekal untuk melanjutkan ke jenjang pendidiakan yang lebih tinggi. Berdasarkan kenyataan-kenyataan tersebut di atas, tentu saja perlu dilakukan upaya-upaya perbaikan, salah satunya adalah melakukan reorientasi penyelenggaraan pendidikan yaitu melalui manajemen mutu sekolah. Pendekatan manajemen yang memusatkan perhatian pada peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan mutu dengan konsep Quality Assurance, Quality Assurance,Change of culture, Upside down organizatian dan Keeping close to the customer. Aspek-aspek yang menjadi daya tawar tinggi yang dianggap sebagai ukuran mutu bagi masyarakat meliputi Manajemen mutu Peserta Didik, Manajemen mutu Tenaga Pendidikan dan Kependidikan, Manajemen mutu Kurikulum dan Pembelajaran, Manajemen mutu Keuangan, Manajemen mutu Sarana Prasarana, Manajemen mutu Hubungan Masyarakat, Manajemen mutu layanan Khusus.
Penerapan Reading Guide Dalam Pembelajaran Di Madrasah Sutomo, Moh.
AULADUNA Vol 1 No 1 (2019): APRIL
Publisher : INAIFAS Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12345/auladuna.v1i1.60

Abstract

Learning about religious education still uses many conventional methods, where this method requires students to agree with what the teacher has said. The teacher does not familiarize students to be more active than teachers, even though in the present era the demands of the times really need output that is reliable in all things. Problems that are often encountered in lessons, especially Islamic teaching is how to present material to students well and efficiently. Keywords: Application, Reading Guide, Learning

Page 1 of 4 | Total Record : 31