cover
Contact Name
Inomatika
Contact Email
Inomatika@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
pmtk@stkipmbb.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bangka tengah,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Jurnal Inovasi Matematika
ISSN : 26567431     EISSN : 26567245     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Inomatika secara berkala terbit pada bulan Januari dan Juli. Menerbitkan tulisan berkaitan dengan hasil penelitian dan kajian analitis kritis pada bidang Matematika dan Pendidikan Matematika.
Arjuna Subject : -
Articles 28 Documents
KEPERCAYAAN DIRI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PROJECT-BASED LEARNING Fahrurrozi; Zoatul Wardi
Jurnal Inovasi Matematika Vol 2 No 1 (2020): Inovasi Matematika (Inomatika)
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.155 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v2i1.174

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri dan komunikasi matematis mahasiswa dengan penerapan model Project-Based Learning pada mata kuliah microteaching semester VII. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus.Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi perangkat pembelajaran, tes kemampuan komunikasi matematis, dan angket kepercayaan diri mahasiswa. Adapun Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif naratif dan analisis data kuantitatif statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Proses pembelajaran mengalami perbaikan dilihat dari hasil observasi proses belajar mengajar, dan 2) Kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri mahasiswa mengalami peningkatan.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN SIKLUS ADE BERBASIS PORTOFOLIO Rahma Faelasofi; Suminto
Jurnal Inovasi Matematika Vol 2 No 1 (2020): Inovasi Matematika (Inomatika)
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.721 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v2i1.173

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswaterkait dengan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif dengan siklus activity, discussion, dan exerciseberbasis portofolio. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan pada mahasiswa semester III dirancang dengandua siklus,dengan kegiatan pada masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan adalah data tentang motivasi belajar mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa. Selanjutnya data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I rata-rata motivasi belajar mahasiswa mencapai 58,55 dan pada siklus II rata-rata motivasi belajar mahasiswa mencapai 82,91. Sedangkan hasil siklus I pada hasil belajar mahasiswa nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 61,43 dan pada siklus II sebesar 79,29. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa melalui perkuliahan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan siklus ADE berbasis portofolio.
NISAB ZAKAT FITRAH DALAM PEMBELAJARAN PERBANDINGAN SENILAI Yudi Yunika Putra; Adi Saputra
Jurnal Inovasi Matematika Vol 2 No 1 (2020): Inovasi Matematika (Inomatika)
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1437.8 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v2i1.170

Abstract

Materi perbandingan sangatpenting karena dalam keseharian mahasiswasering dihadapkannya dengan materi perbandingan, selain itu permasalahan zakat fitrah merupakan hal yang wajib diketahui bagi yang beragama Islam. Sehingga penggabungan kedua konsep ini merupakan sebuah terobosan dalam menghasilkan pembelajaran matematika.Tujuan dalam penelitian ini adalah menghasilkan lintasan belajar dalam pembelajaran materi perbandingan senilai menggunakan teori nisab zakat fitrah. Metode penelitian yang digunakan adalah design research, melaluitiga tahapanyaitu tahap desain pendahuluan (preparing for the experimentatau preliminary design), tahap percobaan pembelajaran (the design experiment) dan tahap analisis retrospektif (the retrospective analysis).Teknik pengumpulan data didapat dari wawancara, observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dan retrospektif bersama HLT yang menjadi acuan atau panduannya. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIPMuhamamdiyah Bangka Belitung yang berjumlah28 mahasiswa.Pemilihan subjek karena mahasiswa tersebut sedang belajar mata kuliah konsep dasar matematika dimana dalam materinya terdapat materi perbandingan. Dalam penelitian ini mahasiswa mampu memodelkan strategi penyelesaian masing-masing dan sesuai dengan konsep perbandingan senilai. HLT yang didesain memunculkan kreatifitasmahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan.
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING Anastasia Veranti Whisky Cahyani; Rohana; Ali Syahbana
Jurnal Inovasi Matematika Vol 2 No 2 (2020): Inovasi Matematika (Inomatika)
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.254 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v2i2.164

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode True Eksperimental Design digunakan dalam penelitian ini dikarenakan pemilihan sujek dilakukan secara random. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Xaverius 1 Palembang sebanyak 50 siswa yang terdiri dari 24 siswa kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa kelas VII.I sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test. Dari hasil analisis dan pembahasan, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Brain Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, hal ini disebabkan salah satunya pada proses pembelajaran dilakukan berbagai variasi rancangan agar siswa tidak cepat merasa jenuh dan tertantang untuk berkreasi.
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR, SIKAP SOSIAL, DAN MOTIVASI BELAJAR Dedek Andrian; Astri Wahyuni; Syarul Ramadhan; Fini Rezy Enabela Novilanti; Zafrullah
Jurnal Inovasi Matematika Vol 2 No 1 (2020): Inovasi Matematika (Inomatika)
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.255 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v2i1.163

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sikap sosial, dan motivasisiswa. Penelitian in merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Multivariate Analisis Varian (MANOVA). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kelas eksperimen dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional berdasakkan hasil belajar, sikap sosial, dan motivasi belajar mahasiswa. Hasil ini dapat dilihat dari nilai statistic Hotelling's Trace yang lebih kecil dari 0.05. Pembelajaran kooperatif secara simultan dapat meningkatkan hasil belajar, sikap sosial, dan motivasi belajar siswa SMAN 1 Tebing Tinggi.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALY, REPETITION Dodik Mulyono; Atika Nur Hidayati
Jurnal Inovasi Matematika Vol 2 No 1 (2020): Inovasi Matematika (Inomatika)
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.517 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v2i1.162

Abstract

Penelitianini bertujuan untuk mengetahui danmenganalisisbagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectual, Repetition).Permasalahan penelitian berupa rendahnya minat dan ketertarikan siswa dalam pelajaran matematika sehingga berpengaruh pada rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematik. Penelitian ini merupakan PenelitianTindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-A Semester Ganjil SMP Negeri 26 Bandar Lampung yang yang berjumlah 28siswa untuk diukurkemampuanpemecahan masalah matematikanya. Pengumpulan data setiap siklus menggunakan teknik tes dan teknik observasi. Teknik analisis data terdiri atas: 1) analisis hasil observasi, 2) analisis hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Untuk pengecekan derajat kepercayaan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber peneliti yang lain, yaitu kepalasekolah, guru matematika, dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Peningkatan tersebut yaitu dari prasiklus yang lulus hanya 2 orang atau (7,14%) dan tidak lulus 26 orang (92,86%) meningkat pada siklus I menjadi 4 orang (14,29%) yang lulus dan 24 orang (85,71%) tidak lulus, kemudian pada siklus II menjadi 8 orang (28,58%) yang lulus dan 20 orang (71,43%) yang tidak lulus dan pada siklus III menjadi20 orang (71,43) yang lulus dan 8 orang (28,58%) yang tidak lulus.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN COOPERATIVE SCRIPT DAN BLENDED LEARNING Rahmawati; Anggria Septiani Mulbasari
Jurnal Inovasi Matematika Vol 2 No 1 (2020): Inovasi Matematika (Inomatika)
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.819 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v2i1.159

Abstract

Tujuanpenelitian ini untuk mengetahuipeningkatan kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model cooperative script dan blended learning. Cooperative scriptmerupakan model pembelajaran dengan menyampaikan bahan pembelajaran dimulai dengan pemberian ringkasan materi ajar kemudian memberikan kesempatan untuk membacanya sejenak dan memberikanmemasukkanatau gagasanbaru kedalam materi ajar yang diberikan secara bergantian sesama pasangan masing-masing. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MA.Al-Fatah Palembangyang berjumlah 60 siswa. Metode Quasi-eksperimentaldigunakan dalam penelitianinidengan tes merupakan Instrumen dalam pengumpulan data yang dianalisis secara kuantitatifmenggunakan rumus statistik uji-t. Hasil perhitungan didapatkan bahwa rata-rata nilai tes dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script dan blended Learning mengalami peningkatan yang signifikan.
PENGEMBANGAN LKS BERBANTUAN GEOGEBRA FOR SMARTPHONE MATA KULIAH KALKULUS DIFERENSIAL PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN FUNGSI Aan Subhan Pamungkas; Eka Rachma Kurniasi; Anton
Jurnal Inovasi Matematika Vol 2 No 1 (2020): Inovasi Matematika (Inomatika)
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (932.554 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v2i1.160

Abstract

Penelitiandilakukan karena ditemukan hasil koreksi jawaban dan wawancara mahasiswa pada materi Kalkulus Diferensial bahwa tidak memahami penafsiran secara grafis suatu fungsi yang sedang dipecahkan dan kurang mahir dalam memanipulasi aljabar sehinga tidak menemukan solusi penyelesaiannya. Berdasarkantemuan tersebut maka dirancang lembar kerja berbantuan geogebra for smartphoneuntuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada topik ketaksamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja mahasiswa dalam memahami topik ketaksamaan suatu fungsi. Lembar kerja ini terdiri dari dua bagian yang membantu mahasiswa membangun pemahamannya sendiri tentang bentuk grafik suatu persamaan dan solusi penyelesaiannya baik secara grafis maupun prosedural secara aljabar. Untuk melihat kelayakan lembar kerja tersebut dilakukan validasi oleh ahli dan uji kepraktisan kepada mahasiswa. Hasil dari revisi kemudian didistribusikan kepada10 orang mahasiswa Pendidikan Matematika Untirta yang sedang mengambil MK Kalkulus Diferensial. Mahasiswa menghabiskan waktu 60 menit untuk menyelesaikannya. Mereka mencari solusi dari masalah yang diberikan dengan bantuan geogebrafor smartphone, dengan terlebih dahulu menyelesaikan secara grafik dan menemukan titik yang dimaksud pada diagram cartesius. Selanjutnya mereka menyelesaikan dengan manipulasi aljabar sebagai bentuk konfirmasi atas jawaban yang diperoleh. Setelah menyelesaikan lembar kerja tersebut secara keseluruhan, terlihat bahwa mahasiswa dapat menyelesaikan persolan tersebut secara grafis dengan baik.
PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP METODE BLENDED LEARNING DENGAN GOOGLE CLASSROOM Sugama Maskar; Endah Wulantina
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 2 (2019): Inovasi Matematika (Inomatika)
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.714 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i2.156

Abstract

Revolusi Industri 4.0 mendorong perubahan pada proses pendidikan dan pembelajaran daring merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi. Blended Learning merupakan salah satu solusi untuk menuju perubahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa terhadap proses pembelajaran berbasis Blended Learning pada sampel kelas Statistika di Universitas Teknokrat Indonesia. Proses pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan Google Classroom. Teknik pengumpulan dan analisa data menggunakan angket skala sikap yang terdiri dari dua variabel, sikap terhadap proses pembelajaran dan sikap terhadap pemahaman materi, yang didukung oleh 9 indikator dan 21 pernyataan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik merasa proses pembelajaran dengan Metode Blended Learning melalui Google Classroom ini membuat proses pembelajaran menjadi menarik, efektif, menumbuhkan motivasi, menumbuhkan sikap belajar mandiri, aktif, dan kreatif. Selain itu, metode ini juga dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Namun, peserta didik merasa proses pembelajaran menjadi tidak efisien karena mengharuskan mereka mempunyai paket data. Oleh karena itu, peran pemerintah dirasa sangat penting, salah satunya dalam hal pengadaan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran Blended Learning agar dapat memudahkan peserta didik untuk tetap terhubung dengan internet secara gratis. 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS Futri Hikma Fatona; Yusuf Hartono; Nora Surmilasari
Jurnal Inovasi Matematika Vol 1 No 2 (2019): Inovasi Matematika (Inomatika)
Publisher : Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.344 KB) | DOI: 10.35438/inomatika.v1i2.154

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajran Problem BasedIntruction (PBI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di SMP N 1 Rantau Panjang. Metode penelitianyang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Eksperimental Designkarnasubjeknya dipilih secara random.populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Rantau Panjang yang berjumlah 106 siswa. Sampel yang diambil dalampenelitian ini sebanyak 52 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji Mann-Whitneyhasil analisis dan pembahasan, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di SMP N 1 Rantau Panjang.

Page 1 of 3 | Total Record : 28