cover
Contact Name
Tanto
Contact Email
tanto@politeknikjambi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
elti@politeknikjambi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Elektronika Listrik dan Teknologi Informasi Terapan
Published by Politeknik Jambi
ISSN : 26852276     EISSN : 26857014     DOI : -
Jurnal ELTI (Elektronika, Listrik dan Teknologi Informasi Terapan) merupakan jurnal peer review yang difokuskan kepada tiga cakupan utama, yakni bidang Elektronika, Listrik dan Teknologi Informasi. Untuk bidang Elektronika mencakup Implementasi Sensor Elektronik (Electronics Sensor Implementation), Pengukuran Cerdas (Smart Measurement), Sistem Kontrol (Control System), Otomatisasi dan Robotika (Automation and Robotic). Dalam bidang Listrik cakupan jurnal meliputi Energi Baru dan Terbarukan (Renewable Energy), Distribusi Energi Listrik (Energy Distribution), Kontrol Industri (Industrial Control). Untuk bidang Teknologi Informasi cakupan bahasan meliputi Internet of Thinks (IoT), Pemrograman Berbasis Website (Web Programming), Pemrograman Android (Android Programming), Pengolahan Sinyal dan Citra (Signal and Image Processing).
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Rancang Panel Surya Untuk Instalasi Penerangan Rumah Sederhana Daya 900 Watt Idris, Mahmud
Jurnal Elektronika, Listrik, dan Teknologi Informasi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Manajemen Energi
Publisher : LPPM Politeknik Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.464 KB)

Abstract

Kebutuhan energi listrik untuk manusia terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah populasi manusia dan pola hidup manusia yang semakin modern juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya konsumsi energy. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan menyediaan sumber energi baru dan terbarukan sebagai alternatif untuk suplai energi listrik dengan sistem kelistrikan PLTS dengan backup battery. Tujuan penelitian ini adalah pembuatan sistem kelistrikan PLTS dengan backup battery dengan kapasitas 900 Watt untuk mengurangi pemakaian listrik dari PLN dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam matahari yang menjadi energi listrik. Sistem PLTS di backup battery sebagai penyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh sel surya. Hasil penelitian ini menghasilkan rancangan bangun PLTS dan komponen-komponen pendunkung yang dibutuhkan untuk menghasilkan PLTS dengan daya 900 Watt, PLTS backup battery dengan kapasitas battery 200 Ah dengan tegangan 12V, Photovoltaic 150Wp x 2, solar charge controller jenis MPPT berkapasitas 30A, Inverter jenis pure sine wave dengan kapasitas 1000 Watt dan menggunakan pengaman arus MCB 1 fhasa 6A dan 2A.
Penerapan Internet of Thinks (IoT) Pada Alat Monitoring Energi Listrik Tanto, Tanto; Darmuji, Darmuji
Jurnal Elektronika, Listrik, dan Teknologi Informasi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Manajemen Energi
Publisher : LPPM Politeknik Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.267 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memonitoring konsumsi energi listrik rumah tangga yang berbasis arduino, esp dan android, yang bisa di monitoring melalui smartphone sehingga tidak terjadinya biaya yang melonjak ketika pembayaran listrik setiap bulan. Sampel pengujian ini adalah pemakaian lampu 5 watt, untuk melihat jumlah watt yang dipakai dan pengeluaran biaya pada saat pemakaian dengan sistem monitoring pada telepon pintar (smartphone) yang sudah dilengkapi dengan aplikasi yang terkoneksi melalui sistem arduino  menggunakan modul ESP8266 sebagai pengirim data sehingga kita bisa memonitor melalui smartphone dan alat ini dilengkapi dengan LCD pada tampilan alat sehingga kita bisa memonitor dalam dua tampilan.
Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid Berbasis Energi Surya dan Energi Angin Sepdian, Sepdian
Jurnal Elektronika, Listrik, dan Teknologi Informasi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Manajemen Energi
Publisher : LPPM Politeknik Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.808 KB)

Abstract

Salah satu permasalahan dalam bidang energy listrik adalah keterbatasan sumber energi fosil yang merupakan sumber utama penghasil energi listrik diindonesia. Untuk mengurangi dampak ketergantungan listrik terhadap ketersedian fosil ini, maka dibutuhkan sumber energi listrik baru yang dapat diperbarui. Tenaga Hybrid merupakan salah satu sumber penghasil energi listrik, yang bersumber dari cahaya dan hembusan angin yang ramah lingkungan. Dikarenakan sumber dari tenaga hybrid ini adalah matahari dan hembusan angin, maka keluaran tegangan listriknya tidak stabil, karena berubah-ubah sesuai dengan keadaan alam sekitar. Baterai adalah salah satu peralatan yang dapat menyimpan energi listrik dan dapat menampung energi keluaran yang berasal dari sumber tenaga hybrid. Pada penelitian ini akan dibahas sistem pencatuan hybrid terhadap kapasitas sistem penyimpanan energi, yang meliputi hubungan antara intensitas cahaya dan hembusan angin terhadap arus dan tegangan yang dibangkitkan, serta efisinsi dari sistem penyimpanan energi ini.
Prototype Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Armi, Puspita Ayu; Sepdian, Sepdian
Jurnal Elektronika, Listrik, dan Teknologi Informasi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Manajemen Energi
Publisher : LPPM Politeknik Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.165 KB)

Abstract

Penelitian tentang rancang bangun pembangkit listrik tenaga mikro hidro telah selesai dilakukan. Alat ini digunakan untuk mendukung pembelajaran konversi energi, dalam hal ini pembangkit listrik tenaga mikro hidro. Dalam penelitian ini dilakukan serangkaian tahapan-tahapan meliputi desain, perakitan, sampai dengan tahap pengujian. Pembangkit ini menggunakan generator 12 VDC yang dilengkapi dengan inverter. Dari hasil pengujian didapatkan bahwasanya prototipe ini telah mampu menghasilkan energi listrik dari debit air yang relative kecil, yakni mulai dari 1,9  m3/s dengan menghasilkan listrik sebesar 0,03 watt. Dalam pengujian ini didapatkan hasil pengukuran daya tertinggi yakni 0,09 watt pada debit air sebesar 3,02  m3/s. Dengan demikian semakin besar debit air yang digunakan, maka daya yang dihasilkan juga akan semakin meningkat.
Pengukuran Konsumsi Energi Listrik menggunakan Sensor Current Transformer TA12-200 Isnen, Maizal; Afrianto, Muhammad Ficky
Jurnal Elektronika, Listrik, dan Teknologi Informasi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Manajemen Energi
Publisher : LPPM Politeknik Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.872 KB)

Abstract

Peningkatan elektrifikasi di Indonesia masih menyisakan beberapa persoalan, misalnya pemadaman. Hal ini dapat disebabkan oleh permintaan yang lebih besar dari pada ketersediaan energi. Usaha yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan melakukan pengaturan pada sisi konsumen. Dengan menerapkan teknologi kontrol, suatu perangkat sistem tertanam berbasis Arduino telah mampu melakukan pengukuran terhadap konsumsi energi listrik. Penerapan sensor arus berjenis TA12-200 telah mampu mengukur dengan akurasi sampai dengan 96,4% dengan resolusi 0,4 volt per ampere. Sistem ini dilengkapi dengan modul RTC sehingga mampu menghitung durasi pengukuran untuk kemudian mengonversi nilai daya (watt) kedalam energi listrik (kWh) maupun nominal biaya penggunaan energi listrik dalam rupiah. Dengan menampilkan nilai rupiah pada sistem pengukuran ini dianggap mampu meningkatkan kesadaran pengguna untuk melakukan penghematan terhadap penggunaan listrik. Hal ini mampu menekan permintaan energi listrik sehingga kasus pemadaman dapat diminimalisir.
Unjuk Kerja Panel Surya Kapasitas 50 Wp Terhadap Perubahan Intensitas Cahaya Matahari Fauzi, Yusuf Rizal
Jurnal Elektronika, Listrik, dan Teknologi Informasi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Manajemen Energi
Publisher : LPPM Politeknik Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.775 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui unjuk kerja dari sebuah panel surya berkapasitas 50 Wp terhadap perubahan intensitas matahari yang diterimanya. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan pengukuran intensitas cahaya matahari pada area permukaan sel surya menggunakan Luxmeter. Selanjutnya pada saat bersamaan dilakukan pengambilan data arus dan tegangan. Penelitian ini dilakukan selama 5 hari dimulai dari jam 6 pagi sampai dengan jam  6 sore waktu setempat. Dari hasil perhitungan didapatkan daya output rata-rata sebesar 7.356809231 Watt dan dalam sehari dapat menghasilkan 95.63852 Wh.
Potensi Sensor Kelembaban Tanah YL-69 Sebagai Pemonitor Tingkat Kelembaban Media Tanam Palawija Yaakub, Saleh; Meilano, Rezagi
Jurnal Elektronika, Listrik, dan Teknologi Informasi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Manajemen Energi
Publisher : LPPM Politeknik Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (860.37 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi dapat mendukung segala aspek kehidupan termasuk juga sektor pertanian. Tidak dapat dipungkiri bahwa pemilihan bibit yang baik dan perawatan tanaman yang baik, seperti intefikasi pertanian. Intefikasi pertanian terdiri dari pengolahan tanah yang baik dan pengairan yang teratur.tanaman cabai memiliki pertumbuhan yang sangat payah. Untuk tumbuh baik tanaman cabai harus memiliki kadar air pada tanah yang seimbang. Tugas akhir ini membahas tentang pengontrolan kelembaban tanah pada tanaman cabai. Pada tugas akhir ini di buat sebuah alat pengontrolan kelembaban tanah sekaligus penyiram tanaman otomatis. Pompa air sebagai penyiram tanaman cabai. Sistem kerja penyiram tanaman cabai ini secara otomatis menyesuaikan  kondisi kelembaban tanah yang terpantau. Untuk melihat hasil dari monitoring kelembaban tanah dapat dilihat pada tampilan LCD.
Sistem Penjualan Online Berbasis Website (Studi Kasus di Infomedia Komputer) Santoso, Tekat Budi; Susena, Edi
Jurnal Elektronika, Listrik, dan Teknologi Informasi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Manajemen Energi
Publisher : LPPM Politeknik Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.596 KB)

Abstract

Infomedia Komputer merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan komputer dan perangkat – perangkat yang berhubungan dengan komputer. Penggunaan Metode penjualan yang tepat sangat penting agar perusahaan bisa terus bersaing dengan perushaan lain. Dalam hal ini Infomedia Komputer Surakarta masih menggunakan metode penjualan secara langusng dimana transaksi penjualan dilakukan di toko. Hal ini dinilai sudah tidak lagi evisien di jaman era modern ini yang semua sudah terintegrasi dengan internet. Karena itu perlu adanya peningkatan sistem atau metode dalam melakukan transaksi jual-beli. Untuk membuat suatu sistem penjualan online untuk meningkatkan penjualan di Infomedia Komputer Surakarta agar bisa terus bersaing dengan perushaan lain. Pembuatan sistem ini berbasis pemrograman website. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Alat yang digunakan untuk merancang sistem yaitu Flowchart, Diagram Konteks, DFD (Data Flow Diagram), dan ERD. Hasil dari implementasi program yang sudah dibuat adalah website e-commerce dimana sudah membantu mempromosikan produk – produk yang dijual oleh Infomedia Komputer Surakarta. Pengelolaan dan pengoperasian yang mudah oleh admin dan pelanggan karena sistem menerapkan sistem friendly user. Sistem juga bisa di akses dengan perangkat apapun dan memiliki tampilan yang responsive.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2019 2019