cover
Contact Name
Risal Rinofah
Contact Email
risal.rinofah@ustjogja.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
risal.rinofah@ustjogja.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
MANAJEMEN DEWANTARA
ISSN : 25794590     EISSN : 25794612     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen Dewantara Fakultas Ekonomi Fokus pada hasil penelitian empiris maupun kajian konseptual dan teoritis dalam bidang: Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, dan Kewirausahaan.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN DEWANTARA" : 10 Documents clear
PENGARUH DESAIN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUASAN PEMBELIAN LAPTOP ASUS Putri, Cici Chintia; Udayana, IBN
MANAJEMEN DEWANTARA Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (756.672 KB) | DOI: 10.29231/md.v1i1.52

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk menganalisis pengaruhKemampuan Komunikasi Pemasaran Terpadu, TeknologiInformasi dan Komunikasi dan Adopsi Efektivitas Kampanye diKinerja Pemasaran di Perusahaan Kerajinan khususnya diYogyakarta.Penelitian ini menggunakan sumber data premier denganmenyebarkan kuesioner dan wawancara langsung dengan pihakyang terkait. Uji instrumen dalam penelitian ini menggunakan UjiValiditas dan Uji reliabilitas. Penelitian ini menggunakan dataanalisis Klasik Uji Asumsi, Uji Regresi, t signifikan, f dan KoefisienDeterminasi Uji.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh IntegratedMarketing Communication Kemampuan, Teknologi Informasi danKomunikasi Adopsi, dan Efektivitas Kampanye secara bersamaanuntuk Kinerja Pemasaran ditunjukkan oleh nilai Adjusted RSquare sebesar 0,843. Artinya, 84,3% Kinerja Pemasarandipengaruhi oleh Kemampuan Komunikasi Pemasaran Terpadu,Teknologi Informasi dan Komunikasi Adopsi, dan EfektivitasKampanye.Kata Kunci:Integrated Marketing Communication Kemampuan, Teknologi Informasi danKomunikasi Adopsi, Kampanye dan Pemasaran Kinerja Efektivitas
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DIMEDIASI VARIABEL KOMITMEN ORGANISASI (STUDI KASUS PEGAWAI KANTOR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN) Rahayu, Fety; Prayekti, Prayekti
MANAJEMEN DEWANTARA Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (828.218 KB) | DOI: 10.29231/md.v1i1.47

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk menganalisis untuk (1)pengaruh kepemimpinan transformasional, kompensasi,komitmen terhadap kinerja pegawai dimediasi variabel komitmenorganisasi, pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawaidimediasi variabel komitmen organisasi.Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif.Populasinya adalah pegawai Kecamatan Depok Sleman yangberjumlah 38 orang. Metode pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan kuesioner, sedangkan tekhnik analisis datamenggunakan analisis regresi berganda yang didukung dengankoefisien determinan, uji F dan uji t, analis jalur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepemimpinantransformasional berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai (2)kompensasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai (3)komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja (4)kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadapkinerja pegawai dimediasi variabel komitmen organisasi (5)kompensasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawaidimediasi variabel komitmen organisasiKata Kunci:Kepemimpinan Transformasional, Kompensasi, Kinerja Pegawai, Komitmen Organisasi .
PENGARUH MOTIVASI, KEPUASAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA RAMAYANA DEPARTMENT STORE CABANG YOGYAKARTA Susmiati, Susmiati; Herawati, Jajuk
MANAJEMEN DEWANTARA Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.985 KB) | DOI: 10.29231/md.v1i1.49

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan tentangpengaruh motivasi, kepuasan kerja dan disiplin kerja terhadapkinerja karyawan pada Ramayana Department Store cabangYogyakarta.Penelitian ini tergolong dalam penelitian explanatoryresearch. Variabel penelitian ini adalah motivasi, kepuasan kerjadan disiplin kerja. Populasinya adalah karyawan tetap RamayanaDepartment Store cabang Yogyakarta yang berjumlah 49 orang.Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakanmedia kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakananalisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: motivasiberpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, kepuasan kerjaberpengaruh positif terhadap kinerja, disiplin kerja tidakberpengaruh terhadap kinerja, sedangkan motivasi, kepuasankerja dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh positifterhadap kinerja. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkanbahwa variabel bebas (motivasi, kepuasan kerja dan disiplinkerja) yang mempengaruhi variabel terikat (kinerja karyawan)sebesar 0,451 atau 45,1% sedangkan sisanya 54,9% didugadipengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci:motivasi, kepuasan kerja, disiplin kerja, kinerja
PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR SEMEN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2011-2015 Fauziyyah, Ghaida nurul; Mumpuni, Diah Lestari
MANAJEMEN DEWANTARA Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.252 KB) | DOI: 10.29231/md.v1i1.37

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan secara simultan maupun secara parsial terhadap rentabilitas ekonomi pada Perusahaan Sub Sektor Semen yang terdaftar di BEI Tahun 2011-2013.Populasinya penelitian adalah PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk., PT. Semen Indonesia, Tbk. dan PT. Holcim Indonesia, Tbk., sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda yang didukung dengan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian terhadap pengaruh perputaran kas, perputaran piutang dan pnaerputaran persediaan secara simultan terhadap rentabilitas ekonomi memperoleh hasil yang signifikan. Secara parsial, perputaran kas dan perputaran persediaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap rentabilitas ekonomi, sedangkan perputaran piutang memperoleh hasil yang signifikan terhadap rentabilitas ekonomi Kata Kunci: Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Pesediaan dan Rentabilitas Ekonomi
PENGARUH PRICE CONSICIOUSNESS, BRAND IMAGE, ACCESSIBILITY DAN SOCIAL VALUE PERCEPTIONIST TERHADAP PURCHASE INTENTION SEPEDA MOTOR HONDA PADA DEALER CENDANA MOTOR HONDA DI KOTA KENDAL Romdonah, Siti; Kurniawan, Ignatius Soni
MANAJEMEN DEWANTARA Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1178.512 KB) | DOI: 10.29231/md.v1i1.48

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk tentang pengaruh priceconsciousness, brand image, accessibility dan social valueperceptionistterhadap purchase intention sepeda motorhonda pada Dealer Cendana Motor Honda di kota Kendal.Penelitian ini dilakukan pada calon pengguna sepedamotor Honda dengan anggota sampel 100 responden,Instrumen penelitian yang berupa kuisioner denganskalalikert 1-10. Metode analisis yang digunakan adalah teknikanalilis data menggunakan regregsi linier berganda yangdidukung dengan koefisien determinasi dan uji t, serta ujiasumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, ujiheteroskedastisitas dan uji multikolonieritas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable priceconsciousness tidak berpengaruh terhadap purchaseintention sepeda motor honda pada Dealer Cendana MotorHonda di Kota Kendal. kemudian variabelbrand imageberpengaruh terhadap purchase intention sepeda motorhonda pada Dealer Cendana Motor Honda di Kota Kendal.variabel accessibility tidak berpengaruh terhadap purchaseintention sepeda motor honda pada Dealer Cendana MotorHonda di kota Kendal. Dan variable terakhir yaitu social valuetidak berpengaruh terhadap purchase intention sepeda motorhonda pada Dealer Cendana Motor Honda di kota Kendal.Kata Kunci:Price Consciousness, Brand Image, Accessibility, Social Value Perceptionist Dan Purchase Intention
PENGARUH DESAIN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUASAN PEMBELIAN LAPTOP ASUS Irawati, Nika; Welsa, Henny
MANAJEMEN DEWANTARA Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.99 KB) | DOI: 10.29231/md.v1i1.44

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan hubungan desain, kualitas produk dan keputusan pembelian, kepuasan konsumen konsumen Laptop Asus.Populasi adalah mahasiswa program S1 Fakultas EkonomiUniversitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Sampelyang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang.Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresilinier berganda.Hasil penelitian menunjukan desain berpengaruh positifterhadap keputusan pembelian Laptop Asus, kualitas produkberpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Laptop Asus,desain berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen LaptopAsus, kualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasankonsumen Laptop Asus, keputusan pembelian berpengaruhpositif terhadap kepuasan konsumen Laptop Asus, desain dankualitas produk berpengaruh secara bersama-sama terhadapkeputusan pembelian Laptop Asus, desain dan kualitas produkberpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasankonsumen Laptop Asus.Kata Kunci:Desain, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Kepuasan Konsumen.
PERUBAHAN RENTABILITAS EKONOMI PADAPT INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk DAN PT TIGA PILAR SEJAHTERA Tbk TAHUN 2011-2015 Subagyo, Woroningtyas; Mujino, Mujino
MANAJEMEN DEWANTARA Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (11.96 KB) | DOI: 10.29231/md.v1i1.50

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk menganalisis perubahanrentabilitas ekonomi pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk danPT Tiga Pilar Sejahtera Tbk dan untuk mengetahui faktor-faktoryang mempengaruhi perubahan rentabilitas ekonomi pada PTIndofood Sukses Makmur Tbk dan PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk.Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptifdengan menganalis Turnover of Operating Asset, Profit Marginyang perhitungannya menggunakan laporan keuangan PTIndofood Sukses Makmur Tbk dan PT Tiga Pilar Sejahtera Tbkyang terdiri laporan neraca dan laporan laba rugi.Hasil penelitian menunjukkan Profit Margin PT IndofoodSukses Makmur Tbk cenderung menurun dengan 10%, penyebabProfit Margin menurun karena elemen – elemen masing biayayang memberikan kontribusi pada Profit Margin meningkat,sedagkan Profit Margin PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk cenderungmenurun dengan 12,20% dan untuk Turnover of Operating AssetPT Indofood Sukses Makmur Tbk cenderung menurun dengan1,17 tetapi PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk meningkat dengan 1,09.Kata Kunci:Rentabilitas Ekonomi, Profit Margin, Turnover of Operating Asset
ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEBERMANFAATAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI ULANG PENGGUNA SMARTPHONE XIAOMI Apriyani, Nuri; Suharti, Suharti
MANAJEMEN DEWANTARA Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (929.131 KB) | DOI: 10.29231/md.v1i1.45

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegunaan,kemudahan penggunaan dan kepercayaan dari penggunasmartphone Xiaomi terhadap niat pembelian kembali. Untukmengetahui pengaruh kegunaan, kemudahan penggunaan dankepercayaan secara simultan terhadap pengguna smartphoneXiaomi pembelian kembali niat.Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa aktifSarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta yang jumlahnya 100responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner.Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier bergandadengan tingkat signifikansi 5%.Hasil yang diperoleh, Kegunaan berdampak positif dansignifikan terhadap niat pembelian kembali dengan nilai t-hitunglebih besar dari t-tabel (3,054> 1,98498). Persepsi kemudahanpenggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niatpembelian kembali dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel(3,336> 1,98498). Kepercayaan berdampak positif dan signifikanterhadap niat pembelian kembali dengan dengan nilai t-hitunglebih besar dari t-tabel (2,132> 1,98498). Niat pembelian kembalismartphone Xiaomi dipengaruhi kegunaan, persepsi kemudahanpenggunaan, dan kepercayaan sebesar 56,5%, sedangkansisanya 43,5% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci:Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan  ePurchase Intention
PENGARUH RAMADHAN TERHADAP RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PADA JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) Setiasri, Rahayu; Rinofah, Risal
MANAJEMEN DEWANTARA Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (689.655 KB) | DOI: 10.29231/md.v1i1.51

Abstract

Tujuan penelitan ini untuk mengetahui apakah terdapat (1)pengaruh Ramadhan terhadap return saham dan (2) volumeperdagangan saham pada Jakarta Islamic Index.Metode penelitian yang digunakan adalah data menggunakanmetode dokumentasi, sedangkan teknik analisis datamenggunakan uji beda yaitu uji T (T-test). Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pengujian terhadap return saham sebelumdan selama Ramadhan, selama dan sesudah Ramadhan, sertavolume perdagangan saham sebelum dan sesudah Ramadhantidak berpengaruh secara signifikan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil yang berbedadidapatkan pada pengujian volume perdagangan saham selamadan sesudah Ramadhan, dimana memperoleh hasil yangsignifikan.Kata Kunci:Ramadhan, return saham, volume perdagangan saham
ANALISIS KINERJA KEUANGAN KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) CREDIT UNION (CU) BANGUN SEJAHTERA Ropita, Ropita; Hermuningsih, Sri
MANAJEMEN DEWANTARA Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (900.058 KB) | DOI: 10.29231/md.v1i1.46

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk menganalisis kinerjakeuangan Koperasi Simpan Pinjam Credit Union (CU) BangunSejahtera periode 2011-2015 berdasarkan Rasio Likuiditasditinjau dari current ratio. Berdasarkan Rasio Sovabilitas ditinjaudari Net Wort To Debt Ratio, dan Total Asset To Debt Ratio.Berdasarkan Rasio Rentabilitas ditijau dari Net Profit Margin,Return On Equity (ROE), Return On Asset (ROA).Penelitian ini dilakukan di Koperasi Simpan Pinjam CreditUnion (CU) Bangun Sejahtera, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.Penelitian ini bersifat deskriptif dengan data yang digunakanadalah data sekunder yaitu data yang telah di olah berupa Neracadan Laporan Laba Rugi.Hasil penelitian menunjukkan current ratio dikatakan dalamkriteria tidak baik,. Net Wort to Debt Ratio dikatakan dalam kriteriatidak baik, Total Asset to Debt Ratio dikatakan dalam kriteriasangat baik, Profit margin dikatakan dalam kriteria sangat baik,Return on Equity dikatakan cukup baik, Return On Asset dapatdikatakan dalam kriteria cukup baik,Kata Kunci:Koperasi,Kinerja Keuangan,Laporan Keuangan,Rasio Keuangan

Page 1 of 1 | Total Record : 10