cover
Contact Name
Taufik Hidayat
Contact Email
thidayat@unis.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jutis@unis.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jutis (Jurnal Teknik Informatika)
ISSN : 22525351     EISSN : 26560860     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal yang terbit dua kali dalam satu tahun, bulan april dan nopember, ruang lingkup jurnal pada informatika dan komputer.
Arjuna Subject : -
Articles 49 Documents
Pengukuran Tegangan Baterai Mobil Dengan Arduino Uno Royhan, Muhamad
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIS Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi otomotif semakin maju, dengan kemajuan teknologi tersebut perangkat/ komponen pendukung harus mampu mendukung teknologi tersebut. Mesin dengan teknologi VVT/ VVT-i , i-VTEC/VTEC , i-DSI dikontrol atau kendalikan oleh komputer. Komputer mengendalikan pembakaran, udara, bahan bakar, suhu mesin(radiator),starter, gas buang, kunci pintu dan lainnya. Sistem pengaturan yang terintegrasi supaya bekerja secara optimal, baterai sebagai catu daya harus menpunyai daya tidak boleh kurang dari batas minimal. Untuk mengetahui daya baterai perlu ada alat ukur dengan tampilan LCD supaya pengemudi kendaraan mudah mengetahui daya yang tersedia oleh baterai.
OPTIMALISASI TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS SMS GATEWAY MEMANFAATKAN PERINTAH DASAR AT COMMAND Ridwan, Mohammad
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIS Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin pesat, menghadirkan alat komunikasi yaitu telepon seluler (ponsel) yang menyediakan fasilitas pelayanan komunikasi lewat SMS yang bisa mengirimkan teks atau pesan singkat dengan cepat, fasilitas ini lebih praktis dan lebih ekonomis. Pemanfaatan SMS sebagai sarana layanan informasi dapat dibuat sebuah basis data yang bisa memberikan layanan informasi kepada seseorang atau sekelompok orang yang membutuhkannya. Dalam membangun Sistem berbasis Sms Gateway ada beberapa cara yang digunakan, bisa dengan tambahan aplikasi open source seperti Gammu dan ada juga yang memanfaatkan fiture Programming seperti GSM Visual, tetapi aplikasi tersebut masih membutuhkan base intruction under wiondows untuk mengakses kernel port output sms gateway, yaitu AT Command . AT Command adalah salah satu fiture windows yang menampung perintah-perintah yang digunakan dalam komunikasi dengan serial port. Dengan AT Command kita dapat mengetahui vendor dari Handphone yang digunakan, kekuatan sinyal, membaca pesan yang ada pada SIM Card, megirim pesan, mendeteksi pesan SMS baru yang masuk secara otomatis, menghapus pesan pada SIM Card dan masih banyak lagi. untuk memanfaatkan AT Command pada sistem berbasis Sms Gateway dibutuhkan Design Programming dalam decodec ncodec pesan dan juga basis data sebagai basis penyimpanan data pesan (Message Box). 
Analisis Perancangan Sistem Informasi Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Bumi Serpong Damai Tangerang Banten Menggunakan Metode Rational Unified Process Hakim, Zaenal
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIS Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Teknik Informatika Unis
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kantor Imigrasi adalah unit pelaksana teknis yang menjalankan fungsi Direktorat Jenderal Imigrasi di wilayah atau kota tertentu. Kantor Imigrasi dapat mengawasi satu atau lebih kabupaten/kota. Untuk memperluas layanan fungsional Direktorat Jenderal Imigrasi di Bumi Serepong Damai Tangerang Banten, Kantor Imigrasi melayani masyarakat yang berdekatan dalam pembuatan, penggantian, dan pembaruan passport. Sedangkan layanan pengajuan pembuatan passport masih menggunakan aplikasi berbasis destop sehingga mengakibatkan si pembuat paspor harus datang langsung ke Kantor Imigrasi dan prosesnya lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  merancang suatu sistem informasi Pembuatan Passport  berbasis web yaitu suatu sistem informasi yang dapat mempermudah proses pembuatan passport  dengan memanfaatkan fasilitas website.Metodologi yang digunakan penulis dalam merancang sistem ini adalah RUP (Rational Unified Process). RUP memiliki 4 tahapan yaitu inception, elaboration, construction dan yang terakhir adalah transtition. Dan dalam pembuatan aplikasi website ini sendiri, penulis menggunakan PHP dan MySQL sebagai bahasa pemograman dan databasenya. Hasil yang dicapai adalah bahwa kantor imigrasi bumi serepong damai Tangerang Banten  membutuhkan sistem pengajuan pembuatan berbasis web, sehingga mempermudah proses pengajuan pembuatan passport. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat menunjang kegiatan pengajuan pembuatan passport di kantor imigrasi bumi serpong tangerang ini agar lebih efektif dan efisien.
Sistem Sosialisasi Informasi Pemerintahan Desa Dan UKM (Usaha Kecil Menengah) Desa Berbasis Website Dengan Menggunakan Pendekatan Content Management System (CMS) Studi Kasus: Desa Wonosekar Kecamatan Gembong, Pati Ridwan, Mohammad; Tarmizi, Muhamad Hadi
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIS Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemerintah daerah adalah pemerintah yang diberikan otonomi daerah oleh pemerintah pusat. Segala potensi daerah yang ada termasuk Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dimiliki harus dapat disebarluaskan untuk menunjukan keunggulannya. Pemerintah daerah disini yang dimaksud adalah pemerintah kabupaten. Setiap kabupaten memiliki wilayah yang disebut dengan kecamatan dan pedesaan. Perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi yang cepat memberikan dampak yang luar biasa dalam pola kehidupan masyarakat. Dengan adanya kemudahan-kemudahan yang diberikan, mendorong masyarakat untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi guna membantu dalam aktifitas setiap harinya. Pemerintah desa belum memiliki alamat website. Hal ini menyebabkan keunggulan dan potensi yang dimiliki desa belum bisa diakses masyarakat luas dan akhirnya desa Wonosekar Kecamatan Gembong Kabupaten Pati masih tertinggal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perumusan masalah, pengumpulan data, identifikasi masalah, pengembangan sistem dengan metode waterfall dan hasil penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi, dokumentasi dan kepustakaan. Sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall atau Systems Development Life Cycle (SDLC) dengan tahapan-tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, pengkodean dan pengujian. Hasil dari pengamatan dan penelitian ini yaitu peneliti menghasilkan website desa dengan menggunakan pendekatan Content Management System (CMS) Desa Wonosekar di Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati.
Analisis SWOT Pada Disain Prototype Sistem Informasi e-Recruitment Irsan, Muhammad; Budiman, Johan
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIS Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah membantu perusahaan dalam melakukan proses rekrutment karyawan. Dalam prosesrekrutment, diharapkan perusahaan bisa mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan yang sudahdiputuskan. metode analisis menggunakan SWOT dan Perancangan system informasi ini menggunakan metode prototype.Hasil penelitian ini sudah diujicobakan menggunakan sampel data random dan terbukti jauh lebih efektif didalam prosesperekrutan baik dari segi efisiensi waktu maupun efektifitas terhadap mutu calon karyawan yang mengikuti prosesrekrutmen.
Sistem Informasi Monitoring Truk Pengiriman Barang Berbasis Mobile Android Dan Web Service Studi Kasus CV. Hendry Cipta Karya Muhammad Yusuf, Diki Nur; Ridwan, Mohammad; Darmosunarno, Tri Wardoyo
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIS Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Teknik Informatika Unis
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengiriman barang memiliki suatu misi yaitu mengirim barang dengan benar pada tempat dan waktu yang tepat, akan tetapi dalam proses pengiriman barang sering terjadi kendala seperti kemacetan di perjalanan, kecurangan -kecurangan terhadap sopir dalam memanfaatkan waktu, barang yang di terima tidak layak atau tidak sesuai pesanan konsumen. Hal tersebut dapat terjadi karena lemah nya pengawasan dari pihak perusahaan sehingga dapat merugikan biaya operasional perusahaan. Maka dari itu perusahaan harus ber inovasi agar terpuasnya kebutuhan konsumen, terutama konsumen yang telah lama berasosiasi dan bekerjasama dengan perusahaan. Untuk mengatasi permasalahan yang disebutkan di atas di perlukan aplikasi mobile dan website yang dapat membantu pengawasan dalam pengiriman barang sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam pengiriman barang dan mendapatkan titik koordinat lokasi kendaraan dari sejak kegiatan awal dimulai sampai ke tempat dimana pengangkutan terakhir, dari beberapa kasus tersebut penulis membuat sebuah “Sistem Informasi Monitoring Truk Pengiriman Barang Berbasis Mobile Android dan Web Service” di CV. Hendry Cipta Karya.
Perancangan Sistem E-learning Menggunakan Cloud Computing Dengan Metode Analytic Network Process (ANP): Studi Kasus SMK Fadilah Tangerang Selatan Mahmudin, Mahmudin
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIS Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Intisari—Istilah cloud computing mulai banyak di dengar dan perkembanganya sangat luar biasa. Perusahaan-perusahaan besar di bidang IT pun sekarang mencurahkan perhatiannya kesana. Melihat dari tren ini, kita dapat memprediksi masa depan, standar teknologi akan menjadi lebih sederhana karena ketersediaan dari cloud service. Seluruh nama besar seperti IBM, Microsoft, Google, dan Aplle. Berbagai strategi perancangan cloud computing diimplementasikan di perusahaan untukmenurunkan biaya dan mengurangi dampak terhadap lingkungan. Inisiatif perancangan cloud computing di SMK Fadilah adalah dengan pembelajaran dengan e-learning sistem. Pada penelitian ini dilakukan pengkajian mengenai perancangansistem e-learning menggunakan cloud computing. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan Analytic Network Process (ANP) dengan Software Super Decition system (DSS) dan pengujian menggunakan metode ISO9126
STANDARISASI INFRASTRUKTUR JARINGAN KOMPUTER SEKOLAH BERBASIS CISCO SAFE CONCEPT UNTUK MENUNJANG SISTEM INFORMASI SEKOLAH Ismail, Ade
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIS Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Infrastruktur jaringan komputer dibangun sebagai penunjang jalannya sistem informasi disekolah. Dengan infrastruktur yang tepat maka layanan yang dijalankan akan lebih maksimal. Namun dibeberapa sekolah infrastruktur yang tidak tepat menjadi penghambat jalannya sistem informasi, untuk itu perlu dilakukan standarisasi infrastruktur bagi jaringan bagi sekolah. Cisco safe concept menjadi salah satu standar yang bisa diterapkan untuk mendapatkan infratruktur jaringan komputer yang baik, namun implementasi dari konsep tersebut menghabiskan biaya yang besar bagi sekolah. Dengan itu perlu dilakukan penyesuain perangkat perangkat yang digunakan dengan tetap menggunakan cisco safe concept agar dihasilkan infrastruktur yang standar bagi sekolah namun tetap dengan biaya yang tidak telalu besar. 
Perancangan Sistem Informasi Management Inventory Pada PT. Adiperkasa Anugrah Pratama Berbasis Web Stevany, Riyan; Hidayat, Taufik; Agustine, Dine
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIS Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Teknik Informatika Unis
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Adiperkasa Anugrah Pratama merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang metal manufacturing yang menjadi pemasok suku cadang rangka motor. Adapun masalah data barang masuk dan keluar, data pengiriman barang, data stok masih dicatat kedalam kartu stok sesuai dengan kwitansi atu surat transfer dari bagian produksi yang berisi berapa banyak barang yang masuk dan keluar untuk dikirim ke pelanggan, dan pendataan persediaan stok barang hanya dicatat di kartu stok yang telah disediakan kemudian baru disalin kembali ke komputer oleh bagian kantor sehingga terkadang mengalami kesulitan dalam perhitungan barang. Dan untuk mendapatkan informasi stok barang mengalami kesulitan terkadang informasi yang diberikan tidak sesuai dengan ketersediaan barang yang ada. Tujuan penelitian ini adalah membuat perancangan sistem informasi management inventory stok barang berbasis web, yang dapat mengeloloa barang masuk dan keluar, stok barang,pengiriman, notifikasi barang telah diterima oleh pelanggan dan dengan menggunakan metode pengembangan waterfall. Sistem informasi yang telah dihasilkan pada perancangan ini dapat mengelola data barang masuk dan keluar, data stok barang, data pengiriman, data bukti bahwa barang telah sampai dan diterima oleh customer serta informasi barang reject yang bisa dilakukan secara online oleh customer
Aplikasi Permainan Edukatif Mengaji Berbasis Multimedia Interaktif Haryanto, Haryanto; Friana, Bagas
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA UNIS Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Intisari—Lahirnya perkembangan teknologi, pembelajaran yang ada disekolah ataupun diperkuliahan tidak terelakkan menerapkan sistem pembelajaran yang berbasis komputer, hadirnya teknologi proses pengajaran dengan aplikasi permainan edukatif mengaji bisa jadi pembelajaran alternatif pada saat siswa dan siswi sudah jenuh atau merasakan lelah pada saat pembelajaran. Aplikasi permainan edukatifmengaji berbasis multimedia interaktif yang bertujuan untuk mendidik, menambah berkarakter islami dan sekaligus belajar sambil bermain. kita perlu game edukasi sebagai sarana pendidikan anak usia dini yaitu karena permainan edukatif dapat membantu anak dalam mengembangkan dirinya sehingga anak dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan temannya, membantu anak dalam menciptakanhal baru atau memberi inovasi pada suatu permainan. Manfaat multimedia interaktif dalam bidang Pendidikan atau Khususnya Pembelajaran sebagai proses pembelajaran lebih menarik dan lebih interaktif. Aplikasi ini menambah pengetahuan tentang agama dan membuat anak lebih nyaman, senang, dan tertarik untuk belajar terus sambil bermain.