cover
Contact Name
Muhammad Ichwan Hazmah
Contact Email
jak_art23@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
mcham@stiebi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia
ISSN : 01261991     EISSN : 26564114     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
JEBI (Journal Economics Business Indonesian). The International Journal published by Indonesian Business School. This journal focused on Economics, Business and Management studies. The Journal is published twice a year. The aim of the journal is to disseminate the Economics, Business and Management researches done by researchers both from Indonesian and overseas.
Arjuna Subject : -
Articles 82 Documents
ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA MELALUI BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO HATTA PERIODE 2010-2014 Hamzah, M ichwan
JEBI | Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia Vol 11 No 01 (2016): JEBI
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia dari sisi Indonesia sebagai negara tujuan wisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel program Eviews 7.0 dengan pendekatan FEM (Fixed Effect Model) terhadap 15 (lima belas) negara antara lain: Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Hongkong, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Australia, Inggris, Jerman, Perancis, Belanda, Republik Rakyat China, dan Amerika Serikat. Ke-15 (lima belas) negara tersebut, adalah negara asal wisatawan mancanegara yang berkontribusi besar terhadap kepariwisataan di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel secara statistik signifikan berpengaruh terhadap jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. VAT refund for tourists berpengaruh signifikan positif terhadap jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta. Sementara itu, kurs Rupiah terhadap mata uang asing asal wisatawan mancanegara dan anggaran pariwisata dari pemerintah berpengaruh signifikan negatif terhadap jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta.
PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ALKOHOL ONE MED DI JAKARTA Wulandari, Arviana
JEBI | Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia Vol 11 No 01 (2016): JEBI
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil pengujian statistik, dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel harga, promosi, kualitas dan distribusi mempunyai taraf signifikan < 0,05 sehingga variabel-variabel tersebut mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med. Berdasarkan hasil perhitungan F hitung, secara bersama-sama variabel-variabel harga, promosi dan kualitas mempunyai taraf signifikan < 0,05, hal ini membuktikan bahwa variabel- variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med. Berdasarkan hasil perhitungan pada uji koefisien determinasi (Adjust R Square) menunjukkan bahwa keputusan pembelian produk alat kesehatan One med dipengaruhi oleh variabel harga, promosi, dan kualitas sebesar 77,2%, sedangkan persentase sisanya sebesar 22,8% dijelaskan oleh variabel yang lain atau sebab-sebab diluar model regresi penelitian ini.
PENGARUH PROFITABILITAS, KESEMPATAN PERTUMBUHAN, LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, NILAI PUKUL RATA-RATA DAN TOTAL RETURN PEMEGANG SAHAM TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN PENGAMATAN 2010-2014 Hamzah, Muhammad Zilal
JEBI | Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia Vol 11 No 01 (2016): JEBI
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, kesempatan pertumbuhan, likuiditas, solvabilitas, batting average, dan TSR terhadap nilai perusahaan pada perusahaan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun pengamatan 2010–2014. Metode sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel terpilih adalah 9 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan E-Views dengan common effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Batting average bernilai 0 (nol) kecuali PT Tanah Laut, Tbk yang bisa memperoleh nilai 40% dan 60%; (2) Terdapat korelasi positif tidak signifikan antara profitability/growth tension dengan TSR sebesar 0,69, sedangkan short term/long term tension berkorelasi negatif tidak signifikan dengan TSR senilai -0,83; (3) Terdapat korelasi negatif tidak signifikan antara profitability/growth tension dengan PBV senilai -2,64, sedangkan short term/long term tension berkorelasi postif tidak signifikan dengan PBV senilai 2,01; (4) Terdapat korelasi positif tidak signifikan antara TSR dengan PBV senilai 0,7; (5) Terdapat korelasi positif tidak signifikan antara profitabilitas dengan TSR senilai 1,68 untuk ROA, dan 0,48 untuk ROE. Terdapat korelasi positif tidak signifikan antara profitabilitas dengan PBV senilai 0,87 untuk ROA dan korelasi negatif tidak signifikan antara ROE dan nilai perusahaan senilai -1,69; (6) Terdapat korelasi positif tidak signifikan antara PER dengan TSR dan nilai perusahaan senilai 0,00; (7) Terdapat korelasi positif signifikan antara likuiditas dengan TSR senilai 0,05. Terdapat korelasi positif tidak signifikan antara likuiditas dengan PBV senilai 0,11; (8) Terdapat korelasi positif tidak signifikan antara solvabilitas dengan TSR senilai 0,05. Terdapat korelasi positif tidak signifikan antara solvabilitas dengan PBV senilai 1,35; (9) Kualitas pengelolaan batting average untuk perusahaan sektor transportasi masih harus ditingkatkan; (10) Lead tension untuk perusahaan transportasi adalah short term/long term performance yang bisa ditingkatkan dengan memperkuat sustainable earning.
PENGARUH BIAYA DIRECT MARKETING, BIAYA PERSONAL SELLING, DAN BIAYA PEMBERIAN DISKON TERHADAP NILAI PENJUALAN PADA PT. TRIJAYA MAKMUR CEMERLANG Rapani, Alaidin
JEBI | Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia Vol 11 No 01 (2016): JEBI
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Penelitian ini berjudul Pengaruh Biaya Direct Marketing, Biaya Personal Selling, dan Biaya Pemberian Diskon terhadap Nilai Penjualan pada PT. Trijaya Makmur Cemerlang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya direct marketing, biaya personal selling, dan biaya pemberian diskon terhadap nilai penjualan. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data laporan keuangan PT. Trijaya Makmur Cemerlang dari tahun 2010 sampai dengan 2013. Alat analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi berganda. Hasil penelitian ditemukan hasil bahwa secara parsial maupun simultan biaya direct marketing, biaya personal selling, dan biaya pemberian diskon berpengaruh signifikan terhadap nilai penjualan. Implementasi direct marketing pada PT. Trijaya Makmur Cemerlang dilakukan dengan mail order. Sedangkan implementasi personal selling dilakukan dengan kegiatan telephone selling dan direct selling. Sementara itu, pemberian diskon dilakukan hanya pada waktu-waktu tertentu, terutama pada saat mengikuti tender. Dari hasil perhitungan korelasi berganda diperoleh kesimpulan bahwa antara variabel independent (Biaya Direct Marketing, Biaya Personal Selling, dan Biaya Pemberian Diskon) serta variabel dependent (Nilai Penjualan) terdapat hubungan yang sangat kuat. Hal itu didukung juga dengan hasil uji hipotesis menggunakan Uji t, yang memiliki kesimpulan ditolaknya H0 dan diterimanya Ha, yang membuktikan bahwa benar-benar terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel independent dengan variabel dependent. Dari hasil perhitungan regresi berganda, terbukti juga bahwa pengaruh antara variabel independent serta variabel dependent adalah signifikan. Hal itu didukung juga dengan hasil nilai uji hipotesis dengan menggunakan Uji F, dimana terdapat kesimpulan ditolaknya H0, dengan demikian bahwa antara variabel variabel independent dengan variabel dependent terdapat pengaruh yang sangat signifikan.
ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN DI HOTEL SUN CITY & LUXURY CLUB JAKARTA Wihananto, Bambang
JEBI | Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia Vol 11 No 01 (2016): JEBI
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Hotel Sun City & Luxury Club Jakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang pelanggan. Alat statistik yang digunakan adalah Multiple Regretion (Regresi Berganda) dengan menggunakan metode purposive random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan software statistik SPSS 18.0. Hasil dari penelitian ini menunjukan dalam uji F (simultan) bahwa harga, promosi, dan kualitas pelayanan secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan  dengan nilai sig F 0.000 dan nilai F hitung sebesar 42.146. Hasil uji t (parsial) harga secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan dengan nilai sig t 0.025 dan nilai t hitung 2.905, promosi secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan  dengan nilai sig t 0.025 dan nilai t hitung 2.905 dan kualitas pelayanan secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan dengan nilai sig t 0.025 dan nilai t hitung 4.901. Jadi dapat disimpulkan bahwa harga, promosi dan kualitas pelayanan secara simultan mempengaruhi kepuasan pelanggan.
ANALISIS PENGARUH KEMAMPUAN, TELADAN PIMPINAN, PENGHARGAAN DAN SANKSI HUKUMAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI IPIEMS DI JAWA TIMUR DANJAWA TENGAH dewi, Kadek Ayu Susiani
JEBI | Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia Vol 11 No 01 (2016): JEBI
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada era globalisasi saat ini salah satu alat untuk mewujudkan keungulan bersaing suatu organisasi adalah Sumber daya Manusianya yang merupakan bagian sangat penting untuk mencapai tujuan organisasi.   Demikian juga dalam setiap organisasi Lembaga pendidikan baik itu bertujuan profit ataupun tidak,  faktor sumber daya manusia merupakan salah satu sumber elemen utama dalam menjalankan roda organisasi tersebut. Oleh sebab itu kualitas SDM harus selalu ditingkatkan seiring dengan tuntutan semakin ketatnya persaingan pada masa yang akan datang serta tuntutan pelayanan pada siswa dan Orang tua siswa yang semakin maju dan kritis, seperti yang dialami salah satu organisasi pendidikan Sekolah Non formal berbasis masyarakat, IPIEMS  di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang menjadi obyek penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, untuk menguji hipothesa yang ada. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh secara serempak yang signifikan dari faktor-faktor Kemampuan (X1), Teladan pimpinan (X2), Penghargaan (X3) dan Sanksi Hukuman (X4) terhadap Kinerja Pegawai IPIEMS di Jawa Timur dan Jawa Tengah. “. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh secara parsial yang signifikan dari variabel Kemampuan (X1), Keteladanan Pimpinan (X2), Penghargaan (X3) dan Sanksi hukum (X4)  terhadap Kinerja Pegawai  IPIEMS di Jawa Timur dan Jawa Tengah.  Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel Sanksi Hukuman (X4) sebagai salah satu faktor yang secara parsial mempunyai pengaruh yang dominan/paling besar terhadap Kinerja Pegawai IPIEMS di Jawa Timur dan Jawa Tengah.  Berdasarkan hasil analisa data penelitian, diketahu persamaan regresi penelitian ini memiliki R-Square sebesar 0,696. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa kinerja Kinerja Pegawai IPIEMS di Jawa Timur dan Jawa Tengah dapat dijelaskan oleh 4 (empat) variabel-variabel bebas penelitian ini sebesar 69,6%. Dapat disimpulkan juga bahwa masih terdapat penjelasan oleh variabel-variabel bebas lainnya di luar model persamaan regresi penelitian ini yaitu sebesar 30,4%.
EFEKTIFITAS AUDIT INTERNAL DI DALAM MENUNJANG PENGENDALIAN INTERNAL ATAS KREDIT INVESTASI PADA PT. BANK MUTIARA. Tbk Rusman, Hedar
JEBI | Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia Vol 11 No 01 (2016): JEBI
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas audit internal didalam menunjang pengendalian internal atas kredit investasi pada PT. Bank Mutiara, Tbk. Penelitian ini menggunakan analisa deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audit internal dan pengendalian internal atas kredit investasi telah efektif dilaksanakan oleh PT. Bank Mutiara, Tbk..    
ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO PROFITABILITAS, RASIO SOLVABILITAS DAN RASIO PASAR TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG BERADA PADA INDEKS LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA Hikmah, Dilawatil
JEBI | Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia Vol 11 No 02 (2016): JEBI
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36310/jebi.v11i02.14

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh rasio likuiditas (CR), rasio profitabilitas (NPM, ROA, ROE, EPS), rasio solvabilitas (DER) dan rasio pasar (PER) terhadap harga saham (Y) pada perusahaan yang berada pada indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan laporan keuangan anggota emiten LQ45 periode Januari 2014 yang selama 5 tahun eksis dari Februari 2009 sampai Januari 2014. Metode sampel yang digunakan adalah purpose sampling (sampling bersyarat). Adapun jumlah sampel yang terpilih memenuhi syarat sebanyak 21 emiten dari 45 emiten. Teknis analisis data menggunakan Eviews 7.1 yaitu dengan metode cross sectional weight dengan pendekatan fixed effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama maupun secara parsial variabel CR, NPM, ROA, ROE, EPS, DER, dan PER memiliki pengaruh terhadap harga saham. Namun variabel yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham adalah NPM dan PER. Maka para investor dapat menilai kinerja perusahaan dengan melihat dari rasio keuangan dan melakukan penilaian terhadap harga saham sehingga dengan mudah dapat menentukan saham yang baik sebelum berinvestasi di BEI.
ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PENENTU KINERJA KERJA TERHADAP KINERJA KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA PRODUKTIVITAS KERJA GURU SMK NEGERI 25, 37 DAN 47 Marjuki, Marjuki
JEBI | Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia Vol 11 No 02 (2016): JEBI
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36310/jebi.v11i02.18

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja, disiplin kerja, budaya organisasi, kepuasan kerja, dan kompensasi terhadap kinerja kerja serta dampaknya pada produktivitas kerja guru pada SMK Negeri 25, 37 dan 47. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Negeri yang terdapat di wilayah Jakarta Selatan, tetapi dalam penelitian ini penulis mengambil sampel sebanyak 200 responden yang diambil dari SMK Negeri 25, 37, dan 47. Metode penelitian menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan software AMOS version 6.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin kerja, budaya organisasi, kepuasan kerja terhadap kinerja kerja, dan kompensasi kerja terhadap produktivitas kerja. Dalam penelitian ini juga menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan, motivasi kerja, kompensasi terhadap kinerja kerja, dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan, kinerja guru terhadap produktivitas kerja.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENENTU KINERJA KEUANGAN DAN KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF (KAP) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) CENTRAL ARTHA REZEKI, TANGERANG wahyudi, Wahyudi
JEBI | Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia Vol 11 No 02 (2016): JEBI
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36310/jebi.v11i02.19

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan To Deposit Ratio (LDR), Net Interest Margin (NIM), Debt To Equity Ratio (DER), Debt To Total Asset Ratio (DAR), Cash Ratio (CR) dan Kualitas Aktiva Produktif (KAP) terhadap Kinerja Keuangan pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Central Artha Rezeki, Tangerang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan To Deposit Ratio (LDR), Net Interest Margin (NIM), Debt To Equity Ratio (DER), Debt To Total Asset Ratio (DAR), Cash Ratio (CR), dan Kualitas Aktiva Produktif (KAP) terhadap Kinerja Keuangan. Metode penelitian menggunakan metode analisa regresi dan korelasi berganda. Hasil penelitian ditemukan hasil bahwa secara parsial hanya variable Cash Ratio (CR) yang berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan sedangkan secara simultan Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan To Deposit Ratio (LDR), Net Interest Margin (NIM), Debt To Equity Ratio (DER), Debt To Total Asset Ratio (DAR), Cash Ratio (CR), dan Kualitas Aktiva Produktif (KAP) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan.